11 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan oleh Traveller Pemula


sisil angelin  February 23, 2019  0 Comment

Perlu anda ketahui ada 11 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh traveller pemula dan kami akan membagikan apa saja kesalahan-kesalahan tersebut kepada anda. Mereka yang sudah berpengalaman dan sering melakukan perjalanan liburan masing sering menemukan masalah, apalagi yang pemula. Kesalahan memang tidak bisa kita prediksi, akan tetapi setidaknya kita bisa mengurangi atau meminimalisir kesalahan yang mungkin akan terjadi saat berlibur.

Nah, jika anda adalah para pemula yang akan melakukan perjalanan liburan baik dalam negeri atau luar negeri mungkin artikel ini akan bermanfaat dan anda bisa belajar dari kesalahan-kesalahan traveller sebelum anda. Yuk simak.

1. Menukar mata uang saat di bandara

Menukar mata uang saat di bandara
blog.reservasi.com

Tahukah anda? Ternyata nilai tukar mata uang di bandara sangat jauh berbeda dengan yang ada di luar bandara atau bank dan tentu saja hal ini bisa merugikan anda saat melakukan perjalanan. Sebelum anda melakukan perjalanan ke luar negeri sebaiknya tukar uang dengan mata uang asing di bank atau gunakan credit union, atau bisa juga saat anda sampai di tempat liburan carilah mesin ATM kemudian lakukan penarikan uang. Namun sebelum itu anda harus melakukan konfirmasi besaran biaya transaksi asing dengan pihak bank yang anda gunakan.

review kuliner

Batu Secret Zoo

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

2. Anda berpikir hanya butuh passport

hanya butuh passport
afifahhaq.com

Jika anda salah satu orang yang berpikiran bahwa liburan ke negara mana saja hanya membutuhkan passport saja, maka anda keliru sekali. Beberapa negara seperti Rusia dan China bahkan memberlakukan aturan, passport anda wajib masih berlaku selama 6 bulan setelah tanggal anda kembali ke negara asal. Tidak hanya itu ada 26 negara di Eropa mempunyai aturan paspor berlaku 3 bulan sebelum anda berangkat. Selain itu masih ada lagi negara-negara yang mewajibkan pengunjung memiliki visa untuk bisa masuk.

3. Tidak membuat salinan dokumen penting

Tidak membuat salinan dokumen penting

Rimma.co

Jangan hanya terpaku dengan dokumen aslinya, sebaliknya anda harus membawa salinan dari visa, passport, kartu kredit serta dokumen penting lainnya yang mungkin akan dibutuhkan nanti. Nah, salinan dokumen penting itu jangan sampai lupa anda titipkan pada keluarga atau teman terdekat dirumah untuk jaga-jaga.

4. Menyerahkan semuanya diatur oleh agen perjalanan

Menyerahkan semuanya diatur oleh agen perjalanan
catatanmini.com

Memang memudahkan anda jika menggunakan jasa agen perjalanan saat berlibur ke luar negeri dan tentu agen perjalanan juga memastikan semua yang anda butuhkan tersedia. Akan tetapi anda bisa kok mencoba mengatur semuanya sendiri agar anda memperoleh pengalaman baru, selain itu mengurus semuanya sendiri juga akan menghemat uang jauh lebih banyak. Gimana? Tertarik mencoba?

5. Membawa barang terlalu banyak atau berlebihan

Membawa barang terlalu banyak atau berlebihan

Travelingyuk.com

Ingat ya guys, anda hanya punya beberapa  puluh kilo bagasi gratis dan jika anda membawa barang terlalu banyak maka akan membutuhkan biaya tambahan nantinya. Cukup bawa barang yang anda butuhkan saja, seperti membawa pakaian secukupnya saja hingga sepatu yang banyak. Karena nanti saat liburan kamu tentu juga berencana berbelanja dan membeli oleh-oleh, apakah tidak sayang bagasinya kalau bawa barang pribadi terlalu banyak?

