Nasi Goreng Mas Gun dan Rahasia Bumbu yang Membuat Siapa Saja Bisa Suka

nasi goreng mas gun

pribadiganda | Tourist
Bau Bau, Sulawesi Tenggara, Indonesia | halal
20 Jun 2019


Nasi Goreng Mas Gun dan Rahasia Bumbu yang Membuat Siapa Saja Bisa Suka
Kenikmatan menu kuliner nasi goreng tidak hanya diakui oleh orang-orang Indonesia, tapi juga dari mancanegara. Citarasa nasi goreng yang berasal dari aneka campuran bumbunya membuat menu yang satu ini khas di setiap daerah.

Di tulisan kali ini saya ingin mengulas kuliner nasi goreng yang menjadi favorit teman baik saya. Saya percaya setiap resep nasi goreng dari setiap daerah memiliki kekhasannya masing-masing walau namanya tetap sama-sama nasi goreng. Karena itu pertama kali mencoba menu nasi goreng rekomendasi teman saya itu, saya langsung jatuh cinta dan ingin merekomendasikan ke teman-teman semua.

Nasi goreng Jambu Mete, begitu nama yang diberikan oleh Mas Gunawan, pemilik warung makan Mas Gun. Memiliki nama demikian bukan berarti salah satu bahan campurannya adalah kacang jambu mete. Bahkan di dalam menunya tidak mencampurkan bahan itu sama sekali.

nasi goreng mas gun
Nama itu diambil dari nama jalan lokasi rumah makan Mas Gun yang berada di Jalan Jambu Mete, Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio, Kota Baubau. Berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Baubau, warung makan Mas Gun lebih mudah dicapai dengan menumpangi jasa antar ojek.

Mas Gunanawan menyajikan nasi goreng Jambu Mete ini dengan beberapa bahan bumbu nasi goreng pada umumnya. Yang membuat berbeda di lidah adalah tekstur nasi goreng yang empuk dan tidak kering, karena bahan nasi dipakai dari nasi hangat yang baru ditanak. Saat menggoreng nasi, Mas Gunawan juga memastikan bumbu-bumbunya tercampur dengan baik dan membuat rasa nasi goreng benar-benar terasa di setiap suapannya.

Untuk menguatkan rasa, nasi goreng dicampurkan sedikit bumbu cabai (lombok). Yang saya ketahui, cabai dapat meningkatkan nafsu makan. Ini juga dibenarkan Mas Gunawan. Meski tidak semua orang suka dengan rasa pedas, tapi cukup dengan sedikit bumbu cabai, pelanggannya mengaku kalau nasi goreng buatannya tidak terasa datar seperti nasi goreng biasanya. Pelanggan juga bisa memesan tingkat kepedasan nasi goreng yang diinginkan.

Sebagai pelengkap, nasi goreng dibubuhkan sedikit bawang goreng, kerupuk, dan potongan timun. Sementara lauknya, saya memilih lauk telur dadar. Selain telur dadar, pelanggan juga dapat memilih lauk lain seperti telur mata sapi, ikan goreng, ayam goreng tumis, dan ayam tepung krispi.

Harga seporsi nasi goreng ‘Jambu Mete’ cukup terjangkau, hanya 18 ribu rupiah untuk yang memilih lauk telur mata sapi. Paling mahal harga 22 ribu rupiah dengan lauk ayam goreng tumis.

nasi goreng mas gun
Selain menu nasi goreng, warung makan Mas Gun juga menawarkan beberapa menu lain, di antaranya aneka menu bakso, mie kuah, gado-gado, hingga soto ayam. Warung makan Mas Gun juga melayani pemesanan antar dengan menghubungi nomor kontaknya di 0853-4219-8048 atau 0821-9366-2180.

Opening Hours
10.00 - 21.00 WITA
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY