14 Oleh Oleh Makanan Khas Jogja Wajib Bawa


Fida  September 19, 2022  0 Comment

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Oleh karena itu, maka tidak heran jika Yogyakarta banyak didatangi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu berlibur. Tidak hanya dapat berkunjung ke berbagai destinasi wisata, pengunjung juga dapat memutuskan untuk berburu oleh-oleh khas Jogja sebelum pulang. Terdapat berbagai pilihan oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang, salah satunya berupa makanan. Tidak perlu bingung, inilah daftar 14 rekomendasi oleh oleh makanan khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bakpia

bakpia
anekawisata.com

Saat ingin membawa pulang salah satu oleh oleh makanan khas Jogja, beberapa dari kamu tentu akan teringat dengan bakpia. Bakpia merupakan salah satu makanan yang dikenal sangat khas dan dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Yogyakarta. Makanan yang satu ini juga dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1948.

Di Jogja, kamu dapat menjumpai banyaknya pilihan gerai bakpia yang populer seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, dan masih banyak lagi. Selain cita rasanya yang lezat dan menggugah selera, berbagai bakpia juga dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga memudahkan jika dipilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa manis yang khas. Bakpia khas Jogja biasa dijual dengan harga sekitar Rp 25.000,- per kotak. Oleh-oleh makanan khas Jogja yang satu ini tentu wajib untuk kamu bawa pulang setelah berlibur ke Yogyakarta.

Gotravelly

Bakpia Pathok 25 : Oleh-Oleh Yang Harus Banget Dibeli Saat Ke Jogja!

Mamahke Jogja: Cafe Cozy Ala Keraton Di Tengah Kota Jogja

2. Bakpia Kukus

bakpia kukus
gofood.link

Bakpia kukus juga menjadi salah satu varian bakpia yang banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Bakpia kukus dikenal sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Jogja yang menarik untuk dibawa pulang.

Sesuai dengan namanya, bakpia yang satu ini diolah dengan cara dikukus sebelum disajikan. Tekstur rotinya yang lembut serta isiannya yang meleleh menjadikan makanan ini banyak disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain disajikan dengan cita rasa lezat serta tekstur yang khas, Bakpia Kukus juga memiliki kemasan yang menarik sekaligus higienis. Bakpia dibungkus menggunakan plastik satu persatu, kemudian dimasukkan ke dalam kardus. Bakpia kukus khas Jogja juga memiliki harga yang sangat beragam tergantung jumlah isian pada kemasan. Makanan yang satu ini menjadi salah satu rekomendasi tepat yang dapat kamu bawa pulang setelah menghabiskan waktu berlibur di Yogyakarta.

3. Yangko

yangko
kumparan.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai pilihan oleh-oleh makanan khas Jogja lainnya, yangko juga menjadi salah satu oleh oleh yang tidak boleh kamu lewatkan. Yangko dikenal sebagai salah satu makanan khas Yogyakarta yang dibuat menggunakan bahan utama tepung ketan.

Saat mencoba makanan yangko, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang kenyal serta rasa manis. Kamu dapat menikmati lezatnya isian yangko yang dibuat dari campuran cincangan kacang. Makanan yang satu ini juga diberi baluran tepung ketan saat disajikan sehingga sangat mirip dengan kue mochi asal Jepang.

Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berkunjung ke Yogyakarta, yangko banyak juga banyak diburu sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja yang menarik untuk dibawa pulang. Kamu dapat membeli makanan ini di berbagai toko oleh-oleh di Jogja. Yangko dijual dengan kemasan praktis dan menarik serta memiliki harga yang cukup terjangkau. Saat berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya kue yang mirip dengan kue mochi ini.

4. Geplak

geplak
kompas.com

Pernah mendengar sebutan makanan geplak? Geplak merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah kamu jumpai di daerah Bantul Yogyakarta. Tidak hanya cocok dinikmati sebagai camilan, geplak juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja untuk dibawa pulang.

Makanan dengan tampilan unik ini dibuat menggunakan bahan utama parutan kelapa serta gula pasir atau gula jawa. Saat mencoba geplak, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang khas. Tampilannya yang berwarna-warni juga menjadikan makanan ini semakin menarik untuk dicoba.

