Sama Tapi Beda, Berikut Perbedaan Es Krim dan Gelato


sisil angelin  November 26, 2018  0 Comment

Hampir mirip tapi beda, apa sih perbedaan es krim dan gelato? Menikmati es krim di siang hari yang panas, pasti akan sangat menyenangkan. Makanan lembut, dingin dan manis ini hampir semua kalangan menyukainya,dari anak – anak hingga orang dewasa. Namun akhir – akhir ini bukan hanya es krim saja yang terkenal. Ada juga yang cukup banyak gilai, yakni gelato. Memiliki rupa yang sama, es krim gelato tidak sama seperti es krim kebanyakan, berikut perbedaannya

1. Secara definisi saja berbeda

Perbedaan Es Krim dan Gelato

OneTravel.com

Dalam bahasa Italia sendiri “Gelato” memiliki artian beku dan lebih mengacu pada tipe es krim yang padat dan lembut. Bahkan secara tradisional, gelato dibuat menggunakan tangan. Bahkan orang jaman dahulu membuat gelato menggunakan es yang diambil dari puncak gunung. Bisa dikatakan es krim gelato merupakan makanan tradisional.

Sedangkan untuk es krim sendiri lebih mengacu pada makanan yang dibuat secara komersial. Di mana, kebanyakan es krim di Amerika diproduksi oleh pabrik atau industri. Sehingga di dalamnya lebih banyak mengandung bahan pengawet dan perasa buatan.

PEPS Gelato : Pertama Kali Nyobain Gelato Di Jombang

Cobain Bebini Gelati Punya Chef Arnold

2. Gelato lebih banyak mengandung susu

Gelato lebih banyak mengandung susu

milklife.com

Es krim dan gelato memiliki komposisi bahan yang sama. Kedua desert tersebut berbahan dasar susu sapi, kuning telur, whipped cream, dan gula. Hanya saja, komposisi bahannya yang berbeda. Untuk es krim gelato sendiri lebih banyak menggunakan susu dibandingkan dengan krim dan biasanya tidak menggunakan bahan penstabil. Bahkan terkadang gelato juga tidak menggunakan kuning telur.

Baca juga :  11 Tempat Kuliner Enak di Batu dengan Pemandangan Keren

Beberapa produsen gelato biasanya menambahkan kacang – kacangan didalamnya. Bahkan, daerah di Eropa menggunakan campuran gandum untuk membuat gelato. Sedangkan untuk es krim sendiri, seperti namanya menggunakan krim lebih banyak dan kuning telur harus ada sebagai bahan dasarnya. Sedangkan komposisi susu di dalam es krim lebih sedikit.

3. Rasa gelato lebih milky dibandingkan susu

Rasa gelato lebih milky

biggerbolderbaking.com

Dengan komposisi yang berbeda antara es krim gelato dan es krim pada umumnya, membuat rasa dari desert ini juga berbeda. Penggunaan banyak susu murni pada gelato membuat rasanya lebih milky dibandingkan dengan es krim. Mungkin kamu gak sadar kalau rasa es krim lebih tajam di lidah dibandingkan dengan gelato.

Rasa es krim yang lebih tajam dikarenakan kebanyakan es krim menggunakan perasa. Namun ada yang bilang bahwa rasa gelato lebih pekat. Sedangkan es krim memiliki rasa yang lebih ringan. Misalnya saja, rasa coklat pada gelato lebih kaya dibandingkan rasa coklat pada es krim.

4. Cara pengolahan gelato dan es krim berbeda

Cara pengolahan gelato dan es krim berbeda

Pepper.ph

Untuk proses pengolahan antara es krim dan gelato juga tidak terlalu banyak berbeda. Di mana, keduanya diolah dengan cara diaduk menggunakan mesin es krim atau gelato. Hanya saja, kecepatan pengolahannya yang berbeda. Bahan – bahan pembuatan es krim akan diaduk secara cepat. Sedangkan untuk pembuatan gelato sendiri diaduk harus lebih lambat. Hal inilah yang akan mempengaruhi tekstur dan kadar udara di dalamnya.

Dalam satu porsi es krim sendiri, proses mengaduknya harus membuat es krim bisa mengembang setidaknya 25% hingga 90%. Semakin padas sebuah es krim akan semakin bagus kualitasnya. Sedangkan, es krim gelato yang baik memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan es krim. Walaupun memiliki tekstur yang kental, gelato harus masih bisa diambil menggunakan scoop dan bisa dibentuk.

Baca juga :  7 Rekomendasi Es krim dan Gelato Enak di Jakarta

5. Es krim memiliki kadar udara lebih banyak

Es krim memiliki kadar udara lebih banyak

YouTube.com

Proses pengadukan es krim yang cepat membuat gelembung udara masuk ke dalam bahan yang diaduk. Hal inilah yang membuat es krim lebih banyak memiliki kadar udara. Selain itu, faktor lainnya yang membuat es krim gelato memiliki kandungan udara lebih sedikit karena gelato lebih sedikit menggunakan butterfat dalam penyajiannya.

Setidaknya, ada sekitar 50% udara yang terkandung di dalam es krim. Sedangkan, kandungan udara di gelato hanya sekitar 20% hingga 30 saja. Hal inilah yang membuat rasa gelato lebih pekat dan lebih ringan. Bukan hanya itu saja, tekstur gelato juga lebih lembut, halus dan padat.

6. Suhu penyimpanan keduanya juga berbeda

Suhu penyimpanan keduanya juga berbeda

News4Jax.com

Baik gelato dan es krim menggunakan suhu penyajian yang lebih rendah. Namun keduanya memiliki suhu penyajian yang berbeda. Di mana, es krim disajikan lebih dingin dibandingkan gelato. Penyimpanan es krim sendiri harus pada angka minus 10 derajat Fahrenheit. Temperatur yang dingin akan membuat kandungan udara tidak banyak terlepas dari es krim.

Sedangkan, standar penyimpanan es krim gelato harus menggunakan temperatur yang lebih hangat, yakni 7 hingga 12 derajat fahrenheit. Pasalnya, kadar udara di dalam gelato yang tidak terlalu banyak. Lagipula, gelato yang disajikan dengan suhu sama dengan es krim akan membuat teksturnya keras dan kurang elastis. Sebaliknya, es krim yang disajikan menggunakan suhu yang sama dengan gelato akan mudah meleleh.

7. Es krim lebih tahan lama

Es krim lebih tahan lama

wallpaperstream.com

Perbedaan es krim dan gelato selanjutnya Dikarenakan suhu dalam penyajiannya berbeda, hal ini berdampak pada ketahanannya. Seperti yang dijelaskan gelato disajikan dalam suhu yang lebih panas, yakni hanya minus 10 derajat celsius, sedangkan es krim berada pada suhu minus 20 derajat celsius. Hal inilah yang membuat gelato lebih mudah basi dibandingkan es krim. Bukan hanya itu saja, es krim gelato juga mudah mencari sehingga harus cepat untuk dihabiskan.

Baca juga :  Intip Yuk! Kelezatan 22 Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara

8. Kandungan lemak gelato lebih sedikit

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Qulari.com

Dengan adanya perbedaan es krim dan gelato  komposisi bahan akan gelato dan es krim pada umumnya, nampaknya gelato memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit. Sedangkan kandungan lemak pada es krim jauh lebih banyak dibandingkan dengan gelato. Rata – rata, es krim memiliki kandungan lemak sebesar 14%-17%. Sedangkan untuk gelato hanya memiliki kandungan lemak sebesar 8% saja.

Pastinya, kandungan lemak yang tinggi pada es krim akan mempengaruhi nilai kalorinya. Jadi, es krim memiliki kalori yang lebih tinggi daripada gelato. Tapi, hal ini juga tergantung akan porsi kamu mengonsumsinya. Jika mengonsumsi gelato dalam jumlah banyak, pasti lemak dan kalori juga tinggi.

Dikarenakan kandungan lemak pada es krim gelato lebih rendah, maka kandungan lemak jenuh juga lebih rendah. Seperti yang diketahui bahwa kandungan lemak dan kolesterol pada kuning telur dan krim lebih tinggi. Bahkan, kedua bahan tersebut lebih banyak digunakan pada es krim. Bukan hanya tinggi lemak saja, es krim juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan suhu penyimpanannya.

Suhu dingin pada es krim akan membuat rasa manis hilang. Dengan begitu, diperlukan pemanis lebih banyak pada es krim. Sedangkan untuk gelato tidak dibutuhkan tambahan gula sebanyak es krim karena suhu penyimpanan yang stabil. Untuk soal rasa akan tetap sama.

9. Jadi mana yang lebih sehat?

Perbedaan Es Krim dan Gelato

gelatodiriso.com

Jika melihat dari segi gizi, mungkin es krim gelato lebih sehat. Pasalnya, mengandung lemak, gula dan kalori lebih rendah. Namun, semua itu kembali pada kamu bahwa keduanya merupakan dessert dengan kandungan lemak dan gula di dalamnya. Dengan begitu, untuk mengonsumsinya juga harus dibatasi.

Apabila kamu khawatir akan kalori, lemak dan gula, gelato bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun kembali lagi, jika kamu makan gelato dalam porsi yang besar, kamu akan mendapatkan lemak dan gula yang tinggi. Belum lagi, beberapa gelato saat ini menggunakan topping yang manis, sehingga bisa menghasilkan gula dan kalori lebih tinggi.



Leave a Reply