10 Gereja Berarsitektur Unik di Indonesia Destinasi Wisata Religi


Fida  May 13, 2021  0 Comment

Gereja Berarsitektur Unik Indonesia – Indonesia dikenal menawarkan banyak tempat wisata indah dan menakjubkan. Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata yang ditawarkan diantaranya wisata alam, wisata bersejarah, hingga wisata religi ke gerejaberaksitektur unik Indonesia. Anda dapat mengunjungi salah satu wisata religi yakni gereja. Beberapa gereja berikut ini dikenal memiliki arsitektur unik dan indah. Bagi Anda yang suka berfoto, beberapa gereja berikut juga menawarkan banyak spot instagramable.

1. Gereja Merah, Kediri

Gereja Merah
travel.tempo.co

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan Gereja Merah Kediri. Sesuai dengan namanya, Gereja Merah yang sayu ini didominasi dengan warna merah yang khas. Gereja merah memiliki nama asli GPIB Imannuel dan dibangun pada tahun 1904.

Dulunya, gereja yang satu ini memiliki warna putih gading, namun sejak tahun 2005 warnanya beubah menjadi merah. Sejak saat itu gereja yang satu ini dikenal dengan sebutan Gereja Merah. Di pintu masuk, Anda akan melihat plakat pendirian bangunan yang dibuat dari marmer di sisi kanan dan kirinya. Gereja Merah bisa Anda kunjungi di Jalan KDP Slamet No.43, Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

paket wisata murah

Sapa Cathedral: Cocok Untuk Menikmati Keindahan Vietnam

Gereja Hati Kudus Yesus, Palasari

2. Gereja Katedral, Jakarta

Gereja Katedral
popmama.com

Salah satu gereja beraksitektur unik di Indonesia yang cukup populer adalah Gereja Katedral. Gereja yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Katedral No 7B, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Gereja Katedral Jakarta memiliki nama resmi Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga. Gereja yang satu ini diresmikan tahun 1901. Pengunjung akan dimanjakan dengan arsitektur yang unik. Konstruksinya dibuat dari batu bata tebal dengan plester dan berpola seperti batu alam yang tersusun. Saat berkunjung ke Jakarta, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke gereja yang satu ini.

3. Gereja Kepanjen, Surabaya

Gereja Kepanjen
katoliknews.com

Saat ingin mengunjungi salah satu gereja berarsitektur unik di Indonesia, Anda dapat datang ke gereja Kepanjen. Gereja yang satu ini menawarkan arsitektur keren dengan desain yang instagramable. Tidak heran jika Gereja Kepanjen kerap dipilih sebagai lokasi foto shoot.

Gereja Kepanjen memiliki nama resmi Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria. Meskipun telah didirikan sejak tahun 1815, tetapi bangunan gereja masih tampak megah hingga saat ini. Pada tahun 1996, Gereja Kepanjen mengalami renovasi dan membangun menara tepat di kiri pintu masuk gereja.

4. Gereja Hati Kudus Yesus, Malang

Gereja Hati Kudus Yesus
m.merdeka.com

Anda dapat mendatangi salah satu gereja berarsitektur unik di Indonesia saat berkunjung ke Malang. Gereja tersebut adalah Gereja Hati Kudus Yesus atau yang juga dikenal dengan Gereja Kayu Tangan.

Gereja yang satu ini dibangun oleh arsitek Belanda, MJ Hulswi pada abad 19. Satu ini dibangun dengan gaya neo gothic dan sistem vault yang memiliki menara dengan bentuk kerucut dan tinggi menjulang. Bagian kaca juga tampak indah dengan desain menarik yang ditawarkan. Menurut beberapa sumber, adanya lengkungan meruncing pada gereja ini juga dipengaruhi oleh unsur seni arsitektur Islam.

5. Katedral Bogor, Bogor

Katedral Bogor
mirifica.net

Ada cukup banyak pilihan gereja berarsitektur unik di Indonesia, salah satunya adalah Gereja Katedral Bogor. Gereja yang satu ini dibangun pada tahun 1896 memiliki nama resmi yakni Santa Perawan Maria.

