Keunikan 10 Motif Batik Khas Berbagai Daerah di Indonesia


Fida  October 2, 2020  0 Comment

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali budaya dan ciri khas. Batik menjadi salah satu kain khas Indonesia yang memiliki beragam motif. Setiap daerah di Indonesia umumnya memiliki batik dengan bentuk motif dan warna yang berbeda-beda. Tidak jarang juga motif batik memiliki makna atau filosofi tertentu. Jika ingin mengenalnya, berikut

10 motif batik khas berbagai daerah di Indonesia

1. Batik Kawung

batik kawung
batik-tulis.com

Indonesia memiliki berbagai motif batik dengan ciri khas masing-masing di setiap daerah. Salah satu batik tertua di Indonesia adalah Batik Kawung. Batik yang satu ini memiliki ciri yang cukup unik yaitu membentuk pola bulatan menyerupai buah kawung  atau biasa disebut buah kolang kaling yang tertata rapi dan terlihat sangat indah.

Pada zaman dahulu, batik kawung hanya boleh dipakai oleh raja dan permaisuri. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, batik daerah Indonesia yang satu ini bisa digunakan oleh semua orang. Sekarang ini, Anda bisa menemukan motif batik cantik yang satu ini di rok, baju hingga dress.

Gotravelly

Shawarma Al-Siddiq Express, Mampir Karena Penjualnya Ganteng. Kalau Rasanya??

Menunggu Boarding Di Bandara KLIA 2 Malaysia, Cobain Makan Di MarryBrown

2. Batik Mega Mendung

batik mega mendung
advancedbiofuelssummit.com

Berbagai batik dengan motif unik dapat Anda jumpai ketika Anda berada di Indonesia. Salah satu motif batik daerah Indonesia yang sangat populer adalah batik mega mendung. Batik yang satu ini merupakan batik khas Cirebon, akan tetapi banyak Anda jumpai di seluruh Indonesia. Motif batik mega mendung menjadi favorit semua kalangan, karena motifnya yang elegan.

Mega mendung memiliki makna khusus yakni mega yang memiliki arti langit atau awan serta mendung yang berarti langit meredup akan turun hujan, sehingga motif batik mega mendung sangat khas dengan bentuk awan. Waran yang biasa digunakan pada batik mega mendung adalah warna cerah dan mencolok, seperti biru, ungu dan merah tua. Batik ini sangat diminati oleh banyak orang.

3. Batik Parang Rusak

Motif Batik Khas Berbagai Daerah di Indonesia
inibaru.id

Saat Anda berada di Indonesia, pasti Anda akan menemukan beragam motif batik  yang elegan. Salah satu motif batik yang mudah ditemui adalah motif parang rusak. Batik yang satu ini sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Batik daerah Indonesia yang satu ini menjadi favorit semua kalangan karena bentuknya yang khas.

Motif batik parang rusak mirip seperti huruf s yang disusun sangat rapi. Di sisi lain, motif batik yang satu ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu peperangan manusia dengan melawan sidat buruk dan nafsu selama hidup. Pada zaman dahulu, motif batik parang rusak hanya boleh dipakai oleh raja dan keturunannya. Namun, seiring perkembangan zaman, batik parang rusak kini mulai dipakai oleh banyak orang.

4. Batik Sekar Jagad

batik sekar jagad
semarangpos.com

Anda dapat menjumpai berbagai motif batik ketika berada di Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki batik dengan motif elegan adalah yogyakarta. Motif batik yogyakarta yang menjadi incaran wisatawan adalah batik sekar jagad. Batik yang satu ini memiliki bentuk yang sangat khas. Tak heran jika batik daerah Indonesia yang satu ini menjadi favorit semua kalangan. Biasanya, batik seperti ini banyak digunakan untuk baju ataupun bawahan.

Nama sekar jagad memiliki makna yakni keindahan atau kecantikan yang membuat orang terpesona ketika memandangnya. Di sisi lain, batik sekar jagad juga memiliki makna dalam bahasa jawa yakni “kar jagad” yang berarti peta dunia. Tak heran jika bentuknya seperti pulau-pulau yang tertata indah.

5. Batik Sidomukti

batik sidomukti
motifbatik.web.id

Ketika Anda sedang berada di kabupaten Magetan, pasti Anda akan menemukan batik yang menjadi ciri khas kabupaten Magetan. Batik yang dimaksud adalah batik sidomukti. Batik yang satu ini merupakan batik daerah Indonesia yang masih sering dijumpai hingga saat ini. Biasanya, batik ini akan mudah dijumpai di acara-acara resmi atau upacara adat.

