Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau Paling Rekomended


Dila  May 8, 2018  0 Comment

Ketika berkunjung ke suatu tempat, tak lengkap rasanya jika tidak membeli barang-barang khas dari kota tersebut atau yang biasa disebut dengan oleh-oleh atau buah tangan. Setiap kota memiliki ke-khasan yang berbeda yang mesti kita bawa pulang ke kampung halaman.

Begitu pula saat Anda berkesempatan untuk mengunjungi Kota Pekanbaru. Salah satu kota yang terdapat di Propinsi Riau ini dijuluki Kota Bertuah. Kota ini tidak hanya memiliki berbagai destinasi dan kuliner khas yang sayang jika dilewatkan. Kota ini juga memiliki beragam cenderamata khas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Apa sajakah itu? Berikut ini 10 oleh-oleh khas Pekanbaru Riau paling recommended yang perlu Anda ketahui.

 

1.Batik Corak Riau

detik.com

Bukan hanya daerah Jawa saja yang terkenal dengan batik. Pekanbaru Riau pun memiliki batik dengan corak khas Riau, yakni motif-motif khas Melayu Riau. Produk buatan tangan atau handmade ini dibuat oleh para pengrajin batik dengan peralatan membatik pada umumnya, seperti canting, malam (lilin cair), pewarna pakaian dan sebagainya.

Kain batik “corak Riau” ini memiliki kualitas yang bagus dilihat dari jenis kain dan pilihan coraknya, serta warnanya yang awet tidak mudah luntur. Warna dan coraknya begitu beragam, cocok dibuat berbagai model pakaian masa kini. Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang merekomendasikannya.

 

2.Bolu Kemojo

kulinersehat.info

Makanan khas Pekanbaru ini dibuat dengan cara dimasak lalu dikukus. Di dalamnya terdapat kandungan santan murni. Rasanya manis legit dan lembut. Terdapat banyak varian rasa yang bisa dipilih, antara lain pandan, keju, kacang hijau, kentang, gula merah, labu kuning, nangka dan rempah.

Dari kesemuanya yang paling terkenal ialah rasa pandan dengan warna khas hijau dan memiliki aroma khas pandan yang mampu menggugah selera. Bolu kemojo ini sangat cocok untuk teman minum teh yang hangat. Jangan sampai Anda melewatkannya sebagai oleh-oleh!

 

3.Kacang Pukul Bagansiapiapi

PotretNews.com

Pada mulanya kacang pukul Bagansiapiapi ini dibuat oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di Bagansiapiapi secara turun-temurun. Namun, kini telah menjadi kuliner khas Kota Pekanbaru. Bagansiapiapi sendiri merupakan kota yang terletak di dekat jalur perdagangan duni atau Selat Malaka.

Tidak sulit untuk menemukan makanan khas yang satu ini. Anda bisa menemukannya dengan mudah di sekitar kawasan Kota Pekanbaru. Seperti namanya, kuliner ini terbuat dari kacang yang telah ditumbuk sebelumnya. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang gurih dan manis khas mirip seperti kacang ting-ting khas Jawa.

 

4.Lempuk Durian

flickr.com

Lempuk durian merupakan dodol yang dibuat dari buah durian yang pembuatannya dilakukan secara tradisional. Dilihat dari kemasannya, lempuk durian memiliki keunikan dari pembungkusnya yakni daun jagung atau klaras (Jawa) yang dibungkus menyerupai permen, namun ukurannya lebih besar. Teksturnya kenyal dan agak
lengket. Rasanya manis dan gurih. Aroma durian yang khas juga memancar di dalam empuk durian ini sehingga semakin menggugah selera.

Lempuk durian ini tidak hanya dijual di Riau saja, tetapi sudah merambah ke mancanegara karena kelezatannya. Jadi, sangat sayang jika Anda tidak mencicipinya dan membawanya sebagai oleh-oleh.

 

5.Keripik Nanas

gspradio.com

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nanas biasanya diolah menjadi toping di dalam rujak, es campur atau diambil sarinya untuk dibuat cita rasa makanan.

