10 Tips Menginap di Hostel Biar Lebih Nyaman dan menyenangkan


prita  November 26, 2020  0 Comment

Hostel belakangan ini menjadi alternatif pilihan menginap yang cukup digemari. Selain karena harganya yang murah, belakangan ini kerap muncul berbagai hostel dengan fasilitas dan interior yang instagramable sehingga cukup menarik para traveller, khususnya traveller milenial. Tak kalah dengan hotel, menginap di hostel tentu terasa lebih nyaman dan menghadirkan kesan tersendiri. Nah, buat kalian yang ingin menginap di hostel, berikut ini adalah Tips menginap di hostel.

Tips Menginap di Hostel

1. Pilih Lokasi Strategis

Pilih Lokasi Strategis
travel-network.co

Tips menginap di hostel yang pertama adalah memilih lokasi yang strategis. Sebelum memesan hostel, pastikan kamu terlebih dahulu tahu dimana lokasi hostel tersebut berada.

Pastikan alamatnya jelas dan berada dekat tempat wisata, stasiun atau bandara. Jangan memaksa memesan hostel yang murah namun berada cukup jauh dari tempat wisata atau pusat kota, tentunya bisa membuatmu repot. Tak hanya itu, sebelum memesan pun kamu harus membaca review dari tamu yang sudah pernah menginap dan memastikan hostel tersebut cukup baik untuk kamu tinggali.

Gotravelly

Liburan Ala New Normal Di Cimory Dairyland And Resto!

De Classe Gelato And Caffe, Nongkrong Instagramable Ditemani Lelehan Gelato Enak Dan Murah

2. Perhatikan Jenis Kamar

Perhatikan Jenis Kamar
booking.com

Tips menginap di hostel selanjutnya adalah harus memperhatikan jenis kamar yang akan kamu pesan. Kamu harus memperhatikan kamar di hostel tersebut untuk tamu pria dan wanita atau kamar khusus untuk tamu wanita saja.

Biasanya penghuni wanita akan merasa kurang nyaman jika harus berbagi kamar dengan penghuni pria, maka kamu bisa memilih memesan kamar khusus wanita saja atau jika kamu pria mungkin bisa memesan kamar khusus pria. Dengan begitu kamu bisa merasa lebih tenang dan nyaman selama menginap di hostel tersebut.

Baca juga :  7 Tips Nyaman Saat Mudik Agar Perjalanan Pulang Mengasyikkan

3. Siapkan Perlengkapan Mandi Pribadi

Siapkan Perlengkapan Mandi Pribadi
ayewanderful.com

Tips menginap di hostel yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah membawa perlengkapan mandi pribadi. Sebelum memutuskan untuk menginap di hostel, kamu harus tahu bahwa tidak semua hostel menyediakan perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi hingga handuk. Untuk itu, jangan ragu untuk membawa perlengkapan mandi kamu sendiri dari rumah.

Kamu bisa membawa sabun, shampoo dan pasta gigi dalam wadak kecil atau travel size. Begitu juga handuk, kamu bisa membawa handuk dengan ukuran kecil agar lebih mudah dibawa dalam tas. Selain lebih nyaman, membawa perlengkapan mandi sendiri juga sudah pasti terjamin kebersihannya.

4. Membawa Sandal Sendiri

Membawa Sandal Sendiri
travelio.com

Tips menginap di hostel yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah membawa sandal sendiri. Biasanya hsotel tidak memperbolehkan tamu mengenakan sepatu atau sandal di dalam ruangan kamar. Biasanya pihak hostel hanya menyediakan rak-rak untuk menyimpan sepatu.

Nah, biasanya pihak hostel telah menyediakan sandal khusus untuk digunakan dalam ruangan. Ada yang dipinjamkan secara gratis, ada juga pihak hostel yang menyewakan dan dikembalikan saat check out. Tapi ada juga hostel yang tidak menyediakan sandal untuk digunakan di dalam ruangan, maka dari itu kamu perlu membawa sandal sendiri agar bisa kamu gunakan di dalam kamarmu.

5. Jaga Barang Pribadi

Jaga Barang Pribadi
hostel4me.com

Tips menginap di hostel yang satu ini merupakan yang cukup penting, yaitu menjaga barang pribadi kamu. Biasanya setiap hostel telah menyediakan loker dalam kamar atau luar kamar untuk menempatkan koper atau ransel kamu, maka kamu bisa menyimpan barang-barang berharga kamu disana.

