10 Jajanan Khas Maluku Tawarkan Cita Rasa Lezat Dan Khas


Fida  December 22, 2020  0 Comments

Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati tempat wisata atau mencoba kuliner khasnya. Lezatnya berbagai masakan khas nusantara tentu sayang untuk Anda lewatkan. Saat berlibur ke daerah Maluku, berbagai kuliner atau jajanan khas yang ada di sana tentu wajib untuk Anda coba. Berikut 10Jajanan Khas Maluku yang wajib kamu coba

10 Jajanan Khas Maluku :

1. Sanole

Sanole
visitadonara.wordpress.com

Jajanan khas Maluku yang sayang untuk tidak Anda coba adalah sanole. Sanole merupakan jajanan khas Maluku yang memiliki bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa. Isian gula merah atau gula aren yang ada pada jajanan yang satu ini untuk menjadi daya tarik tersendiri. Selain manis, sanole juga memiliki cita rasa yang gurih pada adonannya.

Tampilan dari jajanan yang satu ini bisa dikatakan mirip dengan dadar gulung. Sanole juga memiliki sebutan lain yakni karu-karu. Anda akan merasakan sensasi gula yang meleleh di mulut saat menikmati jajanan yang satu ini.

Review kuliner

Bakso Mama I Pusat : Bakso Legendaris Jombang!

Jalan Jalan Seru Ke Kota Binjai, Sumatera Utara

2. Pisang Asar

Pisang Asar
cookpad.com

Salah satu jajanan khas Maluku yang sayang untuk Anda lewatkan adalah pisang asar. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang asar dibuat dengan cara mengolah pisang dengan dipanggang atau diasar di dalam oven.

Jajanan yang satu ini juga menggunakan pisang khusus sebagai bahan utamanya yakni pisang raja. Pisang asar biasa disajikan bersama teh atau kopi dan dihidangkan saat pagi hari.

Baca juga :  Keunikan Rasa 5 Minuman Khas Maluku Bikin Lidah Bergetar

3. Sagu Lempeng

sagu lempeng
food.detik.com

Pernah mendengar sebutan jajanan sagu lempeng? Sagu lempeng merupakan jajanan khas Maluku yang sayang untuk tidak Anda coba. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar tepung sagu. Proses pengolahan sagu lempeng dibuat dengan cara dibakar dalam cetakan khusus yang bernama forna. Cetakan tersebut terbuat dari tanah liat.

Sagu lempeng memiliki bentuk yang khas dan warna kecoklatan serta tekstur yang keras. Biasanya sebelum dinikmati jajanan yang satu ini terlebih dahulu harus dicelupkan dalam teh atau kopi. Sagu lempeng sangat mudah dijumpai dan disukai oleh orang dewasa di Maluku.

4. Kue Sagu atau Bagea

Kue Sagu atau Bagea
cantik.tempo.co

Berbicara tentang kuliner atau jajanan khas Maluku, tentu memiliki bahan dasar yang tidak jauh-jauh dari sagu. Salah satu jenis jajanan khas Maluku yang wajib Anda coba adalah kue sagu atau yang biasa disebut dengan bagea. Jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang keras dan berwarna coklat.

Kue sagu biasa dinikmati bersama teh hangat atau kopi panas saat pagi hari. Mencelupkan kue sagu ke dalam teh atau kopi menjadi sensasi seru kenikmatan tersendiri yang bisa Anda coba. Karena termasuk kue kering, kue sagu ini mampu bertahan lama dan biasa dipilih sebagai oleh-oleh.

5. Asida

asida
inibaru.id

Asida menjadi salah satu jajanan khas Maluku yang wajib Anda coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung terigu, gula merah atau gula aren, mentega yang dicairkan, bubuk kayu manis, dan sedikit kapulaga. Berbagai bahan tersebut dicampur dan diolah sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat pada jajanan asida.

Asida memiliki tampilan yang sangat menggugah selera. Teksturnya yang lembut dan kenyal menjadikan jajanan yang satu ini banyak dicari dan disukai oleh masyarakat Maluku.

