10 Masjid Terindah Di Turki Berdesign Megah dan Bersejarah


sisil angelin  September 1, 2019  0 Comment

Melakukan wisata religi menjadi salah satu bentuk wisata yang bisa Anda lakukan disela waktu liburan atau ketika Anda memang ingin melakukan perjalanan spiritual ke tempat-tempat tertentu yang memiliki sejarah kuat untuk agama yang Anda anut. Jika Anda merupakan seorang muslim, maka wisata religi bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Masjid terindah di Turki sebagai salah satu destinasi wisata religi Anda.

Beberapa masjid di Turki memang memiliki nilai kesejarahan dengan design yang juga megah sekali. Dan bisa Anda masukkan kedalam daftar utama untuk Anda kunjungi ketika waktu berlibur tiba atau untuk mengenang bagaimana nilai keislaman dan sejarah islam di masjid-masjid tersebut.

Mengenal Negara Turki sebagai salah satu Kota Bersejarah bagi Umat Islam

Turki merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Eurasia yaitu, benua Eropa dan juga Asia. Oleh karena itu, negara ini juga dikenal sebagai negara yang mendapatkan julukan sebagai negara Transkontinental (transbenua). Ibu kota dari negara ini adalah Kota Ankara. Negara Turki memiliki banyak sekali masjid yang memiliki nilai sejarah yang tinggi khususnya bagi umat Islam. Masjid di Turki juga memiliki desain yang megah dan juga sangat indah.

Banyak sekali wisatawan yang berasal dari mancanegara pergi untuk mengunjungi negara ini. Entah itu hanya untuk berlibur biasa untuk menikmati keindahan negara Turki atau untuk melakukan wisata religi dengan mengunjungi beberapa masjid di Turki.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa masjid di Turki tidak hanya memiliki cerita atau nilai sejarah Islam yang sangat kental dan kuat, melainkan juga dari segi desain dan astitekturnya yang luar biasa megah dan indah sehingga menarik banyak sekali wisatawan dari mancanegara untuk melihat bangunan masjid-masjid di negara ini. Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Turki,

Berikut ini rekomendasi masjid di Turki yang bersejarah yang wajib untuk Anda kunjungi

1. Masjid Sulaimaniyah

Masjid Sulaimaniyah
image credit : https://qultummedia.com

Rekomendasi masjid di Turki yang bersejarah dan megah yang pertama adalah masjid Sulaimaniyah. Masjid ini memang dibangun oleh Sultan Sulaiman I maka dari itu nama masjid ini juga diberi nama Sulaimaniyah. Masjid ini dibangun di tahun 1550 oleh seorang arsitek yang bernama Mimar Sinan. Selain itu, masjid ini juga menjadi bukti dari besarnya kerajaan Ottoman silam.

Masjid Sulaimaniyah ini berlokasi di Kota Istanbul, Turki dengan lebar yang mencapai 58 meter, sementara itu panjang dari masjid ini sendiri mencapai 59 meter.

Gotravelly

Perjalanan Hati Ke Masjid Baiturrahman Banyuwangi

Masjid Al Bahar Arosbaya, Masjid Megah Berarsitektur Indah

2. Masjid Rustem Pasha

Masjid Rustem Pasha
image credit : https://tourturki.co.id

Jika masjid di Turki sebelumnya dibangun oleh Raja Sulaiman I maka masjid Rustem Pasha ini dibangun oleh menantu dari Raja Sulaiman I tersebut yang bernama Rustem Pasha. Rustem Pasha sendiri berasal dari Bosnia. Ukuran dari masjid ini memang tidak terlalu besar seperti masjid Sulaimaniyah akan tetapi keindahan dari masjid ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata karena masjid ini dihiasi oleh banyak keramik merah yang didatangkan langsung dari daerah Iznik di Turki yang memang terkenal dengan produksi keramiknya yang berkualitas.

3. Masjid Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia
image credit : https://muslimobsession.com

Masjid di Turki yang satu ini terbilang sangat populer sebagai salah satu destinasi andalan dari Turki yaitu adalah Masjid Hagia Sophia. Masjid ini pada masa Byzantium Roma merupakan sebuah bangunan gereja, akan tetapi di masa pemerintahan Sultan Muhamad Al Fatih, bangunan ini dirubah menjadi sebuah masjid.

