10 Makanan Khas Kroasia, Rasanya Nampol di Lidah


sisil angelin  March 8, 2019  0 Comment

Apa saja makanan khas Kroasia? Sebelumnya, Kroasia merupakan salah satu negara yang sarat akan tradisi, budaya, dan sejarah di kawasan benua Eropa. Kroasia memiliki semenanjung pantai cantik yang letaknya cukup dekat dengan beberapa negara Eropa lain. Mungkin karena ini pula sedikit banyak makanan Kroasia mirip seperti menu dari Austria, Italia, ataupun Turki. Jadi makin penasaran dengan menu nikmat khas negara berbentuk bulan sabit ini bukan?

Berikut diberikan makanan Kroasia yang khas, diantaranya:

1. Žganci

Žganci
thedailymeal.com

Žganci adalah makanan dari Kroasia yang biasa disajikan waktu sarapan. Sekilas tampilannya cukup mirip dengan polenta dari Italia. Adapun polenta dibuat dari gandum, tepung soba, jagung, air, garam, dan minyak goreng. Bahan-bahan polenta yang digunakan sama dengan bahan untuk membuat žganci, namun soal rasa hidangan Kroasia ini tidak kalah autentik.

Menu žganci disajikan lengkap dengan potongan daging dan madu. Adapun orang Kroasia biasanya menyantap žganci bersama dengan keju, susu, atau yogurt yang membuat lidah tidak bisa berhenti bergoyang. Jadi penasaran ingin langsung mencicipi cita rasanya sendiri bukan? Pastinya menu sarapan ini akan membuat pagi Anda lebih ceria dan bersemangat untuk beraktivitas sepanjang hari.

review kuliner

Yang Kalian Belum Tau Dari Prambanan

ClayPot Popo Sabang

2. Hobotnica ispod peke

Hobotnica ispod peke
forkingcroatia.blogspot.com

Menu khas Kroasia lainnya hadir dengan memadukan beberapa bahan utama seperti daging sapi dan sayuran. Namun, biasanya hobotnica ispod peke dibuat dengan seafood gurita yang dicampur kentang. Dimana gurita dibiarkan utuh dan ditata sedemikian rupa di bagian tengah. Sehingga memberi pusat perhatian yang menarik. Soal rasa cukup khas karena dibumbui dengan rempah-rempah Mediterania dan madu.

Cara memasak hobotnica ispod peke cukup unik dan berlangsung cukup lama sampai 2 jam. Saat memasak semua bahan utama dimasukkan dalam wadah berbentuk lonceng. Perapian yang digunakan masih cukup tradisional, yakni menggunakan bara api yang nyatanya menambah khas cita rasa hobotnica ispod peke. Adapun metode memasak ini diketahui masih digunakan pula di Montenegro dan Bosnia.

3. Maneštra

Maneštra
idntimes.com

Maneštra adalah sup kacang yang dimasak lama menggunakan api kecil. Termasuk hidangan sup favorit masyarakat di Kroasia, sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya. Karena hampir semua rumah makan memiliki maneštra dalam menunya.

Sekarang ini sup Maneštra hadir dengan bermacam pilihan rasa yang bisa disesuaikan selera. Mulai dari sup kacang sauerkraut hingga sup kacang jagung. Dari sekian varian rasa sup kacang dengan jagung atau maneštra od bobici termasuk yang banyak dipesan. Apakah Anda mau mencobanya?

4. Pasticada N Njokima

Pasticada N Njokima
food.detik.com

Makanan khas Kroasia berikutnya pasticada n njokima membutuhkan waktu memasak yang cukup lama. Termasuk hidangan ratu Dalmatian eksklusif. Hal ini karena dalam proses pembuatannya membutuhkan bumbu-bumbu berharga mahal yang membuat hidangan Kroasia ini tidak mudah ditemui. Sehingga wajar bila menu harian ini termasuk menu spesial khususnya di wilayah Dalmatian.

Cara memasak pasticada n njokima diawali dari merendam daging sapi muda di dalam cuka anggur. Proses perendaman bisa berlangsung selama beberapa hari lamanya. Daging sapi kemudian dimasak perlahan sampai keluar jus dari dagingnya. Dalam penyajian biasanya ditambahkan gnocchi yang membuat cita rasanya semakin lezat.

