Wisata

Dijuluki Negeri Seribu Bukit, 7 Bukit Indah di Sumba



Pulau Sumba yang termasuk bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur ini sungguh disuguhi keindahan alam yang komplit. Mulai dari pantai-pantai yang biru, serta jajaran perbukitan yang menyajikan pemandangan landscape yang akan sulit anda lupakan.
Sejak sejumlah sineas mengangkat keindahan alam sumba ke layar lebar, sumba semakin dilirik banyak orang karena keindahan alamnya. Sumba sendiri mendapat julukan Negeri Seribu Bukit karena banyaknya bukit yang menjulang di sekeliling pulau ini. Berikut 7 bukit indah di Sumba yang wajib anda kunjungi :

Bukit Wairinding

bukit warinding di sumba
photo via Hipwee


Bukit ini dapat anda temukan di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur. Bukit Wairinding menyajikan pemandangan hamparan perbukitan berjajar, dengan sabana yang sangat luas.
Yang lebih unik, warna sabana di sini akan dipengaruhi oleh musim. Pada musim hujan, sabana di sini akan menyajikan hamparan rerumputan hijau. Sementara di musim kemarau, warna kuning-coklat menjadi background foto yang menarik ala musim gugur di Eropa.
Bukit Wairinding juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah berlatarkan bukit-bukit di sekitarnya. Keindahan ini yang membuat Wairinding dikenal sebagai salah satu area wisata yang indah di Sumba.
Selain menikmati panorama, jika beruntung anda juga bisa menemukan keindahan kehidupan alam di sini. Pada waktu-waktu tertentu, anda bisa menemukan kuda Sumba yang hidup di sekitar sabana. Kuda sumba yang dikenal dengan sandalwood pony disebut sebagai salah satu kuda tunggang terkuat dan tercepat. Jika beruntung, anda bisa mengabadikan kehidupan kuda-kuda liar ini di sekitar bukit Wairinding

Bukit-bukit di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

bukit indah di sumba
photo via notepam.com


Taman Nasional Laiwangi Wanggameti ini punya topografi wilayah yang unik dan berbeda dari kebanyakan Taman Nasional di Indonesia. Berlokasi pada ketinggian rata-rata 800 mdpl, bukit-bukit dalam taman nasional ini menyajikan pemandangan alam yang lengkap dan menakjubkan.
Tidak hanya memanjakan mata ada dengan panoramanya saja, di dalam area taman nasional anda bisa menemukan berbagai satwa yang hidup bebas dalam perlindungan dan pengawasan. Jika anda berniat menyusuri keindahan atau berburu foto di Laiwangi Wanggameti, siapkanlah fisik dan stamina anda sebab selain area taman nasional yang luas, kontur areanya juga berupa perbukitan.
Secara umum banyak flora dan fauna bisa ditemukan dalam perjalanan anda. Salah satu yang menjadi ikon taman nasional ini adalah Kakatua Jambul Orange yang biasa muncul di pagi hari.

Bukit Tenau

bukit tenau sumba
photo via Picgra


Bukit Tenau berada tidak jauh dari pusat kota Waingapu. Bukit ini menawarkan pemandangan kawasan perbukitan luas dan hijau, serta suasana ketenangan dan kesejukan alamnya.
Kendati tidak jauh dari pusat kota, tidak mudah untuk sampai ke tempat ini. Satu-satunya cara menuju ke Bukit Tenau adalah dengan menggunakan sepeda motor. Bukit ini berada sekitar 15 km dari pusat kota Waingapu. Perjalanan dari Waingapu menuju bukit Tenau memakan waktu 20 hingga 30 menit.
Karena belum tersedia angkutan umum, serta minimnya petunjuk arah dan lokasi di sepanjang perjalanan, ada baiknya anda sering bertanya kepada penduduk lokal. Hal ini dapat membantu anda melaju ke arah yang tepat. Selain menyewa motor, anda juga dapat menyewa ojek motor yang tentunya dengan biaya cukup mahal.

