8 Pemakaman Terkenal di Dunia, Kunjungi yuk!


Jehan  January 3, 2023  0 Comment

Ternyata ada beberapa pemakaman terkenal di dunia yang seringkali menjadi tujuan para turis saat melancong loh. Tentunya bangunan dari pemakaman terkenal tersebut memiliki bentuk yang unik. Tidak hanya itu saja, makam yang menjadi monumen tersebut memiliki keistimewaan kisah dibalik kemegahannya.

Apa saja dan di mana saja pemakaman terkenal di dunia yang sering menarik perhatian para turis? Yuk, kenali dari ulasan dari GoTravelly di bawah ini!

Pemakaman terkenal di dunia:

1. Taj Mahal

taj mahal
usplash.com

Taj Mahal adalah musoleum yang sangat terkenal di Agra, India. Selain itu, Taj Mahal juga menjadi salah satu pemakaman terkenal di dunia. Bangunan ini dikenal sebagai simbol kenangan dari seorang kaisar bernama Shah Jahan kepada sang istri, Mumtāz Mahal yang dicintainya.

Taj Mahal yang indah dan cantik ini dibangun tidak dalam waktu yang singkat. Tepatnya pada tahun 1631 M pembangunan kompleks Taj Mahal dimulai. Lalu ruang makam utama diselesaikan pada tahun 1648 M. Terakhir, penyelesaian dari pembangunan beserta taman Taj Mahal diselesaikan pada tahun 1653 M.

Hingga saat ini, bangunan makam yang luas dan megah Taj Mahal masih dalam kondisi terawat dengan baik. Bangunan yang memiliki keseluruhan lapisan marmer berwarna putih ini menjadi salah satu monumen romantis yang masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Sepanjang tahun Taj Mahal menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi oleh para turis mancanegara saat berkunjung ke India. Taj Mahal akan menjadi salah satu ikonik yang mengajak pengunjungnya ke dalam visualisasi indah dari sebuah arsitektural.

2. Rock City Petra

rocky city petra
unsplash.com

Rock City Petra adalah salah satu keindahan seni ukir tangan manusia yang terletak di Yordania. Rock City Petra mencakup beberapa bagian, seperti gua, kuil, dan makam yang sangat mengesankan dan luar biasa.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi Berkesan

Apa yang ada di Rock City Petra ini seakan menjadi salah satu peradaban yang tersimpan di dunia sejak 2.000 tahun yang lalu. Penduduk asli dari kota ini adalah suku Nabatean, mereka adalah orang gurun nomaden yang kaya dengan cara berdagang dupa.

Rocky City Petra menjadi sebuah fenomena mengaggumkan yang luar biasa. Fasad yang terlihat dari konstruksi mereka menunjukkan sebuah ornamen yang sangat fantastis dan tidak biasa, terlebih ini diukir dari atas ke bawah. Menakjubkan, bukan?

3. Valley of the King

valley of the king
unsplash.com

Valley of the King atau yang dikenal dalam Bahasa Arab dengan Wādi Al-Mulūk ini merupakan salah satu bangunan musoleum mewah yang berada di sisi barat sungai Nil di Mesir. Valley of the King menjadi bagian dari kota kuno Thebes, tempat di mana raja firaun dari dinasti 18 hingga Ramses X dimakamkan.

Lebih dari 60 makam kerajaan di Valley of the King ini adalah makam Tutankhamen yang terkenal. Sejak tahun 1979 Valley of the King telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Pemakaman terkenal di dunia ini memiliki dinding yang dipahat dengan lukisan yang berkisah. Lukisan-lukisan pahatan tersebut menggambarkan kisah dari raja yang meninggal. Bangunan yang masuk ke dalam bawah tanah ini memiliki arsitekturial yang luar biasa dan menakjubkan.

4. Terracotta Army

terracotta army
unsplash.com

Terracotta Army merupakan salah satu Mausoleum kaisar pertama Dinasti Qin 221 SM yang terletak di kota Xi’an, China. Makam Terakota pasukan kaisar telah digali dan menjadi salah satu wisata terbaik dari Tiongkok.

Di Terakota terdapat tiga lubang berisi tentara sebanyak lebih dari 8.000. Tidak hanya itu saja, ada 130 kereta dengan 520 kota dan 150 uda kavaleri yang sebagian besar masih terkubur.

Baca juga :  10 Festival Unik yang Hanya Dijumpai di Inggris dan Sangat Menarik

Pemandangan dari Terracotta Army ini terlihat sangat misterius karena patung-patung dari pasukaan dan benda lainnya dibuat dengan sangat apik. Bahkan bentuk rambut, ekspresi dari detail wajah dibuat sangat teliti.