Hiasan yang ada di masjid ini pun kemudian diganti dengan tulisan-tulisan yang berbau Islam dan Arab. Namun saat ini, bangunan Hagia Sophia ini telah difungsikan sebagai sebuah museum yang menyimpan banyak sekali cerita bersejarah di Turki.

4. Masjid Agung Mardin

Masjid Agung Mardin
image credit : https://tourturki.co.id

Masjid di Turki yang sattu ini terletak di sebuah kota di Turki yang memiliki nama Kota Mardin, sehingga masjidnya pun juga diberi nama yang sama dengan nama kota tersebut. Kota Mardin ini terletak di perbatasan antara Negara Irak dan juga negara Siria.

Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan kubah besar juga menara masjid yang kokoh dan bergaya indah.

5. Blue Mosque (Masjid Biru)

Blue Mosque
image credit : http://www.tourketurki.com

Selain Hagia Sophia, Masjid Biru juga menjadi salah satu masjid terindah di Turki yang menjadi destinasi andalan para wisatawan. Masjid ini didirikan tahun 1616 oleh Sultan Ahmed I oleh arsitek Mimar Sinan. Masjid Biru ini merupakan masjid yang bisa dikatakan paling populer di Negara Turki.

Dengan keindahan warna birunya yang luar biasa dijamin membuat setiap pengunjung akan terpukau ketika mengunjungi masjid ini.

6. Masjid Ulu Camii

Masjid Ulu Camii
image credit : http://www.tourketurki.com

Rekomendasi Masjid terindah di Turki selanjutnya adalah masjid Ulu Camii. Masjid ini memili arsitektur yang kental dengan bangsa Seljuk. Majid ini didirikan oleh Sultan Bayezid I sektiar tahun 1369 dan selesai dibangun pada tahun 1399. Masjid Ulu Camii ini dibangun oleh seorang arsitek yang bernama Ali Neccar.

Masjid ini terletak di daerah Bursa, Turki. Ulu memiliki arti sebagai Besar atau Agung dalam bahasa Arab, sementara itu Camii memiliki arti sebagai Masjid, sehingga Ulu Camii dapat diartikan sebagai masjid Agung.

7. Masjid Selimiye

Masjid Selimiye
image credit : https://www.eramuslim.com

Kemudian, salah satu rekomendasi masjid terindah di Turki merupakan Masjid Selimiye yang berlokasi di sebuah kota kecil Edirne, 260 km barat laut dari kota Istanbul. Masjid Selimiye ini didirikan oleh Sultan Selim II yang dibangun mulai dari tahun 1568 dan selesai pada tahun 1574. Masjid ini juga dibangun oleh arstitek yang bernama Mimar Sinan.

8. Masjid Agung Diyarbakir

Masjid Agung Diyarbakir
image credit : https://gezimanya.co

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Turki. Di tahun 1091, masjid ini kembali dibangun oleh Sultan Malik Shah dengan perantara gubernur Seljuk untuk membangun kembali masjid ini. Arsitek yang terlibat dalam pembangunan masjid ini sendiri berasal dari negara Siria. Desain dari masjid ini sendiri sedikit memiliki kemiripan dengan Masjid Agung Umayyad yang terletak di Damaskus.

9. Masjid Beyazid II

Masjid Beyazid II
image credit : https://archnet.org

Kemudian, masjid di Turki yang harus Anda kunjungi ketika pergi ke Turki adalah masjid Beyazid II. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Beyazid II dan menjadi salah satu bukti betapa jayanya masa Islam pada saat itu. Masjid ini terletak diantara Beyazid Square, Grand Bazaar, dan Universitas Istanbul, Turki.

10. Masjid Dolmabahçe

Masjid Dolmabahçe
image credit : https://muslimobsession.com

Dan rekomendasi masjid terindah di Turki yang terkahir adalah masjid Dolmabahçe, masjid ini merupakan masjid yang dibangun oleh Bezm-i Alem Valide yang kemudian dilanjutkan pembangunannya oleh putranya sendiri yang bernama Sultan Abdul Majid. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1855. Masjid ini terletak di pelataran Istana Dolmabahçe, di Kota Istanbul, Turki. Dalam kesehariannya, masjid ini digunakan sebagai pusat kegiatan ibadah oleh umat Islam hingga saat ini.



Leave a Reply