10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Terkenal Paling Enak di Toko Melati


Dila  May 16, 2018  0 Comment

Oleh oleh khas Tulungagung– Anda pasti tahu bukan daerah Tulungagung? Tulungagung merupakan daerah yang mampu menghasilkan marmer paling terbesar di Indonesia yang terletak pada 154 KM sebelah barat daya Surabaya. Tulangagung selalin terkenal sebagai penghasil marmer, ternyata juga sangat terkenal dengan makanannya yang begitu khas dan akan membuat ketagihan bagi para pencinta kuliner yang mencicipinya. Nah, bagi pencinta kuliner memang hal inilah yang dinantikan untuk merasakan nikmatnya masakan khas daerah Jawa Timur tersebut. Apalagi makanan khas tersebut sudah terkenal luas di Indonesia. Lantas seperti apakah oleh oleh yang paling terkenal di Tulangagung tersebut?

1. Kue Sagon

Kue Sagon

resepkoki.id

Sebenarnya kue sagon ini dapat Anda temukan di berbagai wilayah Pulau Jawa, salah satunya di daerah Tulungagung. Kue ini begitu populer di Indonesia karena memiliki citra rasa yang enak, gurih dan manis serta aromanya juga wangi. Bahan dasar kue sagon ini menggunakan tepung ketan, kelapa dan tepung sagu. Kue ini dinamakan “Kue Sagon” karena telah menggunakan bahasa dasar dari tepung sagu. Anda bisa menikmati lezat dan gurihnya kue sagon tersebut dengan secangkir teh atau kopi sambil bersantai dengan teman atau keluarga. Untuk harga kue sagon dibanderol sekitar Rp 10.000/bungkus. Harga tersebut sangat murah dan seimbang dengan rasa kue sagon khas Tulungagung.

Review kuliner

Republik Cafe Dendy , Cafe Baru Dengan Beragam Menu Dijamin Maknyuz

Kedai Kosim Kota Tulungagung

2. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

merahputih.com

Salah satu oleh oleh khas Tulungagung yang paling terkenal adalah gethuk pisang. Makanan khas Jawa Timur ini memiliki rasa yang begitu khas dan lezat. Bahkan kemasan gethuk pisang juga terbilang unik. Kemasan gethuk pisang hampir mirip seperti lontong. Untuk bahan dasar dari gethuk pisang sendiri asli terbuat dari pisang ambon yang mudah diperoleh. Untuk harga gethuk pisang tersebut dibanderol cukup terjangkau, berkisar Rp 7.000/bungkus.

Baca juga :  9 Wisata Kuliner Purwokerto Murah Tapi Enak Banget Rekomended

3. Kerupuk Rambak Asli Tulungagung

Kerupuk Rambak Asli Tulungagung

agrowindo.com

Kerupuk rambak merupakan makanan ringan yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia. Nah, di Tulungagung sendiri makanan ringan yang terbuat asli dari kulit kerbau atau kulit sapi ini juga sering dibawa pulang oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Tulungagung untuk oleh-oleh atau buah tangan. Untuk rasa kerupuk rambak asli dari Tulungagung lebih renyah dan gurih jika dibandingkan dengan kerupuk-kerupuk rambak diluar kota Tulungagung. Salah satu industri kerupuk ramba yang paling terbaik di Tulungagung yakni di kawasan Botoran Pangungrejo.

4. Jenang Syabun

Jenang Syabun

robijuniarta.student.umm.ac.id

Oleh oleh khas Tulungagung ini memang mirip seperti dodol. Bahan utama untuk membuat jenang syabun asli dari beras ketan. Untuk cita rasa jenang syabun begitu legit dan manis yang memiliki tektur yang sangat lembut. Jenang syabun ini juga memiliki istilah nama lain yakni jenang licin. Dikatakan jenang licin karena bentuk dan juga permukaan jenang ini begitu halus dan licin. Nah, jika Anda pulang kampung atau sedang berkunjung ke Tulungagung maka membeli jenang syabun untuk buah tangan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Karena rasanya begitu nikmat dan akan mengingatkan Anda pada kampung halaman di Tulungagung.

