Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

9 Negara Berikut Memiliki Stasiun Bawah Tanah Yang Instagramable Banget


Reni  July 10, 2019  0 Comment

Kebutuhan transportasi massal terutama di kota-kota besar dunia sangat penting, dan sarana prasarana publik itu jika dibangun dengan baik, dikelola dengan baik dan dipelihara dengan baik maka justru bisa tampil cantik dan bersih yang bahkan bisa menjadi obyek wisata tersendiri, jauh dari kesan kumuh dan kotor. Berikut ini adalah stasiun bawah tanah dunia yang keren, sebagai berikut.

1. Stasiun Radhuset di kota Stockholm, Swedia

stasiun bawah tanah paling keren di dunia

CNN Indonesia

Salah satu ciri khas kota-kota besar di negara di Eropa ialah dengan adanya stasiun kereta bawah tanah. Stasiun kereta itu disebut sebagai metro. Moda transportasi massal dengan kereta tersebut menjadi pilihan di banyak negara di Eropa karena bisa lebih cepat dan juga praktis jika dibandingkan dengan jika naik bus.

Berbagai stasiun kereta atau metro di Eropa selain memiliki fasilitas yang lengkap juga mempunyai desain arsitektur yang sangat indah, salah satunya adalah stasiun Radhuset yang terletak di Kota Stockholm, Swedia. Memasuki stasiun kereta ini serasa seperti masuk ke dalam dunia yang lain, dengan hampir keseluruhan dinding dan atapnya yang didesain unik, seperti ada bebatuan berwarna merah di sepanjang dindingnya sehingga terlihat sangat artistik.

2. Stasiun Metro Moscow, Istana Bawah Tanah Tercantik di Dunia

stasiun bawah tanah di moscow
rbth.com

Desain interior dan arsitektur setiap stasiun metro di kota Moskow memang dirancang khusus dengan model yang berbeda-beda, dengan lantai marmer serta granit, metro di Moskow ada yang dipenuhi patung-patung orang-orang penting dan lukisan karya pelukis dunia, juga hiasan-hiasan mozaik, serta berbagai macam karya seni yang berupa hiasan dari kristal juga logam. Terdapat lebih dari 200 stasiun di Moskow, 44 diantaranya telah terdaftar sebagai warisan budaya dunia UNESCO. Banyak sekali stasiun cantik yang sayang jika dilewatkan, namun ada stasiun yang menjadi langganan para wisatawan yang disebut sebagai jalur cincin. Perjalanan jalur cincin bisa dimulai dari Stasiun Elektrozavodsk Ayat, Moscow

Rusia yang dikenal memiliki desain arsitektur bak layaknya sebuah istana. Selanjutnya bisa berhenti di stasiun Ploshchad Revolyutsii yang berarti tempat revolusi, yang dibuka pada 13 Maret 1938. Terdapat 76 patung perunggu yang tingginya sama persis seperti manusia asli di stasiun ini. Pemberhentian yang ketiga di stasiun Arbatskaya yang diresmikan pada 15 Mei 1935. Stasiun tersebut mempunyai pintu gerbang dengan warna merah merona. Lalu stasiun Kievskaya adalah pemberhentian keempat. Stasiun ini dihiasi dengan gambar-gambar mozaik yang memperlihatkan hubungan persahabatan antara Rusia dengan Ukraina. Kemudian ada stasiun Belorusskaya, yang didesain oleh Ivan Taranov, Z. Abramova, dan A. Markova, serta Ya. Tatarzhinskaya. Dibuka pada tahun 1952, pada bagian atasnya terdapat 12 gambar sebagai ilustrasi kehidupan masyarakat Belarus, pada bagian lantainya juga menggunakan motif ornamen khas Belarus. Selanjutnya ada stasiun Novoslobodskaya yang dihiasi dengan 32 jendela kaca dan permadani Rusia, dibuka sejak 30 Januari 1952. Lalu ada stasiun Komsomolskaya yang terdiri dari dua tingkat dan berarsitektur bergaya barok. Ada lagi stasiun Chistye Prudy. Batu kapur serta tanah liat jurassic dipilih untuk membangun lapisan bagian atas stasiun ini. Mencontoh desain stasiun metro yang ada di London, stasiun ini juga tampil megah. Kemudian stasiun Novokuznetskaya yang dibuka sejak 20 November 1943 yang didedikasikan untuk mengenang para pahlawan yang berjuang dalam Perang Dunia II. Peristiwa yang terjadi selama Perang Dunia II tergambar pada dinding-dindingnya. Pada bagian tengah koridornya dihiasi dengan lampu hias. Kemudian stasiun terakhir di jalur cincin ini adalah stasiun Mayakovskaya, yang dibuka di tanggal 11 September 1938. Alexej Duschkin telah merancang stasiun ini jadi bak istana yang sangat mengagumkan, hingga memperoleh penghargaan di pameran tingkat dunia di New York pada tahun yang sama. Selain metro di jalur cincin tadi juga masih terdapat beberapa stasiun lainnya yang tidak kalah cantiknya. Seperti stasiun Park Pobedy yang baru dibuka di tanggal 6 Mei 2003, stasiun tersebut adalah stasiun yang terdalam, dengan kedalaman mencapai 84 m. Lalu ada stasiun Prospekt Mira, yang berarti prospek kedamaian dibuka di tanggal 30 Januari 1952. Ada juga stasiun Taganskaya yang dibuka pada tanggal 1 Januari 1950, sebagai stasiun tercantik di Moskow. Bertemakan perang dengan pilar-pilar besar dan lengkung stasiunnya yang terbuat dari marmer berwarna terang dan yang dihiasi dengan panel yang menggunakan teknik majolika, stasiun ini nampak indah sekali. Lalu ada stasiun Slavic Boulevard

