10 Tempat Menatap Langit Penuh Bintang Di Indonesia, Epc Banget!


Dila  August 21, 2019  0 Comment

Indonesia merupakan negara yang sangat indah sehingga tidak diragukan lagi pemandangan alamnya. Terdapat banyak spot yang menyuguhkan pemandangan alam Indonesia yang indah. Bahkan tidak hanya di siang hari seperti pegunungan, pantai, dan lain-lain, terdapat banyak tempat menatap bintang di malam hari yang sangat indah. 

Melihat bintang-bintang adalah hal yang sangat indah, namun sering kali banyaknya cahaya lampu kota justru mengalahkan cahaya bintang itu sendiri. Indonesia memiliki banyak tempat melihat bintang di malam hari atau disebut milky way. Tidak perlu pergi ke dataran yang tinggi, di pantai pun bisa menjadi tempat yang indah melihat bintang. 

Waktu terbaik untuk melihat panorama bintang adalah pada saat musim kemarau yaitu bulan Maret hingga Oktober. Bahkan jika beruntung Anda bisa melihat komet melintas atau hujan meteor. Yang perlu diingat adalah hindari untuk pergi melihat bintang saat bulan purnama, karena pada saat itu cahaya bulan akan lebih mendominasi langit. Terdapat banyak tempat melihat bintang di malam hari yang dimiliki Indonesia. Berikut adalah tempat di Indonesia yang menawarkan pemandangan langit penuh bintang di malam hari

Tempat Terbaik Menatap Bintang

1. Pulau Kepa Alor Nusa Tenggara Barat 

Pulau Kepa Alor Nusa Tenggara Barat
image credit : @sallyannehay

Pulau Kepa Alor di Nusa Tenggara Barat termasuk spot untuk melakukan diving atau snorkeling terbaik yang ada di Nusa Tenggara Barat. Namun Pulau Kepa Alor ternyata juga sangat populer untuk melihat pemandangan bintang-bintang di langit pada malam hari. sambil bersantai di pinggir pantai, Anda juga bisa menikmati malam hari yang bertaburan milyaran bintang-bintang di angkasa.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Jombang Bikin Senang!
wisata terdekat

Serunya Wisata Lampion Di Malang Night Paradise

Malang Night Paradise (Wisata Baru Di Malang Yang Lagi Ngehits)

Batu Night Spectacular, Selalu Mampir Ke Tempat Ini Kalau Ke Malang

2. Waigeo Raja Ampat

Waigeo Raja Ampat
image credit : @dhaen_r4ecoguides

Siapa yang tidak tahu tentang keindahan wilayah Timur Indonesia khususnya Raja Ampat. Tempat ini sangat terkenal hingga dunia internasional karena gugusan pulau karang dan keindahan bawah laut lainnya yang menakjubkan. Raja Ampat terdiri dari 4 pulau dan salah satu pulau yang terbesar bernama Pulau Waigeo. Seperti Pulau yang lain, Pulau Waigeo juga menawarkan panorama bawah laut yang luar biasa indah. namun bukan hanya itu, pulau ini juga mempunyai pemandangan langit malam yang indah dengan taburan bintang-bintang. 

3. Desa Wae Rebo Nusa Tenggara Timur

Desa Wae Rebo Nusa Tenggara Timur
image credit : @mon1que_p

Keindahan pemandangan jutaan bintang-bintang di langit yang bertaburan dapat Anda nikmati juga di Desa Wae Rebo Flores Nusa Tenggara Timur. Tempat ini memang dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk. Namun Keindahan bintang-bintang dilangitnya pun telah terkenal sampai dunia internasional. Bahkan banyak fotografer kelas dunia dari negara-negara lain yang berdatangan untuk mengabadikan secara langsung keindahan milky way yang ada di sini. Karena keindahan langit yang luar biasa ini, membuat Desa Wae Rebo mendapatkan julukan sebagai kampung di atas awan. Lokasi ini masih sangat minim penerangan listrik dari pemerintah, sehingga menjadikan keindahan bintang-bintang terlihat dengan sangat jelas. 

4. Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo
image credit : @abmdl

Tempat ini sangat cocok dan tepat untuk melihat panorama langit malam yang penuh bintang-bintang. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo memiliki banyak spot untuk melihat hamparan bintang di langit malam. Lokasinya yang berada di atas ketinggian ini ditambah dengan suhu yang dingin sangat mudah memperoleh sensasi indahnya langit pada malam hari. Misalnya di Komplek Candi Arjuna, Bukit Sidengkeng, Candi Setyaki, Gunung Prau, dan Bukit Sikunir. Waktu yang paling tepat untuk melihat pemandangan yang menakjubkan ini adalah pada bulan Mei hingga bulan Agustus. Waktu tersebut merupakan datangnya musim kemarau dimana langit sedang dalam keadaan yang cerah dan tidak berawan.  Hamparan bintang di langit akan terlihat jelas mulai pukul 11 malam hingga 4 dini hari. 

