10 Oleh Oleh Khas Karawang Wajib Bawa Pulang


Fida  July 18, 2022  0 Comment

Karawang dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Tidak hanya menawarkan banyaknya tempat wisata serta kuliner lezat, Kabupaten Karawang juga menawarkan banyaknya pilihan oleh oleh yang menarik untuk kamu bawa pulang. Saat berkunjung ke Karawang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh oleh khas Karawang berikut ini.

1. Opak Ketan

opak ketan
itrip.id

Opak ketan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Karawang yang menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh yang satu ini dibuat menggunakan ketan sebagai bahan utamanya. Ketan diolah dengan berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat obat ini diantaranya garam, gula pasir, serta campuran kelapa yang sudah diparut.

Opak ketan juga memiliki tekstur yang renyah dan cocok dinikmati oleh semua kalangan. Kamu dapat menjumpai opak ketan di berbagai toko oleh-oleh di Karawang. Tidak perlu khawatir, opak ketan biasa dijual dengan kemasan yang praktis serta memiliki harga yang cukup terjangkau.

Gotravelly

Bittersweet By Najla, Pelopor Dessert Box No 1 Di Indonesia Yang Hadir Di Surabaya!

Kafe Kolong, Tempat Ngalong Paling Seru Di Bawah Jembatan

2. Kerupuk Bontot

kerupuk bontot
kompasiana.com

Pernahkan kamu mendengar sebutan kerupuk bontot? Kerupuk Bontot merupakan salah satu oleh-oleh khas Karawang yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Kerupuk yang satu ini dijual dalam bentuk adonan setengah jadi. Tetapi meskipun begitu, kerupuk bontot menjadi salah satu oleh-oleh favorit yang banyak diburu oleh wisatawan.

Kerupuk yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama tepung terigu dengan tambahan daging udang yang telah dihaluskan. Sebelum disajikan, adonan kerupuk bontot yang setengah matang harus terlebih dahulu digoreng. Saat menikmati kerupuk ini, kamu akan merasakan tekstur yang kenyal dan mirip dengan cimol. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, tapi kerupuk yang satu ini berhasil diekspor hingga ke luar negeri. Keren sekali, ya?

3. Rengginang Ketan

rengginang ketan
masakandapurku.com

Oleh-oleh khas Karawang berikutnya yang populer dan mudah kamu jumpai adalah rengginang ketan. Berapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan rengginang, bukan? Rengginang merupakan jenis kerupuk yang dibuat dengan bahan utama beras ketan.

Di Karawang, rengginang banyak diproduksi rumahan sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih gurih. Beberapa rengginang Karawang juga dibuat menggunakan bahan utama ketan merah sehingga terbilang cukup unik. Kamu dapat membeli oleh-oleh yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Karawang. Kamu juga dapat memilih untuk membeli rengginang dalam keadaan mentah maupun siap dikonsumsi.

4. Bolu Kijing

bolu kijing
regional.kompas.com

Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Karawang yang cocok untuk kamu bawa pulang, salah satunya adalah bolu kijing. Pernah mendengar sebutan jajanan yang satu ini sebelumnya? Bolu kijing merupakan jajanan yang dibuat dengan beberapa bahan diantaranya tepung terigu, gula, dan juga vanili.

Disebut bolu kijing karena bentuk jajanan ini yang menyerupai hewan kijing. Hewan kijing merupakan hewan sejenis karang yang hidup di air tawar. Jajanan bolu kijing biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik. Karena rasanya yang enak dan teksturnya yang pas, tidak heran jika bolu kijing banyak diminati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

5. Ali Agrem

Oleh Oleh Khas Karawang
travel.tribunnews.com

Ali agrem juga merupakan oleh oleh di Karawang yang populer dan menarik untuk kamu coba. Ali agrem merupakan jajanan sejenis kue yang memiliki tampilan seperti donat. Bahan utama pembuatan ali agrem adalah tepung beras yang kemudian dicampur dengan gula merah.

Dulunya, ali agrem menjadi salah satu jajanan yang wajib ada dalam acara adat seperti khitanan, pernikahan, serta hari raya Idul Fitri. Seiring berjalannya waktu, ali agrem menjadi salah satu jajanan yang lebih mudah dijumpai di toko oleh oleh pasar tradisional maupun toko kue. Salah satu oleh-oleh paling legendaris di Karawang ini tentu sayang untuk kamu lewatkan.

6. Gandasturi

gandasturi
bandoeng.co.id

Tidak kalah menarik dengan jajanan lainnya, gandasturi juga menjadi salah satu jajanan yang banyak diburu wisatawan. Jajanan yang satu ini juga kerap dipilih sebagai salah satu oleh-oleh khas Karawang. Kue yang dibuat menggunakan bahan utama kacang hijau ini disajikan dengan tekstur yang unik.

Gandasturi dengan cita rasa manis khas kacang hijau. Jika kamu pernah mencoba kue onde-onde, gandasturi memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan isian kue onde-onde. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang kasar di bagian luar dan lembut di dalam. Kue yang satu ini dapat demgan mudah kamu jumpai di pasar tradisional di Karawang.

7. Kue Gonjing

kue gonjing
palembang.tribunnews.com

Oleh oleh khas Karawang berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah kue gonjing. Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan kue pukis. Kue Gonjing dibuat menggunakan bahan utama kelapa dan juga tepung.

Makanan ini dikenal dengan cita rasanya yang manis. Hal itu dikarenakan kue gonjing terlebih dahulu diberikan taburan gula sebelum disajikan. Bagi pecinta pedas, kamu juga tidak perlu khawatir karena kue gonjing juga menawarkan varian rasa pedas. Untuk menjumpai kue ini, kamu dapat langsung menuju ke salah satu toko oleh oleh yang ada di Karawang.

8. Minuman Kawista Madu

minuman kawista madu
bukalapak.com

Selain makanan, oleh oleh khas Karawang yang cocok untuk kamu bawa pulang salah satunya adalah minuman kawista madu. Sesuai dengan namanya, bahan utama pembuatan minuman ini adalah dari buah kawista.

Tidak sedikit yang menyebut minuman ini dengan sebutan cola jawa. Hal itu dikarenakan kawista madu mengandung cola. Minuman yang dibuat dari campuran olahan buah kawista dan madu ini menghasilkan cita rasa yang unik dan sayang untuk kamu lewatkan.

9. Serabi Hijau

serabi hijau
masakandapurku.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai pilihan oleh oleh khas Karawang lainnya, kamu juga dapat mencoba lezatnya serbai hijau. Sesuai dengan namanya, serabi hijau dikenal dengan ciri khasnya yakni berwarna hijau. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional di Karawang.

10. Kue Semprong

kue semprong
bukalapak.com

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Karawang yang tidak boleh kamu lewatkan yakni kue semprong. Kue yang satu ini memang sudah tidak asing lagi dijumpai di beberapa daerah. Di Karawang, kamu dapat membeli kue semprong di berbagai toko atau pusat oleh oleh.

Cita rasa manis serta tekstur yang renyah menjadi ciri khas dari jajanan yang satu ini. Kemasannya yang praktis dan menarik menjadikan kue semprong sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Karawang yang menarik untuk kamu coba. Dari rekomendasi di atas, jajanan manakah yang paling kamu minati sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dari Karawang?



Leave a Reply