Wisata Religi Mengunjungi 7 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia


Reni  March 31, 2019  0 Comment



Masjid merupakan rumah tempat untuk ibadah bagi umat Islam atau Muslim. Masjid tempat berkumpulnya orang-orang muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Masjid juga merupakan tempat pusat kehidupan komunitas muslim untuk melakukan perayaan hari besar, Kajian agama, Diskusi, Ceramah dan juga tempat bagi orang-orang yang ingin belajar Al-Qur’an. Selain itu masjid juga tempat aktivitas sosial dan kemiliteran.
Terdapat banyak masjid dengan Arsitektur yang berbeda-beda, Kali ini kita akan membahas mengenai Masjid terbesar dan termegah di dunia. Masjid pertama yaitu masjid Nabawi yang terletak dipusat Madinah. Masjid ini Dibangun pada sebuah lapangan yang luas dan menjadi jantung kota Madinah.

1. Masjid Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjid Al-Haram


Merupakan masjid yang terletak di pusat kota Mekkah, masjid agung atau masjid suci. Masjid yang dipandang sebagai tempat ibadah tersuci untuk semua umat muslim. Masjid ini juga dijadikan sebagai tempat tujuan utama dalam ibadah haji yang dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah wajib shalat lima waktu. Ini adalah salah satu masjid terbesar yang ada didunia dan diikuti dengan Masjid Nabawi yang terletak di Madinah al-munawarah yang menjadi masjid terbesar kedua. Masjid Al-Haram mampu menampung jamaah sebanyak 820.000 jamaah ketika musim haji tiba. Selain menjadi sebagai tempat arah kiblat, masjid ini juga tempat bagi para jamaah haji yang melakukan beberapa ritual wajib seperti tawaf dan juga sa’i.
Selama ini masjid ini terus mengalami perluasan area agar dapat terus menampung jamaah haji yang setiap tahunnya semakin bertambah. Masjid ini menjdi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam dan salah satu tempat yang selalu dipenuhi dengan umat Islam yang ingin melakukan ibadah. Masjid ini memiliki keunikan yaitu tidak dipisahkan antara jamaah pria dan jamaah wanita dalam melakukan ibadah. Imam besar masjid ini adalah Syaikh Abdurrahman As-Sudais yang merupakan seorang imam yang dikenal dalam membaca Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan artikulasi yang jelas dan Syaikh Shuraim.
Terdapat sebanyak 129 pintu di Masjidil haram dan terdapat 4 pintu utama dan sebanyak 45 pintu biasa yang dibuka selama 24 jam. Terdapat sebuah pintu yang sangat populer dan menjadi paling utama yang bernama Babus Salam.

Review tempat wisata

Masjid Cheng Ho: Wisata Religi Penuh Filosofi

5 Destinasi Wisata Keren Akhir Tahun Di Kota Makassar

2. Al-Masjid Al- Nabawi, Kota Madinah, Arab Saudi

 Al-Masjid Al- Nabawi


Masjid Al-Nabawi adalah masjid yang didirikan secara langsung oleh baginda Rasullullah Nabi Muhammad SAW, yang berada di pusat kota Madinag di Arab Saudi. Masjid yang ketiga yang dibangun dalam Islam dan menjadi masjid terbesar di Dunia dan menjadi tempat yang paling suci kedua dalam agama Islam stelah masjidil Haram yang ada dikota Mekkah. Masjid ini adalah salah satu tempat yang disebukan namanya dalam kitab suci Al-Qur’an.
Masjid ini memiliki keutamaan yang dinyatakan oleh Nabi Muhammad sebagaimana diterima dari Jabir Ra.
“ Satu kali shalat di Masjidku ini, Lebih besar pahalanya dari seribu klai shlat di masjid yang lain, Kecuali Masjidil Haram. Dan satu kali shalat di Masjidil Haram lebih utama dari seratus ribu kali shalat di masjid lainnya.”
Didalam kompleks masjid ini ada makan baginda Nabi Muhammad SAW yaitu nabi penutuo di akhir zaman.

3. Masjid Al-Aqsa Palestina

Masjid Al-Aqsa


Baitul Maqdis atau bait suci yang terdapat di Palestina .Didalam komplek masjid Al Aqsa terdapat Masjid Jami’ Al Aqsa yang dibangun pertama kali pada masa Umar bin Khattab , masjid ini pernah hancur pada gempa bumi 746 dan dibangun kembali pada masa Khalifah Abbasiyah Al-Mansur. Masjid Al-Aqsa pernah menjadi arah kiblat umat Islam pada awal hingga tujuh belas bulan setelah hijriah dan akhirnya dialihkan ke Ka’bah yang terdapat di Masjidil Haram. Namun menurut kepercayaan Yahudi itu adalah tempat berdirinya Bait suci pada masa lalu yang dibangun oleh Sulaiman ( Salomo ) . Di dalam Kompleks masjid ada terdapat Kubah batu yang sering disebut al-haram ash-Sharif atau suci noble sanctuary. Temple Mount yaitu situs paling suci dalam Yudaisme tempat dimana bait suci pertama dan juga kedua berlaku umum untuk memiliki.

4. Masjid Imam Reza Iran

Masjid Imam Reza


Ini adalah salah satu masjid yang besar dan juga indah yang terletak di Iran yaitu di wilayah Mashhad. Masjid ini dinamakan Masjid Imam Reza karena di dalam ada sebuah kompleks yang berisikan makan dari Imam Reza yaitu Imam Syiah Imamiyah Kedelapan. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar yang ada didunia yang memiliki luas mencapai 598.657 dan tujuh halaman yang juga mengelilingi . Di dalam kompleks masjid indah ini juga terdapat ruang masjid Goharshad, museum, perpustakaan, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, empat seminari, ruang doa yang luas, serta sebuah ruang makan untuk peziarah dan juga bangunan lainya sehingga tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pusat pariwisata di Iran.

5. Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal
Faisal Mosque


Masjid yang terletak di kaki bukit Margalla Hills yaitu di Islamabad, masjid yang memiliki desain kontemporer dan terdiri dari delapan sisi kulit beton yang terinspirasi dari Tenda Badui. Membuat masjid ini memiliki daya tarik wisata. Masjid ini mampu menampung sebanyak 10.000 Jamaah di aula doa utama, sebanyak 24.000 di porto dan sebanyak 40.000 di halamannya.

6. Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badshahi


Masjid yang terdapat di provinsi Pakistan Punjab, masjid yang dibangun selama 2 tahun oleh Kaisae Aurangzeb yang didesain menggunakan batu pasir merah yang berukir dengan inlay marmer. Masjid Badshahi ini merupakan masjid terbesar dan menjadi salah satu pemandangan paling ikonik di Pakistan. Masjid ini sangat indah karena pada langit-langit ruang shalat dihiasi dengan lukisan bunga yang tampak elegan dan juga muqarnas gaya timur tengah. Memiliki gerbang masuk dan memiliki dekorasi yang rumit. Pada malam hari akan terdapat pemandangan yang di masjid ini.

7. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal


Salah satu masjid terbesar yang ada di Indonesia yang pembangunannya memakan waktu selama 17 tahun yaitu dari tahun 1978. Pada lantai utama masjid ini mampu menampung sebanyak 16.000 jamaah. Dan pada sisi kiri, kanan, dan juga belakang mampu menampung sebanyak 61.000 jamaah. Terdapat 12 pilar pada lantai utama yaitu yang mewakili tanggal lahir Nabi Muhammad SAW yakni 12 Rabi’ul awal. Masjid ini digunakan sebagai tempat shalat, Tabligh akbar, pengajian, dan peringatan hari besar Islam
Nah ini beberapa masjid terbesar dan termegah di dunia yang memiliki sejarah dan keindahannya masing-masing. Masjid yang selalu dipadati oleh umat muslim, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita, dan semoga kita dapat mengunjungi masjid-masjid terbesar dan termegah di dunia ini. Sekian dulu ya, Terima kasih.



Leave a Reply