Mudik ke Purwokerto, Mampir Umaeh Inyong Dulu Ya

cafe di purwokerto

fauzi | Tourist
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia | halal
11 Jun 2018


Mudik ke Purwokerto, Mampir Umaeh Inyong Dulu Ya
Selain terkenal dengan wisata alamnya, Purwokerto juga menyimpan banyak sekali kuliner yang unik dan lezat yang tentunya wajib anda coba. Karena udah berencana wisata kuliner di kota ini dan kebetulan lagi laper juga, alhasil langsung capcus cari cari kul

Akhirnya, mudik juga ke Purwokerto nih guys. Kalo mudik ke Purwokerto begini, biasanya aku akan mencicipi makanan-makanan khasnya yang ngangenin banget. Nah, kali ini aku mau menyambangi salah satu restoran favorit aku dan keluarga saat mudik ke Purwokerto. Namanya, Umaeh Inyong. Restoran yang kental dengan brand Banyumasan ini beralamatkan di Jalan A. Yani No 47, Karanganjing, Kedungwuluh, Purwokerto. Ngga jauh sih dari rumah nenek aku, paling motoran Cuma 15 menit aja.

Restoran ini buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai jam 22.00 dan aksesnya mudah banget dijangkau oleh kalian yang datang dari luar Purwokerto. Lokasinya deket banget sama alun-alun atau pusat Kota Purwokerto. Dari alun-alun ke utara sekitar 2 km lewat Jalan Masjid lurus sampai Jalan A. Yani atau kalo kalian dari arah hotel Aston atau Horison , tinggal lurus aja ke Barat hingga pertigaan Jalan A. Yani belok kanan.

cafe di purwokerto

Umaeh Inyong menempati bangunan kuno sehingga konsep budayanya sangat terlihat nyata. Dari depan saja kalian sudah bisa menyimpulkan bahwa resto ini menggunakan bangunan tua peninggalan jaman Belanda, namun masih sangat kokoh dan terawat. Kalian juga akan mengenali restoran ini karena di depannya ada tulisan Umaeh Inyong dan ketika semakin masuk, kalian akan merasakan nuansa Banyumasan tempo dulu.

Suasana yang sangat asik guys. Paling betah dan paling cozy sama tempat makan yang asik kayak begini, serasa rumah sendiri. Oh iya, kalo udah tau tempatnya asik gini, jangan lupa buat ajakin orang tersayang ya guys!

Uniknya, restoran ini memiliki photo both yan bisa digunakan tamu untuk berfoto dengan latar tulisan olih-olih khas Banyumasan dengan gambar tokoh pewayangan Banyumas, Bawor. Saat pertama masuk ke bangunan utamanya, kalian bisa melihat pajangan oleh-oleh batik khas Banyumas seperti soklat (coklat), pepes bandeng hasil produksi Umaeh Inyong dan beberapa mainan klasik yang dapat membawamu ke masa lampau.

Masih bicara soal kenyamanan dan kecenya tempat ini, jangan lupa membawa camera yang bagus ya, karena ada banyak spot yang bikin foto kalian makin kece dan instagramable deh!

cafe di purwokerto

Oke, akhirnya aku masuk ke ruangan restonya. Disini, banyak berbagai furniture bergaya klasik dengan berbagai perabot dan pernak pernik kuno tampil apik membangun karakter ruang dengan nama Beranda Inyong. Lampu di ruangan ini pun klasik banget, agak remang-remang gitu. Nah pas banget perut laper, langsung deh kami memilih tempat dan segera memesan menu yang ditawarkan. 

Untuk menu yang ditawarkan, Umaeh Inyong menjual berbagai menu masakan Jawa, terutama makanan khas Purwokerto dan sekitarmya, seperti Sroto Kriyik, mendoan, bakmi nyemek, sega bandem, sega gemblung dan banyak lagi. Well, harganya pun masih masuk akal banget ya guys, harga makanannya mulai dari Rp 10.000 saja dan minumnya mulai dari harga Rp 3000. Selain itu, mereka juga menyajikan camilan khas dengan harga mulai Rp 6500 aja. Murah banget kan?

Aku langsung pesen Sroto Kriyik, terus Jalabia Dopok’an dan minumnya teh rempah. Porsinya cukupan sih ya buat 1 orang. Anyway, harga 1 porsi soto kriyik ini Cuma Rp 15.000 saja, lalu camilan Jalabia nya Cuma Rp 6500 dan teh rempahnya Rp 5000 aja. Makan 1 orang paling ngabisin Rp 20.000 aja lah.

Sroto Kriyik ini salah satu makanan favorit aku disini. Mungkin sebagian dari kalian masih belom tau ini makanan apa, so aku jelasin dikit deh. Sroto Kriyik sekilas mirip Soto Sokaraja, namun yang membedakan adalah tambahan Kriyik yang menjadi ciri khasnya. Kriyik merupakan adonan tepung beras dan kentang rebus halus yang digoreng dangat garing dan renyah. Rasanya pun gurih. Kuahnya sangat lezat karena diberi tambahan santan dan bumbu kacang.

Sroto Kriyik

 

Untuk camilannya, Jalabia Dopok’an yang pastinya juga agak asing ditelinga kalian. Di Purwokerto sendiri makanan ini sudah mulai susah dijumpai. Jalabia merupakan camilan tradisional yang terbuat dari singkong.

Yang dari luar Purwokerto dan belum pernah denger makanan yang satu ini, kalian wajib mencobanya disini guys! Dijamin bakal ketaihan dan pengan balik ke Purwokerto haha. 

cafe di purwokerto

Jalabia Dopok'an

Selain karena makanannya yang lezat, luasnya area 'umaeh inyong' ini menjadikan tempat ini kerap menjadi tempat acara seperti acara ulang tahun, tasyakuran wisuda, outing, dan masih banyak lagi. Nah kalo kalian ada acara, kalian bisa pake Umahe Inyong ini sebagai tempat acara kalian ya guys!

Video by : Mr. Arie Anything

Resto ini recommended banget buat dicobain deh pokoknya. Jadi, pastiin buat kalian yang pengen traveling ke Purwokerto, jangan lupa buat mampir ke Umaeh Inyong ya. Jangan lupa juga bawa kerabat atau orang tersayang buat nikmatin hidangan dengan rasa yang lezat dan view yang mantab. Kuy cobain guys!

 

Opening Hours
09.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY