10 Kuliner Olahan Telur Asin yang Enak dan Kekinian


prita  January 15, 2021  0 Comment

Belakangan ini salted egg atau telur asin menjadi salah satu sajian yang cukup populer. Jika melihat di sosial media para foodies, banyak dari mereka yang membagikan berbagai olahan makanan yang menggunakan telur asin di dalamnya. Tak hanya tampilannya yang menggugah selera, rasa dari salted egg ini juga sangat sempurna di mulut seolah sangat cocok jika dipadukan dengan berbagai sajian. Misalnya seperti Olahan telur asin yang kekinian dengan rasa gurih menggoda.

10 Kuliner Olahan Telur Asin :

1. Salted Egg Spaghetti

Salted Egg Spaghetti
youtube.com

Olahan telur asin paling nikmat yang pertama adalah Salted Egg Spaghetti. Jika biasanya spaghetti selalu dipadukan dengan saus carbonara atau bolognaise, maka kamu perlu mencicipi spaghetti dengan saus telur asin ini.

Lembutnya spaghetti dipadukan dengan saus telur asin yang creamy dan gurih tentu akan membuatmu ketagihan. Apalagi jika ditambah dengan topping udang segar, pasti semakin membuat siapapun yang melihatnya tergoda untuk mencicipinya. Satu porsi salted egg spaghetti ini dihargai sekitar Rp 60.000 per porsinya yang mana harga tersebut sangat layak dengan rasa yang didapatkan.

review kuliner

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru Ini

Nyobain Makan Seafood Kekinian Di Bah Bleng Seafood Madiun

2. Salted Egg Croissant

salted egg croissant
thefatkidinside.com

Selain makanan berat, pastry juga menjadi salah satu makanan yang isa dipadukan dengan telur asin. Olahan telur asin yang satu ini bisa dibilang cukup unik, karena basanya croissant dinikmati tanpa isian atau dengan isian sandwich.

Salah satu restoran yang menyajikan Salted Egg Croissant ini adalah Nomz yang berada di Grand Indonesia. Menu ini diberi nama Salted Egg Yolk Lava Croissant. Kamu bisa menikmati renyahnya croissant di luarnya namun terasa sangat lembut di dalamnya, ditambah lagi dengan gurihnya saus salted egg yang langsung lumer dimulut. Kamu pasti langsung ketagihan dan tidak akan bisa berhenti menikmatinya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Sri Lanka, Perpaduan Rasa India dan Indonesia

3. Salted Egg Chicken

 Salted Egg Chicken
asianinspirations.com.au

Olahan telur asin yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Salted Egg Chicken. Salted egg chicken ini menjadi salah satu sajian yang cukup populer di soSial media dan banyak sekali penggemarnya.

Salted Egg Chicken ini merupakan olahan ayam goreng tepung yang sangat crunchy kemudian disiram dengan saus telur asin yang yang gurih dan creamy sehingga menghasilkan rasa yang sempurna dilidah. Agar semakin lezat, olahan salted egg chicken ini bisa dinikmati dengan nasi hangat dan telur mata sapi. Sajian yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan ayam dan telur asin dan ingin kedua menu tersebut menjadi satu.

4. Prawn Salted Egg Yolk

Prawn Salted Egg Yolk
unileverfoodsolutions.com.ph

Selain ayam, telur asin juga sangat nikmat jika dipadukan dengan seafood. Salah satu seafood yang sangat nikmat bila diberi telur asin adalah udang atau prawn. Olahan telur asin yang satu ini juga tak kalah populer di sosial media dan banyak juga yang menyukainya.

Sama halnya dengan Salted Egg Chicken, Prawan Salteg Egg Yolk ini juga memadukan udang goreng tepung yang crunchy dengan saus salted egg yang gurih dan lembut. Agar terasa lebih nikmat, Prawn Salted Egg Yolk ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat. Pastinya kamu akan ketagihan dengan sajian yang satu ini.

5. Mie Instan Telur Asin

Mie Instan Telur Asin
cookpad.com

Tak hanya spaghetti, mie instan juga bisa dipadukan dengan telur asin sehingga menciptakan rasa yang lezat. Olahan telur asin yang satu ini memang cukup hits belakangan ini, bahkan salah satu merk mie instan di Indonesia membuat rasa khusus dengan telur asin.

Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan telur asin. Kamu tinggal merebus mie instan seperti biasa, kemudian tiriskan dan padukan dengan bumbu telur asin yang telah kamu buat. Jangan lupa untuk diberi tambahan topping seperti daging ayam, daging sapi atau baso sesuai selera kamu.

Baca juga :  10 Kebab Enak di Surabaya Menawarkan cita Rasa Rempah Yang Enak!

6. Irvins Salted Egg Potato Chips

Irvins Salted Egg Potato Chips
thejakartapost.com

Olahan telur asin yang satu ini berasal dari Singapura dan terbilang cukup populer. Meskipun berasal dari Singapura, namun camilan ini sekarang cukup banyak ditemui di Indonesia.

Makanan ringan ini merupakan salah satu olahan salted egg yang kekinian dan berbeda, yaitu keripik kentang dengan bumbu telur asin yang gurih. Irvin Salted Egg ini memiliki tiga varian produk yang semuanya berasal dari telur asin, yaitu Salted Egg Potato Chips, Salted Egg Fish Skin dan Salted Egg Sauce.

Meskipun Irvin Salted Egg ini merupakan produk asal Singapura, namun pemiliknya adalah orang Indonesia yang kini menetap di Singapura akibat kerusuhan Mei 1998. Sekarang produk ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai situs marketplace di Indonesia.

7. Salted Egg Custard Glutinous Rice Ball

Salted Egg Custard Glutinous Rice Ball
anakjajan.com

Salted Egg Custard Glutinous Rice Ball atau Onde-onde Telur Asin ini juga menjadi salah satu olahan telur asin yang cukup banyak peminatnya. Sajian ini bisa dibilang cukup unik, pasalnya jika biasanya kamu menemukan onde-onde dengan isian kecang hijau atau kacang merah, onde-onde yang satu ini berisikan telur asin yang gurih namun tetap nikmat.

Bola-bola wijen ini diberi isian salted egg yang meleleh sehingga saat kamu menggigitnya akan terasa sangat lezat. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa berkunjung ke restoran dimsum Ling Ling yang berada di Jakarta selatan. Onde onde ini dibanderol sekitar Rp 20.000an per porsinya.

8. Sate Taichan Saus Salted Egg

Sate Taichan Saus Salted Egg
qraved.com

Jika kamu pecinta Sate Taichan, maka tak ada salahnya untuk mencoba sate taichan dengan perpaduan saus telur asin ini. Sate Taichan memang biasa dinikmati dengan sambal taichan yang pedas, namun kamu wajib mencicipi perpaduan dari Sate Taichan dengan Saus Salted Egg ini.

Baca juga :  11 Jajanan Khas Italia Yang Menggugah Selera

Sate Taichan dengan Saus Telur Asin ini memang menghadirkan rasa yang luar biasanya, tak heran jika olahan telur asin ini juga banyak sekali penggemarnya. Kamu bisa merasakan sedapnya taichan berpadu dengan saus telur asin yang lembut dan gurih dimulut. Pastinya terasa lebih nikmat bila dinikmati dengan lontong atau nasi, tapi jika kamu ingin menikmatinya langsung pun juga tetap lezat. Pastinya sajian ini tidak akan membuatmu berhenti makan.

9. Bakpao Telur Asin

Bakpao Telur Asin
unileverfoodsolutions.co.id

Olahan telur asin selanjutnya adalah Bakpao Telur Asin. Bila kamu biasa menemukan bakpao dengan isian keju, cokelat, kacang hijau atau strawberry, maka kamu perlu mencicipi bakpao dengan isian telur asin ini.

Bakpao yang lembut ini berisikan kuning telur asin yang lumer dan terasa gurih namun malah menjadikannya sangat lezat. Seolah Bakpao dan telur asin ini menjadi perpaduan yang sempurna dimulut. Bakpau telur asin ini juga menjadi salah satu hidangan yang banyak sekali penikmatnya, khususnya pecinta telur asin.

10. Tahu Telur Asin

Tahu Telur Asin
maggi.id

Olahan telur asin yang terakhir adalah Tahu Telur Asin. Jika kamu sudah bosan dengan olahan tahu yang biasa saja, maka kamu patut untuk mencoba sajian yang satu ini.

Tahu telur asin ini dibuat dengan tahu Jepang yang lembut kemudian dimasak dengan saus telur asin yang gurih dan creamy. Tahu telur asin ini sangat pas bila dinikmati dengan nasi putih hangat. Jika kamu ingin mencobanya, menu ini bisa kamu temukan di restoran D’Cost dengan harga yang cukup terjangkau.



Leave a Reply