yang dibuka pada tahun 2008, dihiasi dengan unsur-unsur metal modern dan logam yang membentuk hiasan pohon berdaun hijau, dan lain sebagainya.

3. Burjuman Station, Dubai

stasiun bawah tanah paling keren di dunia

Flickr


Tak hanya di Eropa di tanah arab juga, tiada yang tak mungkin di Dubai, sampai vending machine untuk mengambil emas batangan dan lapangan bersalju es untuk bermain ski di negara bergurun pasir yang terik dan gersang aslinya itu pun ada. Banyak tempat wisata menakjubkan berkelas dunia ada di Dubai. Sebagai negara yang kaya raya karena minyak buminya maka bukanlah hal yang mustahil sehingga Dubai pun mampu membangun sebuah stasiun kereta bawah tanah yang sangat mewah, yang kondisinya seperti berada di lobi hotel bintang lima, sehingga meski sedang berada di bawah tanah, namun nuansanya serasa sedang berada di dunia bawah laut, dengan dinding dan lampu yang bercahaya kebiruan dan adanya hiasan mirip ubur-ubur besar pada bagian atapnya.

4. Stasiun Arts et Métiers, Paris, Perancis

metro bawah tanah instagramable di dunia

Pixabay

Stasiun Arts et Métiers yang terletak di Kota Paris, Perancis ini memiliki desain seperti kapal selam. Dindingnya berwarna perunggu lalu dilapisi dengan lubang intip yang berbentuk bundar, serta ada roda gerigi di atapnya.

5. Stasiun Toledo, Naples, Italia

stasiun papling keren di dunia

Stasiun Toledo di kota Naples, Italia, juga memukau. Saat menuruni eskalator akan disambut dengan dinding yang dihindari kelap-kelip lampu.

6. Stasiun Szent Gellert, Budapest, Hungaria

stasiun bawah tanah paling keren di dunia
.archilovers.com

Stasiun Szent Gellert seperti memiliki piksel-piksel kecil yang saling berkaitan. Metro di Budapest ini adalah merupakan yang tertua kedua di dunia,

Stasiun Atocha, Madrid, Spanyol Penumpang yang memasuki stasiun ini akan merasa seperti berada di tengah hutan tropis, dengan adanya taman yang diletakkan di dalam stasiun untuk memberikan rasa sejuk dan juga udara yang bersih. Taman tersebut juga dilengkapi dengan bangku-bangku.

7. Stasiun King’s Cross St. Pancras, London, Inggris

stasiun bawah tanah paling indah di dunia

eropa.panduanwisata.id

Stasiun ini pertama kali dibuka pada tahun 1852, dengan arsitektur memadukan gaya klasik bercampur dengan sentuhan futuristik, jadi unik sekali.

8. Bund Sightseeing Tunnel, Shanghai, RRC

stasiun bawah tanah paling instagramable
shanghai.gov.cn

Menghubungkan area Puxi dengan Pudong yang terpisah oleh Sungai Huangpu, stasiun ini didesain futuristik dengan pertunjukan sinar laser berwarna-warni hampir di seluruh bagian terowongannya.

9. Stasiun Formosa Boulevard, Kaohsiung, Taiwan

stasiun bawah tanah paling indah
twenty20.com

Masih berada di Asia, ada stasiun Formosa Boulevard yang didesain penuh warna-warni, di langit-langitnya terdapat 4.500 panel kaca berdiameter 30 meter, dibuat untuk memperingati kelahiran demokrasi Taiwan.

Nah, itulah tadi stasiun bawah tanah dunia yang keren.



Leave a Reply