10 Makanan Khas Banyumas Paling Maknyus dan Rekomendasi Oleh-oleh


Reni  May 24, 2018  0 Comment

Makanan Khas Banyumas adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki beberapa makanan khas Banyumas dengan rasa yang cukup lezat dan disukai oleh para wisatawan domestik. Jika Anda adalah salah satu penikmat wisata kuliner dan saat ini sedang mencari beberapa referensi makanan di Indonesia yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

1. Gethuk Goreng

Gethuk Goreng

resepkoki.id

Salah satu makanan khas Banyumas yang cukup terkenal dan hanya bisa ditemukan di daerah Banyumas adalah gethuk goreng yang menjadi salah satu primadona di Banyumas. Anda bisa menemukan makanan ini sebagai salah satu makanan khas dari Banyumas yang terbuat dari bahan-bahan yang sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Anda.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan khasi ini adalah ketela pohon, dan juga gula merah. Untuk membuatnya pun tidak sulit untuk dilakukan. Ketela tersebut hanya perlu direbus dan dihancurkan untuk selanjutnya dicampurkan dengan gula merah.

Setelah kenyal dan dibentuk bulatan yang tak beraturan, adonan tersebut lalu digoreng. Pada awalnya gethuk goreng memiliki rasa manis khas gula merah, namun saat ini sudah ada beberapa varian rasa termasuk rasa nangka, durian, dan juga strawberry.

Mudik Ke Purwokerto, Mampir Umaeh Inyong Dulu Ya

2. Mendoan

Mendoan

info.st3telkom.ac.id

Makanan khas selanjutnya yang bisa Anda temukan di Banyumas adalah mendoan yang disukai. Makanan ini adalah salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia dan tidak hanya populer di Banyumas.

Baca juga :  15 Oleh Oleh Khas Bengkulu, Mulai Makanan Hingga Kerajinan

sebenarnya bukanlah makanan mewah yang sulit untuk ditemukan atau dibuat sendiri. Bahan pembuat makanan ini sendiri hanya tempe dan juga adonan tepung beras dan juga tepung terigu. Selain itu Anda hanya perlu menambahkan beberapa bumbu untuk membuat makanan ini menjadi lebih berasa dan lebih nikmat.

Banya pelancong yang berkunjung ke Purwokerto atau Banyumas juga akan membeli makanan ini sebagai oleh-oleh khas dari Purwokerto atau Banyumas. Untuk menambah cita rasa dari mendoan ini, kita bisa menambahkan sambel kecap dan juga cabai.

3. Jenang Jaket

Jenang Jaket

jenangnya.blogspot.co.id

Anda mungkin belum pernah mendengan makanan yang bernama jenang jaket yang mungkin cukup aneh terdengar di telinga. Namun makanan ini menjadi salah satu makanan khas daerah Banyumas di mana makanan ini menawarkan citarasa manis yang terbuat dari gula merah, santan kelapa dan juga beras ketan.

Selain itu, jenang ini sendiri memiliki kekhasan sendiri di mana untuk membuatnya berbeda dari jenang-jenang lainnya, jenang jaket ini sendiri dibungkus menggunakan bungkus kertas kecil-kecil yang bisa dimakan dalam sekali suap.

4. Nopia

Nopia

bagi-in.com

Makanan selanjutnya yang bisa Anda temukan dari Banymas adalah makanan yang dikenal dengan nama yang cukup aneh yaitu Nopia. Nama makanan ini sendiri sebenarnya cukup mirip dengan merek dari handphone.

Namun tidak ada hubungan dari makanan ini dengan merek handphone yang cukup populer beberapa waktu yang lalu. Bentuk dari makanan ini sendiri adalah lonjong dan berbentuk seperti telur ayam. Dari luar, nopia berwarna putih, namun di dalamnya makanan ini memiliki isian gular merah. Beberapa nopia juga diisi dengan coklat, durian dan juga pandan.

Anda juga bisa menemukan salah satu citarasa bawang merah yang membuatnya menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang berbeda.

Baca juga :  11 Oleh-oleh Khas Malang Harga Murah Dan Enak

5. Kripik Tempe

Kripik Tempe

rumahmesin.com

Salah satu oleh-oleh lainnya yang meskipun terlihat biasa, oleh-oleh tersebut sebenarnya cukup spesial dibandingkan beberapa oleh-oleh lainnya di mana Anda hanya akan menemukan citarasa yang berbeda untuk kripik tempe yang berasal dari daerah Banyumas ini.

