Tak Hanya Kebab, 10 Makanan Khas Turki ini Juga Mendunia Lho


sisil angelin  October 26, 2018  0 Comments

makanan khas Turki memang terkenal di dunia. Turki merupakan salah satu negara yang terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa. Negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam ini memiliki banyak tempat wisata menarik seperti Hagia Sophia, Istana Topkapi, Selat Bosphorus dan Blue Mosque yang terkenal. Tak hanya tempat wisata yang lekat dengan sejarah peradaban Islam saja, Turki juga menjadi destinasi wisata kuliner favorit lho! Salah satu makanan khas Turki yang paling digemari di berbagai belahan dunia adalah kebab.

Kebab sendiri merupakan irisan daging kambing atau sapi dilengkapi bahan lain seperti bawang Bombay, tomat, selada, jamur dan saus. Cara memanggang daging kambing dan sapi yang diputar dalam tiang panggangan yang cukup unik. Ternyata tak hanya kebab saja, Anda bisa menemukan Makanan khas Turki yang begitu mendunia berikut ini

1. Baklava

Baklava

YouTube.com

Di Indonesia, Baklava mungkin hampir mirip dengan bolen pisang yang cukup favorit dikalangan masyarakat. Baklava khas Turki merupakan roti lapis yang berisi kacang dan dihidangkan dengan sajian madu atau sirup. Rasa manis akan membuat Anda begitu menyukai sensasi legit yang dihadirkan kue khas Turki ini.
Kalau liburan ke Haghia Sopia, Anda harus mampir ke toko-toko roti Turki yang menyajikan makanan khas Turki satu ini. Baklava cocok disajikan bersamaan dengan minum teh hangat bersama dengan keluarga saat senja tiba.

review kuliner

Shawarma Al-Siddiq Express, Mampir Karena Penjualnya Ganteng. Kalau Rasanya??

2. Borek

Borek

minkysapi.blogspot.com

Makanan khas Turki lain yang tidak boleh dilewatkan saat berada di kedai Turki atau Timur Tengah lain adalah Borek. Menu satu ini hampir mirip dengan Baklava yang memiliki isian keju, irisan daging cincang, sayur bayam dan kentang. Cita rasa Borek lebih gurih dibandingkan Baklava yang memiliki rasa lebih manis. Setidaknya Anda bisa memilih Borek gurih atau Borek basah empuk yang lumer. Borek akan dihidangkan dengan wijen hitam yang super enak. Tak heran kalau makanan khas Kekaisaran Utsmaniyah ini begitu mendunia.

Baca juga :  10 Kedai Kopi Paling Legendaris di Indonesia Rasanya Otentik!

3. Dolma

Dolma

glowkitchen.com

Mungkin sekilas Dolma mirip dengan lemper di Indonesia. Hanya saja, kulit Dolma bisa dimakan lho! Makanan khas Turki satu ini terbuat dari bahan terong, paprika, tomat, kol serta buah anggur. Sedangkan isian Dolma terdiri dari nasi dan daging cincang lezat yang akan dikukus sampai matang. Dolma sangat cocok dijadikan menu pengganjal perut saat Anda lapar. Dolma sendiri menjadi menu yang cukup populer di berbagai negara Timur Tengah termasuk bagian kawasan Mediterania.

4. Dondurma

Dondurma

carnivalmunchies.com

Makanan khas Turki yang satu ini cukup terkenal di berbagai belahan dunia. Bahkan, Anda akan menemukan Dondurma yang disajikan oleh food truck bertema kuliner Turki. Ya, Dondurma merupakan es krim yang memiliki tekstur lengket sebab menggunakan salep yang terbuat dari tepung akar tanaman anggrek dan mastic getah tumbuhan. Tak heran kalau teksturnya lebih lengket, ya! Anda bisa menemukan es krim yang disebut Dondurma ini di mana saja. Tak hanya bisa menikmati es krim khas Turki yang istimewa, Anda juga bisa menyaksikan atraksi penjual Dondurma yang begitu menghibur.

5. Kofte

Kofte

TravelShus.com

Kalau Anda pergi ke restoran dengan konsep Timur Tengah, pasti tak asing dengan pilihan menu utama bernama Kofte. Steak ukuran kecil ini terbuat dari bahan daging sapi, kambing atau ayam yang digiling serta campuran bumbu. Cara pengolahan Kofte sendiri bisa direbus, dipanggang atau digoreng sesuai selera pemesan. Makanan khas Turki ini disajikan dengan salad, saus serta nasi yang mengenyangkan. Kofte merupakan menu main course yang selalu diserbu pembeli di berbagai belahan dunia saat berkunjung ke restoran Turki.

