Surga Makanan Timur Tengah, Berikut 10 Kuliner Enak di Ampel Surabaya


Reni  December 19, 2019  0 Comment



Surabaya adalah salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Kenapa Surabaya menjadi salah satu destinasi yang mantap untuk dikunjungi? Beberapa diantaranya adalah karena banyaknya fasilitas umum yang ada disini, seperti shopping center, dan tempat pendidikan dengan kualitas yang bagus mulai dari jenjang paud hingga perguruan tinggi. Selain itu, destinasi wisata religi pun cukup banyak. Salah satunya adalah kawasan wisata Sunan Ampel yang masuk dalam jajaran wali songo di Indonesia. Lokasi ini sangat sakral dan saban harinya dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai penjuru, mulai dari dalam hingga luar negeri. Selain berziarah, tidak ada salahnya jika Anda bersama keluarga mencoba kuliner enak di Ampel Surabaya yang mungkin saja tidak pernah Anda temui sebelumnya. Anda pecinta kuliner juga sama seperti saya? Yuk, coba kuliner enak khas Ampel Surabaya berikut ini.

Rekomendasi Kuliner Enak di Ampel

1. Kue kamir

Kue kamir
youtube.com


Kue yang biasanya disajikan dalam bentuk bulat, yang memiliki penampilan mirip dengan kue apem lokal ini, bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu, mentega dan telur yang semakin mantap dengan kombinasi bahan tape dengan aroma yang segar. Kue khamir adalah sejenis camilan dengan penampilan yang sederhana, namun rasanya mantap. Anda bisa menemukannya dengan mudah di area Ampel Surabaya karena ini adalah salah satu makanan khas Arab yang banyak dicari wisatawan.

Gotravelly

Mezedaki, Santorini

Shawarma Al-Siddiq Express, Mampir Karena Penjualnya Ganteng. Kalau Rasanya??

Baca juga :  7 Kuliner Khas Bulungan Lezatnya Nggak Ketulungan

2. Kebab

Kebab
selerasa.com


Kebab adalah makanan fenomenal dengan cita rasa yang luar biasa nikmat. Oleh karena sensasi rasanya yang luar biasa, tidak heran saat ini banyak berdiri stand kebab mini dan banyak pula disajikan dalam bentuk fast food. Di kawasan Ampel Surabaya, kebab yang disajikan berisi beragam daging dan sayur yang menyehatkan yang semakin nendang dengan balutan tortilla di bagian luarnya. Kebab ini dimaskaak dengan cara di panggang sampai kecoklatan sehingga cita rasanya pun semakin nikmat. Di kawasan Ampel Surabaya, ini adalah salah satu makanan favorit yang dirindukan oleh banyak orang dan menjadi favorit wisatawan.

3. Kari kambing

Kari kambing
selerasa.com


Mendengar menu kari kambing disebut, pastinya menu yang satu ini identik dengan makanan khas Timur Tengah. Makanan disajikan berkuah dengan isian daging kambing yang sudah di olah sehingga teksturenya menjadi sangat empuk dan mudah dikonsumsi. Kari kambing adalah makanan yang disajikan dengan santan dan bumbu rempah yang sangat kuat sehingga meningkatkan cita rasanya sehingga makin lezat. Menu makanan ini biasanya disajikan saat buka puasa dan banyak wisatawan yang hunting makanan ini di kawasan Ampel untuk buka puasa.

4. Nasi Kebuli yang Mantap

Nasi Kebuli yang Mantap
jejakuliner.com


Nasi kebuli secara performa hampir mirip dengan nasi biryani yang merupakan makanan khas dari daerah yang sama. Keduanya di olah dengan cara dicampurkan antara nasi, bumbu rempah yang kuat, dipadukan dengan daging kambing yang empuk dan lezat. Nasi kebuli memiliki performa yang kekuningan dan menggunakan nasi beras seperti yang dikonsumsi di Indonesia pada umumnya, sedangkan untuk nasi biryani, beras yang dipakai berukuran lebih panjang.

5. Nasi Kabsah

Nasi Kabsah
baca.co.id


Kira-kira, di Indonesia, kita bisa menyebutnya nasi goreng. Nasi ini memiliki tampilan seperti menggunakan bahan tambahan kecap yang kecoklatan dengan rempah-rempah yang sederhana, sebut saja cabai, tobat, dan beberapa bumbu tambahan yang lain.
Uniknya, jika biasanya nasi goreng Indonesia disajikan sekaligus bersama suiran ayam yang sebelumnya di masak bersama, namun nasi kabsah berbeda. Nasi ini di masak sendiri terlebih dahulu yang selanjutnya ikan yang sudah di rebus di letakkan di bagian atasnya.

