Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

20 Makanan Khas Riau Wajib Coba Soalnya Enak Banget


Reni  April 10, 2018  0 Comment

Menikmati suatu makanan khas dari suatu daerah tentulah sangat nikmat, apalagi jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Memang seperti yang Anda ketahui jika negara Indonesia, sangat kaya akan ragam kulinernya yang mampu menghipnotis dan juga memanjakan lidah siapa saja, Termasuk juga Anda.

Nah salah satu kuliner yang wajib untuk Anda coba adalah makanan khas Riau. Nah bagi Anda yang saat ini ingin berkunjung dan juga menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga di Provinsi Riau, maka berikut beberapa daftar menu atau juga makanan khas Riau yang tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Gulai Ikan Patin

travelnatic.com

Tahukah Anda jika provinsi Riau ini terkenal dengan gulai ikan patinnya. Nah tentu saja gulai yang satu ini sangat cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga Anda, baik itu untuk santap siang Anda dan juga santap malam. Gulai ikan patin ini merupakan makanan khas Riau yang sudah sangat terkenal akan kelezatannya.

Anda juga tidaklah perlu khawatir karena Anda bisa dengan mudah untuk menemukan gulai yang satu ini disetiap restoran yang ada di Riau. Gulai yang satu ini sangatlah khas karena kuahnya berwarna kuning pekat dan juga kental.

Makanan khas Riau yang satu ini akan sangat nikmat juga jika Anda menyantapnya dengan nasi hangat dan juga sayur ubi yang direbus.

Ikan Baung Asam Pedas

makanan khas riau

dentistvschef.wordpress.com

Makanan khas Riau lainnya yang juga berbahan dasar ikan dan juga patut untuk Anda cicipi adalah ikan baung asam pedas. Bagi Anda yang tidak suka kuah yang begitu kental maka Anda tidaklah perlu khawatir karena Anda bisa mencicipi ikan baung ini.

Ikan ini diolah dengan menggunakan rempah- rempah khusus yang menambah cita rasa ikan baung menjadi sangatlah nikmat.

Tahukah Anda jika rasa asam yang digunakan untuk makanan khas Riau yang satu ini adalah dengan menggunakan air asam jawa atau sebagian juga menggunakan asam kandis yang biasanya digunakan untuk merendam ikan yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Anda juga tidaklah perlu khawatir karena ikan baung ini juga sangat aman untuk dimakan oleh anak- anak sekalipun. Hal ini karena ikan baung ini tidak memiliki duri dan juga sangatlah lembut.

Nasi Lemak

nyonyacooking.com

Apakah Anda pernah mendengar nasi lemak? Ya dari Provinsi Riau lah nasi lemak ini berasal. Selain itu makanan khas Riau yang satu ini juga bisa dengan mudah Anda temukan di negara Malaysia, Brunai Darussalam., dan juga Singapura.

Nasi yang satu ini sangatlah cocok sebagai menu sarapan Anda dipagi hari. Nasi ini juga sangat gurih, hal ini karena nasi lemak ini dimasak dengan menggunakan santan dan juga menggunakan daun pandan sebagai penambah aroma harum nasi ini.

Biasanya lauk pauk yang melengkapi nasi lemak ini adalah berupa ikan teri goreng, telur sambal, dan juga beberapa irisan mentimun.

Selain beberapa menu pelengkap tersebut, maka nasi ini juga biasanya didampingi dengan tempe, daging, sayur kacang panjang dan masih banyak lagi menu lainnya yang bisa Anda santap.

Miso

makanan khas riau

asiknyaberbagipku.blogspot.co.id

Masih banyak lagi makanan khas Riau yang bisa untuk Anda cicipi.Nah bagi Anda yang pencinta segala jenis mie, maka Anda wajib mencoba makanan yang satu ini yaitu miso. Tahukah Anda jika miso ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan tepung yang menjadi mie kuning dan juga mie putih.