5. Kue Geti atau Enting-Enting Kacang

Kue Geti atau Enting-Enting Kacang

m.lakeybanget.com

Anda suka makanan ringan yang terbuat dari kacang? Kue Geti sangat pas untuk Anda rasakan. Geti atau enting-enting kacang merupakan sejenis makanan ringan dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan wijen. Kedua bahan dasar tersebut dilarutkan dalam adonan gula merah hingga kering. Untuk rasa enting-enting kacang ini sangat gurih dan legit yang akan membuat Anda merasa ketagihan untuk mencicipinya. Harga satu kota enting-enting kacang Tulungagung ini dibanderol cukup murah. Jadi sangat cocok untuk buah tangan dirumah. Nah, salah satu produk enting-enting kacang yang paling terkenal dan terpopuler di Tulungagung adalah enting-enting kacang asli produk Bu Suparmi.

Baca juga :  Jalan jalan Pagi, Mampir Ke 10 Tempat Sarapan Enak di Kuala Lumpur

6. Ledre Pisang

Ledre Pisang

mepnews.id

Sebenarnya makanan ini asalnya dari daerah Bojonegoro, tetapi ternyata di Tulungagung juga terdapat pusat produksi Ledre Pisang yang nikmat. Selain oleh olehkhas Tulungagung ledre pisang, ternyata ada juga ledre coklat di Tulungagung.Makanan khas ini sebenarnya hampir sama dengan kue semprog yang memiliki bentuk kotak atau stick roll. Namun aroma coklat atau pisangnya jauh lebih kuat dan memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Oleh karena itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang membeli ledre pisang dan ledre coklat untuk buah tangan. Untuk harga dipastikan sangat terjangkau, pastinya sangat murah untuk membeli ledre pisang khas Tulungagung ini.

7. Kacang Atom

Kacang Atom

bukalapak.com

Pasti Anda sudah pernah merasakan camilan kacang atom bukan? Namun kacang atom khas Tulungagung dipastikan memiliki cita rasa yang beda. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang dibuat asli dari kacang pilihan, bawang putih, tepung dan juga garam yang pas sesuai takaran untuk menciptakan rasa yang gurih dan renyah pada kacang atom khas Tulungagung ini. Memang camilan ini terlihat biasa, tetapi dipastikan beda jika Anda membeli kacang atom di Tulungagung. Untuk harga dibanderol sangat murah, sekitar Rp 5.000/bungkus, tetapi tergantung besarnya bungkus kacang atom tersebut.

8. Manisan

Manisan

lifestyle.okezone.com

Mungkin camilan ini sudah tidak asing lagi di lidah Anda, iya bukan? Namun camilan khas Tulungagung ini merupakan camilan yang memiliki rasa manis dengan tabur wijen dan terbuat dari bahan asli jahe pilihan, gula serta tepung pilihan. Oleh karena itu, manisan ini sangat cocok untuk Anda jadikan oleh oleh khas Tulungagung. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang legit dan nikmat, manisan Tulungagung ini dibanderol murah meriah sekitar Rp 7.500/bungkus.

Baca juga :  10 Ceker Paling Pedas Enak Di Indonesia, Bikin Mulutmu Kebakar

9. Manco

Manco

senandungberliana.blogspot.co.id

Anda pernah merasakan manco? Pastinya Anda sudah pernah merasakannya bukan? Manco merupakan camilan yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, taburan beras sangrai atau wijen. Makanan khas Tulungagung satu ini sudah banyak ditemukan di Indonesia. Namun rasa manco khas Tulungagung pastinya berbeda jauh dengan manco-manco lainnya. Nah, oleh karena itu manco harus wajib Anda beli di Tulungagung yang memiliki rasa yang begitu renyah dan legit. Untuk masalah harga jangan khawatir, karena manco khas Tulungagung ini dibanderol murah Rp 7.500/bungkus.

10. Madumongso

Madumongso

wikipedia

Oleh oleh khas Tulungagung selanjutnya adalah madumongso. Tentu Anda pernah merasakan makanan tersebut bukan? Camilan khas Tulungagung ini terbuat asli dari ketan putih, ketan hitam pilihan, madu, ragi, gula dan kelapa. Untuk rasa madumongso khas Tulungagung begitu legit dan manis. Makanan ini sangat cocok untuk Anda pecinta makanan legit. Biasanya makanan ini paling sering muncul ketika Hari Raya Idul Fitri sudah tiba. Namun di Tulungagung pada hari-hari biasa pun tetap bisa Anda temukan di pusat oleh oleh.

Demikialah ulasan tentang 10 oleh oleh khas Tulungagung yang terkenal paling enak di Toko Melati yang wajib Anda beli. Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat!



Leave a Reply