10 Pasar Tradisional Tempat Belanja Batik Buat Oleh-oleh Dengan Harga Grosir Di Indonesia


sisil angelin  December 1, 2018  0 Comment

Pasar tradisonal yang menawarkan aneka produk batik bisa dijumpai di sejumlah daerah. Harga yang dibanderol relatif murah, baik untuk pembelian satuan atau dalam partai besar. Jadi anda bisa memborong lebih banyak sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Bahkan bisa juga dijual kembali, dengan keuntungan yang pastinya menggiurkan. Nah, inilah 10 tempat yang bisa anda datangi untuk membeli batik dengan harga grosir

10 Pasar Tradisional Tempat Belanja Batik.

1. Pasar Klewer Solo

pasar tradisional tempat belanja batik

isroi.com

Sangat banyak kios yang menjual aneka produk fashion batik. Tidak hanya menyediakan batik solo saja, tetapi juga batik madura, batik pekalongan, batik jogja dan motif batik dari sejumlah daerah lainnya. Walaupun dijajakan di pasar tapi bicara kualitas bisa diandalkan. Oleh karena berbagai jenis batik disediakan, seperti batik cap, batik printing dan baik tulis yang harganya paling mahal.

Tentunya harga batiknya sangat tergantung dari tingkat kualitas dan teknik pembuatannya. Enaknya kalau belanja di Pasar Klewer, anda tetap bisa mendapatkan harga semakin murah. Sebab harga yang ditawarkan masih bisa dinego lagi. Apalagi kalau belinya lumayan banyak, sudah pasti bisa mendapatkan harga semakin miring.

Mengenal Batik Dan Budaya Madura Di Tresna Art

Museum Ullen Sentalu

2. Kampung Batik Laweyan

Pasar Tradisional Tempat Belanja Batik

pariwisatasolo.surakarta.go.id

Salah satu kampung yang terletak di Kota Solo ini memiliki sejarah batik tertua. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pengrajin atau penjual batik. Kampung ini bahkan sudah menjadi ikon batik Solo sejak abad ke 19. Sedikitnya terdapat 250 motif batik yang dihasilkan.

Berbagai bangunan di kawasan ini banyak yang mengaplikasikan arsitektur Islam, Tiongkok, Eropa dan Jawa. Banyaknya bangunan megah sebagai bukti kesuksesan para saudagar batik di Laweyan. Selain bisa membeli aneka produk kain batik, anda juga bisa mengikuti workshop pembuatan batik. Jadi bila anda singgah di kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini, pastikan mengunjungi Pasar Klewer dan Kampung Batik Laweyan.

3. Pasar Beringharjo Yogyakarta

pasar tradisional tempat belanja batik

wisatalagi.blogspot.com

Bisa dikatakan batik merupakan etalase utama bagi Pasar Beringharjo. Terdapat puluhan los atau lapak yang menawarkan berbagai kreasi fashion bermotif batik. Para pengunjung bisa masuk melalui pintu utama yang berada di sisi barat pasar. Begitu masuk anda akan melihat pemandangan kesibukan penjual dan pembeli di depan kios-kios batik.

Pasar Beringharjo memang sudah lama dikenal sebagai sentra penjualan batik. Sehingga bagi wisatawan yang ingin memborong batik biasanya tidak melewatkan untuk berburu batik di pasar terbesar di kawasan Kota Pelajar tersebut. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, apalagi kalau anda pandai menawar. Termasuk bila membelinya secara grosiran, sudah pasti harganya semakin ramah di kantong.

4. Kampung Batik Taman di Yogyakarta

Pasar Tradisional Tempat Belanja Batik

yogyakarta.panduanwisata.id

Selain memborong batik di Pasar Beringharjo, anda juga bisa mengunjungi kampung batik Taman. Lokasinya di bagian barat objek wisata Tamansari. Selain membeli produk jadinya, anda juga bisa belajar membuat batik tulis atau sekadar menyaksikan proses pembuatannya saja. Kampung ini hanya membuat motif batik khas Yogyakarta saja. Sehingga anda bisa lebih memahami keunikan dari motif batik khas Yogyakarta.

5. Kampung Batik Semarang

pasar tradisional tempat belanja batik

KSMTour.com

Secara kelengkapan produk memang tidak sebanyak di Kampung Batik Laweyan. Akan tetapi para pengunjung tetap bisa membeli produk fashion batik dengan aneka model dan motif. Selain itu, bisa juga belajar sejarah batik dan cara membatik. Tempat ini khusus menawarkan batik motif semarangan, yang jumlahnya mencapai 600 motif.

