Plesiran ke Turki? 7 Tempat Mencari Oleh-Oleh Murah Lengkap di Turki


Reni  January 7, 2020  0 Comment


Turki menjadi destinasi wisata yang menarik bagi banyak orang Indonesia, terutama karena biasanya ada paket umroh plus Turki, atau bagi yang ingin jalan-jalan ke Eropa lewat Turki lebih dahulu, karena lokasi Turki memang di antara benua Asia dan Eropa. Tempat Oleh-oleh murah khas Turki adalah hal yang diburu bagi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Turki. Berikut ini adalah beberapa tempat belanja di Turki yang menjual berbagai barang oleh-oleh yang murah.
Turki merupakan negara yang strategis berada di antara benua Eropa dan Asia. Banyak wisatawan Indonesia yang tertarik untuk mengunjungi Turki, karena banyak destinasi menarik di negara ini, yakni mulai dari wisata sejarah berbagai peninggalan peradaban Islam ada di Turki, lalu juga masjid-masjid bersejarahnya, kemudian juga menyaksikan keindahan bunga Tulip bermekaran, bunga Tulip memang asalnya dari Turki, lalu bisa juga merasakan sensasi naik balon udara di Cappadocia, menikmati aneka kulinernya yang khas mulai dari ice creamnya hingga kebab dan aneka kue-kue khas Turki yang bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Membeli oleh-oleh adalah hal yang wajib terutama bagi wisatawan Indonesia yang terkenal suka belanja. Berbagai tempat belanja murah tentu menjadi buruan bagi wisatawan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tempat belanja di Turki yang menawarkan oleh-oleh dengan harga yang murah


1. Area Sekitar Grand Bazar

Grand Bazar
wikipedia.org


Grand Bazar sendiri merupakan tempat belanja yang sudah melegenda di Istanbul. Grand Bazaar atau Kapali Carsi ini merupakan salah satu pasar yang ada di area yang tertutup, jadi nyaman karena beratap. Grand Bazaar merupakan tempat belanja yang terbesar dan juga yang tertua di dunia. Dahulunya pasar tersebut didirikan dan diprakarsai oleh Sultan Mehmed II, yang pembangunannya dimulai sekitar tahun 1456 hingga tahun 1451. Pasar Grand Bazaar ini
memiliki luas area hingga sekitar 54 ribu meter persegi, dan telah menjadi tempat bagi lebih empat ribu gerai toko yang tersebar di sepanjang 64 jalan. The grand bazaar ini memang merupakan salah satu pusat perbelanjaan oleh-oleh yang paling terkenal di negara Turki. Banyak barang untuk berbagai macam kebutuhan bisa dibeli di sini, yakni mulai dari pashmina, dan aneka kaos, juga beragam perhiasan, aksesoris, dan jam tangan, juga tas, serta koper, juga perhiasan emas, dan furnitur juga ada, serta barang antik dan aneka karpet serta berbagai cinderamata, juga bahkan gantungan kunci hingga syal dan tempelan magnet juga ada. Selain berbelanja, para pengunjung juga bisa berfoto di sini, karena grand bazaar ini memiliki banyak spot foto yang menarik seperti berbagai bangunan kuno yang sangat unik dan bergaya klasik. Pada saat pertama kali masuk gerbangnya sudah mulai dapat dirasakan atmosfer keunikan pasar indoor beratap yang tinggi ini. Akses menuju ke grand bazaar ini bisa dengan naik tram T1 dan lalu turun di tram Beyazit. Tram Beyazit itu adanya setelah dua kali pemberhentian dari Sultan Ahmet. Diperkirakan pasar ini telah dikunjungi oleh sekitar 250.000 orang per harinya. Sebenarnya harga barang di pasar Grand Bazar ini tergolong murah apalagi jika ahli dalam tawar menawar. Namun jika ingin harga yang murah maka jangan beli di kawasan turis dan di toko yang berlabel khusus menjual oleh-oleh. Harga yang murah bisa didapat di toko biasa di sekitar kawasan Grand Bazar ini, seperti toko Shafa yang ada di belakang gedung Grand Bazar, maka bisa didapat aneka makanan camilan kue-kue khas Turki dengan harga yang lebih terjangkau. Aneka kudapan khas Turki itu bisa menjadi oleh-oleh untuk dibawa ke tanah air. Di area sekitar grand bazar tersebut juga bisa ditemukan aneka scarf dan juga barang branded konveksi yang dijual dengan harga miring. Zara mendirikan pabrik di Turki, juga beberapa merk lainnya.

