8 Varian Nasi Goreng Terkenal di Indonesia Yang Rasanya Terkenal Lezat


prita  February 3, 2021  0 Comment

Siapa sih yang tidak pernah makan paling tisak satu diantara varian nasi goreng Indonesia? Makanan sejuta umat ini memang menjadi ciri khas kuliner khas Indonesia yang cukup terkenal di mancanegara. Rasanya yang lezat membuat sajian ini bisa diterima oleh hampir semua kalangan.

Dulunya Nasi goreng merupakan sajian yang dibuat dari nasi sisa hari kemarin yang sayang bila dibuang, maka digoreng agar bisa dikonsumsi kembali. Namun, lama kelamaan nasi goreng menjadi salah satu kuliner yang disajikan tanpa harus menunggu nasi sisa kemarin. Bahkan sekarang kamu bisa menemukan nasi goreng di setiap pelosok daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, proses pembuatan nasi goreng pun terbilang cukup mudah. Dengan menggoreng nasi dalam minyak dan diberi kecap manis atau saus tomat, bawang merah, bawang putih dan aneka bumbu dapur lainnya seperti lada dan garam. Nasi goreng kemudian diberi tambahan lauk sesuai dengan keinginan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali varian nasi goreng yang cukup populer dan merupakan kreasi yang lezat. Varian nasi goreng ini juga bisa ditemukan dengan mudah di restoran, rumah makan hingga hotel di Indonesia. Bahkan, kamu juga bisa membuat nasi goreng dalam berbagai varian di rumah. Nah, berikut ini adalah 8 Varian nasi goreng di Indonesia yang rasanya terkenal lezat

1. Nasi Goreng Jawa

Nasi Goreng Jawa
blog.tokowahab.com

Nasi Goreng Jawa merupakan salah satu varian nasi goreng di Indonesia yang cukup populer. Nasi goreng ini memang cukup populer dan paling dikenal oleh masyarakat.

Hampir semua rumah makan yang menyediakan nasi goreng selalu menyediakan varian nasi goreng yang satu ini. Nasi goreng khas Jawa ini biasanya diberi bumbu sambal ulek sehingga rasanya pedas asin yang sangat nikmat. Biasanya nasi goreng ini berwarna merah kecoklatan dengan campuran lauk suwiran ayam potong dan irisan telur dadar.

Review kuliner

Nasi Goreng Mas Gun Dan Rahasia Bumbu Yang Membuat Siapa Saja Bisa Suka

Mie Dan Nasi Goreng Citra Rasa Varian Masakan Jawa Yang Patut Coba

2. Nasi Goreng Mawut

Nasi Goreng Mawut
flickr.com

Varian nasi goreng di Indonesia yang cukup populer selanjutnya juga masih berasal dari Pulau Jawa, yaitu Nasi Goreng Mawut. Nasi Goreng Mawut ini memang memiliki nama yang cukup unik dan banyak penggemarnya.

Disebut sebagai Nasi Goreng Mawut karena nasi goreng ini kaya akan lauk yang merupakan campuran dari mie, kol, beberapa sayuran hijau dan suwiran daging ayam yang digoreng bersama. Nasi goreng ini diberi tambahan bumbu dapur untuk membuatnya cita rasanya semakin nikmat. Biasanya varian nasi goreng ini bisa kamu temukan di warung Nasi Goreng Jawa.

3. Nasi Goreng Kambing

Nasi Goreng Kambing
tirto.id

Nasi Goreng Kambing juga menjadi salah satu varian nasi goreng di Indonesia yang banyak sekali penikmatnya. Menu nasi goreng ini biasanya bisa ditemukan di rumah makan yang menawarkan menu serba kambing.

Nasi Goreng Kambing ini bisa jadi pilihan menu buat kamu yang suka banget sama daging tapi tidak bisa makan daging kambing terlalu banyak. Nasi goreng ini dibuat dengan bumbu tumis yang terdiri dari campuran bawang putih dan bawang merah. Setelah bumbu ditumis, kemudian diberi potongan daging kambing beserta sedikit lemaknya. Daging dimasak sampai matang dan teksturnya berubah empuk, baru kemudian diberi irisan cabai rawit sesuai selera dan ditambahkan nasi yang kemudian dibumbui dengan garam dan lada.

Nasi Goreng Kambing ini biasanya memiliki aroma yang kuat dan bisa langsung membuatmu ketagihan saat mencobanya. Biasanya Nasi Goreng Kambing ini disajikan bersama kerupuk udang, irisan tomat, kol dan acar.

4. Nasi Goreng Seafood

Nasi Goreng Seafood
cookpad.com

Vasian nasi goreng di Indonesia yang satu ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang suka makan seafood. Jika biasanya kamu menikmati seafood dengan cara digoreng atau dibakar, kamu bisa menikmati seafood dengan cara yang berbeda.

Sesuai dengan namanya, nasi goreng ini berisikan aneka seafood yang menggugah selera. Sebut saja cumi, udang, daging kepiting, kerang hingga scallop. Tak hanya isiannya yang berupa seafood, kamu pun bisa mencium aroma seafood yang tercium begitu kuat pada nasi goreng ini.

5. Nasi Goreng Gila

Nasi Goreng Gila
resepkoki.id

Varian nasi goreng di Indonesia selanjutnya adalah Nasi Goreng Gila. Nasi Goreng Gila ini juga bisa kamu temukan di hampi seluruh rumah makan yang menyajikan nasi goreng di Indonesia.

Disebut sebagai Nasi Goreng Gila karena bahan isian yang digunakan sangat banyak, mulai dari suwiran ayam, potongan bakso, potongan sosis hingga telur orak arik. Biasanya nasi goreng ini punya cita rasa pedas yang menyengat. Teksturnya pun lebih basah jika dibandingkan dengan nasi goreng lainnya yang tektsurnya lebih kering.

6. Nasi Goreng Ijo

Nasi Goreng Ijo
primarasa.co.id

Sesuai dengan namanya, salah satu varian nasi goreng di Indonesia ini memiliki tampilan berwarna hijau yang cukup berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Warna hijau pada nasi goreng ini bukan berasal dari pewarna makanan, melainkan dari cabai hijau yang menjadi bumbu dasarnya.

Cabai hijau ini diuleg bersama bawang merah, bawang putih kemudian ditumis dengan minyak atau mentega. Agar lebih nikmat biasanya ditambahi kocokan telur yang diorak-arik sampai matang. Kemudian masukkan nasi dan bumbu dapur seperti lada dan garam. Nasi goreng ini juga bisa ditambahkan dengan potongan daging ayam, cumi, udang dan sayuran.

7. Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng Babat
idntimes.com

Varian nasi goreng di Indonesia yang satu ini konon berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Selayaknya nasi goreng jawa pada umumnya, nasi goreng ini juga dibuat menggunakan bumbu ulek.

Bumbu halus yang digunakan terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabe merah, terasi udang dan garam. Setelah bumbu dihaluskan kemudian ditumis sampai harum dan masukkan kocokan telur dan diorak-arik sampai matang. Setelah itu tinggal tambahkan babat sapi yang sudah dibacem dengan bumbu sebelumnya, hal tersebut agar babatnya tidak alot dan amis. Setelah itu baru masukkan nasi putih dan diaduk sampai merata.

8. Nasi Goreng Kornet

Nasi Goreng Kornet
lifestyle.okezone.com

Varian nasi goreng di Indonesia yang terakhir adalah Nasi Goreng Kornet. Kornet memang tak hanya nikmat bila dinikmati dengan telur, namun juga bisa dijadikan campuran nasi goreng.

Nasi goreng kornet ini memang cukup populer dan sangat mudah dibuat. Dengan menambahkan kornet dalam nasi goreng maka membuatnya lebih kaya rasa dan aromanya lebih khas juga menggugah selera. Biasanya nasi goreng kornet ini bisa ditemui di restoran-restoran atau hotel.

Kamu pun juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bumbu nasi goreng siap pakai, irisan bawang bmbay mentega, kornet, cabe rawit dan daun bawang.

Itulah tadi 8 varian nasi goreng di Indonesia yang kelezatannya tak hanya terkenal di kalangan pecinta kuliner di Indonesia, namun juga mancanegara. Varian nasi goreng favorit kamu yang mana nih?



Leave a Reply