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Ala Nicholas Saputra, Cakep!

5. Tanjung Papuma Jember 

Tanjung Papuma Jember
image credit : @ceriwibi

Tanjung Papuma berada 45 km dari pusat Kota Jember Jawa Timur merupakan pantai yang sangat eksotis. Tempat ini memang salah satu tempat melihat bintang di malam hari yang cukup favorit. Tanjung Papuma memang jauh dari perkotaan sehingga sangat mungkin menawarkan keindahan langit bertaburan bintang yang sangat indah. dari pantai ini Anda bisa menyaksikan taburan bintan sambil ditemani suara deburan ombak dan heningnya malam. 

6. Segara Anakan Nusa Tenggara Barat

Segara Anakan Nusa Tenggara Barat
image credit : @ivan_chendana

Segara Anakan di Nusa Tenggara Barat adalah sebuah danau di kawah gunung Rinjani tepatnya di Desa Sembalun Lawang. Letak danau Segara Anakan ini  berada di atas 200 mdpl. Segara Anakan selalu dilatasi jika ingin mendaki ke Gunung Rinjani. Tempat ini sangat jauh dari hiruk pikuk kota sehingga jauh dari polusi. Segara Anakan bahkan menjadi tempat yang sangat indah untuk melihat hujan bintang. Pemandangan bintang juga semakin menakjubkan dari pantulan cahaya bintang di danau kawah. 

7. Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Ranu Kumbolo Gunung Semeru
image credit : @randydewaji

Tempat menatap bintang di malam hari atau milky way yang paling ideal memanglah di pegunungan. Salah satunya adalah Ranu Kumbolo Gunung Semeru. Kawasan yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ingin menjadi tempat wisata yang cocok untuk menyaksikan keindahan bintang-bintang dengan mata telanjang. Biasanya pengunjung akan berkemah di pinggir Danau Ranu Kumbolo sambil melihat bintang-bintang di langit. Banyak orang yang menghabiskan waktunya di Ranu Kumbolo sebelum melanjutkan perjalan menuju Puncak Mahameru. 

8. Gunung Gede Cirebo

Gunung Gede Cirebon
image credit : @yosodrmns

Tempat menatap bintang di malam hari yang menakjubkan selanjutnya ada di Gunung Gede. Lokasinya berada di Taman Nasional Gede Pangrango. Cuacanya sangatlah sejuk, pada siang hari saja suhunya berkisar 18 celcius saja. Sedangkan pada malah hari suhunya bisa mencapai 15 celsius. Lokasi ini semakin terlihat indah dengan adanya hamparan bunga edelweiss. 

Baca juga :  Wisata Sejarah Di 10 Museum Militer di Indonesia

9. Pantai Batu Layar Lampung 

Pantai Batu Layar Lampung
image credit : @mhidayatullah01

Lampung memang menjadi salah satu tempat menatap bintang dimalam hari terbaik yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang tidak begitu gemar mendaki, namun ingin melihat bintang-bintang bertaburan di langit. Anda bisa datang ke Pantai Batu Layar untuk berburu pemandangan bintang-bintang yang spektakuler. 

10. Pegunungan Cangar Batu 

Pegunungan Cangar Batu
image credit : @dhana_suryadi

Malang memang sangat terkenal dengan keindahan pegunungan, pantai, dan banyak tempat wisata keluarga. Salah satu tempat melihat bintang di malam hari terdapat juga di Pegunungan Cangar Batu Malang Jawa Timur. Sebelum mencapai pegunungan ini, Anda harus melewati terlebih dahulu pemandangan pegunungan dan hutan-hutan yang luar biasa indahnya. Namun Anda tetap harus hati-hati saat berkendara, karena akses menuju pegunungan ini mengharuskan Anda melewati banyak tanjakan, turunan, dan jurang yang cukup membuat takut. Selain pesona pegunungan yang indah, pemandangan langit malam yang spektakuler juga bisa Anda dapatkan. Pegunungan yang sunyi didukung dengan langit yang gelap sangat cocok menjadi tujuan lokasi berburu bintang-bintang. 

Itulah beberapa tempat menatap bintang dimalam hari yang dimiliki Indonesia. Di tengah-tengah padatnya populasi dunia yang menyebabkan banyaknya polusi asap dan cahaya yang menutupi atmosfer langit, ternyata masih ada tempat-tempat yang menawarkan pemandangan langit yang jernih tanpa polusi dengan hamparan milyaran bintang-bintang.



Leave a Reply