Menikmati Lumernya Kue Keria, “ Jemblem” Kota Malaka, Malaysia

jonker street

Zulfa | Traveler
Malacca City, Malacca, Malaysia | halal
22 Sep 2019


Menikmati Lumernya Kue Keria, “ Jemblem” Kota Malaka, Malaysia
Salah satu kuliner khas di Malaka, Malaysia ini mengingatkan saya akan kue Jemblem di Indonesia tapi sajian gula merah terasa smoky caramel

Jonker Street Night market memang dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Malaka, Malaysia. Sayangnya, Jonker street night market ini tidak buka setiap hari. Pasar malam yang berada di kawasan old town Malaka ini hanya buka waktuweekendsaja, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Berada di sepanjang Jalan Jonker Street Night Market, asap  meliuk liuk menghantarkan  aroma membuat perut auto lapar. Jajanan yang bikin kalap mata ini rasanya pingin masuk semua kedalam mulut. Mulai dari gorengan, kukusan hingga warna warni minuman.

jonker street


Mulai dari kuliner tradisional Malaka hingga kuliner peranakan. Mulai dari yang halal dan non halal. Lebih banyak kuliner non halal. Karena memang Kawasan Jonker Street ini merupakan tempat tinggal warga peranakan. Jadi lebih banyak kuliner non halal.

Setiap makanan menarik mata, rasanya pingin banget langsung comot beli. Saya mencoba kacang chesnut, manggo ice cream, kerang seafood, kelapa kupas. Sebenarnya masih banyak lagi yang pingin saya beli, tapi ya itu, banyakan nggak halal.

Nah, waktu berada di ujung Jalan Jonker Street dari arah Jl. Hang Jebat, atau kalau dari arah bangunan merah, berada di ujung paling depan. Dekat hard rock, berdekatan dengan deretan penjual kelapa kupas, terlihat beberapa penjual kue seperti gorengan yang ditata rapi membentuk sepeti gunung. Menarik.

jonker street

Saya tanyakan ke makcik penjual, apa nama kuenya, dia bilang Keria. Mendengar namanya, ntah mengapa saya teringat salah satu bintang film Pride and prejudice, Keira Knightley. Saya pun meminta makcik untuk mengeja nama kue nya, mungkin saya salah dengar. Dan ternyata yang benar K E R I A. Maklum, kawasan Jonker Street Night market ini so crowded dan rame lalu lintas juga,  jadi tak terdengar jelas. Tapi mirip lah ya antara Keira  dan Keria. Maksa banget. hehehe

Bentuk Keria seperti donut. Bulat dengan lubang di tengahnya. Tapi lubangnya tidak terlalu lebar. Warnanya coklat tua dan sedikit mengkilat. Kalau biasanya donut tampilan luarnya terlihat mulus. Keria tidak nampak mulus, terlihat ada sesuatu lumer merayapi bagian luarnya.

Satu keria dijual dengan harga 1 ringgit. Saya membeli 2 buah.

kue keria


Ketika saya gigit, rasanya familiar. Kombinasi rasa ubi manis parut yang digoreng dengan gula merah. Saya lupa namanya, biasanya di pasar dijual tapi tanpa gula merah di dalamnya. Atau seperti jemblem, hanya saja kalau Jemblem ini terbuat dari singkong. Sedangkan Keria terbuat dari ubi.

 

Selain bahan utamanya, bedanya kalau jemblem teksturnya kasar. Gula merahnya berada di tengah. Bentuknya bulat lonjong, tidak seperti donut. Dan jemblem kalau digigit gula merah langsung lumer di mulut.

kue keria


Nah kalau keria ini, rasa ubi  menyatu dengan gula merahnya. Ketelanya nggak terasa kasar, rasanya lembut. Keria nggak lumer banget gula merahnya. Tapi jujur rasa keria ini lebih enak. Manis tapi nggak neg. Gula merahnya ini yang beda banget seperti rasa caramel. Ada aroma dan rasa smoky gitu. Terasa lembut di mulut. Jujur, ini “Jemblem” terenak yang pernah saya rasakan.

kue keria


Memang gula merah Malaka ini terkenal. Memiliki tekstur yang lembut dan bersih. Dalam artian tidak ada serut atau serabut didalamnya. Warnanya coklat pekat. Rasanya seperti caramel ada sensasi smoky. Kemarin saya cari gula merah ini buat oleh oleh sayang nggak nemu yang jual. Mungkin next time balik ke Malaka khusus cari gula merah ini.

Oh ya, bahkan minuman kekinian di Malaysia banyak yang menggunaka gula merah. Karena memang manisnya pas, rasa mirip caramel dan sensasi smoky nya itu bikin beda.

Nah, kalau kamu berniat explore Malaka, usahakan datang pas Weekend, untuk menikmati Jonker Street Night Market. Dan jangan lupa cobain kue Keria.

Opening Hours
Jam 6 PM - 12 PM
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY