10 Oleh-oleh Khas Pontianak Wajib Dibawa Pulang


Dila  May 14, 2018  0 Comment

Oleh oleh khas Pontianak– Jika Anda sampai saat ini belum berhasil menemukan kota wisata yang paling menarik untuk mengisi weekend maka Anda direkomendasikan untuk berkunjung ke Pontianak. Kota yang dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa tersebut ternyata telah menawarkan berbagai macam aspek pariwisata paling terbaik dengan aneka kebudayaan dari setiap suku penduduknya yaitu Melayu, Dayak dan juga Tionghoa. Nah, selain destinasi wisata yang layak Anda kunjungi, ternyata Pontianak juga terkenal dengan beragam aneka kuliner. Sehinga menjadikan Kota Pontianak tersebut menjadi salah satunya surga kuliner terlezat di Indonesia. Dengan demikian, Anda bisa membawa banyak oleh oleh dari Pontianak untuk keluarga dirumah ketika berkunjung ke Pontianak.

1. Juhi Bakar

Juhi Bakar

viva.co.id

Mungkin Juhi Bakar terdengar asing ditelinga Anda. Perlu diketahui, Juhi Bakar merupakan makanan yang terbuat dari sotong, kemudian dagingnya dihaluskan dengan cara dilakukan penggilingan. Hasil dari penggilingan daging itulah yang selanjutnya akan dibakar, tetapi sebelumnya harus diberi racikan bumbu-bumbu agar rasanya terasa lebih nikmat. Namun proses pembuatan Juhi ternyata tidak harus lewat media bakar, ada banyak orang yang suka dengan proses panggang. Nah, Juhi Bakar tersebut sangat cocok untuk Anda jadikan oleh oleh khas Pontianak. Walaupun Juhi Bakar memiliki tesktur sedikit basah, tetapi makanan ini bisa bertahan sampai 14 hari.

Menikmati Lumernya Kue Keria, “ Jemblem” Kota Malaka, Malaysia

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

2. Kue Bingke Rendam

Kue Bingke Rendam

hericfood.blogspot.co.id

Anda sebagai pecinta kuliner Indonesia mungkin tak asing lagi dengan kue Bingke, iya bukan? Makanan khas dari Pontianak ini terdapat dua varian yakni kue bingke rendam dan kue bingke standart. Perbedaan nyata dari kedua kue bingke tersebut yakni hanya terletak pada bagian pengolahannya. Bingke biasa proses pengolahannya dipanggang, sementara untuk bingke berendam proses pengolahannya dilakukan secara dikukus. Namun untuk rasa, dipastikan kedua jenis kue ini sama-sama lezatnya. Jadi, makanan ini cocok untuk Anda jadikan oleh oleh khas Pontianak. Selain lezat, banderol harga kue bingke ini sangatlah terjangkau, mulai Rp 10.000 –Rp 20.000 Anda sudah dapat langsung menikmati lezatnya kue bingke ini.

3. Lempok Durian

Lempok Durian

santapsedap.com

Mungkin makanan lempok durian ini masih terdengar asing di telinga Anda. Sebenarnya lempok durian ini hampir mirip dengan dodol, baik cara pengolahannya sampai bentuknya. Namun yang membedakan dodol durian dengan lempok durian yakni lempok durian mempunyai presentase yang lebih dalam penggunaan durian. Sementara dodol durian kurang dominan rasa duriannya. Awal munculnya makanan satu ini yang laris dipasaran karena banyaknya buah durian di daerah Pontianak. Dari alasan tersebut, ternyata lempok durian ini menjadi makanan paling diminati oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

4. Kripik Pisang Segedong

Kripik Pisang Segedong

oleh-olehpontianak.com

Anda suka makanan ringan keripik pisang? Untuk itu Anda bisa mencoba membeli oleh oleh kripik pisang segedong asli oleh-oleh dari Pontianak. Diberikan nama sebagai kripik segedong dikarenakan keripik pisang tersebut memang asli berasal dari kawasan Segedong. Rasa makanan ringan ini begitu lezat, bahkan harganya juga terjangkau. Selain itu, keripik Segedong juga tahan lama. Untuk harga keripik Segedong sekitar Rp 15.000/bungkus.

