10 Makanan Khas Imlek di Negara China, Apakah Sama Di Indonesia?


sisil angelin  January 29, 2019  0 Comments

Makanan khas Imlek China sangat spesial, lho. Bagi Anda yang merayakan tahun baru China nampaknya tahun baru china ( imlek ) menjadi salah satu perayaan yang sangat besar bukan? tidak hanya semata – mata menjadi sebuah acara sakral, namun perayaan tahun baru imlek ini menjadi salah satu perayaan yang dapat menyatukan seluruh keluarga besar bukan?

Nah, untuk dapat mengadakan sebuah event dengan menyatukan seluruh keluarga besar tentunya Anda membutuhkan beberapa makanan khas imlek bukan? nah, tentunya sajian khas imlek ini hanya ada pada hari raya imlek dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Kira – kira apa saja ya sajian hidangan imlek di negara China ? untuk informasi lebih jelasnya yuk, simak informasi berikut ini mengenai  makanan khas imlek di negeri China Berikut Sajian Khas Imlek di Negara China

1. Mie Goreng

Mie Goreng
madamtan.com

Nah, salah satu sajian khas yang disajikan pada tahun baru imlek di negara China adalah mie goreng. Eits, jangan salah sangka dulu yak arena mie goreng yang ini memiliki perbedaan dengan mie goreng yang biasanya dikonsumsi sehari – hari. Nah, nyatanya mie goreng ini memiliki peran yang cukup penting lho untuk masyarakat China. Mulai dari acara ulang tahun, sampai imlek pun, mie goreng merupakan sajian wajib yang ada saat acara tersebut. Nah, menurut kepercayaan orang China atau Tionghoa, dengan mengkonsumsi mie pada acara – acara seperti demikian, akan melambangkan adanya kebahagiaan dan juga rezeki yang melimpah ruah.

review kuliner

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

Isi Perut Di Angkringan Kopi Joss Pak Tris Tugu Jogja!

2. Aneka Olahan Ikan Bandeng

 Aneka Olahan Ikan Bandeng

Primarasa.co.id

Nah, selanjutnya, makanan kedua yang dianggap sebagai makanan khas Imlek pada masyarakat China adalah olahan ikan bandeng. Nah, dengan mengkonsumsi ikan bandeng, dipercaya seseorang akan memiliki bisnis yang lancar. Biasanya ikan bandeng yang digunakan pada sajian tahun baru imlek ini merupakan ikan – ikan bandeng yang memiliki ukuran yang besar – besar alias jumbo. Biasanya pengolahan ikan bandeng ini tetap pada bentuk utuhnya dan disajikan pula dalam bentuk yang utuh sebab menurut masyarakat China dengan ikan bandeng yang masih utuh dapat membantu mereka dalam mendapatkan rezeki serta keberuntungan yang tanpa hent.

3. Daging Ayam atau Bebek

 Daging Ayam atau Bebek

Tokopedia.com

Makanan ketiga yang dapat disajikan sebagai hidangan khas imlek adalah daging ayam atau daging bebek. Mengapa harus diantara kedua dagi ini? ya, karena kedua daging ini memiliki simbol sebagai udara. Dimana udara sendiri memiliki arti ketaatan dan juga kesetiaan. Dengan memakan sajian daging ayam atau daging bebek yang utuh, maka harapan dari si pemakan daging tersebut adalah agar keluarga mereka akan terus bahagia dan utuh selalu sampai kapanpun.

4. Daging Babi

Daging Babi

cookpad.com

Nah, selain daging ayam dan daging bebek, nampaknya daging babi juga sering digunakan sebagai salah satu hidangan khas dari perayaan imlek bagi orang – orang China. Hidangan babi ini dianggap sebagai hidangan yang harus ada pada perayaan imlek dan dikonsumsi oleh seluruh keluarga besar. Nah, hal tersebut tak serta merta dikarenakan kelezatan daging babi saja lho, namun juga karena daging babi ini memiliki simbol dan arti lain. nah, seperti yang kalian semua ketahui, bahwa babi merupakan salah satu binatang yang sangat malas bukan? nah, dengan begitu diharapkan seluruh keluarga besar yang memakan olahan daging babi ini tidak memiliki sifat pemalas dalam kesehariannya. Di China sendiri, daging babi merupakan daging yang mudah ditemui, lebih mudah daripada di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkan daging babi bukanlah merupakan suatu hambatan.