Sehingga saat melihatnya, pengunjung seakan sedang melihat pemandangan realistis dari pasukan tentara yang sedang berdiri tegak dan menghadap dalam satu arah. Meskipun warna-warni dari pernis patung dan benda di sana memudar, tetap saja Terracotta Army terlihat sangat menawan.

5. Shah-i-Zinda

shah-i-zinda
flickr.com

Shah-i-Zinda merupakan pekuburan besar dari satu kota kuno yang terletak di Samarkand, Uzbekistan. Bangunan ini menjadi situs terkenal yang menyimpan kisha sejarah abad ke-14. Shah-i-Zinda menjadi makam yang memiliki bentuk serupa istana dengan gaya arsitektural khas Asia Tengah.

Bangunan ini merupakan kompleks peristirahatan dari saudara Nabi Muhammad. Kompleks dari Shah-i-Zinda adalah tempat ziara suci yang dijaga sehingga para pengunjung harus mengikuti aturan kunjungan dengan berpakaian sopan yang tertutup. Shah-i-Zinda menjadi salah satu pemakaman terkenal di dunia yang memiliki desain interior indah dari ubin-ubin menakjubkan.

Baca Juga:

Simak, 7 Gua Menyeramkan di Dunia

Cari Tahu di Sini 10 Danau Terbesar di Dunia!

6. Shirvanshahs

424
flickr.com

Shirvanshahs merupakan salah satu mahakarya arsitektur abad XV yang merangkul kemuliaan budaya, sains dan seni. Hampir 500 monumen bersejarah berdiri di wilayah tersebut.  

Shirvanshahs terdiri dari bangunan masjid Istana, karavan, makam Seyid Yahya Bakuvi, reruntuhan masjid Key Gubad, makam keluarga Shirvanshah serta kompleks pemandian. Istana ini dibangun pada abad ke-14 dan diikuti oleh Shirvanshah selanjutnya.

Shirvanshahs memiliki struktur bangunan dari batu kapur Badamdar lokal. Bangunan yang berdiri di Shirvanshahs terpasang dengan bata yang seimbang dan teratur. Jika berkunjung ke Shirvanshahs, pengunjung akan disajikan sebuah gambaran mengenai kehidupan saat masa kerajaan berlangsung yang dipantulkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.

Baca juga :  Sewa Motor di Jogja Bisa antar jemput ke lokasi

7. Pemakaman Njegoš

njegos
unsplash.com

Njegoš merupakan sebuah tempat peristirahat terakhir Petar II Petrović-Njegoš. Ia adalah seorang pangeran dan penyair ternama dari Montenegro. Makam Njegoš berdiri tegak di Gunung Lovćen.

Pemandangan dari Njegoš adalah salah pemakamn terkenal di dunia yang memiliki lanskap puncak menakjubkan. Makam Njegoš ini dipahat oleh seorang seniman Kroasia bernama Ivan Meštrovic. Mausoleum Petar II Petrović-Njegoš ini selesai dibangun pada tahun 1971.

Pemakaman Njegoš menjadi salah satu makam yang cukup popular karena lokasinya yang tidak biasa, tepat diujung tebing. Siapa saja tentu dibuat terpukau dengan panorama dari atas gunung secara keseluruhan.

Selain memiliki lanskap indah, pemakaman Njegoš juga menjadi makam tertinggi di dunia, letaknya ada di ketinggian sekitar 1.675 meter. Pemandangan dari Njegoš ini dikelilingi oleh tembok batu tinggi di mana pada bagian tenghany terdapat sebuah atrium dan sumur.

Bagian depan dari Njegoš akan terlihat sebuah pintu yang dijaga oleh patung caryatid yang mengenakan kostum tradisional miliki Montenegro. Masuk ke dalamnya, terdapat sebuah ruang bawah tanah dengan ubin emas. Bagian yang menjadi ikonik dari Njegoš ini ada di lantai bawah, di mana replika Njegoš terduduk dengan seekor elang bertengger dibahunya serta sebuah buku terbuka di atas pangkuannya.

8. Naqsh-e Rostam

naqsh-e rostam
unsplash.com

Naqsh-e Rostam adalah salah satu keajaiban dunia kuno, di mana menjadi makam dari raja-raja Achaemenid Persia. Bangunan yang berwarna senada ini memiliki ukiran relief yang sangat indah yang terletak di Fars, Iran. Naqsh-e Rosta menjadi salah satu pemakaman terkenal di dunia dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Struktur bangunan dengan ukiran yang luar biasa menjadi salah satu daya Tarik dari Naqsh-e Rosta. Tempat ini menjadi monumen luar biasa yang akan mengajak siapa masuk ke dalam kilas balik sejarah dari Naqsh-e Rostam.



Leave a Reply