5. Dodol Lidah Buaya

Dodol Lidah Buaya

bukalapak

Pada dasarnya sudah banyak sekali makanan khas yang terbuat dari lidah buaya, setelah kerupuk dan teh. Namun ada lagi satu lagi makanan yang terbuat dari lidah buaya yakni dodol lidah buaya. Untuk bagian lidah buaya yang digunakan untuk dodol adalah bagian dagingnya lidah buaya. Setelah itu campur dengan bahan pembuatan lainnya untuk dodol. Untuk rasa dodol ini sangat eksotis, pasti sangat berbeda jauh rasanya dengan dodol-dodol lainnya yang ada di Indonesia. Untuk harga dodol asli dari Pontianak ini pastinya tak begitu mahal. Hanya dibanderol sekitar Rp 25.000/bungkus. Bahkan dodol ini juga tahan lama. Jadi, Anda bisa memilih dodol lidah buaya ini untuk oleh oleh Anda dari Pontianak.

6. Sirup Sengkit

Sirup Sengkit

bukalapak

Ternyata Pontianak juga mempunyai oleh oleh yang berupa minuman yakni Sirup Sengkit. Memang namanya terbilang asing di telinga Anda. Nah, untuk membuat sirup ini, bahan yang disiapkan harus diawetkan terlebih dahulu secara alami. Untuk harga minuman ini dibanderol sekitar Rp 40.000/botol. Harga tersebut terbilang cukup murah dikarenakan Sirup Sengkit ini hanya ada di Pontianak. Sehingga Sirup Sengkit memang sangat cocok untuk oleh oleh khas Pontianak.

7. Coklat Cempon

Coklat Cempon

Omiyago.com

Makanan khas Pontianak satu ini berupa coklat cempon yang menjadi salah satu makanan terfavorit warga Pontianak, baik kalangan dewasa maupun anak-anak. Nama coklat cempon sendiri diambil dari singkatan kata Cemilan Pontianak. Ada salah satu hal yang sangat unik dari coklat cempon ini, yakni tata cara pengolahannya yang ditambahkan lidah buaya. Pastinya sensasi rasa coklat cempon ini berbeda dengan coklat-coklat lainnya. Dengan perpaduan alami antara coklat dengan lidah buaya maka dipastikan rasa unik dari coklat cempon ini menjadi buronan wisatawan yang berkunjung ke Pontianak untuk membeli oleh oleh khas Pontianak. Jadi, bagi Anda para pecinta coklat sangat disayangkan jika belum pernah merasakan namanya coklat cempon.

8. Stick Talas

Stick Talas

bukalapak

Banyak orang yang sudah melakukan pengolahan talas menjadi salah makanan yang biasanya dijadikan keripik talas dan sangat jarang dilakukan pengolahan talas untuk dijadikan stick. Namun tenang saja, Anda bisa menemukan olahan makanan stick talas tersebut di Pontianak dengan berbagai macam varian rasa stick talas. Sehingga tak heran jika stick talas ini menjadi salah satu makanan yang sudah tersedia di berbagai macam pusat oleh oleh khas Pontianak. Untuk harga stick talas tersebut dibanderol sekitar Rp 16.000/bungkus. Murah bukan? Bahkan makanan ringan satu ini sangatlah cocok untuk Anda jadikan hidangan makanan teman bekerja atau teman ngobrol dalam acara santai.

9. Kerupuk Lidah Buaya

Kerupuk Lidah Buaya

bukalapak

Selain dodol lidah buaya, ternyata ada juga oleh oleh khas Pontianak lainnya dari bahan dasar lidah buaya yakni kerupuk lidah buaya. Kerupuk ini mempunyai rasa yang begitu luar biasa gurihnya daripada kerupuk lainnya. Banyak wisatawan yang menjadikan kerupuk ini sebagai salah satu buah tangan untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Bagian yang telah digunakan dari bahan dasar lidah buaya ini yakni daging dan juga lendirnya, lalu dicampurkan dengan telur, tepung tapioka dan bahan-bahan lainnya. Tentu sangat disayangkan jika ternyata Anda sama sekali belum pernah merasakan makanan ringan yang gurih ini.

10. Teh Lidah Buaya

Teh Lidah Buaya

omiyago.com

Tak hanya makanan, ternyata oleh oleh khas Pontianak juga berupa minuman yakni teh lidah buaya. Seperti pada umumnya teh, untuk menikmati lezatnya teh lidah buaya ini harus wajib diseduh dahulu. Cara untuk membuat minuman ini terbilang unik, yakni dengan cara mencuci lidah buaya sampai bersih, lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian, langsung dilakukan penjemuran dibawah sinar matahari hingga kering. Banyak wisatawan yang suka dengan minuman teh ini karena dianggap unik. Bahkan teh ini mempunyai banyak khasiat yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan.

Itulah rekomendasi 10 oleh oleh khas Pontianak wajib dibawa pulang. Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat!



Leave a Reply