Baca juga :  10 Rekomendasi kuliner Enak dan legendaris di Delhi

6. Roti Kering Kenari

roti kering kenari
egindo.co

Roti Kering Kenari menjadi salah satu jajanan khas Maluku yang banyak disukai oleh warga lokal maupun pendatang. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan roti tawar. Roti kering kenari memiliki tekstur yang kering karena dibuat dengan melalui proses pemanggangan. Tambahan cacahan kacang kenari dan gula pasir menghasilkan cita rasa semakin manis dan lezat saat dinikmati.

Jajanan yang satu ini biasa dihidangkan bersama dengan kopi panas. Meskipun tidak menggunakan pengawet, roti kering kenari bisa bertahan hingga satu bulan lamanya. Tidak jarang juga roti kering kenari dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jajanan yang satu ini tentu akan dengan mudah Anda jumpai saat berada di daerah Maluku.

7. Talam Sagu Bakar

Talam Sagu Bakar
journal.momotrip.co.id

Sagu bakar merupakan salah satu jajanan khas Maluku yang dibuat dengan bahan dasar tepung sagu. Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa yang khas dan cenderung manis. Ada cukup banyak bahan yang digunakan untuk membuat jajanan yang satu ini diantaranya tepung sagu, kacang kenari, kacang brenebon, santan, dan gula pasir.

Talam sagu bakar diolah dengan cara dibakar sebelum dinikmati. Jika rasa dan tampilan yang menggugah selera menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat berada di Maluku.

8. Sagu Tumbuk

Sagu Tumbuk
daerahkita.com

Sagu Tumbuk merupakan salah satu jajanan khas Maluku yang juga biasa disebut dengan Paumido. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini menggunakan bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan berbagai bahan seperti gula merah dan kenari. Cita rasa gurih jenis serta tekstur yang renyah menjadikan jajanan yang satu ini banyak dicari oleh semua kalangan.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak di Chiang Mai Wajib Coba

Cara pembuatan jajanan yang satu ini adalah dengan cara ditumbuk. Anda akan bisa dengan mudah menjumpai jajanan sagu tumbuk saat ada acara besar seperti hari raya atau acara perayaan lainnya. Karena bentuknya yang cukup unik, sagu tumbuk menjadi salah satu jajanan yang paling banyak diminati oleh anak-anak.

9. Gogos Ikan

Gogos Ikan
tokopedia.com

Gogos ikan merupakan salah satu jajanan khas Maluku yang jika dilihat sekilas memiliki bentuk mirip dengan jajanan lemper. Hal yang membedakan gugus ikan dengan lemper adalah isiannya. Jika biasanya lemper diisi dengan suwiran ayam, namun gogos ikan menggunakan suwiran ikan sebagai isiannya. Suwiran ikan yang telah dibumbui tentu menawarkan cita rasa lezat dan gurih.

Di Maluku, gogos ikan biasa dinikmati saat sore hari bersama dengan secangkir kopi panas atau teh hangat. Bungkusnya yang menggunakan daun pisang juga menghasilkan cita rasa jajanan yang satu ini semakin sedap saat dinikmati.

10. Kopi Sibu Sibu

Kopi Sibu Sibu
merahputih.com

Salah satu jajanan khas Maluku yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Kopi Sibu Sibu. Hidangan yang satu ini merupakan minuman yang berasal dari biji kopi robusta yang telah dihaluskan dengan cara tradisional khas Maluku. Adanya tambahan bubuk cengkeh pada hidangan yang satu ini tentu menambah aroma sedap dan cita rasa yang khas. Taburan biji kenari juga menjadi salah satu ciri khas Kopi Sibu Sibu khas Maluku ini.

Nah, di atas merupakan 10 jajanan khas Maluku yang sayang untuk Anda lewatkan. Jajaran manakah yang paling menggugah selera dan paling ingin Anda coba?



Leave a Reply

One Response
  1. Boboko Snack says:

    Bisa gak sih untuk lidah orang Sunda?