10 Tempat Wisata di Kerinci Yang Cocok Memiliki Sebutan Surga Dunia


Fida  August 20, 2021  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata dengan pemandangan indah dan suasana yang menyenangkan. Kerinci merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jambi yang cocok memiliki sebutan surga dunia. Kawasan yang satu ini dikenal menawarkan banyak tempat wisata indah yang sayang untuk dilewatkan. Berikut daftar Rekomendasi tempat wisata di Kerinci yang cocok untuk Anda kunjungi

1. Danau Kaco

Danau Kaco
pesonaindonesia.kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Danau Kaco. Danau yang satu ini dikenal memiliki daya tarik yakni airnya yang jernih. Sebutan Kaco berasal dari bahasa setempat yang memiliki arti kaca. Tidak seperti danau lainnya yang luas, yang satu ini hanya memiliki luas sekitar 30 x 30 meter.

Karena dikenal dengan airnya yang transparan atau bening, pengujung dapat melihat jelas ribuan ikan semah yang berenang bebas. Lokasi danau yang berada di ketinggian 1.289 mdpl juga menjadikan suasana sangat sejuk dan menyenangkan. Anda dapat mengunjungi Danau Kaco di Dusun Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci.

paket wisata murah

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Jalan Jalan Seru Ke Kota Binjai, Sumatera Utara

2. Air Tejun Talang Kemulun

Air Tejun Talang Kemulun
pesonaindonesia.kompas.com

Salah satu tempat wisata di Kerinci yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Talang Kemulun. Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan keindahan alam luar biasa. Pengunjung akan dimanjakan dengan deras dan jernihnya nya air yang mengalir. Air Terjun Talang Kemulun berlokasi di Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci.

Selain dimanjakan dengan aliran air yang segar, pengunjung juga akan dimanjakan dengan udara sejuk dan pemandangan indah di sekeliling air terjun. Yang menjadi daya tarik air terjun ini salah satunya adalah memiliki 12 tingkat batu yang membentuk tingkatan indah jika dilihat dari kejauhan. Saat berkunjung ke Kerinci, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir dan berlibur di kawasan air terjun ini.

3. Danau Lingkat

Danau Lingkat
tempatwisata.pro

Salah satu tempat wisata di Kerinci yang sayang untuk dilewatkan adalah Danau Lingkat. Danau yang satu ini berlokasi di daerah Lempur Hilir, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Meskipun tidak terlalu luas tetapi danau yang satu ini mampu menjadi salah satu objek favorit wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Danau Lingkat dikenal dengan airnya yang berwarna kehijauan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah di sekeliling danau. Saat berkunjung ke Danau Lingkat, Anda dapat mendengarkan suara binatang-binatang liar seperti siamang. Cukup menarik bukan?

4. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh
liputan6.com

Danau Gunung Tujuh menjadi salah satu tempat wisata di Kerinci yang sangat populer. Danau yang satu ini dikenal akan keindahannya yang luar biasa. Yang menjadi daya tarik dan ciri khas adalah pengunjung dapat menyaksikan langsung 7 bukit atau gunung yang mengelilingi danau. Karena hal itulah danau yang satu ini disebut Danau Gunung Tujuh.

Jika ingin melihat ketujuh gunung tersebut dengan jelas, Anda dapat datang di pagi hari saat matahari baru terbit. Indahnya pemandangan matahari terbit dari danau ini tentu sayang untuk Anda lewatkan. Danau Gunung Tujuh bisa Anda datangi di daerah Pesisir Bukit, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci.

5. Danau Kerinci

Danau Kerinci
tempatwisata.pro

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Kerinci, Anda tentu akan dimanjakan dengan banyaknya danau, salah satunya adalah Danau Kerinci. Danau yang satu ini berlokasi di Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci.

Danau Kerinci dikenal menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Raja juga menjadikan suasana di sekitar danau sangat sejuk dan khas. Danau Kerinci juga merupakan pusat pencaharian warga sekitar danau yang berprofesi sebagai nelayan. Pengunjung akan dimanjakan dengan adanya perahu yang berjejer di permukaan danau. Saat berkunjung ke Kerinci, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke danau populer yang satu ini.

6. Air Panas Semurup

Air Panas Semurup
jambiupdate.co

Air panas semurup menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kerinci. Tempat wisata di Kerinci yang satu ini merupakan kolam pemandian air panas alami yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Tidak semua kolam bisa digunakan karena suhu kolam mencapai 85 derajat celcius.

Anda dapat mengunjungi pemandian Air Panas Semurup di Jalan Wisata Air Panas Semurup nomor 1, Desa Baru, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci. Pengunjung juga dapat memilih untuk bermalam di kawasan wisata ini dengan menyewa hotel dengan biaya Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- per malam.

7. Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo
tempatwisata.pro

Salah satu tempat wisata di Kerinci yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Pancuran Rayo. Air terjun yang satu ini berlokasi di tengah hutan lebat sehingga sangat sedikit pengunjung. Air Terjun Pancuran Rayo cocok didatangi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

Pengunjung akan dimanjakan dengan aliran air yang deras dan jernih. Selain itu, pemandangan tebing dan pepohonan juga menjadikan suasana semakin menarik. Waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun ini adalah pagi atau sore hari saat matahari menyinari derasnya aliran air terjun.

8. Goa Kasah

Goa Kasah
tempatwisata.pro

Tidak hanya danau, goa juga menjadi salah satu tempat wisata di Kerinci yang bisa Anda jumpai. Salah satu gua yang cukup populer adalah Goa Kasah. Gua yang satu ini berlokasi di daerah Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Goa yang satu ini menjadi habitat kelelawar dan berbagai burung lainnya. Tidak hanya itu, Goa Kasah juga termasuk tempat wisata bersejarah karena pengunjung dapat melihat ukiran peninggalan manusia purba di bagian dinding goa yang masih sangat terjaga. Berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung adalah melihat hewan liar, menikmati pemandangan, berfoto, hingga membangun tenda di sekitar goa.

9. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat
swiss-belhotel.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Kerinci, Taman Nasional Kerinci Seblat tentu menjadi salah satu yang wajib Anda kunjungi. Taman nasional yang satu ini menjadi Taman Nasional terbesar di pulau Sumatera. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya kekayaan alam baik flora maupun fauna.

Menurut sensus, Taman Nasional Kerinci Seblat menyimpan kurang lebih 4000 spesies tumbuhan termasuk bunga bangkai Rafflesia Arnoldi. Berbagai kekayaan fauna juga ada dalam taman nasional yang satu ini diantaranya Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Beruang Madu, dan masih banyak lagi.

10. Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh Kayu Aro
liputan6.com

Bagi pecinta foto, perkebunan teh Kayu Aro menjadi salah satu tempat wisata di Kerinci yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini merupakan kawasan perkebunan teh dengan pemandangan indah. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Kerinci juga menjadikan kawasan ini memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Perkebunan teh Kayu Aro berlokasi di daerah Giri Mulyo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Kebun Teh yang satu ini juga menjadi perkebunan terluas di Indonesia. Yang menarik adalah teh dari perkebunan ini adalah teh untuk diekspor.



Leave a Reply