11 Wisata Keajaiban Alam Berwarna Pink, Mulai Laguna Hingga Lembah


Altesa  March 12, 2022  0 Comment

Dunia ini kaya akan warna dan semuanya menakjubkan untuk dipandang. Alam pun ikut ‘memamerkan’ keajaiban sentuhan Sang Pencipta lewat warna-warna indah. Laut yang berwarna biru kehijauan, bunga warna-warni, dan pelangi merupakan beberapa di antaranya. Di antara sekian banyak warna yang ada, pink atau merah muda dianggap identik dengan romantisme atau kesan feminin. Tentu saja, alam sekitar kita juga menunjukkan ‘sisi romantisnya’ lewat warna jambu yang cantik ini. Berikut deretan Keajaiban alam berwarna pink yang cakep banget untuk destinasi wisata kamu

1. Pantai Pink Pulau Komodo – Indonesia

Pantai Pink Pulau Komodo – Indonesia
phinemo.com

Keajaiban alam berwarna pink yang pertama berada di Indonesia. Siapa sangka, Indonesia memiliki salah satu pantai dengan pasir pink terindah di dunia? Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Flores. Tak hanya pasirnya yang unik, lautnya pun kaya akan keindahan bawah air yang membuat para penyelam terkagum-kagum.

Setiap kapal wisata yang mengantar para pengunjung untuk melihat Komodo pasti tak akan melewatkan untuk berlabuh ke Pink Beach juga. Nah pantai yang berwarna pink ini berasal dari hewan yang berukuran sangat kecil bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Kemudian, koral – koral tersebut terbawa oleh ombak menuju ke pesisir. Lalu hancur menjadi serpihan dan butiran – butiran halus yang kini menjadi pasir pantai yang berwarna pink. Cantik banget!

Gotravelly

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Tangkahan : The Hidden Paradise

2. Bunga Sakura Mekar Pada Saat Musim Semi di Washington DC – Amerika Serikat

 Bunga Sakura Mekar Pada Saat Musim Semi di Washington DC
istockphoto.com

Keajaiban alam berwarna pink yang kedua berada di Amerika Serikat. Tak hanya Jepang yang punya festival sakura. Ibukota Amerika Serikat, Washington DC menyelenggarakan National Cherry Blossom Festival setiap tahun. Festival ini awalnya diadakan untuk memperingati pemberian 3000 pohon sakura oleh pemerintah Jepang pada tahun 1912.

Sekarang, perayaan yang berlangsung sejak tanggal 20 Maret sampai 27 April ini selalu menjadi tontonan menarik yang ditunggu-tunggu warga AS. Setiap tahun nya ratusan ribu orang mengunjungi Washington, D.C. pada musim semi untuk melihat bunga sakura bermekaran.

Festival ini diselenggarakan di berbagai tempat termasuk Ibukota Amerika, Washington, D.C. Seperti biasa acara ini diselenggarakan pada setiap akhir bulan Maret. Tunas pohon sakura dapat bertahan dalam cuaca yang dingin namun membutuhkan suhu yang hangat agar bunga berwarna putih atau pink itu mekar.

3. Danau Hillier yang Memiliki Air Sewarna Susu Stroberi – Australia

Danau Hillier yang Memiliki Air Sewarna Susu Stroberi
travel.detik.com

Keajaiban alam berwarna pink yang ketiga berada di Australia. Danau Hillier terkenal di seluruh dunia karena warna airnya yang merah muda cantik.

Dinamai Lake Hillier, danau ini pertama kali ditemukan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada 1802, dan berlokasi di Middle Island, yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Recherche, di pesisir selatan negara bagian Australia Barat.

Asal muasal warna merah muda pada peraian Lake Hillier masih belum diketahui pasti. Namun, sebagian besar ilmuwan meyakini fenomena unik itu mungkin ada hubungannya dengan kehadiran spesies spesifik mikroalga, Dunaliella Salina.