Selain ini miso ini juga memiliki kuah yang sangat segar dan juga gurih, yang juga dilengkapi dengan beberapa pelengkap seperti ayam yang disuwir- suwir, tahu kering, kerupuk kulit ayam dan juga dilengkapi dengan tulang ayam serta sayuran sawi yang sudah direbus.

Sop dan Sate Rusa

bayuwinata.wordpress.com

makanan khas riau

bayuwinata.wordpress.com

Makanan khas Riau lainnya yang bisa untuk Anda coba adalah sop dan juga sekaligus sate rusa. Jika biasanya Anda mencicipi sate daging sapi atau juga sate ayam, maka tidak ada salahnya bukan mencoba sate rusa.

Daging rusak yang empuk memiliki sensasi rasa tersendiri ketika Anda menyantapnya apalagi jika diolah dengan menggunakan bahan- bahan dan juga bumbu rempah- rempah yang khas.

Rasa daging rusa yang manis sangat cocok oleh dinikmati oleh orang dengan berbagai gologan usia. Selain sate, maka Anda juga bisa memesan sop rusa yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai teman nasi putih hangat Anda terutama saat cuaca sedang mendung- mendungnya.

Sop Tunjang

makanan khas riau

kulinerpku.co

Nah jika Anda ingin menghangatkan badan Anda, maka makanan khas Riau yang satu ini sangatlah cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga tercinta Anda, yaitu sop tunjang. Tahukah Anda jika sop tunjang ini merupakan sop yang terbuat dari tulang yang juga memiliki kuah yang sangat gurih dan juga sangat khas.

Biasanya tulang yang digunakan untuk membuat sop tunjang ini adalah tulang kaki sapi yang masih segar namun tulang tersebut masih memiliki beberapa daging yang sengaja dibiarkan tersisa. Daging pada tulang kakinya juga sangatlah lembut dan empuk karena direndam terlebih dahulu dengan rempah- rempah.

Selain itu sop ini juga dilengkapi dengan irisan wortel, daun bawang, kentang dan juga tomat yang menambah cita rasa dari sop tujang ini. Uniknya lagi, Anda nantinya juga bisa menikmati sumsum yang ada didalam tulang kaki sapi tersebut dengan menggunakan sedotan.

Mie Sagu

makanan khas riau

phinemo.com

Ada olahan mie yang sangat unik dan juga kreatif dari provinsi Riau ini. Jika biasanya Anda menikmati mie yang terbuat dari tepung terigu, maka berbeda halnya dengan di Riau ini, karena Anda juga bisa menikmati dan juga mencicipi mie yang terbuat dari olahan tepung sagu.

Makanan khas Riau yang satu ini menjadi makanan yang sering sekali diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Riau. Bagi Anda yang sedang dalam program diet maka mie yang satu ini cocok sekali untuk Anda coba dan mie sagu ini juga sangatlah aman untuk Anda yang penderita penyakit diabetes, hal ini karena kadar gula didalam tepung sagu ini tidaklah tinggi jika dibandingkan dengan tepung lainnya.

Mie sagu ini juga sangatlah nikmat karena dilengkapi dengan menu ikan teri sambal goreng, tauge rebus dan juga daun kucai. Selain nikmat mie sagu ini juga sangatlah kaya akan nilai gizi dan juga nutrisinya.

Roti Jala

makanan khas riau

amaliayunus.wordpress.com

Makanan khas Riau lainnya yang juga terbuat dari olahan tepung terigu adalah roti jala. Roti ini sangatlah nikmat jika Anda santap pada sore hari sebagai cemilan Anda bersama keluarga. Tahukah Anda jika pada awalnya roti jala ini hanya dihidangkan pada saat acara- acara pesta saja.

Namun sekarang Anda bisa dengan mudah untuk menemuinya disetiap sudut kota Riau. Roti ini biasanya dilengkapi dengan kuah berupa kuah kari baik kari daging sapi maupun kari ayam, kambing. Selain kuah kari tersebut maka Anda juga bisa menikmati makanan khas Riau yang satu ini dengan siraman saus atau juga kuah durian.

Ikan Selais Asap

makanan khas riau

gosumatra.com

Ternyata ada banyak makanan khas Riau yang menggunakan olahan ikan. Beberapa diantaranya adalah ikan selais ini. Nah ikan selain ini biasanya di lakukan proses pengasapan terlebih dahulu, sehingga nantinya Anda bisa memcicipi berbagai olahan ikan selais ini seperti dipindang ataupun digulai.

Ikan ini memiliki cita rasa yang sangat khas, karena melalui proses pengasapan selama delapan jam lamanya sehingga teksturnya juga sangatlah renyah ketika Anda santap. Selain sudah diolah berbentuk makanan yang bisa langsung Anda santap, maka ikan selais ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh tahan lama.

Cincalok

makanan khas riau

theconsciouslife.com

Nah beberapa makanan khas Riau lainnya yang juga bisa Anda cicipi karena terbuat dari olahan ikan hasil laut adalah cincalok. Nah tahukah Anda jika cincalok ini terbuat dari udang kecil yang biasanya sudah difermentasi terlebuh dahulu, sehingga cincalok ini memiliki aroma dan juga cita rasa yang sangat khas.

Nah biasanya cincalok ini dijadikan sebagai pelengkap sambal yang bisa Anda santap dengan menggunakan nasi putih hangat dan cocok untuk Anda nikmati kapan saja terutama saat cuaca sedang mendung.

Kue Asidah

makanan khas riau

nailandra.blogspot.co.id

Selain beberapa olahan makanan sebagai pelengkap nasi putih Anda, maka Anda juga bisa mencicipi olahan makanan khas Riau lainnya. Nah bagi Anda yang sangat menyukai makanan serba manis, maka wajib untuk Anda mencicipi asidah ini.

Makanan yang satu ini bisa dikatakan terbilang langka. Tahukah Anda jika asidah ini merupakan jenis kue yang memiliki cita rasa yang gurih dan juga manis, hal ini karena bahan yang digunakan untuk membuat kue yang satu ini adalah berupa kayu manis, cengkeh dan juga daun pandan sebagai penambah aroma harumnya.

Yang lebih uniknya lagi, kue asidah ini memiliki bentuk yang sangat cantik, berupa bunga, daun hingga berbentuk bunga mawar.

Minuman Es Air Mata Pengantin

makanan khas riau

socimage.net

Setelah Anda mencicipi berbagai olahan makanan khas Riau lainnya yang serba gurih, maka Anda bisa menutupnya dengan meminum es air mata pengantin. Nah minuman yang satu ini merupakan minuman khas dari provinsi Riau.

Minuman ini sangatlah segar dengan dilengkapi dengan campuran biji selasih, sirup, es batu dan juga blewah.

Gulai Belacan

makanan khas riau

safiachinta.blogspot.co.id

Nah gulai belacan ini merupakan salah satu dari sekian makanan khas Riau yang sangat wajib untuk Anda coba. Gulai yang satu ini terbuat dari udang segar yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga memiliki kuah yang kental.

Nah bumbu yang digunakan dalam pembuatan gulai belacan ini juga sangatlah khas berupa kemiri, lada serta juga mengunakan asam jawa. Selain itu Anda juga bisa memilih sendiri jenis udang yang nantinya bisa Anda nikmati, bisa berupa udang sungai air tawar atau juga jenis udang laut. Namun kedua jenis udang ini tetaplah nikmat.

Bacah Daging

makanan khas riau

hobimasak.info

Nah jika kota Minang terkenal dengan rendangnya, maka di provinsi Riau juga memiliki olahan daging yang bisa dikatakan rendangnya orang Riau. Ya, makanan tersebut dikenal dengan bacah daging. Bacah daging ini juga dibuat dengan menggunakan olahan daging sapi yang masih segar.

Anda bisa menikmati bacah daging ini dengan menggunakan ketupat. Selain itu biasanya bacah daging ini bisa dengan mudah Anda temukan pada saat hari raya idul fitri, bacah daging ini merupakan menu utama saat hari raya tersebut menjelang.

