Pesona 10 tempat wisata di Cappadocia Turki Tenangkan Jiwa


prita  May 24, 2021  0 Comment

Tempat Wisata di Capadocia – Cappadocia merupakan sebuah kawasan yang berada di Turki dan terkenal dengan keindahannya yang bagaikan negeri dongeng. Cappadocia berada di tengah-tengah Turki dan di dataran tinggi lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut. Untuk itu, Cappadocia memiliki iklim yang kering dimana akan panas saat musim panas dan dingin saat musim salju. Meskipun begitu, Cappadocia juga menjadi sebuah destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Terkenal dengan balon udaranya, sederet wisata lain juga bisa kamu kunjungi di Cappadocia ini. Tertarik berkunjung kesana? Simak dulu yuk Tempat wisata di Cappadocia Turki

1. Cave Hotel

Cave hotel capadocia
touropia.com

Jika berbicara soal tempat wisata di Cappadocia, yang pertama ada dalam benak kamu pastilah Cave Hotel. Cave Hotel atau hotel dalam gua ini memang menjadi salah satu destinasi wisata terbaik tak hanya di Cappadocia, tapi juga di Turki.

Cave Hotel merupakan sebuah hotel tradisional yang berada dalam gua yang dipahat dari batu putih khas Goreme. Cave Hotel kerap dipilih oleh wisatawan sebagai tempat menginap saat berlibur di Cappadocia. Hotel ini akan memanjakan kamu dengan nuansa Romawi Kuno yang kental. Mulai dari perkakas hingga kamarnya yang akan membuatmu kembali ke zaman Kekaisaran Romawi. Menariknya lagi, kamu akan dimanjakan dengan balon udara yang bertebaran di udara dari jendela kamar.

Review wisata

Explore Jaisalmer Fort, Benteng Kebanggan Jaisalmer

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

2. Goreme National Park

Gerome national Park
pinterest.com

Goreme National Park juga menjadi tempat wisata di Cappadocia yang tak boleh dilewakan. Salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat berkunjung ke Goreme National Park ini adalah mengendarai balon udara atau Hot Air Balloon.

Mengendarai balon udara memang menjadi aktivitas yang paling populer di Cappadocia. Dengan merogoh kocek sekitar EUR 100 hingga EUR 150, kamu bisa mengendarai balon udara ini untuk melihat pemandangan Cappadocia dari ketinggian. Kamu bisa menikmati indahnya dataran dengan pilar-pilar berbentuk jamur dan ragam bangunan khas peninggalan Romawi dari atas.

3. Goreme Open Air Museum

Goreme Open Air Museum
hotairballooningsincappadocia.com

Masih di Goreme, tempat wisata di Cappadocia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Goreme Open Air Museum. Goreme Open Air Museum merupakan sebuah tempat yang terdapat sejumlah tempat ibadah di dalamnya.

Penduduk Cappadocia dulunya merupakan orang-orang Kristen yang melakukan pelarian karena diusir pemerintahan Islam di Turki. Mereka kemudian tinggal dan membangun sejumlah tempat ibadah yang sekarang dikenal sebagai Goreme Open Air Museum ini. Disini tak hanya ada tempat tinggal, bahkan terdapat sejumlah gereja kuno, seperti Apple Church, Snake Church, St Barbara Church dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, Goreme Open Air Museum ini juga dikenal dengan sebutan Land of Three Saints, yaitu St Gregory of Nyssa, St Basil dan St Gregory of Nazianzus yang dikenal sebagai ahli kitab disini.

4. Fairy Chimney

Fairy Chimney
smithsonianmag.com

Tempat wisata di Cappadocia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Fairy Chimney. Cappadocia memang memiliki ciri khas bebatuan yang berbentuk cerobong asap atau piramida pipih.

Fairy Chimney ini berada di Monk Valley dan menurut legenda tempat ini dihuni oleh peri yang tinggal di bawah tanah. Meskipun begitu, tempat ini dikenal sebagai tempat pertapaan para biarawan pengikut St Simon. Bahkan kawasan ini mereka jadikan sebagai tempat untuk mengasingkan diri dari dunia luar. Dibalik itu semua, kamu bisa menyaksikan indahnya Fairy Chimney ini yang akan membuatmu seolah berada di negeri dongeng.

5. Pigeon Valley

 Pigeon Valley
journeyera.com

Pigeon Valley juga menjadi salah satu tempat wisata di Cappadocia yang tak boleh kamu lewatkan. Kawasan ini merupakan sebuah perumahan yang berada di perbukitan dengan lubang kecil di temboknya.