Motif batik sidomukti sangat khas dan menarik perhatian semua orang. Batik cantik yang satu ini memiliki motif dasar gambar bambu. Batik yang satu ini juga memiliki arti dan filosofi  yakni harapan untuk memperoleh ketenangan lahir batin. Karena keindahan dan keunikan motifnya, tak heran jika batik sidomukti menjadi incaran banyak orang. Sangat disayangkan jika Anda tidak membeli batik cantik yang satu ini.

6. Batik Tasik

Motif Batik Khas Berbagai Daerah di Indonesia
bobo.grid.id

Ketika Anda berada di Indonesia, Anda akan menjumpai berbagai macam batik dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing. Selain daerah Jawa, Sunda juga menghasilkan batik yang sangat elegan. Salah satu batik yang berkembang di Tanah Sunda adalah batik tasik. Batik yang satu ini memiliki pesona keindahan yang membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Motif batik tasik memiliki bentuk, arti dan filosofi tersendiri. Batik yang berkembang di Tanah Sunda ini pada umumnya berbentuk rerumputan, fauna serta beberapa hal yang berkaitan dengan alam. Untuk warna yang digunakan, batik tasik biasa menggunakan warna biru, merah dan juga coklat. Perpaduan antara bentuk dan warna yang pas akan membuat Anda tertarik untuk membelinya.

7.  Batik Lasem

batik lasem
rajabatiksekolah.com

Berbagai motif batik mulai dari yang unik hingga elegan dapat Anda temukan di Indonesia. Salah satu batik dengan motif unik dan cantik adalah batik lasem. Batik yang satu ini mudah ditemui di pulau jawa. Biasanya batik lasem digunakan untuk baju ataupun bawahan untuk mendatangi acara-acara formal maupun nonformal.

Batik lasem berbeda dengan batik pada umumnya, karena batik yang satu ini merupakan batik yang sudah terpengaruh oleh budaya luar. Batik daerah Indonesia yang satu ini merupakan alkuturasi budaya Jawa yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berpadu dengan Tionghoa. Tak heran jika batik ini terkesan sangat khas dan menarik perhatian banyak orang. Sangat sayang rasanya jika Anda tidak memiliki batik cantik yang satu ini.

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Motif Batik Khas Berbagai Daerah di Indonesia
bukalapak.com

Tidak kalah dengan berbagai daerah lain, kabupaten Magetan juga memiliki salah satu motif batik yang dikenal cukup unik. Batik yang satu ini disebut dengan batik Pring Sedapur Magetan. Seperti yang kita tahu, ‘pring’ adalah Bahasa Jawa yang memiliki arti ‘bambu’ dalam Bahasa Indonesia.

Batik Pring Sedapur Magetan memiliki makna yang filosofis. Gambar tanaman bambu yang ada pada batik ini memiliki arti hidup rukun dan tentram.

9. Batik Sidoluhur

batik sidoluhur
phinemo.com

Ketika berada di Indonesia, Anda akan menemukan banyak sekali motif batik dengan keunikan dan filosofi masing-masing. Salah satu batik dengan motif dan ciri khas yang menarik perhatian banyak orang adalah batik sidoluhur. Batik yang satu ini memiliki motif bunga yang sangat elegan.

Batik sidoluhur memiliki makna tersendiri yakni dalam bahasa jawa “sido” memiliki arti jadi, sedangkan kata “luhur” memiliki arti terhormat. Sehingga bila digabungkan  batik yang satu ini memiliki makna agar pemakainya sehat jasmani dan rohani serta menjadi orang yang terhormat. Biasanya, batik daerah Indonesia yang satu ini dipakai oleh pengantin wanita ketika malam pengantin tiba.

10. Batik Tambal

batik tambal
pinterest.com

Ketika Anda berada di Yogyakarta, pasti Anda akan menemukan banyak sekali motif batik yang unik dan cantik. Salah satu batik dengan motif unik adalah batik tambal. Batik yang satu ini merupakan batik khas Yogyakarta yang hingga kini masih ada. Dilihat dari namanya, kata “tambal” memiliki arti menambal atau memperbaiki sesuatu yang telah rusak. Pada zaman dahulu, batik tambal dipercaya dapat menyembuhkan orang sakit hanya dengan menyelimutkannya ke tubuh orang yang sakit.



Leave a Reply