Bukit Tanarara

bukit unik di sumba
photo via blog.frameatrip.com


Bukit Tanarara adalah salah satu kawasan bukit indah di Sumba yang memiliki pemandangan yang sangat khas. Secara landscape mungkin hampir serupa dengan kawasan bukit lain. Yang membuat Tanarara unik adalah tekstur bukit di sini mirip corak garis-garis di Grand Canyon. Warna corak garis ini juga akan berubah sesuai musimnya. Tidak seperti Grand Canyon yang warnanya selalu serupa di berbagai musim. Garis-garis ini terbentuk karena bukit di sini terbentuk dari karang-karang.
Untuk mencapai puncak bukit utama, anda harus berjalan kaki dari lokasi parkir kendaraan. Tidak perlu khawatir karena selama perjalanan anda akan dimanjakan pemandangan alam yang luar biasa.
Tanarara adalah lokasi untuk menikmati keindahan alam Sumba secara lengkap. Panorama matahari terbit dan tenggelam bisa didapat dari puncak Tanarara. Banyak pula lokasi indah yang cocok untuk berfoto. Tidak hanya berlatar belakang perbukitan, kontur jalan dan pembangkit listrik tenaga angin di sini cocok untuk lokasi berfoto yang menarik.
Kawasan ini berada di Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Sumba. Lokasinya sekitar 68 km dari pusat kota Waingapu. Selain itu jalan menuju area Bukit Tanarara juga sudah dibangun sehingga memudahkan anda yang ingin menuju ke tempat ini.

Bukit Persaudaraan Mauliru

bukit indah si sumba NTT
photo via Landscaper.id


Bukit Persaudaraan menyajikan pemandangan yang berbeda dari kebanyakan bukit yang terkenal di Sumba. Dari atas bukit Persaudaraan, anda bisa menikmati suasana pedesaan dan persawahan di sekitar daerah Mauliru.
Berbeda dengan area perbukitan sabana, pemandangan areal sawah dari sini akan tetap hijau kendati anda berkunjung saat musim kemarau. Bukit Persaudaraan bisa menjadi alternatif anda memanjakan mata saat musim kemarau di Sumba.
Keindahan pemandangan alam persawahan ini semakin sempurna dengan kelak-kelok sungai Kambaniru di antara hamparan hijau. Selain itu lokasinya tidak jauh dari kawasan pemukiman warga, sehingga membuat anda merasakan kenyamanan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Bukit Persaudaraan juga menjadi lokasi yang cocok untuk mengabadikan dan menikmati tenggelamnya matahari.

Bukit Mondu

bukit terindah di sumba
photo by muvila.com


Bukit Mondu yang berada di kawasan Sumba Timur ini merupakan kawasan yang pernah dipakai untuk syuting salah satu film layar lebar berjudul “Pendekar Tongkat Emas”. Pesona keindahan alam dari puncak bukit Mondu tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu bukit indah di Sumba.
Berdiri di puncak bukit memberikan anda gambaran keindahan alam seluas 360 derajat. Sepanjang mata memandang ke segala arah, anda akan menemui hamparan sabana yang indah, panorama desa dari ketinggian, serta kontur jalan raya yang membentuk huruf “S”.
Serangan keindahan alam dari segala penjuru di bukit Mondu tentu akan membuat anda jatuh hati pada panoramanya. Belum lengkap bila anda tidak mengabadikan keindahan matahari dari sini. Momentum sunrise dan sunset bisa menjadi waktu terbaik anda mengunjungi bukit Mondu.

Bukit Lendongara

bukit keren di sumba


Sebagaimana bukit-bukit lain di pulau Sumba, Bukit Lendongara menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik. Lendongara yang termasuk dalam kabupaten Sumba Barat ini cukup dekat dari bandara Tambolaka dan mudah diakses karena jalan menuju lokasi sudah diaspal.
Kendaran roda empat pun bisa diakses hingga ke area puncak bukit Lendongara. Jadi anda tidak perlu bersusah tracking jika berlibur bersama anak atau orang tua. Dari puncak bukit, anda bisa menikmati jajaran bukit hijau luas dan seolah bertingkat berbaur bersama keindahan langit. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin berburu foto landscape maupun foto instagram.
Anda juga bisa menemui kehidupan liar di sini. Banyak hewan-hewan yang hidup disekitar kawasan bukit bisa tiba-tiba muncul di depan anda. Babi hutan, kuda, dan sapi adalah binatang yang umum dibiarkan hidup bebas di sini.

Join The Discussion