Dulunya, masyarakat Cappadocia menggunakan Burung Merpati sebagai salah satu hewan yang bisa mengantarkan pesan jarak jauh, tak heran jika rumah-rumah yang ada di perbukitan ini memiliki lubang kecil yang mana berfungsi untuk sarang Burung Merpati tersebut. Bahkan, di beberapa tempat di pemukiman masyarakat Cappadocia ini kamu bisa melihat beberapa pohon yang digantui dengan Nazar Boncugu, yaitu jimat tradisional Turki yang dipercaya bisa menolak bala.

6. Kaymakli Underground City

Kaymakli Underground City
hotairballooningsincappadocia.com

Cappadocia memang terkenal dengan kota bawah tanahnya yang menawan. Cappadocia memang memiliki sejumlah kota bawah tanah yang menawan dan menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah Kaymakli.

Kaymakli Underground City bahkan menjadi salah satu tempat wisata di Cappadocia yang sayang untuk dilewatkan. Kota ini dulunya menjadi tempat perseumbunyian Umat Kristen yang melarikan diri dari Penjajah Persia dan Arab. Kaymakli merupakan kota bawah tanah terbesar dengan labirin kamar yang terhubung oleh terowongan yang membentang dalam delapan tingkat. Menuju ke kota bawah tanah ini tentu bisa menjadi pengelaman seru yang tak terlupakan.

7. Derinkuyu Underground City

Derinkuyu Underground City
cappadociaballoontours.net

Selain Kaymakli, kota bawah tanah yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Derinkuyu. Memang Derinkuyu tidak terlalu populer, namun juga bisa menjadi salah satu tempat wisata di Cappadocia yang sayang bila dilewatkan.

Derinkuyu berada cukup dekat dengan Kaymakli. Kedua kota bawah tanah ini sama-sama sebagai penampung dan tempat persembunyian Umat Kristen dari serangan. Kota bawah tanah ini juga memiliki terowongan-terowongan sempit menuju ke dalam tanah. Menariknya, disini kamu bisa menemukan kapel dalam gua dan banyak ruang tamu serta ruang penyimpanan bawah tanah.

8. Ihlara Valley

 Ihlara Valley
adventurous-travels.com

Tempat wisata di Cappadocia yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Ihlara Valey. Ihlara Valley ini sangat terkenal sebagai destinasi wisata alam di Cappadocia dengan pemandangan alam yang menawan.

Lembah sempit dan hijau ini berada di dasar ngarai sedalam 100 meter dan dikelilingi oleh tebing curam yang terjal. Lembah ini berada di tepi Sungai Melendiz yang asri dan membentang sejauh 14 kilometer dari Desa Ihlara hingga Desa Selime. Dulunya kawasan ini menjadi tempat favorit para biksu untuk beristirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari mereka.

9. Zelve Open Air Museum

Zelve Open Air Museum
journeyera.com

Zelve Open Air Museum juga menjadi salah satu tempat wisata di Cappadocia yang wajib untu disambangi. Selayaknya bangunan lain di Cappadocia, museum ini juga terbuat dari bebatuan putih berlapis knobbly.

Zelve Open Air Museum ini dulunya adalah pemukiman warga yang ditinggali pada abad ke-9. Pemukiman ini menjadi sebuah desa yang terus berkembang. Sayangnya pada tahun 1952 kawasan ini harus ditinggalkan karena bahaya erosi dan batuan. Sekarang seluruh kawasan lembah ini menjadi museum.

10. Red and Rose Valley

Red and Rose Valley
anatoliatravelshop.com

Tempat wisata di Cappadocia yang terakhir adalah Red and Rose Valley. Red and Rose Valley ini dikenal sebagai lembah terindah di Cappadocia yang berada diantara Desa Goreme dan Cavusin.

Di lembah ini kamu bisa melihat bebatuan dalam tebing-tebing berwana-warni, seperti merah muda, kuning dan orange pastel. Bebatuan ini terbentuk oleh ledakan vulkanik dan ribuan tahun erosi angina dan air. Menariknya, diantara tebing tersebut kamu bisa menemukan kebun yang subur yang dirawat oleh petani setempat. Disini kamu bisa melakukan aktivitas hiking menyusuri lembah dengan pemandangan menawan yang pastinya membuat liburanmu di Cappadocia menjadi tak terlupakan.

Itulah 10 tempat wisata di Cappadocia yang terkenal sangat indah dan wajib untuk kamu kunjungi jika akan berlibur kesana. Selamat berlibur.



Leave a Reply