Wisata

Ini 10 Padang Pasir Dengan Pemandangan Paling Epik di Dunia



Padang pasir merupakan hamparan pasir yang sangat luas dengan curah hujan maksimal 250 mm per tahun. Temperatur di padang gurun sangat tinggi sehingga jarang dijumpai tumbuhan hijau dan hewan seperti di daerah lain. Meskipun demikian, padang gurun memiliki pesona tersendiri yang tidak kalah dengan tempat beriklim tropis. Mari simak 10 padang pasir terbaik di dunia yang dapat menjadi referensi wisata Anda.


Gurun Sahara – Afrika Utara

padang pasir terindah di dunia
photo via thoughtco.com


Gurun Sahara merupakan salah satu gurun yang paling populer dan terluas di dunia. Gurun ini terletak di Afrika Utara dengan luas mencapai 9,2 juta kilometer persegi. Nama Sahara berasal dari bahasa Arab yang memiliki makna padang pasir. Padang gurun ini memiliki beberapa bukit pasir dengan ketinggian melebihi 180 meter.
Beberapa tahun belakangan, Sahara diketahui sebagai tempat yang 10 kali lipat lebih kering dari biasanya. Ketika periode hijau, Gurun Sahara akan menjadi jauh lebih basah 10 kali lipat. Karena kekeringan tersebut Sahara diklaim sebagai wilayah penghasil debu terbesar di dunia saat musim kering. Ada sekitar 2.800 jenis tumbuhan berpembuluh di Sahara bahkan seperempat di antaranya merupakan tanaman endemik Gurun Sahara. Sahara juga merupakan habitat terbesar dari hewan rubah fennec (Vulpes zerda).


The Wave, Arizona – Amerika Serikat

gurun terindah di dunia
photo via TravelMint.com


Padang gurun yang meninggalkan fenomena geologi terindah adalah The Wave di mana formasi batu pasir di sini menjadi incaran fotografer untuk diabadikan. The wave terletak di bagian utara Buttes Coyote di daerah Arizona, Amerika Serikat. Untuk sampai ke sini dibutuhkan kesabaran yang tinggi karena Anda harus lebih dulu memasukkan undian guna mendapatkan tiket. Hal ini dikarenakan kebijakan dari pihak yang bertanggung jawab dalam melindungi struktur gelombang agar tidak pecah dengan jumlah wisatawan yang membludak.


White Sands National Monument – New Mexico

padang pasir terindah di dunia
photo via newmexico.org


Jika biasanya padang gurun memiliki pasir dengan warna kecoklatan, maka berbeda jauh dengan White Sand National Monument. Tempat ini memiliki pasir dengan warna putih yang dilihat sekilas serupa dengan hamparan salju. Pasir putih yang menempati wilayah ini berasal dari kristal gypsum dan terhampar dengan luas mencapai 275 mil persegi dan ketinggian bukit pasirnya sekitar 15 meter.
Gurun putih ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata mulai dari piknik hingga hiking. Untuk menjelajah gurun putih ini, Anda harus menggunakan kendaraan khusus dengan waktu kurang lebih 45 menit. Bagi traveller yang ingin berjalan dengan kaki telanjang juga bisa, karena pasir putih gurun tidak dapat menyerap panas meskipun matahari sangat terik.


Gurun Namib, Namibia – Afrika Selatan

gurun pasir paling keren di dunia
photo via Tribun Jatim – Tribunnews.com


Gurun Namib merupakan salah satu gurun terbaik yang terletak di Afrika Selatan. Luas gurun ini mencapai 50.000 kilometer persegi yang terbentang di sepanjang pesisir Samudera Atlantik. Gurun ini adalah gurun tertua di dunia dengan warna pasir yang khas yakni oranye. Meskipun berada satu benua dengan Gurun Sahara, namun Gurun Namib tetap memiliki pesona tersendiri dengan bukit pasir yang ketinggiannya mencapai 298 meter.
Gurun yang terletak di Namibia ini berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik. Gurun yang juga masuk dalam catatan wilayah harus dilindungi oleh UNESCO ini juga merupakan satu-satunya gurun berkabut. Kabut tersebut berasal dari interaksi dua udara yang bermuatan air laut Samudera Atlantik lewat angin selatan dan udara kering dari gurun.


Gurun Putih – Mesir

padang pasir terindah di dunia
photo via Pinterest


Gurun putih atau White Desert yang lebih dikenal dengan sebutan El Sahara El Beida ini terletak dalam wilayah Taman Nasional di Mesir. Tampilannya yang menyerupai planet lain ini terbentuk dari pasir yang mengalami erosi. Gurun Putih akan sangat menyilaukan pandangan saat matahari terbenam, di mana kilauan yang dihasilkan bahkan hampir menyerupai emas.


Wadi Rum – Yordania

gurun pasir paling indah di dunia
photo via Booking.com


Jordania memiliki gurun pasir yang disebut dengan Wadi Rum. Lembah gurun pasir ini memiliki luas sekitar 720 kilometer persegi. Apakah Anda adalah seorang pecinta film Transformer? Gurun inilah yang menjadi lokasi syutingnya. Untuk menjelajahi gurun ini Anda membutuhkan sebuah Jip, unta, balon udara atau microlight.
Kata Rum pada nama gurun ini diambil dari bahasa Arab, yang memiliki makna menanjak atau tinggi. Bukit-bukit pasir yang ada di gurun ini menjulang tinggi, bahkan terdapat sebuah bukit batu yang bernama Jabal Rum dengan ketinggian 1.700 m di atas permukaan laut. Wadi Rum juga memiliki nama lain yakni The Valley of The Moon atau lembah bulan karena penampakan dari hamparan pasirnya menyerupai dengan bulan.


Salar de Uyuni – Bolivia

padang pasir indah di dunia
photo via Worldly Adventurer


Padang gurun yang satu ini berbeda dengan padang gurun lainnya. Letak perbedaannya adalah padang gurun ini memiliki hamparan garam yang sangat luas sekitar 10.582 kilometer persegi. Salar de Uyuni terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat dengan puncak Pegunungan Andes, Bolivia. Gurun garam ini terbentuk oleh danau prasejarah yang permukaannya ditutupi lapisan garam dengan ketinggian beberapa kaki.


Valley of The Moon – Argentina

padang pasir di dunia
photo via Jonistravelling


Valley of The Moon adalah nama yang sematkan pada gurun di Argentina. Hamparan gurunnya yang sangat kering dan juga kasar mirip dengan permukaan bulan. Gurun ini memiliki banyak bebatuan raksasa dan juga fosil, salah satu fosil yang pernah ditemukan adalah fosil dinosaurus tertua, amfibi, ikan, reptil dan lebih dari 100 spesies tanaman.


Gurun Gobi – China

gurun pasir indah di dunia
photo via Flickr


Gurun Gobi merupakan salah satu gurun yang terletak di Benua Asia tepatnya wilayah Mongolia, China dengan luas sekitar 1,3 juta kilometer persegi. Tahukah Anda? Gobi merupakan gurun yang banyak menyimpan fosil dinosaurus. Pada tahun 2016 para Arkeolog menemukan fosil dinosaurus terbesar di sini. Cacing maut Mongolia yang merupakan hewan paling mematikan juga terdapat di Gurun Gobi.
Gurun Gobi menyimpan banyak warisan sejarah yang ditetapkan oleh UNESCO, salah satunya adalah Danau Bulan Sabit. Meskipun disebut gurun, tapi faktanya tempat ini tidak terlalu berpasir karena wilayahnya terdiri dari kawasan yang berkerikil, berbatu dan bersemak di beberapa daerah. Gurun Gobi juga tidak luput dari bukit pasir yang sering menjadi daya tarik para wisatawan.


Thar Desert – India

gurun pasir di dunia
photo via Travelplanet


Selain Gurun Gobi, Benua Asia juga memiliki gurun yang tidak kalah terkenal yakni Gurun Thar di India. Letaknya berada di antara wilayah India dan Pakistan bagian utara. Gurun ini masuk peringkat ke 17 dalam kategori gurun terbesar di dunia. Makhluk hidup di Gurun Thar sangat bervariasi, mulai dari 23 spesies kadal hingga 25 spesies ular.
Suhu harian Gurun Thar lumayan tinggi yaitu antara 22⁰C hingga 32⁰C. Hal ini dikarenakan keadaan langit Gurun Thar yang tidak berawan. Pada bulan Mei dan Juni merupakan saat di mana musim panas berlangsung. Ketika itulah Gurun Thar dilanda fenomena badai pasir yang disebut dengan Andhi.
Setelah mengetahui 10 padang gurun terbaik di dunia, Apakah Anda tertarik untuk berpetualang ke sana?

One Response

  1. Kenali Diskon March 16, 2019

Join The Discussion