Untuk mencoba lezatnya geplak, kamu dapat menuju ke pasar tradisional atau toko oleh-oleh yang ada di Jogja. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau serta memiliki kemasan yang praktis dan menarik sehingga cocok untuk kamu bawa pulang. Cita rasanya yang manis dan lezat menjadikan geplak sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

5. Geblek

geblek
solopos.com

Tidak hanya geplak, geblek juga menjadi salah satu makanan yang wajib kamu coba coba saat berada di Yogyakarta. Makanan yang satu ini juga tidak jarang dipilih sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja yang banyak diburu oleh wisatawan.

Geblek merupakan makanan khas Kulon Progo yang dibuat menggunakan sari singkong sebagai bahan utamanya. Tampilannya yang khas dan unik menjadikan jajanan ini sayang untuk kamu lewatkan saat berada di Yogyakarta. Jajanan yang satu ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat. Cita rasa khas dan lezat yang ditawarkan tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Geblek dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Jogja. Kamu tentu tidak perlu khawatir karena makanan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu dapat menikmati geblek sebagai camilan saat bersantai, maupun dipilih sebagai tambahan lauk saat makan.

6. Tiwul

tiwul
bukalapak.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan tiwul bukan? Tiwul menjadi makanan yang dapat dengan mudah dijumpai di berbagai daerah, salah satunya Yogyakarta. Makanan yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja untuk dibawa pulang.

Tiwul tersedia dalam kemasan yang praktis dan menarik sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah berlibur. Hidangan yang satu ini merupakan makanan pokok pengganti nasi yang dibuat dengan bahan ketela pohon atau singkong.

Tiwul instan menjadi salah satu varian tiwul yang diburu oleh wisatawan. Kamu dapat membeli tiwul instan di berbagai toko oleh-oleh di Jogja. Selain itu, terdapat beberapa pilihan kata yang dapat kamu coba.

Meskipun menjadi makanan yang cukup legendaris dan banyak diburu, tiwul tetap dijual dengan harga yang terjangkau. Makanan yang satu ini berhasil membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Tekstur serta cita rasanya yang unik dan khas menjadikan makanan ini sangat spesial dan cocok kamu pilih sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja untuk dibawa pulang.

7. Gudeg Kaleng

gudeg kaleng
jogja.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh makanan khas Jogja berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah olahan gudeg kaleng. Jika biasanya gudeg disajikan di warung makan, tetapi saat ini kamu juga dapat menjumpai gudeg yang dijual dalam kemasan kaleng seperti sarden.

Gudeg kaleng tentu mampu bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan gudeg pada umumnya. Gudeg kaleng juga dikenal sangat praktis dan menarik sehingga berhasil membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya.

Cita rasa yang ditawarkan oleh gudeg kaleng juga sangat lezat dan menggugah selera. Makanan yang satu ini dapat kamu beli untuk dibawa pulang dan dinikmati sembari merindukan kota Yogyakarta. Kamu dapat membeli gudeg kaleng di toko oleh-oleh maupun tempat makan.

8. Oseng Mercon Kaleng

oseng mercon kaleng
shopee.co.id

Selain gudeg kaleng, kamu juga dapat membeli oseng mercon kaleng sebagai salah satu oleh oleh makanan khas Jogja. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini menyuguhkan lezatnya oseng mercon yang dijual dengan kemasan kaleng. Bagi kamu pecinta pedas, oseng mercon khas Jogja tentu tidak boleh kamu lewatkan.

Oseng mercon dibuat menggunakan beberapa bahan diantaranya daging sapi serta cabai. Kamu dapat membeli oseng mercon kaleng di berbagai toko oleh-oleh di Jogja atau di warung makan. Satu kaleng oseng mercon biasa dijual dengan harga sekitar Rp 45.000,-.

Kemasan yang praktis dan menarik menjadikan oseng mercon kaleng dapat kamu pilih sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Jogja yang cocok untuk dibawa pulang. Oseng mercon agar lebih lezat jika dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Menarik sekali bukan?