Salah satu yang cuup menarik dari kripik ini adalah rasanya yang nikmat. Namun saat ini sudah banyak tempat-tempat lain yang juga menawarkan kripik tempe sebagai makanan oleh-oleh khas bukan hanya dari Banyumas saja.

6. Lanting

Lanting

budaya-indonesia.org

Makanan khas selanjutnya yang juga sudah cukup populer dan dikenal sebagai salah satu makanan khas dari daerah Banymas dan sekitarnya adalah lanting. Sama dengan kripik tempe, makanan ini sendiri juga sudah banyak ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia dan menjadi salah satu makanan khas dari daerah tersebut.

Bentuk makanan ini sendiri seperti angka delapan atau seperti lingkaran-lingkaran kecil. Makanan ini sendiri terbuat dari singkong dan memiliki rasa asin dan gurih. Dengan semakin banyaknya permintaan dan juga inovasi yang dilakukan oleh setiap pembuat makanan ini, Anda juga akan menemukan beberapa pilihan rasa lainnya seperti pedas dan keju.

7. Soto Sokaraj

Soto Sokaraj

zonamakan.blogspot.co.id

Beberapa makanan khas Banyumas tersebut adalah beberapa makanan khas yang bisa Anda dapatkan sebagai oleh-oleh khas dari daerah Banyumas, namun sebenarnya masih banyak pilihan makanan atau kuliner khas Banyumas yang juga bisa Anda temukan seperti Soto Sokaraja ini.

Soto ini sendiri memiliki ciri-ciri yang berbeda daripada soto pada umumnya. Selain kuah kuning yang masih sama dengan soto lainnya, soto ini sendiri juga disajikan dengan menggunakan ketupat dan juga sambal kacang yang membuatnya berbeda.

8. Kraca

Kraca

cookpad.com

Jika Anda tertarik untuk mencicipi citarasa makanan yang berbeda yang ditawarkan oleh beberapa makanan khas di Banyumas, maka kraca harus menjadi salah satu daftar makanan yang harus Anda coba ketika Anda berkunjung ke Banyumas.

Baca juga :  10 Makanan Terpedas di Dunia Sukses Bikin Lidahmu Ber Api-Api

Ana akan menemukan makanan yang terbuat dari bahan dasar keong kecil. Keong ini biasanya memiliki habitat di sawah dan nantinya akan dimasak dengan menggunakan bumbu khas Banyumas seperti bawan, merica, pala dan juga garam dan ditambah bumbu-bumbu lainnya untuk menonjolkan citarasa berbeda dari makanan ini.

9. Jalabia

Jalabia

beyoung.co.id

Anda mungkin belum pernah menikmati makanan ini sebelumnya. Makanan ini dikenal dengan nama jalabia yang dibuat dengan bahan dasar dari singkong atau ketela pohon. Makanan ini berbentuk seperti donat dan dibuat dengan cara digoreng.

Sama seperti donat, untuk mengetahui apakah makanan ini sudah matang, pada saat digoreng dan sudah matanang, maka makanan ini akan mengambang. Meskipun tidak ada citarasa yang benar-benar berbeda dari makanan ini, namun makanan ini bisa menjadi teman cocok untuk bersantai di sore hari dengan the atau kopi.

10. Intil

Intil

visitjateng.id

Ternyata masih banyak olahan dari ketela pohon atau singkong yang bisa Anda temukan di Banyumas, salah satunya adalah Intil yang juga terbuat dari ketela phon. Cara membuat makanan ini juga cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan sing yang diparut halus yang kemudian dilanjutnya dengan proses pemerasan hasil parutan singkong tersebut dan dicampur dengan gula merah dan beberapa bumbu tambahan lainnya yang membuat makanan ini menjadi salah satu makanan yang nikmat.

Dengan rasa yang manis seperti beberapa makanan khas dari jawa tengah lainnya, makanan ini menjadi salah satu makanan yang wajib kita icipi ketika kita berkunjung ke daerah Banyumas. Selain beberapa makanan khas Banyumas yang bisa Anda temukan di atas, masih ada banyak lagi pilihan makanan khas yang bisa Anda temukan di Banyumas.



Leave a Reply