Motifnya mirip batik Pekalongan dengan menampilkan motif utama flora dan fauna. Selain itu juga motifnya juga menampilkan budaya khas Tiongkok. Sedangkan kalau batik Pekalongan banyak mendapat pengaruh dari budaya Belanda. Ciri khas lainnya dari batik Semarangan adalah menonjolkan motif berbagai ikon kota ini, seperti buah asam, Tugu Muda, Gedung Lawang Sewu dan sebagainya.

6. Kampung Batik Lasem

pasar tradisional tempat belanja batik

batik.or.id

Lasem merupakan salah satu kecamatan di kawasan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kalau menjangkaunya dari pusat Kota Semarang, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar empat jam. Little Tiongkok adalah julukan bagi Lasem. Oleh karena sangat banyak bangunan yang mengusung arsitektur Tiongkok.

Selain keunikan tersebut, Lasem juga menghasilkan corak dan motif batik yang sangat unik dan menarik. dengan memadukan budaya Jawa dan Tiongkok. Sehingga kawasan ini pun menjadi sentra produksi dan penjualan batik ternama. Kalau anda ingin belajar membuat batik bisa mendatangi Batik Sekar Kencana yang berada di Kampung Babagan.

7. Pasar Grosir Batik Setono di Pekalongan

pasar tradisional tempat belanja batik

jalansampaipegel.blogspot.com

Setono merupakan kawasan pasar yang khusus menjual aneka produk berbahan dasar kain batik. Deretan kios batik akan memanjakan kegemaran anda terhadap kain batik. Tempat grosir batik ini merupakan yang terbesar di kawasan Kota Pekalongan. Sehingga menjadi tempat rekomendasi bagi siapa saja yang ingin membeli batik dengan kualitas bagus, tapi dengan harga grosiran.

Lokasi pasar tradisonal ini sangat strategis karena berada di jalur Pantura, tempatnya di Jalan Raya Baros. Kalau dijangkau dari pusat kota, jaraknya hanya berkisar 3 kilometer saja. Inilah surganya belanja batik yang membuat anda betah seharian untuk memilih produk yang diinginkan.

8. Tambak Dukuh Timur di Surabaya

pasar tradisional tempat belanja batik

ncepsuroboyo.com

Batik Surabaya memiliki ciri khas warna yang kuat serta berani, layaknya penggambaran semangat warganya. Berbagai motif khasnya adalah ikan sura dan buaya, perahu khas Surabaya, serta kembang semanggi. Ada pula khas batik yang dipengaruhi oleh budaya Tiongkok.

Anda bisa memborong batik khas Surabaya di berbagai pusat grosir. Selain itu bisa datang langsung ke kampung batik yang berada di Tambak Dukuh Timur. Anda tidak hanya bisa belanja batik saja, namun juga diberikan kesempatan untuk belajar bagaimana caranya membuat batik.

9. Sentra Kerajinan Batik di Pamekasan

pasar tradisional tempat belanja batik

ahmadramadlan.wordpress.com

Pembuatan batik Madura masih menerapkan metode tradisional. Batik tulis menjadi produk unggulannya, yang tetap memakai pewarna alami sehingga ramah lingkungan. Ada banyak sentra batik di Pulau Madura, tapi yang paling populer di kawasan Kabupaten Pamekasan. Oleh karena lebih banyak pengusaha dan pengrajin batik di daerah tersebut.

Tresna batik di Bangkalan juga menawarkan produk batik khas Madura, seperti batik Sumenep, batik Pamekasan, batik Sampang dan batik Tanjung Bumi. Lokasinya berdekatan dengan jembatan Suramadu, sehingga mudah untuk menjangkaunya.

10. Blok A Pasar Tanah Abang di Jakarta

pasar tradisional tempat belanja batik

mozaic.mataharimall.com

Sebagai pusat perdagangan, batik juga tidak menjadi komoditi potensial yang bagi pedagang di Pasar Tanah Abang. Jadi bagi anda yang tinggal di ibukota bisa datang ke kawasan pasar tersebut. Aneka jenis, motif dan corak batik bisa ditemukan. Tentunya dengan banderol harga yang tetap bersahabat. Sehingga anda bisa mengenakan busana batik dalam berbagai kesempatan, seperti untuk bekerja, mengunjungi acara pernikahan, sebagai seragam sekolah dan sebagainya.

Nah, itulah rekomendasi destinasi wisata belanja batik dengan harga grosir. Tentunya masih banyak pasar tradisonal lain yang juga menjajakan batik sebagai komoditas utamanya. Jadi kalau anda singgah di berbagai kota tersebut, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjunginya. Agar bisa mengoleksi aneka produk batik yang cantik.



Leave a Reply