6. Terlalu panik

 Terlalu panik

Alodokter.com

Salah satu dari 11 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh traveler pemula ialah terlalu panik saat terjadi suatu masalah ketika sedang dalam masa liburan. Kita memang tidak bisa memprediksi masalah yang mungkin nanti akan kita hadapi saat liburan, seperti ketinggalan kereta atau bisa juga tidak mendapatkan kamar hotel. Jadi biasakan untuk tetap tenang agar bisa berpikir jernih karena jika anda panik masalah malah makin jadi besar. Tetap tenang.

7. Tidak teliti membaca kebijakan maskapai yang dipesan

 Tidak teliti membaca kebijakan maskapai yang dipesan
skyscanner.co.id

Hal penting lain yang harus anda ingat ialah sebelum memesan tiket pesawat pelajari terlebih dahulu kebijakan atau aturan dari maskapai yang anda pilih. Hal ini akan membantu anda agar tidak terjebak saat ada perubahan jadwal tak terduga dan harus membayar harga penggantian yang mahal. Beberapa maskapai penerbangan ada yang mengizinkan pelanggan untuk perubahan jadwal dalam waktu 1 hari. Dan ada juga maskapai lain yang malah mengenakan pinalti jika anda mengubah jadwal dalam jangka waktu 60 hari atau 2 bulan.

8. Lupa memeriksa biaya untuk paket data dan pulsa

Lupa memeriksa biaya untuk paket data dan pulsa
gadget.blogspot.com

Sebelum berlibur ke luar negeri pastikan anda sudah memverifikasi ponsel agar tetap bisa digunakan saat berada ditempat liburan. Negara-negara di luar sana memiliki aturan yang berbeda mengenai biaya internet dan telpon. Contohnya saja di Shanghai, negara ini melarang penggunaan Facebook, Twitter, Youtube, Whatsapp, Google dan beberapa media sosial lainnya. nah, oleh karena itu anda bisa mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu sebelum berangkat.

9. Jadwal yang terlalu padat

Jadwal yang terlalu padat
enaknyakemana.com

Traveller pemula itu biasanya ingin memasukkan semua tempat wisata dalam jadwalnya tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Jadwal yang sangat padat saat liburan atau bahkan anda tidak ada planning sama sekali saat sampai di tempat liburan malah membuat anda tersiksa. Jadi jangan menyiksa diri hanya karena ingin mengunjungi semua tempat liburan dan jangan pula malah bingung tidak tahu mau kemana. Meskipun anda berlibur sendirian atau bersama teman-teman tetap harus bisa memanfaatkan waktu dan membuat planning yang tepat.

10. Hanya mengandalkan Google Maps

Hanya mengandalkan Google Maps
majalah.ottencoffee.co.id

Saat berlibur jangan hanya fokus mengandalkan Google Maps atau hanya bertanya pada petugas hotel tempat menginap saja. Google juga memiliki batasan kemampuan ya guys, hingga mungkin ada beberapa tempat baru yang belum terdeteksi olehnya. Anda bisa datang ke kafe terdekat tempat menginap lalu berbincanglah dengan masyarakat lokal di sana. Hal tersebut akan membantu anda mendapatkan informasi mengenai tempat menarik atau kuliner terbaik dengan harga yang mungkin jauh lebih murah dan tentu akan menghemat pengeluaran kamu.

11. Salah memilih partner saat liburan

Salah memilih partner saat liburan
journal.sociolla.com

Selanjutnya 11 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh traveller pemula ialah pergi dengan teman atau partner liburan yang salah. Mengapa ada banyak traveller yang lebih memilih bepergian seorang diri atau bahkan pergi bersama dengan orang-orang baru yang belum dikenalnya? Hal itu terjadi karena tidak semua teman traveller anda menyenangkan, bahkan ada beberapa diantara mereka yang malah membuat liburan anda menjadi seperti mimpi buruk. Oleh karena itu anda harus sangat berhati-hati dalam memilih teman untuk pergi berlibur.

Sebenarnya masih ada kesalahan-kesalahan lain yang umum dilakukan oleh traveller pemula, seperti hal sederhana yakni menganggap remeh jetlag. Anda perlu memperhatikan keadaan ini karena jetlag berpengaruh terhadap jam alami tubuh anda. Jangan sampai liburan anda gagal total karena jatuh sakit.



Leave a Reply