Ini 9 Gudeg Paling Enak di Jogya Rekomendasi Lokal


sisil angelin  December 8, 2018  0 Comment

Gudeg merupakan makanan khas daerah Jogjakarta. Jika anda berkunjung ke kota dengan suasana nyaman ini, maka wajib untuk mencoba makanan khasnya. Ada banyak sekali outlet gudeg di Jogja, namun tidak semua memiliki cita rasa yang khas sehingga terkesan biasa saja.Ada  gudeg yang paling enak di Jogya rekomendasi lokal yang wajib anda cicipi sebelum pulang ke kota asal.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

pengusahadahsyat.com

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu gudeg yang terkenal di Jogjakarta. Rasanya yang enak membuat Gudeg Yu Djum menjadi salah satu ikon gudeg di Jogja. Tambahan sambal kerecek menjadi nilai plus tersendiri dari gudeg tersebut.
Jika anda mampir ke Kota Pelajar, tidak ada salahnya untuk mencoba Gudeg Yu Djum yang telah melegenda. Didirikan pada tahun 1951 dengan nama pemilik asli Bu Djuwariyah telah memiliki penikmat setia masakannya. Baik pendatang baru ataupun orang-orang yang sering datang ke Jogja tidak akan melewatkan Gudeg Yu Djum.
Gudeg Yu Djum telah memiliki banyak Outlet yang tersebut di setiap sudut kota Jogja, sehingga anda dapat dengan mudah menemukannya. Harga yang ditawarkan Gudeg Yu Djum berkisar Rp 30.000 namun, harga akan disesuaikan dengan lauk yang digunakan.

Mencari Sarapan Di Pasar Beringharjo Jogja, Pilihan Lauknya Ada Banyak!

Gudeg Bu Atmo ; Menikmati Gudeg Kaki Lima Di Daerah Malioboro

2. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Klikhotel.com

Di Umbulharjo, Jogjakarta terdapat tempat gudeg yang spesial, Gudeg Pawon. Pawon dalam bahasa jawa berarti dapur, tentu sesuai dengan namanya gudeg yang satu ini diolah langsung dari dapurnya. Untuk merasakan Gudeg Pawon maka anda harus bersiap antri.
Ada yang unik dari Gudeg Pawon tersebut karena baru dibuka pada pukul 10 malam, tidak seperti gudeg lain yang kebanyakan dijual pada pagi hari untuk sarapan. Meski harus mengantri malam-malam, akan terbayar lunas ketika telah mencicipi salah satu gudeg terenak di Jogjakarta tersebut.

Baca juga :  14 Oleh Oleh Makanan Khas Jogja Wajib Bawa

3. Gudeg Bu Tjitro 1925

Gudeg Bu Tjitro 1925

info-jogja.com

Tidak hanya Gudeg Yu Djum, ada salah satu ikon gudeg di Jogja yang memiliki cita rasa enak, yaitu Gudeg Bu Tjitro 1925. ada dua keunggulan yang ditawarkan dari gudeg tersebut.
Pertama jika anda makan di tempat, akan disuguhi nasi hangat yang pulen sehingga menambah selera makan. Opsi yang kedua, dengan membawa gudeg dalam bentuk kaleng.
Inovasi gudeg dalam bentuk kalengan memang sangat membantu para wisata untuk membawa sebagai oleh-oleh.
Rasa dari gudeg dalam kemasan kaleng sama persis seperti gudeg yang di taruh dalam kendil, ataupun dimakan di tempat. Jika anda mengunjungi Jogja jangan lupa untuk mampir mencicipi Gudeg Bu Tjitro 1925.

4. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah

jajanjogja.com

Jika anda terbiasa memakan gudeg dengan rasa yang manis, mungkin sesekali perlu mencoba gudeg pedas. Bertempat di Jalan Asem Gede, Jetis Jogjakarta terdapat Gudeg Mercon Bu Tinah yang berbeda dari gudeg biasanya.
Rasa gudeg tersebut tidaklah manis seperti kebanyakan, ditambah dengan lauk yang pedas membuat makanan satu ini menjadi peminat para pelancong apalagi mereka yang suka pedas. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, sehingga kita tidak perlu takut merogoh kantong terlalu dalam. Banyak para wisatawan yang antri untuk mencoba makan Gudeg Mercon milik Bu Tinah.