Mikroorganisme pelahap garam secara fotosintesis ini mampu mentoleransi konsentrasi garam yang sangat tinggi, mulai dari 0,2 persen hingga sebanyak 35 persen. Makhluk-makhluk kecil tersebut menghasilkan pigmen karotenoid, yakni sejenis beta-karoten yang juga ditemukan dalam wortel.

Selain itu, kemunculan warna susu kocok stroberi tersebut turut dipengaruhi oleh adanya bakteri halofilik dan archaea di kerak garam danau. Mikroorganisme non-alga ini juga menghasilkan pigmen karotenoid yang serupa di dalam membran selnya, di mana berkontribusi memunculkan kepekatan warna merah danau pada air danau terkait.

4. Sekawanan Flamingo Dengan Bulu Merah Muda

Sekawanan Flamingo Dengan Bulu Merah Muda
travel.tribunnews.com

Keajaiban alam berwarna pink yang keempat adalah sekawanan flamingo. Unggas yang menjadi satwa nasional Bahama ini memiliki tubuh berwarna merah dan bulu pink yang cantik. Keindahan flamingo membuat orang Mesir kuno meyakini kalau burung tersebut merupakan perwujudan hewan dari Dewa Ra. Walaupun begitu, ada pula flamingo yang berwarna biru dan hitam. Flamingo hitam merupakan spesies yang sangat langka.

5. Taman Shibazakura Milik Suami-Istri Kuroki di Shintomi – Jepang

Taman Shibazakura Milik Suami-Istri Kuroki di Shintomi
travel.tribunnews.com

Keajaiban alam berwarna pink yang kelima berada di Jepang. Taman shibazakura yang berada di Shintomi, Prefektur Miyazaki ini memiliki kisah romantis di baliknya. Tuan Kuroki, sang pemilik menanam bunga berwarna pink nan harum itu untuk menyenangkan istrinya yang kehilangan penglihatan karena diabetes.

Akibatnya, Mrs. Kuroki tidak ingin keluar rumah dan semangat hidupnya menurun drastis. Hal ini pun membuat Mr. Kuroki menjadi sedih melihat kondisi sang istri yang tak seceria dulu.

Melihat kondisi istrinya, Mr. Kuroki mencari cara supaya belahan jiwanya bisa semangat untuk menjalani hidup. Pada suatu hari, ia melihat ada Bunga Shibazakura yang tumbuh di tepi jalan dan mengeluarkan harum semerbak.

Berkat keharuman Bunga Shibazakura, dia mempunyai ide untuk membangun sebuah taman bunga di halaman rumahnya, agar wangi dari tanaman tersebut bisa memberikan kebahagiaan pada istrinya.

Sejak saat itu, Mr. Kuroki berusaha membuat taman seorang diri. Mulai dari membuat fondasi taman, menebang sejumlah pohon dan kemudian mulai menanam bunga. Semua itu ia lakukan selama dua tahun, namun hasilnya sangatlah memuaskan. Tamannya begitu cantik dan senyum istrinya pun mulai mengembang kembali seperti sedia kala.

Dilansir Rocketnews24, sejak taman itu menjadi buah bibir, pasangan lanjut usia ini jadi kedatangan ribuan pengunjung. Sang istri pun tak merasa kesepian lagi karena selalu punya teman mengobrol.

6. The Argyle Pink Jubilee, Berlian Pink Dari Australia

The Argyle Pink Jubilee, Berlian Pink Dari Australia
igi.org

Keajaiban alam berwarna pink kali ini adalah sebuah berlian. The Argyle Pink Jubilee merupakan berlian pink mentah paling besar yang pernah ditemukan di Australia. Berlian ini didapatkan dari lokasi penambangan milik Rio Tinto. Dlansir Jeweller, diperkirakan nilainya mencapai $ 20 juta.

Juru bicara Rio Tinto mengatakan ukuran permata seperti itu belum pernah ditemukan sebelumnya.

“Diperlukan waktu 26 tahun untuk menemukan batu permata ini dan kemungkinan kita tidak pernah menemukan yang seperti ini lagi,” kata manajer Argyle Pink Diamonds, Josephine Johnson.

Sekarang berlian tersebut telah disumbangkan oleh perusahaan Rio Tinto kepada Melbourne Museum.

