10 Kain Tradisional Asli Indonesia Memukau Mendunia


sisil angelin  December 5, 2018  0 Comment

Kain tradisional Indonesia terbilang banyak. Setiap daerah biasanya memiliki kain khasnya masing-masing. Inilah salah satu bukti kalau budaya Indonesia begitu kaya. Aneka produk fashion juga sudah mengaplikasikan berbagai jenis kain tersebut. Sudahkan anda mengoleksi beberapa diantaranya? Nah, inilah beberapa jenis kain tradisional Indonesia yang bisa membuat anda bangga dan tampil percaya diri saat mengenakannya.

1. Kain Sutra Bugis

Kain Sutra Bugis

Serempak.com

Kokon atau ulat sutra adalah bahan baku untuk pembuatan benangnya, sehingga tercipta kain tenun khas Bugis. Sarung sutra dulunya hanya dikenakan untuk padanan baju bodo yang merupakan pakaian tradisional masyarakat Sulawesi Selatan. Keunikannya terlihat pada motif kotak-kotak yang berlainan. Perbedaan ukuran kotanya juga memiliki arti berbeda pula.

Sebenarnya motif kotak tersebut sebagai penanda pemakainya masih lajang atau sudah menikah. Motif Ballo Renni ditandai dengan kotak kecil berwarna cerah. Wanita lajang biasanya yang mengenakannya. Sedangkan motif Balo Lobang yang memiliki ukuran lebih besar berwarna merah keemasan atau merah terang. Motif tersebut diperuntukkan bagi pria Bugis yang masih lajang. Masih banyak juga motif khas kain Bugis ini, yang disertai dengan keistimewaan masing-masing.

Mengenal Batik Dan Budaya Madura Di Tresna Art

Honeymoon Jogja Ala Backpacker

2. Kain Tenun Dayak

Kain Tenun Dayak

KitaCerdas.com

Menenun adalah aktivitas para wanita Dayak saat waktu luang, biasanya dilakukan sesudah beraktivitas di ladang. Gedok adalah nama alat untuk pembuatan tenun khas Dayak. Proses pembuatannya relatif lama, karena setidaknya memerlukan waktu hingga tiga bulan. Untuk cara pewarnaannya masih mengaplikasikan bahan pewarna alami.

Motif flora dan fauna yang terdapat di kawasan sekitarnya merupakan motif yang ditonjolkan pada kain tenunnya. Sehingga sangat terlihat ciri khas dari Pulau Kalimantan. Sejumlah tenun dayak yang dihasilkan, seperti Sungket bermotif garis tegas dan besar, Sidan berwarna cerah dan terang, dan Kebat bermotif alam atau asimetris. Ketiga motif kain tersebut biasanya dikenakan oleh Suku Dayak Iban yang berada di Kalimantan Barat.

Baca juga :  15 Film Bollywood Sukses Bikin Kamu Mupeng Jalan-Jalan ke India

3. Kain Besurek

Kain Besurek

Parah1ta.com

Bengkulu adalah daerah yang menghasilkan kain tradisional ini. arti dari Besurek adalah bertuliskan atau bersurat. Penamaan kain tersebut disebabkan motifnya menampilkan kaligrafi atau huruf arab gundul. Oleh karena motif tersebut sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Islam.

Motif tersebut yang membedakan kain besurek dengan kain batik Jawa. Tetapi kalau diperhatikan dari teknik pembuatannya sama dengan kain batik Jawa. Sedangkan untuk pewarnaannya lebih mengandalkan warna yang beragam dan lebih cerah.

4. Kain Tapis

Kain Tapis

tapisindahlampung.blogspot.com

Kain tradisional ini berasal dari Lampung. Peralatan tradisional masih digunakan sebagai sarana menyulam kain tapis. Para gadis di Lampung menyulam kain ini di rumahnya masing-masing. Waktu pengerjaannya biasanya memerlukan beberapa bulan lamanya. Hasil kainnya biasanya mencerminkan kepribadian dari pembuatnya.

Kain tapis tersusun dari kain berwarna gelap. Warna gelap tersebut dihasilkan dari bahan pewarna alami. Kemudian setelah proses itu barulah diterapkan proses penyulaman dengan benang emas. Pada umumnya tapis tampil dengan motif flora, fauna, piramida dan zig zag.

5. Kain Sasirangan

Kain Sasirangan

umum.banjarmasinkota.go.id

Kain tradisional ini dibuat oleh suku Banjar yang bermukim di Provinsi Kalimantan Selatan. Sirang adalah asal muasal kata Sasirangan. Arti dari kata tersebut adalah dijahit dengan tangan dan dijelujurkan benangnya. Bahan dasar berupa kain katun atau mori, selanjutnya digambari aneka motif khas. Kemudian disirang atau dijelujur sesuai motif yang telah dibuatnya.

Keunikan dari kain tradisional ini terlihat pada coraknya yang menampilkan khas alam dan budaya Kalimantan. Sedikitnya terdapat 30 motif sasirangan yang sangat digemari oleh warga setempat dan wisatawan. Beberapa diantaranya adalah motif daun taruju, kulat ka rikit, naga balimbur, bayam raja dan sebagainya. Kampung Sasirangan di Kecamatan Banjarmasin Tengah merupakan sentra pembuatan kain khas tersebut.

Baca juga :  10 Jalur Kereta Wisata Termahal Dunia, Fasilitasnya Bikin Melongo

6. Kain Songket

Kain Songket

songketsilungkang.com

Kain tradisional Indonesia ini dibuat oleh masyarakat Minangkabau dan Melayu. Songket ini termasuk dalam jenis tenunan brokat.  Kain ini ditenun memakai tangan menggunakan benang perak dan benang emas. Istilah sungkit adalah asal muasal sebutan kain songket. Menurut bahasa Melayu, arti kata tersebut adalah mengait. Penyebutannya sesuai dengan teknik pembuatannya, yakni dengan cara dikaitkan serta mengambil sejumput kain tenunnya.

Sesudah itu barulah menyelipkan benang emasnya. Songket juga tampil dengan beragam motif tradisional yang menjadi ciri khas budaya warga setempat. Sejumlah motif terpopuler adalah barantai merah, barantai putiah, buah palo, dan saik kalamai. Selain itu masih banyak lagi motif songket yang belum dipatenkan secara resmi.

7. Kain Gringsing

Kain Gringsing

mahligai-indonesia.com

Teknik dobel ikat diaplikasikan dalam proses pembuatan kain gringsing. Sehingga tercatat sebagai satu-satunya kain khas asal Indonesia yang mengusung metode tersebut. Semua proses pembuatannya dikerjakan secara manual menggunakan tenaga manusia. Setidaknya diperlukan waktu selama 2-5 tahun untuk menghasilkan kain gringsing.

Kain tradisional ini dibuat oleh masyarakat Tenganan, Bali. Istilah gringsing berasal dari bahasa Bali, yanki gring berarti sakit dan sing berarti tidak. Sehingga makna kata gringsing layaknya penolak bala dan bisa menyembuhkan penyakit.

Masyarakat setempat sangat percaya kalau asal muasal kain ini berasal dari kekaguman Dewa Indra terhadap keindahan langit saat malam hari. Karena itu Dewa Indra mengajari para wanita agar bisa menguasai metode penenunan kain gringsing. Motif kain ini menampilkan keindahan langit berupa matahari, bulan dan hamparan bintang.

8. Tenun Ikat

Tenun Ikat

Tokopedia.com

Kain tradisional ini diproses dengan cara ditenun dari berbagai helaian benang pakan. Sebelumnya benang ini diikat kemudian diterapkan zat pewarna alami. Benang akan diikat menggunakan tali berdasarkan coraknya sebelum ditenun. Cara ini untuk memudahkan dalam pencelupan sebagian benang tersebut. Biasanya bagian benang yang terikat tali tidak akan diwarnai.

Baca juga :  Berkunjung ke Benua Hitam? Nih 10 Oleh-oleh Khas Afrika

Alat tenun tanpa mesin merupakan peralatan khusus yang digunakan untuk menghasilkan tenun ikat. Sejumlah daerah di Indonesia yang dikenal memproduksi kain khas ini adalah Timor, Flores, Sumba, Sumbawa, Lombok, Bali, Jepara, Sintang dan Toraja.

9. Kain ulos

Kain ulos

etniknusantara.com

Masyarakat Batak yang mengembangkan kain khas unik ini. Penenunan adalah metode yang diterapkan untuk menghasilkan kain ulos. Penggunaan kain ini hampir di setiap kesempatan masyarakat Batak, seperti saat dukacita, kelahiran, pernikahan dan sebagainya. Kain ini juga biasanya diberikan untuk ibu hamil, sebagai pelindung dari segala bencana serta melancarkan persalinan.

Kehangatan dianggap sebagai unsur penting dalam kehidupan nenek moyang masyarakat Batak. Sedangkan mengenakan kain ulos bisa memberikan kehangatan.  Berbagai warna yang mendominasi adalah putih, hitam dan merah. Selain itu dihiasi juga dengan benang berwarna perak dan emas. Sejumlah ulos tercatat sudah punah, seperti ulos sibolang, ulos saput, ulos gobar, ulos ragi botik, dan ulos raja.

10. Kain Batik

Kain Batik

pascalbatik.com

Pembuatan batik tulis dengan menggunakan kain mori, kemudian di gambar memakai lilin yang berada di canting. Corak dan motifnya sangat cantik, dan melambangkan makna tersendiri. Sangat banyak jenis batik sesuai dengan daerah penghasilnya, seperti batik bali, batik banyumasan, batik tegal, batik cirebon, batik pekalongan, batik solo, batik jogja, batik surabaya dan sebagainya.

Nah, itulah sepuluh kain tradisional Indonesia yang memiliki motif cantik. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kain khas lainnya yang berasal dari berbagai daerah lainnya. Lengkapi koleksinya sebagai bagian dari cara melestarikan budaya bangsa Indonesia.



Leave a Reply