17 Oleh-oleh Khas Surabaya Terkenal


Reni  December 8, 2017  0 Comments

Oleh-oleh khas Surabaya menjadi sesuatu yang banyak dicari oleh mereka yang mengunjungi kota tersebut. oleh olhenya pun beragam dan banyak piliha. Yang suka pedas bisa memilih berbagai sambal pedas dan yang suka legit bisa hunting Kue lapis Surabaya, dan masih banyak lagi. Berikut ini 17 jenis oleh – oleh khas yang dapat dijadikan buah tangan dari kota Surabaya.

Kue Oleh-oleh Khas Surabaya

Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya

Kue lapis Surabaya memiliki rasa dan penampilan yang khas karena berbeda dari kebanyakan kue lapis. Kue dengan tekstur lembut yang mirip roti spons ini memiliki rasa tertentu berdasarkan selai yang digunakan sebagai perekatnya. Tekstur lembut tersebut berasal dari penggunaan telur dalam jumlah banyak sebagai bahan roti ini. Salah satu alasan mengapa roti ini masuk dalam jajaran oleh – oleh berkelas premium dari Surabaya.

Bakso Beranak Di Surabaya

Roti Bakar 543 Surabaya

Tong Tji Tea House

Kue Mente

Kue Mente

Sesuai dengan namanya; kue ini terbuat dari bahan mente atau mete yang dipadukan dengan berbagai bahan roti. Kue dengan bentuk bulat dan pipih ini memiliki rasa khas yang gurih dan juga memiliki tekstur sangat lembut. Proses memasak yang konvensional menjadi salah satu alasan rasa khas dan juga gosong di bagian bawah kue ini.

Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese

Kue modern khas Surabaya salah satunya diwakili oleh Almond Crispy Cheese yang tersedia dalam berbagai varian rasa. Kue berbentuk tipis dengan tekstur lembut ini dapat diperoleh dengan rasa cokelat, durian, stroberi, blueberry dan juga green tea.

Kue Bikang Peneleh

Kue Bikang Peneleh

Kueb Bikang Peneleh merupakan sejenis kue basah yang memiliki rasa yang khas dan berbeda dari kebanyakan kue bikang lain. Toko Kue Bikang di Peneleh ini menggunakan berbagai macam bahan alami; mulai dari penggunaan pewarna alami berupa pandan, kopi moka atau coklat. Bahan – bahan yang digunakan menjadi alasan lain mengapa Bikang Peneleh memiliki rasa khas yang berasal dari rasa gurih santan.

Sambal Oleh oleh Khas Surabaya

Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy

Masakan pedas menjadi sesuatu yang telah identik dengan makanan Jawa Timur; khususnya Surabaya. Sambal Bu Rudy memiliki rasa pedas yang khas dengan paduan rasa udang. Selain sambal rasa udang; Bu Rudy juga memiliki produk sambal dengan varian rasa lain seperti sambal bajak dan sambal bawang. Kesamaannya tentu saja rasa sambal yang dijamin pedas.

Sambal Cuk

Sambal Cuk

Sambal merupakan salah satu menu makanan khas di daerah Jawa Timur; khususnya Surabaya. Sambal Cuk yang dibuat oleh Ibu Mujiati ini memiliki rasa unik khas Surabaya dengan berbagai pilihan rasa. Ibu Mujiati membuat Sambal Cuk dengan 13 varian rasa dengan rasa pedas yang dijamin membuat siapapun berkeringat dan makan dengan lahap. Beberapa varian rasa yang terkenal dan memiliki banyak penggemar antara lain sambal rasa udang ebi, bawang, teri medan, korek bebek Madura, Klotok pete, matah Bali dan rica tuna asap.

Makanan Ringan Unik Oleh Oleh Khas Surabaya

Keripik Buah Kane – Kane

Keripik Buah Kane - Kane

Keripik buah ini merupakan salah satu oleh – oleh unik yang dapat ditemui di kota Surabaya. Sesuai dengan namanya; keripik Kane – Kane terbuat dari berbagai macam buah – buahan yang diolah dengan metode vaccum frying yang menggunakan suhu rendah. Hasilnya berupa keripik buah yang renyah dan tidak mudah melempem.

Pohong Tata

Pohong Tata

Pohon Tata merupakan produk makanan dengan bahan pohong atau singkong yang diolah dengan campuran keju. Singkong rasa keju yang dikemas dengan rapi dan mewah membuat makanan dari bahan yang sering dianggap kampungan ini menjadi berkelas dan tentu saja memiliki cita rasa lezat.

Belinjo Udang

Belinjo Udang

Belinjo atau melinjo merupakan bahan emping yang umum; namun di Surabaya terdapat emping belinjo dengan rasa udang yang unik dan lezat. Makanan yang menjadi oleh oleh khas Surabaya ini mulai dikenal sejak tahun 1970-an dan kini telah berkembang dengan banyak varian rasa seperti rasa manis dan pedas.