Namun, di Pekanbaru nanas dibuat menjadi makanan yang unik yakni keripik nanas. Seperti keripik pada umumnya, keripik nanas memiliki tekstur yang tipis, renyah dan kering. Bumbu yang digunakan dibuat dari rempah-rempah khas Indonesia sehingga menghasilkan rasa yang gurih asam dan manis.

Beberapa proses pembuatannya antara lain, pengupasan, pemotongan hingga sangat tipis, direbus, dijemur hingga kering lalu dilumuri bumbu dari rempah-rempah khas dan barulah digoreng hingga kering. Penggorengannya bisa beberapa kali agar menghasilkan keripik dengan tekstur yang pas.

 

6.Lopek Bugi

lamanresepi.com

Lopek bugi merupakan jenis kue basah yang paling direkomendasikan sebagai oleh-oleh. Lopek bugi menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Cara membungkusnya pun unik yakni menyerupai bentuk segitiga. Kue basah ini terbuat dari beras ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu khas Pekanbaru. Warna kuenya hijau dan di dalamnya cokelat. Lopek bugi memiliki rasa yang manis dan gurih. Lopek bugi banyak terdapat di sepanjang jalan lintas Pekanbaru Bangkinang, tepatnya di dekat Danau Bingkuang. Anda mesti mencoba kelezatan dari lopek bugi ini!

 

7.Gantungan Kunci Pekanbaru

pinterest.se

Gantungan kunci merupakan salah satu suvenir khas yang tepat sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terdekat Anda. Pekanbaru pun memiliki gantungan kunci yang khas, terbuat dari bahan sejenis logam. Gantungan kunci ini memiliki desain berupa landmark atau ikon kota Pekanbaru dan di dalamnya juga berisi tulisan “Pekanbaru Riau”. Jika Anda berminat membelinya, pergilah ke toko oleh-oleh atau pasar tradisional di sekitar Kota Pekanbaru.

 

8.Dodol Kedondong

riaudailyphoto.com

Kedondong merupakan salah satu jenis buah yang biasanya menjadi bahan campuran rujak. Di Pekanbaru, buah kedondong dibuat menjadi dodol yang akan membuat Anda ketagihan ketika mencobanya.

Jangan khawatir akan rasa buahnya yang asam dan sepat, karena proses pembuatannya menggunakan campuran gula dan wijen sehingga menghasilkan rasa yang enak, yakni tidak begitu manis ataupun terlalu asam. Pas di lidah. Warna dodol kedondong ini lebih terang dibandingkan dodol pada umumnya. Keunikan dari kuliner khas ini perlu Anda coba.

 

9.Salai Ikan Patin

ikansale.blogspot.com

Seperti yang telah diketahui banyak orang, ikan patin merupakan salah satu menu lauk pauk yang nikmat. Terlebih ketika disantap bersama dengan nasi putih yang hangat. Namun, lagi-lagi masyarakat Pekanbaru membuat terobosan baru dengan mengolah ikan patin menjadi salai. Anda pasti akan penasaran dengan rasanya yang amat lezat hingga pemasarannya saja sudah sampai ke luar negeri.

 

10.Kaos Pekanbaru

SatuBaju.com

Seperti kota-kota ternama lainnya di Indonesia, Pekanbaru juga memproduksi kaos khas Pekanbaru yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang recommended. Salah satu varian favorit wisatawan ialah kaos Pekanbaru yang berisi tulisan “I Love Pekanbaru”dengan warna dasar kaos putih terang. Selain tulisan, ada juga kaos Pekanbaru yang berdesain landmark atau ikon kota Pekanbaru.

Jika oleh-oleh makanan bisa habis dalam sekejap, kaos Pekanbaru ini bisa dipakai hingga lusuh. Cocok juga untuk hadiah kepada kerabat atau rekan. Anda bisa mendapatkan kaos Pekanbaru di toko oleh-oleh atau pasar tradisional di sekitar Pekanbaru. Harganya relatif murah, mulai dari dua puluh lima ribu rupiah. Jika Anda ingin harga yang lebih murah, cobalah untuk menawarnya. Disarankan dengan menggunakan bahasa daerah Pekanbaru.

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Pekanbaru Riau paling recommended yang jangan sampai Anda lewatkan ketika berkunjung ke Kota Bertuah itu.



Leave a Reply