7. Rumpun Mawar Pink di Keisei Rose Garden – Jepang

Rumpun Mawar Pink di Keisei Rose Garden
merdeka.com

Keajaiban alam berwarna pink yang ketujuh adalah kebun bunga mawar Keisei. Keisei Rose Garden merupakan taman mawar terindah di Jepang, sekaligus salah satu yang terindah di dunia. Rumpun mawar di taman yang berlokasi di Yachiyo, Prefektur Chiba ini ditata seperti kebun bunga di Eropa.

Setiap musim semi, Keisei menyelenggarakan festival bunga mawar di mana para wisatawan akan dimanjakan dengan rose art. Rumpun-rumpun mawar dibentuk menjadi bermacam-macam ‘patung’ bunga mawar.

Sepanjang festival disuguhkan pula pertunjukan live music untuk menemani para wisatawan menikmati keindahan bunga. Di area taman mawar yang sangat luas itu pengunjung juga bisa berpiknik sambil menggelar tikar. Tak hanya wisata memandang bunga mawar, Keisei juga menjual berbagai produk yang terbuat dari bunga mawar untuk suvenir, antara lain parfum dan produk perawatan kecantikan.

8. Kemunculan Lumba-lumba Pink Langka di Jepang

Kemunculan Lumba-lumba Pink Langka di Jepang
travel.tribunnews.com

Keajaiban alam berwarna pink yang kedelapan sangatlah unik. Ini bukan hasil rekayasa foto, sebab tubuh Angel si lumba-lumba memang berwarna merah muda. Angel merupakan satu di antara dua lumba-lumba albino langka yang pernah tertangkap kamera.

Menurut para ahli hewan laut di Jepang, mamalia albino memang terlahir tidak mempunyai zat melanin di tubuhnya. Melanin merupakan suatu zat yang memberikan warna kulit pada hewan. Para ahli hewan laut di Jepang mengatakan, lumba-lumba albino merupakan mamalia yang sangat langka di dunia. Angel menjadi satu-satunya lumba-lumba yang dapat merubah warna kulitnya di pusat penangkaran biota laut Jepang.

Sejak kedatangan Angel, pusat penangkaran biota laut itu jadi ramai didatangi wisatawan. Para pengunjung yang menonton pertunjukan lumba-lumba di sana meyakini bahwa mamalia albino itu merasa malu disaksikan banyak pengunjung, sehingga Angel berubah warna jadi pink. Selain Angel, ada pula Pinkie yang jadi ‘selebriti’ di Louisiana sejak tahun 2007.

9. Hamparan bunga di Valley of Flower, Uttarakhand – India

Hamparan bunga di Valley of Flower
india.com

Keajaiban alam berwarna pink yang kesembilan berada di India. The Valley of Flowers merupakan lembah di kaki Himalaya yang terkenal sebagai surga bunga. Di tempat ini ada 650 spesies bunga yang tumbuh liar. Lembah ini disebut-sebut di dalam epos Ramayana, diyakini sebagai tempat Hanuman berburu tanaman ajaib sanjeevani.

Valley of Flowers merupakan kawasan taman nasional yang dilindungi oleh undang-undang di India. Berlokasi di sebelah barat Pegunungan Himalaya, luas taman nasional ini mencapai 87,5 km persegi.

Taman Nasional Valley of Flowers merupakan rumah bagi beberapa hewan langka seperti beruang hitam Asia, macan tutul salju, hingga rubah merah yang eksotis. Tentu yang paling jadi primadona adalah hamparan padang bunga beraneka warna yang membuat taman nasional ini mendapat predikat seindah surga dari turis yang liburan ke India.

Hamparan bunga cantik ini terletak di zona inti taman nasional tersebut. Dilihat dari jenisnya, bunga yang bermekaran ini berasal dari bunga Epilobium latifolium, itulah menurut pendapat beberapa botanis, alias ahli tanaman yang melakukan penelitian di sana.

Bunga-bunga ini tumbuh dengan indahnya, dengan ketinggian kurang lebih 3658 meter di atas permukaan laut. Bisa dibayangkan, betapa sejuknya udara yang berhembus di sana. Pantas bila bunga Epilobium ini tumbuh subur di Uttarakhand.

Kecantikan padang bunga di taman nasioanl ini baru terungkap ke dunia pada tahun 1931, saat pendaki gunung asal Inggris datang ke sini. Baru apada tahun 1939, ahli botani bernama Joan Margaret Legge datang ke lembah ini untuk memelajari bunga-bunga cantik yang tumbuh di sana.

10. Rose Bubble Tip Anemone Dengan Ujung-Ujungnya yang Sewarna Mawar

Rose Bubble Tip Anemone Dengan Ujung-Ujungnya yang Sewarna Mawar
shutterstock.com

Keajaiban alam berwarna pink yang kesepuluh adalah sebuah anemon laut. Dilansir LiveAquaria, Entacmaea quadricolor merupakan spesies bulb anemone yang jarang dijumpai. Ciri-ciri utama dari anemon laut ini adalah pangkalnya yang menggembung dan bagian ujung yang berwarna pink neon.

Entacmaea quadricolor tersebar luas di seluruh perairan tropis kawasan Indo-Pasifik , termasuk Laut Merah. Anemon laut ini dapat tumbuh hingga diameter 30 sentimeter (0,98 kaki), dan memperoleh sebagian besar energinya dari radiasi matahari melalui simbiosis zooxanthellae .

Karakteristik Entacmaea quadricolor adalah kemampuannya untuk mempertahankan hubungan simbiosis dengan ikan anemon, yang dapat “diinang” oleh anemon dengan memberikan pertahanan terhadap pemangsa dan juga menyediakan makanan. Pada gilirannya, anemon menyediakan tempat berlindung bagi ikan anemon.

Nutrisi umumnya diperoleh dengan memberi makan filter menggunakan tentakel penyapunya, atau melalui limbah dan puing-puing yang dibersihkan dari permukaan ikan anemon pasangannya.

Di alam liar, Entacmaea quadricolor ditemukan di dua lokasi. Spesimen dewasa besar, dengan tentakel yang lebih mengalir atau berserabut, sering ditemukan di perairan yang lebih dalam dengan kondisi pencahayaan yang lebih redup.

Spesimen ini sering soliter, sedangkan spesimen yang lebih kecil dan lebih muda sering berada dalam kelompok atau koloni lebih dekat ke permukaan, di bawah sinar matahari yang cerah. Spesimen ini cenderung menunjukkan ujung bulat pada tentakelnya yang merupakan ciri khas Entacmaea quadricolor.

11. Nuansa Pink di Lembah Aprikot Yili, China Pada Musim Semi

Nuansa Pink di Lembah Aprikot Yili
merdeka.com

Di antara sekian banyak objek wisata musim semi yang dimiliki China, Yili merupakan salah satu yang paling dicari. Wilayah ini terletak di Tuergen, Xinyuan, Provinsi Xinjiang. Di lembah yang tak jauh dari perbatasan Kazakhstan inilah Apricot Valley berada. Selama bertahun-tahun Apricot Valley telah menarik wisatawan dari berbagai penjuru China. Tujuan utama mereka tentu saja adalah menyaksikan indahnya bunga aprikot.

Saat musim semi tiba, lembah dengan rerumputan bak permadani itu dipenuhi warna merah muda dan putih. Bunga-bunga aprikot bermekaran, menampilkan keindahan yang tak kalah dari sakura.

Xinyuan memiliki hutan aprikot terbesar di Xinjiang. Fenomena lautan bunga di Apricot Valley telah berlangsung sejak bulan April lalu. Namun menurut China Tour Advisors, musim puncak akan berlangsung mulai awal Juni hingga akhir September. Pada saat itu, area hijau seluas 2.000 hektar dihiasi pepohonan aprikot. Setiap cabang dan rantingnya dipenuhi bunga mekar.

Itulah aneka keajaiban alam dengan nuansa warna pink yang ada di sekitar kita. Indah dan menarik, bukan?



Leave a Reply