Lupakan Ramen, 11 Kuliner Mie Asli Indonesia Menggugah Selera


Reni  January 4, 2020  0 Comment


Mie adalah salah satu makanan yang sangat populer di indonesia. bahkan salah satu olahan mie kemasan pun juga sudah terkenal seantero dunia. Hal ini membuktika bahwa olahan kuliner Indonesia bisa bersaing dengan olahan-olahan masakan lainnya. Di dalam negeri. Mie sangat digemari masyarakat Indonesia. berbagai kuliner mie di Indonesia juga bisa anda temukan.
Mie dibuat dengan bahan dasar tepung terigu yang di bentuk kecil dan memanjang. Bagi orang Indonesia, mie ini biasa disajikan sebagai makanan pokok pengganti nasi atau juga bisa sebagai camilan.
Sejarah Munculnya Mie di Indonesia
Dari sisi sejarah, mie bukan olahan asli Indonesia. Melainkan dari daratan China yang kemudian dibawa oleh para pedagang dan mulai dikenalkan di Indonesia. Karena keterbukaan masyarakat Indonesia dengan kuliner. Maka resep olahan mie ini diubah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia di setiap daerahnya. Yuk cobain kuliner Mie asli Indonesia yang endolita.

Rekomendasi Kuliner Mie Indonesia

1. Mie Aceh

 Mie Aceh
qraved.com

Ulasan kita dimulai dari daerah paling ujung Indonesia, yaitu aceh. Daerah yang berjuluk kota “serambi mekah” ini selain memiliki kopi gayo yang terkenal, juga memiliki olahan mie yang khas. Olahan kuliner Aceh terkenal akan kentalnya rempah-rempah yang dipakai, tak terkeculi pada olahan mie Aceh ini.

Mie Aceh memiliki ciri khas tersendiri dengan ukurang mie yang tebal dan besar. Biasanya mie ini disajikan dengan bumbu seperti bawang merah,bawang putih, kacang adas, kapulaga, jinten, dan cabai. Cabai menjadi unsur penting dalam setiap masakan masyarakat Sumatra. Sebab, kuliner Sumatra memiliki cira rasa khas yang pedas.

Baca juga :  10 Makanan Khas Kenya Miliki Rasa Unik Bikin Nggak Berhenti Ngunyah

Mie aceh juga biasa dihidangkan dengan irisan daging sapi, cumi, udang dan beberapa juga ada yang menggunakan daging kepiting. Mie Aceh ini bisa dihidangkan secara kering atau goreng, atau juga bisa dengan sedikit kuah.

Gotravelly

Kober Mie Setan

Mie Gemezzz

2. Mie celor

Mie celor
takaitu.com

Mie celor merupakan salah satu kuliner mie di Indonesia yang berasal dari Palembang. Selain terkenal dengan pempeknya. Palembang juga memiliki kuliner populer berbahan dasar mie.

Mie celor khas dengan campuran seafoodnya. Maklum, Palembang memiliki kekayaan biota laut yang banyak jadi sepertinya daripada biota laut terbuang sia-sia, lebih baik dicampur di olahan mie yang satu ini.

Uniknya, mie ini dihidangkan secara terpisah dengan kuahnya yang terbuat dari campuran santan, kuah kaldu udang, terigu dan rempah-rempah lainnya yang dimasak tumis. jika ingin mengonsumsinya, anda cukup menuangkan kuah secukupnya.

3. Mie koba

Mie koba
tribunnews.com

Bergeser sedikit dari Palembang menuju pulau bangka. Penamaan mie koba diambil dari salah satu kabupaten di Bangka Tengah tempat olahan mie ini lahir. Sekilas jika anda lihat tampilan mie koba memang sederhana. Hanya mie kuning yang disiram dengan kuah coklat.
Padahal jika anda tahu, kuah coklat tersebut merupakan kuah tengiri yang dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah dan anda hany bisa menemukan kuah tersebut, di pulau Bangka. biasanya, agar lebih enak, mie di beri perasan jeruk nipis agar kuah terasa lebih segar.

4. Mie koclok

Mie koclok
instagram.com/filipusverdi

Istilah “koclok” bagi orang jawa memang tak asing. Istilah tersebut untuk menggambarkan orang yang memiliki sifat yang aneh. Namun, penamaan mie tersebut bukan dari istilah jawa. Juga ternyata bukan dari istilah dari bahasa sunda. Nama koclok merupakan singkatan dari Khas Orang Cirebon yang Lebih OK.

Jika kita tahu singkatan tersebut nada pasti akan merasa tergelitik dan terkesan main-main. Tapi, jika anda merasakan mie koclok, rasanya bukan main-main seperti namanya. Ketika anda melihat sajian mie koclok, yang ada dipikiran anda pasti, kenapa mie ditaruh diatas bubur ?