Makanan Olahan Laut Oleh Oleh Khas Surabaya

Bandeng Asap

Bandeng Asap

Layaknya sebuah kota di tepi laut; Surabaya memiliki produk kuliner berbahan ikan yang unik berupa bandeng asap. Berbeda dengan proses mengolah bandeng biasa; bandeng asap diolah dengan proses yang rumit sehingga memiliki rasa yang khas. Bandeng asap khas Surabaya biasanya dinikmati dengan ditemani sambal petis.

Oseng Tuna Asap

oleh oleh khas surabaya

Oseng tuna asap Jeng Intan yang disingkat dengan nama OTAJI merupakan salah satu produk tuna asap khas Surabaya yang banyak dicari. Selain rasa yang lezat; OTAJI yang berbahan ikan tuna juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Terdapat varian rasa tradisional orisinal dan rasa pedas bagi penggemar makanan dengan rasa pedas.

Kerupuk Udang Lobster

Kerupuk Udang Lobster

Kerupuk udang mungkin merupakan jenis kerupuk yang lazim ditemui; namun di Surabaya ada kerupuk udang unik yang dibuat dari udang lobster. Berbeda dengan kerupuk yang dibuat dari udang rebon, kerupuk udang lobster memiliki cita rasa yang khas dan tentu saja juga memiliki nilai gizi yang istimewa. Salah satu kerupuk udang lobster dari Surabaya yang terkenal karena memiliki cita rasa lezat adalah kerupuk udang lobster Ny. Siok.

Minuman Tradisional Unik Oleh-Oleh Khas Surabaya

Kopi Bandrek

Kopi Bandrek

Kopi bandrek mungkin merupakan jenis minuman yang umum dan banyak ditemui; namun Surabaya memiliki kopi bandrek dengan cita rasa khas. Kopi bandrek khas Surabaya memiliki rasa yang khas karena menggunakan beberapa remapah – rempah sebagai bumbu dari campuran kopi dan jahe. Selain kopi bandrex dengan rasa tradisional; terdapat kopi bandrek khas Surabaya yang memiliki rasa kekinian seperti rasa kopi krim yang dibuat oleh Kopi Bandrek Sreg. Minuman instan tanpa pengawet ini memiliki daya tahan 6 bulan dalam penyimpanan.

Siropen Telasih

Siropen Telasih

Siropen Telasih merupakan produk sirop khas Surabaya yang telah diproduksi sejak tahun 1923 dan merupakan pabrik sirop pertama yang didirikan di Indonesia. Sesuai dengan namanya; perusahaan Sirop Telasih didirikan oleh JC van Drongelen yang merupakan seorang pengusaha Belanda yang saat itu tinggal di kota Surabaya. Siropen Telasih masih mempertahankan proses produksi konvensional untuk mempertahankan cita rasa unik yang membuat sirop ini terkenal.

Makanan Unik Khas Oleh-Oleh Khas Surabaya

Rambak Sapi

Rambak Sapi

Rambak sapi merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan daging sapi. Rambak sapi khas Surabaya memiliki keunikan dan cita rasa khas berupa rasa yang tidak amis seperti kebanyakan rambak sapi atau kerbau. Rambak sapi Surabaya juga memiliki tekstur yang lebih tipis sehingga lebih renyah ketika dimakan. Rambak sapi dibuat dengan proses manual yang rumit mulai dari perendaman dengan air kapur, menghilangkan lemak dan bulu hingga dijemur dan kemudian digoreng.

Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro

Sesuai dengan namanya; produk Abon Sapi Padmosusastro dapat diperoleh di Jalan Padmosusastro. Abon sapi yang dijual di jalan tersebut merupakan karya 6 orang pengusaha abon rumahan. Salah satu produsen abon sapi di Jalan Padmosusastro adalah Ibu Sarti. Abon dengan merek “Dua Bersaudara” tersebut memiliki dua varian rasa yaitu abon sapi dengan rasa manis dan pedas. Selain dijual dalam kemasan eceran berukuran kecil; pengusaha abon sapi di Jalan Padmosusastro juga menjual produk abon mereka dengan kiloan.

Souvenir Unik Oleh-Oleh Khas Surabaya Kaos Cak Cuk

oleh oleh khas surabaya

Selain berbagai jenis makanan; salah satu buah tangan unik dari Surabaya adalah produk Kaos Cak Cuk yang memiliki desain unik dengan konten khas Suroboyoan. Kaos yang mulai diproduksi sejak tahun 2005 ini kini juga memiliki desain unik berupa berbagai jenis masakan khas Surabaya selain berbagai tempat ikonik di kota tersebut.

Siapapun yang tengah atau akan berkunjung ke kota Surabaya dapat menjadikan aneka oleh – oleh tadi sebagai referensi ketika mencari berbagai oleh oleh khas Surabaya.



Leave a Reply

One Response
  1. Zulfa says:

    woleh olehnya memang rekomendd banget