10 Wisata Religi Semarang Terpopuler Rekomended


Reni  July 5, 2018  0 Comment

Wisata religi Semarang – Semarang dikenal sebagai salah satu kota yang sarat akan akulturasi beragam budaya yang sangat kental. Ditambah dengan kerukunan antar umat yang tidak perlu diragukan, wajar saja jika kota ini layak menjadi kawasan wisata religi terbaik yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa menemukan berbagai destinasi wisata dengan latar belakang tempat beribadah dari agama-agama yang diyakini masyarakat setempat. Yuk, simak 10 wisata religi Semarang terpopuler rekomended kunjungan Anda.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

nu.or.id

Masjid Agung telah populer sebagai salah satu destinasi wisata religi yang laris dikunjungi masyarakat setempat maupun oleh para wisatawan yang berasal dari luar pulau Jawa. Masjid ini berlokasi di jalan Gajah Raya Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah.

Anda bisa melihat bangunan masjid Agung yang berdiri kokoh dan terlihat sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 hektar. Luas bangunan induknya sekitar 7.669 m2. Gaya arsitektur yang dipadukan budaya Jawa Tengah dan arsitektur Yunani telah membuat masjid ini menjadi salah satu wisata populer yang memiliki daya tariknya tersendiri.

Pilar-pilar megah berjumlah 25 berbentuk koloseum semakin membuat masjid Agung layak dimasukkan ke dalam list kunjungan Anda.

review wisata

Megahnya Masjid Agung Jawa Tengah

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

2. Masjid Besar Kauman

Masjid Besar Kauman

duniakepariwisataanindonesia.blogspot.com

Berikutnya ada masjid Besar Kauman yang menjadi satu dari sekian banyak wisata religi Semarang paling populer dan paling rekomended. Masjid ini berada di jalan alun-alun Barat, No. 11 Kauman, Semarang. Dulunya, masjid Besar Kauman dikenal dengan nama masjid Agung Semarang dan bahkan sebagian masyarakat setempat masih menggunakan sebutan itu hingga saat ini.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tahu Bakso Enak di Semarang

Masjid ini telah dibangun sejak tahun 1170 Hijriah, tepatnya pada tahun 1749 M. Terlihat sangat menakjubkan karena di bagian dinding masjid terdapat batu marmer yang terpatri huruf-huruf Jawa yang menambah seni arsitektur masjid ini.

3. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong

atmajayanews.wordpress.com

Bukan hanya masjid, Anda juga bisa mengunjungi beragam wisata religi lainnya di kawasan Semarang. Pernah mendengar istilah Sam Poo Kong? Ya, ini merupakan sebuah kelenteng berupa bekas tempat persinggahan sekaligus digunakan sebagai lokasi persinggahan Laksamana Tiongkok yang bernama Cheng Ho.

Sam Poo Kong didominasi oleh warna merah dengan nuansa arsitektur khas China. Tidak bisa dipungkiri, Anda akan merasa berada di negeri Tiongkok saat menginjakkan kaki di kelenteng Sam Poo Kong.

4. Vihara Mahavira Graha

Vihara Mahavira Graha

alltheartinmylife.blogspot.com

Wisata religi ini berada di daerah Marina, tepatnya sebelum Pantai Marina. Pembangunan Vihara Mahavira Graha telah dibangun sejak akhir tahun 2001 di permukaan lahan seluas 1.688 hektar. Vihara Mahavira Graha terlihat begitu unik dan layak dikunjungi karena terdiri atas tujuh lantai. Menariknya lagi, para pengunjung juga bisa melihat 88 arca Budha di kawasan ini dan bisa mengabadikan moment-moment terbaik dengan suasana yang menenangkan.

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Semarang, Anda wajib mengetahui jika Vihara Mahavira Graha merupakan salah stau vihara terbesar yang berada di kawasan Jawa Tengah.

5. Masjid Layur Kampung Melayu

Masjid Layur Kampung Melayu

triazarditya.wordpress.com

Bagi umat muslim, saat memasuki bulan Ramadhan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan ialah mengunjungi destinasi wisata religi. Nah, khusus bagi Anda yang berencana berlibur ke kawasan Semarang, pastikan Anda telah mengunjungi masjid Layur Kampung Melayu.

