Kuliner

8 Makanan Tradisional Jogja Terkenal Enak Sejak Dulu

Jogja rupanya bukan hanya terkenal dengan keindahan alam yang menakjubkan. Namun kota pelajar yang satu ini juga sangat populer dengan kuliner kuliner khas yang terkenal sejak dulu hingga hari ini yang dapat memanjakan lidah kamu. Salah satunya adalah kuliner tradisional Jogja, yang menjadi andalan setiap rumah di daerah setempat.
Makanan tradisional Jogja adalah jenis kuliner yang paling digemari oleh setiap pelancong, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kuliner Jogja sendiri terkenal dengan cita rasa yang manis serta lezat. Maka tidak heran jika makanan khas Jogja menjadi incaran para wisatawan.
Jika kamu berkunjung ke Jogja dan belum mengetahui apa apa saja jenis kuliner tradisional Jogja yang terkenal enak dari dulu hingga sekarang. Maka kamu wajib membaca artikel ini, supaya kamu tidak kebingungan saat main main ke kota pelajar tersebut. Berikut adalah 8 makanan tradisional Jogja terkenal enak sejak dulu sampai sekarang yang wajib kamu coba. Mari simak ulasan di bawah ini :

1. Nasi Goreng Bersejarah Beringharjo

makanan tradisional Jogja terkenal

idntimes.com

Sebenarnya kamu bisa menemukan nasi goreng di seluruh penjuru tanah air. Namun kamu tidak akan menjumpai nasi goreng dengan rasa paling enak dan menggugah selera. Yaitu nasi goreng beringharjo, yang hanya bisa kamu nikmati jika kamu menginjakkan kaki di tanah Jogja.
Makanan khas yang satu ini telah ada sejak dulu. Hingga sekarang pun masih bertahan dengan rasanya yang masih lezat serta tak kalah saing dengan nasi goreng yang baru bermunculan. Dengan resep rahasia andalan, nasi goreng beringharjo masih tetap menjadi makanan favorit warga setempat dan turis luar lainnya. Akan sayang jika kamu tidak mencicipinya saat berada di Jogja.

2. Tiwul, Manisnya Menggoyang Lidah

Indoblognet.com

Selanjutnya datang dari Kabupaten Gunung Kidul, yakni Tiwul yang merupakan salah satu makanan khas Jogja dan memiliki cara unik untuk dinikmati. Tiwul terbuat dari olahan berbahan dasar singkong yang diolah selezat mungkin untuk memanjakan lidah kamu. Kuliner yang satu ini disuguhkan dalam dalam lapisan daun pisang yang harus serta taburan kepala parut di atasnya dan tambahan gula pasir yang dapat memberikan sensasi manis hingga ke ujung lidah.
Tiwul dulunya dijadikan sebagai makanan pokok untuk menggantikan beras. Pasalnya, zaman dulu beras sangat sulit untuk didapatkan karena harganya yang cukup melunjak tinggi. Jadilah warga setempat menggunakan tiwul sebagai pengganti nasi, dan hingga sekarang makanan tradisional yang satu ini tetap menjadi kuliner favorit bagi pengunjung yang datang ke Jogja.

3. Bakpia Isi Kacang

makanan tradisional Jogja

eatsfun.wordpress.com

Makanan tradisional Jogja yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah bakpia. Kuliner yang satu ini sangat banyak diincar oleh para wisatawan dan sering kali dijadikan buah tangan khas Jogja untuk keluarga di kampung halaman. Maka tidak heran jika kamu menjumpai banyak turis asing yang menenteng makanan ini saat menuju pulang.
Bakpia sendiri telah memiliki banyak cabang di Jogja, sehingga kamu akan sangat mudah untuk mendapatkannya. Bakpia Pathuk adalah salah satu jenis bakpia yang memiliki rasa paling enak dan lezat. Makanan khas Jogja yang ini terbuat dari bahan dasar olahan tepung terigu yang didalamnya berisi kacang hijau dan selanjutnya dipanggang hingga masak serta mengeluarkan aroma yang cukup fantastis.