Baca juga :  10 Resto Timur Tengah di Surabaya Sajikan Kuliner Rasa Authentic

Memang sekilas itu seperti bubur. Namun, itu merupakan kuah khas pada mie koclok yang terbuat dari santan, tepung beras dan maizena sehingga memiliki tekstur yang kental. Selain dengan kuah, mie koclok juga disajikan dengan irisan ayam, irisan telur, tauge, dan kol.

5. Mie kocok

Mie kocok
food.detik.com

Mie kocok merupakan olahan mie khas kota Bandung. Sesuai dengan namanya, mie pipih tersebut setelah ditaruh dimangkuk kemudian dikocok hingga matang dengan sempurna. Mie kocok lebih enak jika disajikan dengan irisan daging sapi, tauge, bawang goreng, dan seledri.

6. Mie godog

Mie godog
pinterest.com

Yogyakarta terkenal akan kota budaya, seni, sekaligus pelajar. Tak lengkap rasanya jika tidak berjalan-jalan ke Malioboro. Lebih tak lengkap lagi, jika anda tidak mencoba salah satu olahan mie yang terkenal khas jogja, yaitu mie godog, atau orang jogja sering menyebutnya dengan “ bakmi jowo”.

Seperti namanya, mie ini dimasak dengan cara di “godog” (direbus). Uniknya, mie godog direbus menggunakan wajan besi serta dengan arang, supaya cita rasa mie tetap terjaga.
Mie godog direbus dengan campuran telur orak-arik suwiran ayam, kubis, serta kuah yang sudah diberi rempah-rempah yang khas.

Tak lupa, agar lebih sedap, mie godong ditaburi seledri dan bawang goreng. Warung mie godog sangat mudah anda temukan di pinggir jalanan kota Jogja dan hanya buka ketika sore hingga tengah malam.

7. Mie lethek

Mie lethek
tripadvisor.co.id

Masih di daerah yang sama, tepatnya di kabupaten bantul ada olahan mie yang unik. Lethek jika dalah bahasa jawa berarti kotor. Namun, bukan berarti olahan mie ini tidak sehat. Dinamakan mie lethek karena mie tersebut terbuat dari tepung tapioka dan gaplek (tepung singkong) sehingga menghasilkan warna mie yang lebih coklat dari biasanya.

Baca juga :  Mengintip Menu Nasi Campur Khas Dari 10 Berbagai Daerah Di Indonesia

Mie ini jika direbus sama seperti mie godog, hanya mienya saja yang diganti. Selain direbus, mie ini juga biasa dimasak dengan digoreng, atau dicampur dengan nasi goreng.

8. Mie toprak

 Mie toprak

Jika anda menebak olahan mie ini berasal dari Jakarta, maka jawaban anda salah. Mie toprak sekilas tampilannya mirip dengan makanan khas Jakarta, ketoprak. Mie ini berasal dari kota Solo. Selain salad solo, mie toprak juga menjadi kuliner favorit di kota Solo.

Ketika melihat sajiannya, menurut saya mie ini merupakan mie yang paling rame dari olahan mie yang lain. Isi dari mie toprak adalah mie kuning dan putih yang dicampur dengan daging tetelan, cakwe, sosis Solo, tempe, tahu, kol, kacang tanah, tauge, kerupok kanji, dan yang terakhir disiram dengan kuah kaldu bening yang gurih.

9. Mie ongkok

Mie ongkok
kabare.id

Di daerah wonosobo, tepatnya di dataran tinggi dieng ada salah satu olahan mie yang terkenal enak, yaitu mie ongkok. Nama ongkok berasal dari nama keranjang anyaman bambu yang digunakan untuk meniriskan mie. Mie ongkok biasa disajikan dengan cacahan kol, daun bawang, bawang goreng, serta kuah kaldu yang bening dan kental.

Biasanya, mie ini menjadi teman santapan sate, tempe kemul, dan keripik tahu.

10. Mie kopyok

Mie kopyok
gayahidup.dreamers.id

Mie kopyok ini berasal dari Semarang. Mie kopyok dimasak sesuai dengan namanya, yaitu dikopyok-kopyok (dicelupkan di air rebusan secara berulang-ulang). Tampilan mie kopyok sangat minimalis dan tidak ada unsur dagingnya sama sekali.

Hanya menggunakan kuah rempah dan diberi lontong, potongan tauge, tahu pong, dan di taburi dengan seledri dan bawang goreng. Serta ditemani dengan kerupuk gendar.

11. Mie cakalang

Mie cakalang
indonesiakaya.com

Seperti dengan namanya, mie khas Manado ini memiliki topping berupa ikan cakalang asap dengan disiram dengan kuah perpaduan antara bawang putih dan merica.

Wisata kuliner mie di Indonesia memang takkan ada habisnya. 11 olahan mie khas nusantara tersebut patut menjadi pilihan liburan anda.



Leave a Reply