5. Telur Rebus dengan Teh

Telur Rebus dengan Teh

DuniaMasak.com

Apa yang dimaksud dengan telur rebus dengan teh? Apakah diharuskan untuk memakan telur rebus sambal minum teh? Nah, ternyata bukan seperti itu teman – teman. Maksud dari telur rebus dengan teh adalah telur yang biasanya direbus dengan menggunakan air putih, kini direbus dengan rebusan air teh. Meskipun sekilas Nampak asing, namun inilah yang biasanya dikonsumsi oleh orang – orang China. Telur rebus dengan the ini juga merupakan salah satu sajian yang tidak boleh ketinggalan di meja makan saat perayaan imlek lho! Dikarenakan telur ini direbus dengan menggunakan the dan tambahan sedikit kecap asin, membuat telur ini sedikit memiliki cita rasa yang unik. Yaitu seperti rasa telur coklat yang manis dan gurih. Memang, telur ini bukanlah termasuk makanan berat, namun Anda dapat mengkonsumsinya sebagai makanan ringan yang lezat pada saat perayaan imlek. Nah, untuk simbol dari makanan ini sendiri adalah supaya orang yang memakannya didatangkan kesuburan.

6. Yu Sheng

Yu Sheng

Nah, salah satu dari makanan khas imlek di negeri China adalah yu – sheng. Mungkin, yu – sheng ini sedikit asing bagi masyarakat Indonesia yang tidak merayakan imlek. Jadi, sebenarnya yu – sheng sendiri merupakan salah satu salad seperti biasa yang terdiri dari berbagai macam sayur, buah dan ikan. Nah, yu – sheng ini memiliki symbol akan keberuntungan di tahun baru. Nah, sebelum memakannya, alangkah baiknya Anda untuk mengaduknya terlebih dahulu dan mengangkat yu – sheng setinggi – tingginya. Nah, makanan ini melambangkan akan keberuntungan mu yang tinggi, semakin Anda mengankat tinggi yu – shengnya maka harapan Anda akan keberuntungan tentunya akan semakin tinggi.

7. Kue Mangkok

Kue Mangkok

Kue mangkok tampaknya bukan lagi menjadi hal asing bagi masyarakat Indonesia sekalipun, karena memang kue ini dijual bebas di pasaran, khususnya pasar tradisional baik saat imlek maupun tidak. Nah, biasanya kue mangkok ini selalu dilengkapi dengan kue keranjang. Yang melambangkan adanya rezeki yang terus mengalir tanpa terputus sepanjang tahunnya.

8. Aneka Jeruk

 Aneka Jeruk

cemilku.com

Siapa yang tak pernah melihat jeruk jelang hari raya imlek? Tentunya banyak sekali penjualan jeruk yang semakin meningkat akibat menjelang perayaan Imlek. Ya, jeruk dianggap sebagai simbol dari adanya perayaan imlek. Jeruk dianggap memiliki simbol rezeki yang terus melimpah. Biasanya, jeruk yang digunakan pada perayaan imlek ini merupakan jeruk yang masih memiliki daun dan juga tangkai. Jeruk yang masih utuh tersebut, memiliki lambing bahwa kemakmuran dan kesejahteraan keluarga yang memakannya akan terus tumbuh. Jeruknya pun sebenarnya tidak semua jeruk yang digunakan. Ada beberapa jeruk yang memang khas dari China yang biasanya digunakan sebagai hidangan dari perayaan imlek.

9. Jiaozi

Jiaozi
thedailymeal.com

Pernah mengkonsumsi dimsum? Nah, jiaozi ini merupakan salah satu jenis dimsum yang biasanya disantap oleh masyarakat. Jiaozi ini memiliki bentuk yang mirip seperti pangsit dan disantap dengan colekan saus yang khas. Biasanya jiaozi ini digunakan sebagai makanan pembuka pada acara makan – makan keluarga di perayaaan tahun baru imlek ini. nah, jiaozi dianggap sebagai pembawa kelimpahan rezeki dan kerukunan.

10. Manisan Segi Delapan

Manisan Segi Delapan

DailyWuz.com

Nah, manisan segi delapan juga seringkali disebut sebagai tray of happiness. Manisan ini terdiri dari berbagai jenis biji – bijian yang memiliki makna tersendiri. Misalnya leci melambangkan kekuatan, teratai melambangkan kesuburan dan angka delapan yang melambangkan keberuntungan..

Nah, itu dia beberapa jenis hidangan khas perayaan imlek. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam mengetahui makanan khas imlek di negeri China!



Leave a Reply

One Response
  1. kacamata hitam pria says:

    Thank you for your explanation. Thank you very much.