Ikan Cuka

makanan khas riau

daridapuraida.blogspot.co.id

Olahan ikan memang tidak ada habisnya terutama banyak makanan khas Riau yang menggunakan olahan ikan ini. Nah menu olahan ikan lainnya yang bisa untuk Anda nikmati adalah ikan cuka.

Ikan cuka ini bisa Anda nikmati dengan mudah karena dimasak dengan cara digoreng terlebih dahulu. Setelah digoreng, ikan ini biasanya akan diberikan cuka sebagai kuahnya.

Nah cuka yang dibuat tersebut terdiri dari bahan-bahan cabai yang sudah digiling, cabai merah iris, pala, lada, daun jeruk, garam, jahe dan juga serai serta sedikit gula pasir. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tenggiri.

Gulai Cipuik

travel.tribunnews.com

Memang provinsi Riau tidak habis menyajikan berbagai olahan makanan khas Riau yang bisa memanjakan lidah Anda. Salah satunya adalah gulai cipuik atau siput. Sesuai dengan namanya gulai yang satu ini terbuat dari olahan siput yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Rasanya yang lembut dengan tekstur yang kenyal akan menjadi sensasi tersendiri saat Anda menyantapnya.

Mie Siantan atau Tarempa

makanan khas riau

liandamarta.com

Tidak hanya terkenal dengan mie lendiri saja namun Anda juga bisa mencicipi makanan khas Riau lainnya berupa mie siantan atau dikenal juga dengan mie terempa. Nah mie yang satu ini terbuat dari olahan mie yang dicampur dengan udang, tauge, telur serta juga kecap dan juga cabai rawit.

Anda bisa menikmati mie tarempa ini baik itu goreng atau juga dalam bentuk mie terempa basah atau kuah.

Lakse Kuah

makanan khas riau

riauberbagi.blogspot.co.id

Makanan khas Riau lainnya yang tidak kalah lezat dan juga bisa Anda nikati adalah lakse kuah. Nah makanan khas Riau yang satu ini terbuat dari olahan ikan laut yang masih segar, biasanya juga dengan menggunakan ikan jenis tongkol, atau juga ikan teri yang sudah terlebih dahulu ditumbuk hingga halus kemudian nantinya juga dilengkapi dengan mie yang terbuat dari tepung sagu.

Selain itu untuk menambah cita rasanya maka akan diberikan kuah yang menggunakan santan dengan beberapa rempah- rempah khusus seperti ketumbar, adas manis dan masih banyak lagi rempah lainnya.

Tahukah Anda jika uniknya lagi, dimana lakse kuah ini disajikan didalam daun kemangkuk yang menambah sensasi yang berebeda pada saat Anda menyantapnya.

Lopek Bugi

makanan khas riau

kaskus.co.id

Selain beberapa menu makanan khas Riau diatas, maka Anda juga wajib untuk mencoba lopek bugi. Lopek bugi ini merupakan jenis kue khas dari provinsi Riau atau oleh kebanyakan masyarakat Indonesia mengenalnya dengan kue lepat dari ketan. Anda bisa dengan mudah untuk menemukan kue yang satu ini karena banyak dijual dipasaran ataupun gerai- gerai yang ada di kota Riau.

Nah kue yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh untuk Anda bawa kepada sanak saudara Anda dikampung halaman. Nah itu dia beberapa makanan khas Riau yang wajib untuk Anda cicipi jika Anda berkunjung ke Riau.

Mie Lendir

makanan khas riau

batammurahtourguidetranspot.blogspot.co.id

Meskipun namanya terbilang ekstream namun Anda tidak perlu khawatir dengan makanan khas Riau yang satu ini yaitu mie lendir. Secara umum mie lendir ini sama dengan mie jenis lainnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada kuah mie ini yang sangat kental dan juga menyerupai lendir.

Hal ini karena kuahnya tersebut terbuat dari ubi, kacang tanah, serta juga beberapa bumbu yang merupakan bumbu khas dari Riau. Mie yang digunakan dalam mie lendiri ini adalah mie kuning dan juga dilengkapi dengan telur rebus dan juga tauge serbat juga beberapa potongan cabai rawit.



Leave a Reply