4. Sensasi Pedas Dari Oseng Oseng Mercon

makanan tradisional Jogja terkenal

Money.id

Selanjutnya ada oseng oseng mercon yang memiliki rasa cukup unik dan menarik yang sayang jika kamu tinggalkan. Makanan dengan nama yang unik ini mempunyai cita rasa yang cukup berbeda dari kuliner khas Jogja lainnya. Kamu akan merasakan sensasi pedas yang membuat kamu merasa ingin meledak saat memakannya. Sehingga jajanan yang satu ini dapat kamu masukkan ke dalam list makanan paling ekstrim yang wajib kamu coba. Kamu akan merasakan seperti ada mercon cabai yang meledak di lidah saat meletakkan di dalam mulut kamu.

5. Manjakan Lidah Dengan Gatot

makanan tradisional Jogja

.anishidayah.com

Makanan tradisional Jogja berikutnya ada gatot yang wajib kamu cicipi saat berada di kota budaya ini. Kuliner khas ini terbuat dari olahan berbahan dasar singkong yang memberikan cita rasa manis serta tekstur kenyal yang dapat memanjakan lidah kamu. Gatot disajikan hampir menyerupai tiwul yang memakai taburan kelapa parut dan tambahan sedikit gula serta garam yang menggiurkan. Taburan garam tersebut dapat memberikan rasa yang gurih serta lezat saat masuk ke dalam mulut kamu.

6. Menikmati Nangka Muda Dalam Sensasi yang Berbeda Dengan Gudeg

makanan tradisional Jogja terkenal

id.wikipedia.org

Berkunjung ke Jogja namun tidak menikmati gudeg merupakan hal paling merugikan yang pernah kamu lakukan. Karena gudeg merupakan makanan khas Jogja yang menduduki tingkatan tertinggi dari pencarian oleh oleh khas Jogja yang paling digemari oleh setiap pengunjung yang datang. Rupanya kuliner kesukaan warga Jogja ini telah menjadi makanan khas tanah air bagi sebagain turis mancanegara.
Gudeg adalah makanan yang tercipta dari olahan berbahan dasar nangka muda dengan campuran santan dan dimasak hingga tersaji menjadi sebuah menu yang wajib kamu cicipi. Kuliner khas yang satu ini terdiri atas 3 jenis rasa yang cukup unik yaitu gudeg basah yang memberikan sensasi lumer di mulut, gudeg kering dengan rasa gurih, serta gudeg manggar. Kamu juga dapat menjadikan kuliner yang sudah terkenal sejak dulu ini sebagai oleh oleh khas Jogja.

7. Cemilan Lezat Bernama Geplak

travelingyuk.com

Mungkin kamu bukan salah seorang yang menyukai daging kelapa? Maka kamu harus menyimpan pernyataan tersebut setelah mencoba makanan khas Jogja yang satu ini. Geplak adalah salah satu kudapan yang wajib kamu coba saat berada di kota Jogja. Cemilan yang terbuat dari daging kelapa dan campuran gula ini memiliki rasa yang sangat lezat untuk dinikmati.
Makanan yang datang dari kawasan Gunung Kidul ini telah ada sejak zaman dulu dan sebenarnya merupakan cemilan bagi warga setempat ketika berbagi cerita bersama keluarga sambil menikmati secangkir teh hangat. Namun banyak juga wisatawan yang menjadikan makanan tradisional Jogja ini sebagai buah tangan saat pulang ke kampung halaman. Maka cukup disayangkan jika kamu melewatkan untuk mencicipi kudapan gurih ini.

8. Menikmati Makanan Kombinasi Bernama Jadah Tempe

makanan tradisional Jogja terkenal

masakandapurku.com

Makanan khas Jogja terkenal sejak zaman dulu yang terakhir adalah jadah tempe, yang memiliki kombinasi rasa yang cukup menggiurkan untuk dinikmati. Kuliner lezat ini terdiri atas 2 jenis makanan penyaji, pertama yaitu jadah yang dalam bahasa daerah bermakna nasi dari beras ketan yang telah melalui proses tumbuk hingga menggepal. Sedangkan yang kedua ada tempe yang telah dibacem dengan bumbu yang cukup menggoda. Sehingga makanan tradisional ini memiliki kombinasi rasa yang unik dan cukup lezat untuk dicicipi.
Itulah 8 makanan tradisional Jogja terkenal enak sejak dulu hingga sekarang. Sehingga kamu wajib mencicipi makanan tersebut saat berada di kota pelajar. Pastikan juga untuk mengemasnya sebagai oleh oleh khas Jogja, agar keluarga di rumah pun dapat merasakan sensasi enak dari kuliner tersebut.

2 Comments

  1. Bli Man March 12, 2019
  2. CarterAntoinette April 23, 2019

Join The Discussion