Kuliner

11 Makanan Khas Boyolali, Kelezatanya Bikin Lupa Diri

Kabupaten Boyolali adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Boyolali termasuk Solo Raya secara administrative. Meski termasuk kabupaten dengan luas yang tidak terlalu besar, Boyolali memiliki banyak keunggulan seperti seni budaya dan kuliner yang khas. Jika mau ke Solo atau Semarang, Boyolali adalah jalur penghubungnya.

Nah, kalau kebetulan lewat? Tak ada salahnya Anda untuk sejenak mampir untuk menikmati makanan khas Boyolali. Jenis kuliner di Boyolali sangat beragam. Ada menu-menu yang sebenarnya terdapat di kota-kota lain namun ada ciri yang membedakannya.

Langsung saja, simak ulasan makanan khas Boyolali berikut ini

1. Nasi Tumpang Boyolali


Nasi tumpang ini sekilas mirip dengan nasi pecel. Banyak orang yang mengira keduanya sejenis. makanan khas Boyolali yang satu ini memang mirip. Perbedaannya terletak pada sambal lethok. Sambal lethok ini adalah sambal yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kencur, daun salam, garam, dan cabai sesuai selera.
Tumpang yang paling spesial adalah tempe busuk yang sungguh sedap. Karena poinnya adalah berasal dari tempe busuk ini. Nasi tumpang dapat dinikmati dengan nasi hangat dan aneka lauk. Bisa telur, ayam, lele, dan aneka gorengan.
Soal harga, jangan takut. Harganya sangat murah dan tentunya tidak menguras kantong. Nasi tumpang makanan khas Boyolali ini dapat ditemukan di beberapa warung di Boyolali. Salah satunya di warung di jalan Tentara Pelajar.

2. Soto Seger Boyolali

makanan khas boyolali
wisataindonesia.xy


Ke Boyolali tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi soto seger Boyolali. Soto ini adalah soto yang rempahnya terasa. Soto seger makanan khas Boyolali yang paling terkenal adalah soto seger Haji Fatimah. Kuah dari soto ini kental tapi cenderung bening. Sangat cocok untuk sarapan atau makan siang.
Tambah nikmat jika ditambahi aneka gorengan dan sundukan atau sate-sate jerohan. Isian dari soto ini antara lain tauge, seledri, nasi, daging ayam atau daging sapi, dan kuah segar. Kalau ke Boyolali jangan lupa mampir untuk menikmati kesegaran soto seger makanan khas Boyolali.

3. Jenang Pecel


Jika di Banyuwangi ada rujak soto, yakni perpaduan rujak yang mirip pecel yang dimasukkan ke dalam soto, maka di Boyolali ada jenang pecel. Nah, makanan khas Boyolali ini adalah jenang atau bubur sumsum dicampur dengan pecel. Jika sedang di Boyolali, datanglah ke area Pasar Sunggingan yang ada di jalan Garuda. Di sinilah terdapat penjual jenang pecel.

4. Tahu Susu


Boyolali adalah kabupaten yang terkenal dengan susu segarnya. Di sini banyak sekali peternak sapi perah yang menghasilkan susu segar. Susu Boyolali terkenal creamy, gurih, dan lembut teksturnya. Anda ddapat mencoba tahu susu. Makanan ini banyak ditemukan di jalan Pandanaran. Selain tahu susu, ada juga keripik susu, dodol susu, dan banyak lagi olahan dari susu.

5. Abon Lele


Boyolali juga termasuk pemasok lele yang besar. maka dari itu lele dimodif menjadi olahan yang lebih produktif. Salah satu kampung penghasil lele adalah Kecamatan Sawit. Di sana banyak home industry yang mengolah lele menjadi makanan khas Boyolali berupa abon lele. Ada juga yang diolah menjadi keripik. Tentu rasanya gurih dan nikmat sebagai lauk makan bersama nasi hangat. Nah, kalau sudah bosan dengan abon daging sapi, bisa mencoba memakan abon lele.

6. Marning

makanan khas boyolali
idntimes.com


Beberapa kota juga memiliki olahan produk marning. Di Boyolali juga banyak home industry yang membuat marning sebagai makanan khas Boyolali. Camilan ini adalah jagung yang dimasak menjadi makanan ringan. Pilihan rasanya sangat beragam. Ada rasa original, pedas, balado, keju, dan lain-lain.

