Wisata

Inilah 10 Gereja Terbesar dan Termegah di Indonesia



Meski bukan merupakan agama terbesar tapi ada banyak gereja di Indonesia yang besar dan sukses, berikut ini adalah list 10 Gereja Terbesar di Indonesia yang bisa anda temukan. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Gereja Bethany Surabaya

gereja terbesar di Indonesia

BethanyGraha.org

Gereja terbesar pertama yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Gereja Bethany Surabaya. Gereja ini bisa dibilang sebagai salah satu gereja terbesar dan tertua yang bisa ditemukan di Indonesia. Gereja ini merupakan salah satu gereja yang menjadi bagian dari GBI yaitu gereja Bethel Indonesia dan beralamat di Jl Manyar Rejo I/28, Surabaya.
Seperti judulnya keistimewaan dari gereja ini adalah kapasitasnya yang besar. Gereja yang dibangun pada tahun 1979 oleh pendeta Abraham Alex Tanusaputra ini merupakan gereja yang sangat besar. Saking besarnya, gereja ini bahkan di nobatkan sebagai bangunan terbesar pertama yang ada di Asia tenggara. Dengan titel ini, maka tidak aneh jika kapasitas jemaat yang bisa ikut 1 kebaktian di sini adalah sekitar 36.000 orang.

2. JKI Kerajaan Allah

gereja terbesar dan termegah di indonesia
skyscrapercity.com

Gereja terbesar selanjutnya adalah JKI Kerajaan Allah. Gereja ini adalah gereja yang diresmikan pada tahun 2007. Saat diresmikan jumlah orang yang bisa masuk ke dalamnya adalah sekitar 12.000 orang. Biasanya di gereja ini ada 3 jadwal Kebaktian dengan jumlah jemaat lebih dari 6.000 orang tiap kebaktiannya. Untuk lokasinya, lokasinya dari gereja ini ada di area Kompleks Grand Marina di Semarang bagian utara. Untuk misinya, Gereja Terbesar di Indonesia ini memiliki misi untuk membawa orang dalam kasih Allah.

3. GBI Mawar Sharon

gereja terbesar di indonesia

Selanjutnya adalah gereja yang lokasinya di area Kepala Gading Jakarta. Gereja ini adalah gereja yang sangat besar dan luas. Pembangunan dari gereja ini dimulai dari pembelian tanah yang dilakukan pada 22 Desember 1993. Sayangnya sejak pembeliannya gereja ini tidak langsung dibangun. Pembangunan secara nyata dilakukan pada tahun 1996. Setelah pembangunan selesai dilakukan, gereja ini kemudian diresmikan oleh Pendeta David Yoggie Cho di tahun yang sama.
Gereja ini berlokasi di Jl East Hybrida, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara. Hingga saat ini gereja ini merupakan gereja yang masih aktif dan mampu menampung hingga 3000 jemaat. Di dalam gedung ini ada 5 sekretariat gereja, 5 sekolah evangelist dan juga bangunan untuk pendidikan di lantai 5. Meski sudah sangat besar, Gereja Terbesar di Indonesia terus dikembangkan hingga pada tahun 2004 gereja dibangun kembali hingga saat memiliki kapasitas lebih dari 10.000 orang.

4. Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah Solo

gereja terbesar di Indonesia

Wikimapia

Gereja Bethel Indonesia Keluarga Allah Solo berdiri sejak 1989. Hingga kini jemaat gereja ini jumlahnya bisa mencapai 30.000 orang. Untuk kapasitasnya ada 5.000 tempat duduk di hall utama lalu ada tambahan 20.000 tempat duduk lainnya.
Gereja ini bukan hanya memiliki tempat yang luas tapi juga merupakan gereja yang besar dan sukses. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya media yang dimilikinya. Media tersebut antara lain adalah radio FM El Shadai dan juga TA TV. Bahkan saat ini Gereja yang masuk dalam daftar Gereja Terbesar di Indonesia ini bahkan membuka cabang di Jogja yang memiliki 1.500 kursi jemaat.

5. Gereja Evangelis Reformasi Indonesia

gereja teresar di indonesia

Tirto.ID

Gereja Evangelis Reformasi Indonesia berlokasi di Jl. Angkasa Kemayoran, Jakarta Pusat. Gereja ini memiliki bangunan gedung yang sangat unik dan besar. Salah satu keunikan yang dimilikinya adalah bagian bangunan yang memiliki atap mirip dengan kubah atau dome. Selain dari bentuknya, ukuran lahan yang digunakan dalam pembangunan gereja ini juga sangat fantastis. Luas dari Gereja Evangelis Reformasi Indonesia tersebut adalah sekitar 13.000 meter2.
Di dalam bangunan gereja yang masuk dalam Gereja Terbesar di Indonesia ini ada 2 hall utama yang ukurannya sangat besar yaitu Hall Katedral Messiah dan juga Hall John Calvin. Hall Katedral Messiah lokasinya ada di lantai ke 4 dan memiliki kapasitas sebanyak 5.000 jemaat. Sedangkan untuk hall John Calvin lokasinya ada di lantai pertama dengan kapasitas 3.000 jemaat. Selain itu ada juga 2 ruangan tambahan untuk kegiatan pengajaran dan juga pembelajaran bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Biasanya mereka yang menjadi siswa adalah anak kecil dan juga remaja.

6. Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega

gereja terbesar di indonesia

gbtngesrep.org

Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega adalah gereja terbesar di Indonesia selanjutnya yang akan kami bahas. Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega ini lokasinya ada di Jl Gajah Mada 114 sampai 118, Semarang. Dilihat dari alamatnya kita sudah bisa lihat bahwa Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega ini merupakan salah satu gereja dengan ukuran yang sangat besar.
Kemegahan dari Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega ini tidak hanya dilihat dari bangunan yang dimilikinya tapi juga dari lahan parkir yang dimilikinya. Untuk luas daerahnya, Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega ini memiliki luas lahan sekitar 900 meter2 tidak sebesar gereja Evangelis yang ada di Jakpus yang disebutkan sebelumnya ya, tapi dengan ukuran ini Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega sudah menjadi salah satu gereja paling besar di Semarang.
Gereja Bethel Tabernacle Alfa Omega ini dibangun mulai dari 3 April 2006 dan selesai pada tahun 2009. Dalam Pembangunannya, biaya yang digunakan adalah sekitar 19 juta. Biaya ini belum termasuk dengan donasi yang didapatkannya. Donasi yang didapatkan dalam pembangunan Gereja Terbesar di Indonesia ini antara lain adalah AC, tempat duduk, semen, kaca dan lain-lainnya. Untuk kapasitasnya, gereja ini setidaknya memiliki kapasitas untuk menampung 5.000 jemaat.

7. GBI Basilea

gereja termegah di indonesia

netly.win

GBI Basilea Dikena juga dengan nama Katedral Kristus Serpong. Gereja ini memiliki kapasitas 2.500 tempat duduk tapi memiliki jemaat hingga 3.000 orang. Salah satu fitur spesial dari gereja ini adalah jumlah majelis yang dipilih dalam pelayanan serta suasana yang sangat kental dengan suasana religi Suasana tersebut sangat kalem sehingga dapat beribadah dengan lebih khusyu. Karena merupakan salah satu gereja terbesar, pada 2011 tempat ini mendapatkan ancaman bom.

8. Gereja Tiberias Indonesia

gereja terbesar di indonesia

BeritaSatu.com

Gereja Tiberias Indonesia lokasinya di Nias Kelapa Gading. Gereja ini merupakan gereja tiberias ke 6 yang lokasinya di Kelapa Gading. Merupakan salah satu gereja dengan bangunan yang sangat mewah. Peresmian dari gedung ini dilakukan oleh gubernur Jakarta di masa tersebut yaitu Fauzi Bowo. Untuk kapasitasnya, gereja ini dapat digunakan untuk menampung jemaat hingga 2.000 orang

9. GPIB Immanuel

gereja termegah di indonesia

Merdeka.com

GPIB Immanuel merupakan gereja yang di bangun pada 1835, dengan begitu gereja ini merupakan gereja yang sangat tua dan merupakan peninggalan sejarah. Untuk kapasitasnya Gereja Terbesar di Indonesia gereja ini memiliki kapasitas 800 hingga 1000 jemaat.

10. Gereja Jesus Kristus

gereja terbesar di indonesia

BenarNews

Gereja Jesus Kristus adalah Gereja Terbesar di Indonesia terakhir yang akan dibahas. Gereja ini diresmikan pada Juni 2003. Dan berlokasi di daerah Mangga Besar Jakarta.

Join The Discussion