5. Gudeg Bu Lies

Gudeg Bu Lies

PADMAGZ.com

Jogja memang terkenal dengan masakannya yang manis terutama gudeg. Salah satu gudeg yang sangat dicari oleh para wisatawan adalah Gudeg Bu Lies. Bertempat di Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton Jogjakarta. Itulah sebabnya kenapa Gudeg Bu Lies sering disebut sebagai Gudeg Wijilan.
Anda bisa mencicipi langsung hidangan gudeg kering dengan telur atau tempe bacem, ayam kampung dan sambal kereceknya. Harga yang ditawarkan bermacam-macam mulai dari Rp 30.000, biasanya total harga akan disesuaikan dengan jenis, dan banyaknya lauk yang digunakan. Gudeg Bu Lies juga menyediakan dalam bentuk kalengan dengan isi komplit, sama seperti Gudeg Bu Tjitro 1925.

Baca juga :  10 Steak Enak di Makassar, Empuk Dan Juicy

6. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan

ervitanw.blogspot.com

Tiap-tiap gudeg memiliki cita rasa tersendiri, ada yang manis, pedas karena bumbu krecek atau lauk dan lain sebagainya. Gudeg Sagan memiliki rasa pedas dari bumbu gudeg tanpa sambal krecek sehingga pecinta pedas pasti menyukai gudeg yang satu ini.
Berada di Jalan Professor Dr Herman Yohanes No 53 Caturtunggal, Depok Yogjakarta yang letaknya cukup jauh dari Malioboro menyajikan gudeg dengan rasa pedas yang berbeda dari lainnya. Hidangan ayam terbuat dari kuah kuning yang gurih dan kental menambah kenikmatan gudegnya. Banyak para turis tidak mau ketinggalan untuk mencoba gudeg Sagan.

7. Gudeg Batas Kota

Gudeg Batas Kota

Travelingyuk.com

Sesuai dengan namanya, Gudeg Batas Kota berada di perbatasan antara kota Yogyakarta dan Kota Solo. Gudeg Batas Kota bertempat di Jalan Laksda Adisucipto No 29-39, Demangan, Gondokusuman, Jogkarta mulai buka pukul 9 malam sampai dengan 3 dini hari.
Gudeg enak di Jogya yang satu ini memiliki rasa yang sedang, tidak terlalu manis, dan pedas namun tetap enak dinikmati bersamaan dengan lauk dan sambal kereceknya.
Jika anda sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu gudeg terenak tersebut karena harganyapun tidak terlalu mahal.

8. Gudeg permata Bu Pujo

Gudeg permata Bu Pujo

larizo.com

Gudeg enak di Jogya Bertempat di Jalan Gajah Mada RT 36 Rw 7 Purwokinanti, Gunung Ketur Jogjakarta, anda bisa menemukan kedai gudeg yang melegenda tepat di sebelah Bioskop permata. Gudeg Bu Pujo memberikan rasa gurih dan manis. Empuknya ayam kampung menjadi nilai tersendiri.
Gudeg Bu Pujo mulai dibuka pada pukul setengah sembilan malam, sehingga masuk daftar salah satu kuliner malam di Jogja yang wajib dikunjungi. Hal tersebut terbukti ketika anda mampir di kedai Bu Pujo. Untuk menikmati seporsi gudeg maka anda harus bersabar antri mendapat giliran pelayanan. Tentunya harga Gudeg Bu Pujo sangat murah, namun rasa tentu tidak murahan.

Baca juga :  7 Referensi Nasi Liwet Enak di Solo dengan Rasa Authentic

9. Gudeg Manggar Bu Jumilan

Gudeg Manggar Bu Jumilan

wargajogja.net

Anda pasti tahu bahwa gudeg enak di Jogya terbuat dari nangka muda yang diolah dengan bumbu santan hingga kering. Namun berbeda dengan gudeg yang di jual oleh Ibu Jumilan. Gudeg tersebut terbuat dari manggar atau bunga muda yang ada di pohon kelapa sehingga menjadikan tekstur gudeg berbeda dari yang lainnya.
Meski demikian, gudeg manggar menjadi pilihan banyak orang baik orang lokal ataupun para wisatawan dari berbagai tempat. Gudeg Manggar berada di Jalan Srandakan km 8 Mangiran, bantul Jogjakarta, harganya juga relatif murah, mulai dari Rp 8.000 anda sudah bisa mendapatkan gudeg manggar yang lezat tersebut.
Sejak zaman dahulu menjadi makanan tradisional yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Para wisatawan mancanegara mengakui kelezatan gudeg yang ada di Kota Pelajar tersebut. Banyaknya outlet gudeg yang enak dapat dijadikan referensi yang paling anda sukai, dapat juga diberikan kepada keluarga, kerabat sebagai oleh-oleh.
9 gudeg paling enak di Jogja rekomendasi lokal banyak orang tentu tidak lagi diragukan kelezatannya. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang, serta kualitas cita rasa makanan yang diakui oleh banyak orang.



Leave a Reply