Sesuai namanya, masjid unik ini berlokasi di Kampung Melayu dan menjadi area historikal bagi masyarakat kota Semarang. Bagian menara masjid di depan dahulunya merupakan mercusuar, tepatnya sebelum pelabuhan Semarang dipindahkan ke Tanjung Emas. Anda bisa langsung mengunjunginya bersama anggota keluarga untuk melihat keunikan yang dimiliki oleh masjid Layur Kampung Melayu.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Ukraina, Pesona Alamnya Bikin Ogah Pulang

6. Pura Agung Giri Natha

Pura Agung Giri Natha

majapahid.blogspot.com

Pernah mendengar nama Pura Agung Giri Natha? Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya pasti tidak asing dengan pura yang satu ini. Pura Agung Giri Natha dikenal sebagai salah satu destinasi wisata religi kota Semarang yang berlokasi di jalan Sumbing, No. 12, Gajah Mungkur, Semarang.

Dari Pura Agung Giri Natha, Anda berkesempatan menikmati salah satu view terbaik pusat kota Semarang dengan sangat jelas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana khas Bali di bagian pura ini, terlebih dengan berbagai ornamen khas Hindu yang menghiasi semua sudut pura. Ingat, Anda wajib memasukkannya ke dalam list wisata religi kunjungan Anda.

7. Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie

youtube.com/watch?v=st-GOSPtuWM

Berikutnya ada Klenteng Tay Kak Sie sebagai salah satu destinasi wisata religi paling populer dan paling rekomended yang dimiliki kota Semarang. Klenteng Tay Kak Sie berlokasi di jalan Gang Lombok, No. 62, Pecinan Semarang.

Dengan arsitektur luar biasa memukau, Anda bisa merasakan nuansa berlibur yang sangat berbeda di area klenteng ini. Klenteng Tay Kak Sie sendiri merupakan sebuah kelenteng tua yang telah ada sejak tahun 1746 dan begitu populer sebagai salah satu objek wisata religi yang dimiliki kota Semarang.

8. Gereja Gedangan

Gereja Gedangan

elsaonline.com

Tidak hanya destinasi wisata untuk umat muslim, kota Semarang juga memiliki berbagai objek wisata religi populer agama-agama lain. Salah satunya ialah gereja Katolik Santo Yusup Geladangan yang berlokasi di jalan Ronggowarsito, No. 9-11, Semarang. Biasa disebut dengan nama gereja Gedangan, bangunan terlihat sangat megah dengan pilar-pilar besar yang banyak dan sangat indah.

Selain itu, di bagian luar gereja Gedangan, para pengunjung juga bisa melihat tulisan Iesus Hominis Salvator, dahulunya lebih dikenal sebagai lokasi jam menara yang membunyikan lonceng setiap 30 menit sekali.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Jambi Indah Tapi Jarang Diketahui

Pada tahun 1978 jam ini terpaksa diturunkan karena telah rusak dan hanya digantingan dengan ikon tulisan IHS (Iesus Hominis Salvator).

9. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk

cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Nama asli gereja ini ialah Gereja GPIB Immanuel atau juga dikenal dengan sebutan Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel. Hanya saja, kondisi bagian atap gereja yang menyerupai kubah membuat gereja ini lebih dikenal dengan sebutan gereja Blenduk.

berlokasi di jalan Letjend Suprapto, No. 32, Kota Lama, Semarang. Gereja Blenduk juga populer dan dikenal masyarakat setempat sebagai gereja Kristen tertua di provinsi Jawa Tengah. Gereja Protestan ini sendiri dibangun oleh Belanda sejak tahun 1753 dan telah menjadi salah satu destinasi wisata religi Semarang.

10. Pagoda Watugong

Pagoda Watugong

wisatajateng.com

Pastikan Anda mengunjungi Pagoda Watugong saat berlibur ke kota Semarang. Pagoda Watugong atau juga disebut dengan nama Pagoda Avalokitesvara berlokasi di Vihara Buddhagaya dan dibangun dengan tujuh tingkat. Tinggi Pagoda Watugong mencapai 45 meter dan bahkan telah tercatat pada Museum Rekor Indonesia sebagai salah satu pagoda tertinggi di negara Indonesia.

Masyarakat setempat telah menjadikan Pagoda Watugong sebagai salah satu wisata religi Semarang yang wajib dikunjungi pada saat tertentu. Akan semakin menyenangkan jika Anda mengunjunginya bersama anggota keluarga untuk mengabadikan moment-moment terbaik bersama orang tercinta. Tidak perlu ke pantai, hutan, gunung atau lainnya, kini Anda juga bisa bersantai dengan mengunjungi wisata religi seperti Pagoda.



Leave a Reply