6 Makanan Khas Soppeng Yang Wajib Banget Kamu Coba


Fida  December 5, 2021  0 Comment

Kawasan Soppeng yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan tidak hanya dikenal dengan budayanya yang sangat beragam. Kawasan yang satu ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya itu, banyaknya pilihan makanan khas Soppeng juga sangat menarik untuk kamu coba. Tidak perlu bingung, berikut daftar 6 rekomendasi makanan khas Soppeng yang bisa kamu cicipi.

1. Jalangkote

jalangkote
sulsel.idntimes.com

Beberapa dari kamu sudah tidak asing dengan sebutan makanan jalangkote. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Soppeng yang menarik untuk kamu coba. Jika dilihat sekilas, jalangkote memang memiliki bentuk menyerupai jajanan pastel. Tidak hanya bentuknya saja yang mirip, tetapi juga ukiran di bagian pinggirnya.

Bisa dilihat lebih jeli lagi, jalangkote dan pastel sebenarnya memiliki tampilan yang berbeda. Kulit jalangkote dikenal lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit pastel. Selain itu, kulit jalangkote juga lebih bergelombang jika dibandingkan dengan kulit pastel yang halus. Kulit yang bergelombang tersebut disebabkan oleh adanya tambahan minyak panas pada adonan kulit.

Makanan yang satu ini memiliki isian bihun, kentang, dan juga wortel. Sebelum digunakan sebagai isian jalangkote, bahan-bahan tersebut terlebih dahulu dimasak dan diberi bumbu hingga cita rasa yang lezat. Agar lebih menarik dan menggugah selera, jalangkote biasa ditambahkan dengan isian telur rebus.

Salah satu rekomendasi makanan khas Soppeng ini juga semakin kekinian dengan adanya tambahan isian berupa daging asap serta mayonaise. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur daging yang empuk serta cita rasa lezat dan menggugah selera. Sensasi menikmati jalangkote yang renyah di luar dan lembut di dalam tentu membuat siapapun ketagihan. Hidangan yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan cuka dan cabai.

Gotravelly

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Kenikmatan Coto Makassar Kuliner Yang Sudah Mendunia

2. Gogoso

gogoso
tribunnewswiki.com

Rekomendasi makanan khas Soppeng selanjutnya yang menarik untuk kamu coba adalah gogoso. Makanan yang satu ini merupakan hidangan tradisional yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke kawasan Soppeng. Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan lemper.

Selain tampilannya yang mirip, gogoso ternyata juga memiliki bahan yang tidak jauh berbeda dengan lemper. Jajanan ini biasa disajikan saat acara besar seperti lebaran. Beberapa gogoso disajikan tanpa menggunakan isian, sedangkan beberapa lainnya memiliki isian.

Isian yang digunakan untuk membuat gogoso diantaranya abon ayam atau sapi sebagai pengganti daging ikan tongkol. Jajanan yang satu ini dikenal memiliki proses pembuatan yang unik. Gogoso juga memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, makanan yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Meskipun dikenal sangat khas, tetapi tidak perlu khawatir karena makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau.

3. Songkolo Bagadang

songkolo bagadang
eljohnews.com

Rekomendasi makanan khas Soppeng selanjutnya adalah songkolo bagadang. Makanan yang satu ini biasa disajikan saat malam hari tiba. Beberapa orang juga menyebut kuliner ini dengan sebutan sokko. Sokko dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan.

Dalam satu porsi menu songkolo bagadang, kamu akan dimanjakan dengan beberapa isian diantaranya sambal, ikan kering, dan juga parutan kelapa goreng. Jenis ketan yang digunakan untuk bahan dasar makanan ini adalah ketan hitam. Teksturnya yang pulen dan berpadu dengan gurihnya lauk menjadikan makanan yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke daerah Soppeng.

Beberapa lauk yang ditawarkan memang memiliki cita rasa khas masing-masing yang sayang untuk tidak dicoba. Parutan kelapa goreng memiliki perpaduan rasa yang manis dan gurih. Tidak hanya itu, ikan teri kering yang digunakan juga memiliki tekstur yang renyah serta aroma yang menggugah selera. Karena kelezatannya, tidak heran jika salah satu makanan khas Soppeng ini banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Soppeng.

4. Pisang Epe

pisang epe
food.detik.com

Saat ingin mencoba salah satu dari banyaknya makanan khas Soppeng, pisang epe menjadi rekomendasi yang sangat menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama buah pisang. Pisang yang dipilih adalah jenis pisang raja. Makanan ini sudah sangat populer dan menjadi menu dessert andalan bisa kamu jumpai saat datang ke Soppeng.

Pisang epe dibuat proses yang cukup sederhana dan tidak rumit. Pisang terlebih dahulu dipipihkan kemudian dibakar. Setelah melalui proses pembakaran, pisang yang telah matang kemudian ditambahkan dengan saus yang dibuat dengan bahan utama gula merah.

Bagi pecinta hidangan dengan rasa manis, pisang epe tentu sangat menarik untuk kamu coba. Teksturnya yang khas juga sayang untuk kamu lewatkan. Pisang epe memiliki tampilan serta aroma yang sangat menggugah selera sehingga membuat siapapun tertarik untuk mencobanya. Jajanan yang satu ini juga biasa ditambahkan dengan toping meses atau keju. Tidak hanya itu, beberapa pisang epe juga bisa dijumpai dengan berbagai macam toping seperti durian dan matcha.

5. Kapurung

kapurung
liputan6.com

Kapurung dikenal sebagai salah satu makanan khas Soppeng yang sangat mudah dijumpai. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama sagu yang ditambahkan dengan berbagai sayuran segar. Berapa sayuran yang dipilih untuk membuat kapurung di antaranya kacang panjang, jantung pisang, tomat, bayam, serta terong bulat. Adanya tambahan seperti udang dan ikan teri tentu menjadikan kuliner ini semakin menggugah selera.

Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memang tampak mirip dengan pugalu atau begalu, tetapi sebenarnya berbeda. Hal yang membedakan adalah bumbunya. Adanya tambahan bumbu patikala menjadikan kapurung memiliki cita rasa yang khas. Patikala dikenal memiliki rasa yang segar dan khas. Kuliner yang satu ini biasa disajikan saat acara kumpul-kumpul. Kapurung menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu coba saat ingin menikmati salah satu lezatnya makanan khas Soppeng.

6. Nasu Palekko

Makanan Khas Soppeng
cookpad.com

Nasu palekko juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi makanan khas Soppeng yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu kuliner khas suku Bugis yang banyak membuat wisatawan penasaran sekaligus ketagihan setelah mencobanya.

Nasu palekko dibuat dengan menggunakan bahan utama daging bebek. Daging bebek yang telah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil kemudian ditambahkan dengan bumbu khusus. Sebelum diolah, daging bebek terlebih dahulu ditambahkan dengan cuka serta jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Hidangan yang satu ini biasa disajikan dengan cita rasa pedas.

Selain memiliki rasa yang lezat, nasu palekko juga memiliki tampilan serta aroma yang sangat menggugah selera. Berkunjung ke kawasan Soppeng, tentu tidaklah susah untuk mencari kuliner nasu palekko. Tertarik untuk mencobanya?



Leave a Reply