Anda akan dimanjakan dengan arsitektur bangunan yang unik serta ornamen ornamen yang indah. Gereja yang satu ini dibangun dengan arsitektur neo gothic yang tentu sangat mengesankan. Karena memiliki arsitektur yang unik dan keren, tidak jarang beberapa bagian dari gereja ini juga menjadi spot instagramable yang kerap didatangi wisatawan.

6. Gereja Immanuel, Jakarta

Gereja Immanuel
travel.kompas.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan Gereja Immanuel bukan? Gereja yang satu ini termasuk salah satu gereja berarsitektur unik di Indonesia. Bagaimana tidak, gereja Immanuel dibangun dengan gaya klasisisme.

Bagian depan gereja tampak sangat megah dengan adanya pilar pilar yang menopang balok mendatar. Melalui konstruksi kubah yang cermat, gereja ini dapat diterangi oleh sinar matahari secara merata. Anda dapat mengunjungi Gereja Immanuel di Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

7. Gereja Blenduk, Semarang

Gereja Blenduk
bobobox.co.id

Gereja Blenduk menjadi salah satu gereja berarsitektur unik yang berlokasi di Semarang. Anda dapat mengunjungi gereja yang satu ini di Jalan Letjen Suprapto, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Gereja yang satu ini memiliki nama blenduk karena julukan masyarakat setempat yang berarti kubah. Gereja blenduk memiliki kubah yang besar dan dilapisi perunggu. Gereja Blenduk juga merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Meskipun telah ada sejak tahun 1753, tetapi bangunan gereja yang satu ini tetap megah hingga saat ini.

8. Gereja Sion, Jakarta

Gereja Sion
travel.kompas.com

Cukup banyak pilihan gereja berarsitektur unik di Indonesia yang dapat Anda kunjungi di Jakarta, salah satunya adalah Gereja Sion. Gereja Sion merupakan gereja Portugis yang memiliki julukan lain yakni portugeesche buitenkerk. Gereja yang satu ini dibangun pada tahun 1695.

Seluruh tembok dari Gereja Sion dibuat dari batu bata yang direkatkan menggunakan pasir dan gula tahan panas. Gereja yang satu ini juga terbilang cukup luas dan mampu menampung hingga 1000 Jemaat. Arsitekturnya yang unik dan menakjubkan banyak membuat orang penasaran untuk datang ke Gereja Sion.

9. Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung

Gereja Katedral Santo Petrus
daerah.sindonews.com

Di Bandung terdapat salah satu gereja berarsitektur unik di Indonesia yakni Gereja Katedral Santo Petrus. Gereja yang satu ini bisa anda kunjungi di jalan Merdeka No 14, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur, Bandung, Kota Bandung.

Gereja yang satu ini dibangun pada 16 Juni 1895 dan dinamai St. Franciscus Regis. Namun gereja ini telah mengalami pemugaran pada tahun 1921. Anda akan dimanjakan dengan arsitektur yang unik dan khas. Tidak heran jika banyak pengunjung atau wisatawan yang hingga datang dari berbagai daerah.

10. Gereja Ayam, Jakarta

Gereja Ayam
nationalgeographic.grid.id

Gereja Ayam Jakarta menjadi salah satu gereja berarsitektur unik di Indonesia. Gereja yang satu ini memiliki nama asli GPIB Pniel. Gereja Ayam merupakan gereja peninggalan kolonial di Indonesia yang dibangun antara tahun 1913 dan 1915. Dulunya gereja ini memiliki nama gereja baru.

Saat mengunjungi gereja Ayam, anda akan dimanjakan dengan arsitektur unik serta perpaduan gaya Italia dan Portugis. Di bagian atas gereja ini terdapat petunjuk arah angin yang dibuat berbentuk ayam. Hal itulah yang menyebabkan gereja ini disebut dengan Gereja Ayam.



Leave a Reply