5. Bakalar S Krumpirom

Bakalar S Krumpirom
finirecepti.net.hr/

Makanan Kroasia satu ini dibuat dari bahan utama ikan cod kering dan kentang. Dalam proses memasak, bahan utama dibumbui dengan rempah-rempah sederhana seperti bawang merah, bawang putih cincang, dan peterseli. Bakalar S Krumpirom banyak disuguhkan di hari keagamaan seperti natal atau hari-hari menjelang paskah.

6. Brodet

Brodet
total-croatia-news.com

Brodet adalah sup ikan khas Kroasia. Beda dengan hidangan Kroasia lainnya, sup ini disajikan dengan nasi dan sayuran. Hal tersebut memastikan makanan ini kaya gizi dengan sarat kandungan karbohidrat dan protein. Cocok untuk Anda yang tidak bisa makan tanpa nasi. Adapun jenis ikan yang kerap dijadikan sup diantaranya ikan kakap putih, monkfish, atau bisa juga udang.

7. Mlinci

Mlinci adalah makanan khas Kroasia yang biasanya disantap sebagai menu pendamping. Khususnya saat menyantap hidangan berat seperti daging kalkun atau bebek. Jadi bisa dibilang penyajian mlinci seperti halnya pengganti nasi ataupun kentang.

Mlinci hadir berupa roti berbentuk pipih yang dimasak dengan beberapa cara. Ada mlinci yang digoreng dan ada pula yang direbus bersamaan dengan sup. Meski terlihat sederhana ternyata proses pembuatan mlinci memakan waktu yang lama bisa sampai 2 jam.

8. Crni Rižot

Crni Rižot
gastro.24sata.hr

Dari beberapa makanan Kroasia yang sudah disebutkan kiranya crni rižot menjadi hidangan paling populer, tidak terkecuali bagi kalangan millennials Indonesia. Pasalnya menu ini sering disajikan di cafe berkonsep modern di tanah air yang lebih populer dengan nama black risotto atau risotto hitam. Meski memiliki tampilan sederhana tetapi siapa sangka soal cita rasa sungguh luar biasa. Dijamin membuat ketagihan. Pasalnya beras yang digunakan merupakan beras pilihan bertekstur lembut dan cumi-cumi Adriatik.

Crni rižot banyak disuguhkan di restoran seafood di Kroasia. Terutama di kawasan sekitar garis pantai Kroasia. Makanan ini dibuat dari tinta cumi sehingga memiliki penampilan hitam pekat. Selain itu, digunakan pula beberapa bahan utama lain seperti cumi, minyak zaitun, dan anggur merah. Menariknya crni rižot juga akan membuat gigi orang yang menyantapnya menjadi berwarna hitam sementara.

9. Skampi na buzaru

Skampi na buzaru
heneedsfood.com

Menu khas selanjutnya skampi na buzaru banyak disajikan di sekitar pesisir Kroasia. Skampi na buzaru ini dibuat dengan metode buzara yang masih sangat tradisional. Untuk bahan utamanya bisa berupa udang ataupun kerang.  

Dalam proses memasak bahan utama dimasak sebentar dengan tambahan anggur putih, peterseli, bawang putih, dan remahan roti. Tidak jarang sang koki juga menambahkan perasa berupa pasta tomat. Skampi na buzaru wajib dimakan langsung menggunakan tangan yang akan menambah sensasi dan rasa nikmatnya.

10. Arancini

Arancini
idntimes.com

Arancini adalah menu penutup yang dibuat dari manisan kulit jeruk. Dalam pembuatannya kulit jeruk diiris tipis-tipis memanjang lalu direndam dalam air kurang lebih selama 7 hari. Selanjutnya kulit jeruk masih harus direbus dalam larutan gula selama setengah jam. Terakhir kulit jeruk akan dilapisi dengan gula pasir selagi masih hangat. Proses ini pula yang memberi sensasi manis segar pada manisan arancini.

Manisan arancini populer disebut sebagai permen tradisional asli Kroasia Selatan. Rasanya manis dan segar yang enak disantap sebagai camilan. Manisan ini banyak pula dijual dalam kemasan agar bisa dibeli sebagai buah tangan. Jadi pastikan selesai jalan-jalan di Kroasia Anda tidak pulang dengan tangan hampa.

Itulah 10 makanan khas dari Kroasia yang patut Anda coba. Sebagian besar menu membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya, sehingga memberi nilai tambah tersendiri. Bila Anda berkesempatan berlibur ke negara bulan sabit ini pastikan untuk mencicipi menu-menu khas di atas. Sekian semoga ulasan tentang makanan khas Kroasia kali ini bermanfaat dan informatif.



Leave a Reply