Gotravelly

Pantai Watu Ulo

Bukit Pampaea: Bukit Teletabis Yang Menghampar Di Bumi Bombana


2. Arasta Bazar

Arasta Bazar
idntimes.com


Selain di Grand Bazaar, ada juga Arasta Bazaar atau Arasta Carsi, yang terletak di suatu lorong di area belakang Sutanahmet Square yang juga dekat dengan lokasi Blue Mosque. Arasta Bazar ini sudah menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang dibangun oleh para pejabat Ottoman sejak abad ke 17 silam. Arasta Bazar yang cukup bersejarah ini juga telah menjadi tempat belanja favorit bagi para wisatawan, karena memiliki suasana yang lebih tenang dan juga barang yang dijual pun cukup menarik. Beberapa di antara barang jualan di tempat ini itu ada keramik Turki, serta berbagai jenis karpet, juga cinderamata, dan pakaian serta perhiasan juga ada. Terdapat cafe juga di Arasta Bazar ini untuk bersantai melepas penat setelah lelah berkeliling melakukan wisata belanja.


3. Galata Tower

Galata Tower
dailysabah.com


Tempat belanja ini tidak hanya terdiri dari jajaran gerai toko yang menjual aneka barang khas Turki saja, tapi ada juga suatu tower yang cukup menarik perhatian. Tower atau menara batu ini letaknya ada di Karakoy distrik Beyoglu, di kota Istanbul. Pada jaman dahulu Galata Tower itu adalah merupakan salah satu bagian dari benteng koloni Republik Genoa di Konstatinopel yang kini bernama Istanbul tersebut. Jumlah gerai toko yang ada di Galata Tower ini memang tidak sebanyak gerai toko yang ada di tempat belanja lainnya, namun pemandangan di tempat ini sangat indah. Galata Kulesi atau Galata Tower ini dibangun di tahun 1348. Pada lantai paling atas tempat ini, terdapat restoran serta cafe yang cocok digunakan untuk menyaksikan keindahan pemandangan Selat Bosphorus dan juga kota Istanbul dari sisi atas. Guna menuju Galata Tower, harus menaiki beberapa anak tangga melingkar yang ada di atas bukit dulu.


4. Area Sekitar Stasiun Sirkeci

 Area Sekitar Stasiun Sirkeci
greecetravel.com


Kalau mau membeli oleh-oleh dengan harga yang miring yakni lebih murah lagi, maka harus pergi ke lokasi yang biasanya bukan merupakan daerah turis, suatu tempat belanja lokal atau yang belum terlalu populer sebagai toko oleh-oleh. Seperti misalnya di daerah area stasiun kereta Sirkeci, atau di jalan-jalan kecil yang menuju ke arah Galata Tower di daerah Beyoglu. Tawar menawar adalah merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin mendapatkan harga yang murah. Karena biasanya para pedagang akan langsung memberikan harga turis, oleh karenanya maka tak perlu merasa ragu untuk menawar harganya hingga separuh lebih. Meski di beberapa toko sudah ada harga tertulisnya sekalipun, namun masih dimungkinkan untuk mendapatkan harga diskon, terutama ketika membelinya dalam jumlah yang cukup banyak. Rata-rata harga souvenir di Turki terbilang cukup murah. Magnet kulkas, dan gantungan kunci serta dompet kain bisa didapat dengan harga sekitar 1 lira hingga 5 lira.


5. Spice Bazaar

Spice Bazaar
pinterest.com


Spice bazaar juga menjual aneka barang dengan harga yang cukup terjangkau, ada topi, juga baju, dan coklat, serta keju, juga teh, dan kopi khas Turki.


6. Ortakoy Weekend Market

Ortakoy Weekend Market
yabangee.com


Ortakoy weekend market ini hanya buka pada hari tertentu saja, yakni hanya di hari Sabtu dan Minggu. Banyak dijual perhiasan dari batu, seperti gelang serta cincin, juga ada glass bowling yang cukup murah.


7. Istiklal Cadessi

Istiklal Cadessi
istanbulclues.com


Ada juga Istiklal Cadessi, yang areanya harus dilalui dengan berjalan kaki, karena mobil dilarang melintas di kawasan ini. Jangan lupa untuk menawar sebelum membeli oleh-oleh.
Itulah tempat mencari oleh-oleh di Turki, yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Turki. Bisa juga belanja di Carrefour setempat, guna membeli aneka camilan untuk oleh-oleh dengan harga yang murah.



Leave a Reply