Baca juga :  Jalan Jalan Ke Surabaya? Cobain 10 Martabak Telur Enak di Surabaya

6. Gulai kambing

Gulai kambing
travelingyuk.com


Makanan khas Arab Saudi yang bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Ampel Surabaya adalah gulai kambing. Konon, gulai kambing yang saat ini juga menjamur di Indonesia adalah persebaran dari budaya arab terdahulu yang berisi irisan daging kambing yang dipadukan dengan santan dan bumbu rempah khas Arab yang kuat dan menambah nafsu makan.

7. Kofta

Kofta
onceuponachef.com


Anda penggemar bakso? Mencicipi kofta berarti Anda siap menjajal menu makanan bakso dengan cita rasa yang lain. Ya, kofta adalah bakso-nya timur tengah yang biasanya menggunakan bahan dasar kambinga atau domba. Sedikit yang membuatnya berbeda adalah kuahnya yang adalah kuah kari seperti yang banyak disajikan di negara asalnya. Boleh nih coba menu kofta yang layaknya bakso di Indonesia dengan kuah kari untuk menambah cita rasa nikmatnya makan bakso.

8. Bubur Harissa

Bubur Harissa
cookpad.com


Bubur yang cukup digemari oleh wisatawan lokal di kawasan Ampel adalah Bubur Harissa. cocok sekali bagi Anda yang ingin konsumsi makanan dengan tekstur yang lembut dan mudah ditelan. Bubur Harissa dibuat dari bahan dasar gandum yang sudah dihaluskan dengan tambahan daging kambing yang nikmat. Seperti pada menu masakan lain yang ada di Arab Saudi, bubur Harissa menggunakan bahan rempah yang kuat sehingga cita rasanya pun nendang.

9. Kurma susu

Kurma susu
chanelmuslim.com


Timur Tengah identik dengan buah kurmanya yang berkhasiat mengenyangkan dan menyehatkan. Buah kurma ini biasanya di konsumsi tiga biji sewaktu buka puasa sebagai bagian dari Sunnah Rasul. Nah, ada yang unik lho! Di kawasan Ampel Surabaya Anda akan menemukan minuman dengan bahan dasar kurma dan susu yang pastinya menyehatkan. Rasanya tidak terlalu manis sehingga Anda tidak perlu khawatir mengalami masalah dengan gula darah. Selepas mengonsumsi menu makanan khas Ampel, cocok sekali jika Anda menyempurnakannya dengan minuman nikmat yang satu ini.

Baca juga :  11 Makanan Khas Maldive Kombinasi Rasa Gurih

10. Roti Mariam

Roti Mariam
rotimaryamampel.blogspot.com


Kuliner enak di Ampel Surabaya yang saat sudah mulai banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia dan menjadi salah satu menu andalan di café-café adalah roti mariam. Roti ini memiliki rasa yang terbilang gurih dengan bentuknya yang pipih. Biasanya, roti mariam disajikan bersama dengan gula bubuk atau kuah kari sehingga cocok sekali sebagai menu buka puasa yang simpel. Anda bisa bereksplorasi dengan menambahkan selai kacang maupun selai coklat agar rasanya lebih mantap dan kuat.

Selain familiar dengan sebutan roti mariam, roti inipun biasa disebut dengan roti canai. Beberapa bahan utama yang digunakan antara lain adalah tepung terigu, mentega, air, telur ayam, dan garam. Dengan bahan-bahan yang sederhana itu, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk persiapan buka puasa bersama keluarga tercinta.


Kuliner enak di Ampel Surabaya adalah menu kuliner yang identik dengan menu khas Arab Saudi. Menu yang disajikan di kawasan tersebut tidak jauh dari menu khas Arab Saudi yang lekat dengan aroma rempahnya dengan bahan dasar makanan yang tidak jauh dari daging kambing. Lengkapnya varian kuliner di Ampel Surabaya menjadikannya tempat yang tepat bagi Anda untuk berlibur, berwisata religi dan sekaligus berwisata kuliner dengan menu makanan yang nendang abis.



Leave a Reply