7 Wisata Untuk Backpacker di Jogja


Fida  February 21, 2023  0 Comment

Jogja dikenal sebagai salah satu kawasan yang menawarkan banyaknya destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Jogja kerap dipilih sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan dari berbagai daerah. Saat sedang berlibur ala backpacker, tidak ada salahnya jika kamu datang ke beberapa pilihan wisata backpacker Jogja. Kamu dapat mengunjungi air terjun, bukit, waduk, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja wisata backpacker Jogja yang menarik untuk didatangi? Berikut daftarnya. 

Wisata Backpacker Jogja :

1. Air Terjun Kedung Pedut

air terjun kedung pedut
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu destinasi wisata backpacker Jogja yang bisa kamu datangi di kawasan Dusun Kembang, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Wisata alam yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan menakjubkan. Pengunjung akan dimanjakan dengan adanya air terjun dengan aliran air yang deras.

Saat berada di Air Terjun Kedung Pedut, pengunjung dapat melihat langsung adanya dua aliran air terjun. Warnanya yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri. Satu air terjun berwarna biru jernih, sedangkan satu lainnya berwarna tosca. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati indahnya panorama, tetapi juga dapat bermain air hingga berenang di bawah aliran air terjun. 

Di Air Terjun Kedung Pedut, kamu juga dapat mencoba permainan yang lebih menantang yakni flying fox. Destinasi wisata yang satu ini cocok didatangi bagi kamu pecinta alam serta kamu yang suka backpacker-an!

2. Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Selain dikenal menyuguhkan banyaknya wisata air terjun, Jogja juga dikenal memiliki banyak wisata hutan pinus. Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu destinasi wisata backpacker Jogja yang sangat menarik untuk kamu datangi. Bagaimana tidak, Hutan Pinus Mangunan menawarkan suasana yang masih sangat alami. Panorama yang indah dan menakjubkan juga menjadikan wisata ini kerap menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur. 

Baca juga :  Jelajahi Pesona 7 Pulau Indah di Bali Bikin Pingin Balik Lagi

Hutan Pinus Mangunan berlokasi di kawasan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke kawasan wisata ini, pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kendaraan umum yang melintasi kawasan Hutan Pinus Mangunan. Jalan yang terbilang cukup menantang juga menjadikan wisata ini cocok dikunjungi bagi kamu yang suka backpacker-an.

Hutan Pinus Mangunan tentu sangat cocok untuk didatangi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Tidak lupa, Hutan Pinus Mangunan juga dilengkapi dengan banyaknya spot menarik dan instagramable. Saat berlibur ala backpacker di Jogja, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, ya!

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk pasir parangkusumo
idntimes.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo bukan? Destinasi wisata yang satu ini tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Gumuk Pasir Parangkusumo juga cocok didatangi bagi kamu yang sedang berburu wisata backpacker Jogja. 

Sesuai dengan sebutannya, wisata Gumuk Pasir Parangkusumo menyuguhkan adanya gundukan pasir alami yang luas. Keindahan alam dengan sajian panorama layaknya padang gurun ini berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. 

Karena panorama alamnya yang indah, tidak jarang gumuk pasir dipilih sebagai tempat untuk melakukan sesi foto seperti prewedding. Kamu dapat mengunjungi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo di kawasan Parangtritis, Kabupaten Bantuk, Yogyakarta. Konon, keindahan gunungan pasir ini hanya dapat kamu jumpai di dua tempat yakni di Jogja dan Meksiko. Menarik sekal, ya?  

4. Bukit Bintang

bukit bintang
travelspromo.com

Selain menawarkan wisata berupa air terjun, hutan pinus, hingga gumuk pasir, kamu juga dapat mengunjungi indahnya perbukitan saat berada di Jogja. Salah satu wisata bukit yang populer di Jogja adalah Bukit Bintang. Tidak jarang wisata ini juga didatangi sebagai tujuan wisata backpacker Jogja. 

Baca juga :  10 Mall di Jogya Biasa Dikunjungi Wisatawan Untuk Mencari Oleh-Oleh

Sesuai dengan sebutannya, Bukit Bintang dikenal menyuguhkan indahnya pemandangan kemerlip bintang jika dikunjungi saat malam hari. Pemandangan lampu kota yang dinikmati dari ketinggian juga tampak sangat indah dan menakjubkan. Dengan suasana yang khas, Bukit Bintang tentu menjadi wisata backpacker Jogja yang tidak boleh dilewatkan. 

Untuk mengunjungi wisata ini, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kamu tidak perlu khawatir karena pengunjung tidak akan dikenakan biaya untuk masuk dan menyusuri kawasan wisata Bukit Bintang.

5. Malioboro

malioboro
yogyes.com

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi wisata backpacker Jogja tetapi tidak ingin jauh jauh dari pusat kota, kamu dapat menyusuri kawasan Malioboro. Kawasan ini tentu sudah tidak asing di kalangan wisatawan, bahkan sudah menjadi salah satu ikon wisata di Jogja. 

Kamu dapat menyusuri Malioboro sembari berbelanja maupun menikmati berbagai kuliner khas Jogja. Tidak hanya itu, di kawasan Malioboro juga terdapat banyak penginapan khusus backpacker yang cocok kamu pilih sebagai tempat bermalam. Lengkap sekali bukan? 

Malioboro juga menjadi tujuan tepat bagi kamu para backpacker untuk berburu oleh oleh sebelum pulang. Ada banyak pilihan oleh oleh yang ditawarkan seperti kaos khas Jogja, miniatur, batik, blangkon, hingga aksesoris dan pernak pernik lainnya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. 

6. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
travelspromo.com

Tidak kalah menarik dengan wisata backpacker Jogja lainnya, kamu juga dapat mengunjungi indahnya Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun yang satu ini dikenal menyuguhkan indahnya panorama. Perairan yang jernih juga sangat memanjakan mata. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu menaiki rakit. Perjalanan yang cukup menantang tentu menjadi pengalaman mengesankan bagi kamu pecinta backpacker. 

Baca juga :  Pesona 7 Danau di Jogja dengan Keindahan Memikat

Baca juga :

14 Oleh Oleh Makanan Khas Jogja Wajib Bawa

Air Terjun Sri Gethuk beralamat di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Setibanya di lokasi, pemandangan indah serta suasana yang masih sangat alami akan menyambut kedatanganmu. Selain aliran air yang deras dan jernih, kamu juga akan dimanjakan dengan adabnya tebing dan pepohonan di sekitar air terjun. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat. 

7. Waduk Sermo

waduk sermo
sikidang.com

Satu lagi rekomendasi wisata backpacker Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Waduk Sermo. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan waduk yang telah dibuat sejak 1994 ini tak lekang oleh waktu. Waduk Sermo atau Bendungan Sermo telah diresmikan pada 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto. 

Baca juga :

6 Gelato Enak di Jogja Yang Segarkan Harimu

Di kawasan waduk ini, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan keindahan alam, tetapi juga fasilitas lengkap. Beberapa fasilitas yang ditawarkan diantaranya gazebo sebagai tempat beristirahat, toilet, musholla, hingga camping ground yang luas. Bagi kamu yang suka backpacker, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sensasi bermalam dengan mendirikan tenda di kawasan waduk ini. 

Baca Juga :

7 RedDoorz Jogja Dekat Malioboro, Strategis loh!

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata backpacker Jogja yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Dari daftar di atas, tempat wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi saat backpacker ke Jogja?



Leave a Reply