7. Bebek Goreng


Tak hanya di Madura lho terdapat bebek yang enak. Di Boyolali juga ada kuliner bebek lezat yang terkenal yakni warung Pak Pinggir yang ada di jalan Perintis Kemerdekaan. Sudah banyak ada cabangnya di jalur utama Solo sampai Semarang.
Keunggulan bebek dari warung Pak Pinggir adalah rasanya enak, gurih, daging tidak bau, dan sambalnya sangat segar. Cocok sekali dinikmati dengan nasi hangat saat perut sangat lapar. Bebek Goreng Pak Pinggir sangat ramai dan tentunya ini karena cita rasa yang berkualitas. Jadi tunggu apa lagi? Segera nikmati kelezatannya di Boyolali.

8. Susu Segar Boyolali

makanan khas boyolali
idntimes.com


Susu segar adalah produk andalan di Boyolali. Minuman ini menjamur bahkan sampai Solo. Bahkan di Solo ada susu segar Boyolali yang terkenal yakni Shi Jack. Kalau malam, banyak penjual yang menjajakan susu segar di tenda-tenda dengan tambahan aneka gorengan dan dan tusukan yang enak-enak.
Susu segar Boyolali pun dimodifikasi dengan rasa-rasa lain yang enak. Antara lain coklat, green tea, mocaa, dan banyak lagi. Selain sehat juga enak loh.

9. Dodol Susu


Dodol susu adalah salah satu makanan khas Boyolali. Jika kita sudah pernah makan dodol garut, maka di Boyolali ada dodol yang diolah dari bahan susu. Tentu kandungan gizinya sangat banyak bukan? Anda harus mencoba dodol susu ini agar merasakan olahan yang sehat dan harganya juga terjangkau. Dodol susu ini dibuat dengan bahan susu segar pilihan dan pastinya aman tanpa ada tambahan bahan kimia yang berbahaya. Jika ingin membawakan oleh-oleh untuk saudara bisa banget dodol susu sebagai oleh-oleh dari Boyolali.

10. Aneka Olahan dari Sapi dan Jerohan Sapi Boyolali

makanan khas boyolali
dapuronlinequ.blogspot.com


Nah, bagi anda pecinta aneka olahan sapi, jangan lupa membeli ini ya. Di Boyolali ada makanan khas Boyolali berupa rambak. Rambak Boyolali adalah kerupuk yang asalnya dari kulit sapi. Ada jga dendeng sapi, abon, dan produk-produk sejenis.
Sifat produk ini kering jadi tahan untuk beberapa hari bahkan minggu. Aman jika Anda ingin membawanya ke tempat jauh seperti merantau atau pulang ke kota lain. Rasanya gurih dan enak. Banyak toko oleh-oleh di Boyolali yang menyediakan aneka olahan sapi dan jerohan ini. Pastinya harganya juga pas dan sesuai.

11. Petis Sapi

makanan khas boyolali


Karena Boyolali terkenal akan peternakan sapi, maka produk olahannya juga tidak jauh-jauh dari sapi. Salah satu produk olahan sapi selain di atas yakni petis sapi. Petis sapi ini bisa digunakan untuk bumbu masak. Dengan aroma sapi, tentu akan lebih sedap bukan?
Jika umumnya petis terbuat dari udang, lain halnya di sini. Di Boyolali, petis sapi adalah makanan khas Boyolali yang bisa juga untuk oleh-oleh. Petis enak sekali untuk bumbu aneka masakan khas nusantara.

Nah, demikianlah 11 makanan khas Boyolali. Jika bertandang ke sana, alangkah rugi jika Anda tidak datang ke sana untuk mencicipi berbagai olahan yang khas Boyolali. Susu segar, soto segar, dan lainnya adalah salah satu kekayaan kuliner Indonesia. Jangan sampai Anda tidak mencobanya, karena ini adalah bentuk rasa syukur kita tinggal dan hidup di negara yang kaya sekali akan kuliner khasnya. Selamat mencoba makanan khas Boyolali.

Join The Discussion