6. Manti

Manti

helengraves.co.uk

Lidah orang Indonesia bakal suka dengan jenis makanan khas Turki bernama Manti ini. Ya, Manti ini seperti pangsit khas Turki yang berisi daging sapid an daging domba. Cara memasaknya juga menggunakan teknik rebus atau goreng sesuai dengan selera. Manti ini akan dihidangkan dengan mentega serta saus yoghurt yang enak.

Baca juga :  Sajiannya Yang Enak dan Khas,10 Restoran di Grand Bazaar Turki

7. Kokoretsi

Kokoretsi

YouTube.com

Makanan khas Turki satu ini memang paling unik dibandingkan dengan pilihan menu yang lain. Kokoretsi atau Kokorek terbuat dari bahan jeroan yang dililit dengan usus domba atau kambing menggunakan tusukan sate. Cara memasak bahan ini dengan cara dibakar biasa. Isi dari jeroan yang dibakar ini antara lain hati, ginjal, jantung dan pankreas. Sebelum dibakar, bahan jeroan kokorek akan diberi air perasan lemon, minyak zaitun, garam, oregano serta lada.
Kalau Anda tengah liburan ke Turki, wajib mencicipi makanan khas Turki satu ini. Biasanya Kokoretsi akan dihidangkan dalam setengah roti baguette lengkap dengan oregano serta paprika di atas piring saji. Kedengarannya lezat, ya?

8. Lahmacun

Lahmacun

SBS.com

Bagi Anda yang suka dengan kuliner khas Italia seperti Pizza, bisa menikmati makanan serupa saat liburan ke Istanbul. Anda wajib tahu mengenai makanan khas Turki bernama Lahmacun yang serupa dengan Pizza. Bentuk Lahmacun bulat tanpa dilipat dengan aneka topping beragam seperti daging cincang, tomat, bawang Bombay dan peterseli yang dipanggang.
Menikmati Lahmacun bisa disesuaikan dengan selera konsumen seperti menambahkan topping segar di bagian tengah. Topping segar ini antara lain sayuran, acar tomat, bawang Bombay, paprika, daun selada dan terong bakar. Jika ingin rasa yang lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabai kering. Yummy! Tinggal gulung dan siap dinikmati layaknya kebab Turki yang nikmat.

9. Simit

Simit

SBS.com

Makanan khas Turki merupakan roti dengan bentuk melingkar seperti cincin dengan permukaan dipenuhi wijen. Simit merupakan kuliner khas Turki yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Para penjual kaki lima menjajakan simit di gerobak-gerobak. Bahkan, ada pula penjual Simit keliling yang dijajakan dengan cara ditumpuk di atas kepala. Unik, ya?
Ternyata Simit ini memiliki bentuk dan tekstur yang cukup berbeda pada masing-masing kota di Turki. Umumnya, tekstur Simit kering lebih renyah dan mirip roti bagel. Anda wajib menikmati sarapan Simit dengan minum teh khas Turki yang dihidangkan dalam gelas bentuk tulip bersama orang-orang tersayang.

Baca juga :  10 Kuliner Khas Myanmar yang Wajib Dicoba oleh Wisatawan

10. Lokum atau Turkish Delight

Lokum

stayathomemum.com

Tak hanya populer di Turki saja, Lokum atau Turkish Delight juga terkenal di berbagai negara seperti Inggris, Brazil, Yunani, Romania, Amerika Utara dan lain-lain. Ya, Lokum ini terbuat dari bahan dasar gel pati serta gula yang disajikan dalam bentuk potongan-potongan berupa kubus dan bundar berbagai warna. Bahan lain yang akan ditambahkan pada makanan khas Turki ini adalah potongan kurma, kacang-kacangan dan bahan perasa seperti mint, jeruk Bergamot, lemon dan kayu manis.
Tentu masih ada banyak makanan khas Turki lain yang telah begitu terkenal di dunia seperti Pide, Kuzu Tandir, Menemen, Hummus, Kumpir, Kunefe dan lain-lain. Citarasa makanan yang istimewa tentu akan membuat lidah Anda ketagihan. Kalau berlibur ke berbagai tempat wisata di Turki, jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner yang unik. Nah, sudahkah Anda siap menikmati liburan menyenangkan di Turki?



Leave a Reply

One Response
  1. sisil angelin says:

    ia bikin nagih ya!!! rsanya lumer di mulut 1 potong saja gk cukup