Selain itu, kamu perlu membawa sebuah tas kecil yang berisikan barang-barang penting kamu seperti passport, ktp, sim, dompet dan handphone. Jangan letakkan tas tersebut dalam loker, tapi bawalah tas kecil tersebut kemanapun kamu pergi, termasuk jika kamu harus pergi tidur atau ke kamar mandi.

Baca juga :  7 Hal Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan di Airport

6. Siapkan Gembok Sendiri

siapkan gembok sendiri
idntimes.com

Tips menginap di hostel yang satu ini masih berhubungan dengan menjaga barang pribadi kamu saat menginap di hostel, yaitu membawa gembok sendiri. Biasanya hostel memang menyediakan loker atau brankas dan kebanyakan juga diletakkan di luar kamar. Banyak juga hostel yang tidak menyediakan gemboknya, untuk itu kamu perlu membawa gembok sendiri dari rumah.

Tak hanya untuk mengunci loker, gembok juga bisa kamu gunakan untuk mengunci ransel atau koper kamu jika tidak muat dalam loker. Kamu bisa menyimpannya di dalam kamar dengan memastikannya sudah terkunci. Dengan membawa gembok sendiri pun kamu bisa memberikan perlindungan dua kali lipat untuk barang bawaanmu.

7. Jaga Ketenangan

jaga ketenangan
kosonehostel.com

Tips menginap di hostel berikut ini juga tak kalah penting. Perlu kamu ketahui jika hostel adalah akomodasi bersama, maka sangat penting untuk tetap menjaga ketenangan di dalam kamar.

Biasanya hostel memberlakukan aturan jam tenang, misalnya mulai jam 10 malam atau jam 11 malam hingga keesokan harinya. Untuk itu, jika kamu menginap dengan teman, maka usahakan untuk tidak berbisik atau berbicara dengan suara keras. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan ruang tamu atau ruang rekreasi umum untuk mengobrol bersama teman kamu.

8. Jangan Menelpon

 Jangan Menelpon
agoda.com

Masih berhubungan dengan tips untuk tetap menjaga ketenangan dalam hostel, tips menginap di hostel yang satu ini adalah jangan menelpon di dalam ruangan atau di dalam kamar. Perlu diingat bahwa kamu tidak sendirian di kamar tersebut dan mungkin saja ada penghuni lain yang sedang beristirahat di kamar sehingga jika kamu menelpon akan sangat mengganggunya.

Sebagai gantinya, kamu bisa menelpon di luar ruangan, bisa di lobby atau di ruang santai yang telah disediakan oleh pihak hostel. Jangan lupa untuk mengecilkan volume nada dering smartphone kamu agar tidak mengganggu tamu lain saat kamu mendapat telpon masuk atau mendapat notifikasi.

Baca juga :  7 Tips Menjaga Uang Tetap Aman Selama Travelling

9. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu
booking.com

Tak hanya berbagi kamar dengan tamu lainnya, kamu pun harus berbagi kamar mandi dengan penghuni hostel lainnya. Untuk itu, tips menginap di hostel berikutnya adalah pentingnya manajemen waktu terutama saat mandi.

Jika kamu memiliki kebiasaan mandi lama, maka kamu harus menghentikan kebiasaan ini saat menginap di hostel. Hal ini juga demi kenyamanan penghuni hostel lainnya agar mereka tidak terlalu lama mengantri untuk menggunakan kamar mandi. Biasanya ada sejumlah hostel yang menerapkan batasan waktu mandi, mulai dari 5 menit sampai 10 menit. Selain demi kenyamanan bersama, hal ini juga bisa lebih menghemat air.

10. Bersosialisasi

Bersosialisasi
nomadsworld.com

Tips menginap di hostel yang terakhir adalah bersosialisasi. Bisa dibilang bersosialisasi dengan tamu lainnya di kamar kamu ini menjadi salah satu manfaat dari menginap di hostel.

Tidak ada salahnya untuk berkenalan dan mengobrol dengan penghuni lain yang ada di kamar kamu. Jangan lupa senyum, menyapa dan menanyakan hal-hal sederhana seperti asal dan berapa lama tinggal di kota ini. Dengan begitu kamu bisa menambah teman dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara. Namun jangan terlalu asyik mengobrol ya dan jangan lupa untuk tetap menjaga privasi teman sekamarmu yang ingin beristirahat atau tidur.

Itulah tadi beberapa tips menginap di hostel yang perlu kamu perhatikan. Hostel memang bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk liburan kamu. Dengan menerapkan tips diatas, tentunya kamu bisa menginap dengan nyaman dan tetap aman selama berada di hostel.



Leave a Reply