9. Peyek Tumpuk

peyek tumpuk
jogjakita.co.id

Beberapa dari kamu tentu masih asing dan bingung dengan sebutan peyek tumpuk bukan? Peyek tumpuk merupakan salah satu oleh oleh makanan khas Jogja yang populer dan menarik untuk dibawa pulang. Sebutan peyek yang satu ini dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1975. Peyek yang satu ini pertama kali dibuat oleh Mbok Tumpuk.

Jika biasanya peyek disajikan dengan bentuk yang pipih, tetapi tidak dengan peyek tumpuk yang satu ini. Peyek tumpuk berbentuk bulat dan tidak pipih sehingga dikenal unik dan berbeda dengan peyek pada umumnya. Kamu dapat mencoba lezatnya peyek tumpuk di berbagai toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Jogja. Bagaimana, unik sekali bukan?

10. Keripik Belut

keripik belut
food.detik.com

Jika ingin mencoba salah satu oleh oleh makanan khas Jogja, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu keripik belut. Keripik belut dikenal sebagai salah satu camilan yang sekaligus banyak diburu sebagai oleh-oleh bagi wisatawan. Keripik yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Jogja.

Sesuai dengan namanya, keripik belut dibuat menggunakan bahan utama belut yang sudah diolah hingga menghasilkan cita rasa yang gurih serta tekstur yang krispi. Makanan yang satu ini disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Camilan keripik belut biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Tidak hanya cocok dinikmati sebagai teman bersantai, keripik belut juga cocok ditambahkan sebagai lauk saat makan. Saat berkunjung ke Jogja, keripik belut menjadi pilihan oleh oleh makanan tepat yang bisa kamu coba.

11. Cokelat Monggo

cokelat monggo
telisik.id

Rekomendasi oleh oleh makanan khas Jogja berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Cokelat Monggo. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan coklat yang satu ini bukan?

Cokelat Monggo merupakan merk coklat yang populer di Jogja dan dibuat menggunakan biji coklat premium asli Indonesia. Coklat yang satu ini juga dibuat oleh ahli coklat asal Belgia.

Jika penasaran, kamu dapat langsung menuju ke sentra pusat industri Cokelat Monggo yang terletak di Jalan Tugu Gentong RT 3, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Coklat yang satu ini sangat menarik dan cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga, kerabat, maupun anak-anak di rumah.

12. Walang Goreng

walang goreng
tokopedia.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan walang goreng? Walang goreng merupakan salah satu makanan yang dapat kamu coba saat berkunjung ke Yogyakarta. Walang goreng juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh oleh makanan khas Jogja yang menarik untuk dibawa pulang.

Tidak jarang walang goreng juga disebut sebagai kuliner ekstrem karena dibuat menggunakan bahan utama belalang. Belalang diolah dengan cara digoreng hingga kering dan tidak lupa dibumbui sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih. Gunung Kidul menjadi salah satu daerah di Jogja yang menjual banyaknya walang goreng di pinggir jalan.

Wisatawan akan dimanjakan dengan banyaknya walang goreng yang dijual flash dengan tekstur yang renyah. Selain walang goreng, kamu juga dapat mencoba berbagai kuliner ekstrim lainnya saat datang ke kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.

13. Jadah Tempe

jadah tempe
travel.kompas.com

Setelah puas menghabiskan waktu berlibur di Jogja, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Salah satu rekomendasi oleh oleh makanan khas Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan adalah jadah tempe. Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan ini sebelumnya?

Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini menyajikan jadah bersama dengan tempe bacem. Siapapun yang mencobanya akan dibuat ketagihan dengan cita rasa unik dan lezat yang ditawarkan. Karena keunikannya, tidak jarang wisatawan berburu makanan yang satu ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jika ingin mencoba lezatnya jadah tempe, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Jalan Kaliurang. Jadah Tempe Mbah Carik menjadi salah satu tempat yang menjual jadah tempe populer di Jogja.

14. Ukel dan Banjar

ukel dan banjar
saibumi.com

Satu lagi rekomendasi oleh oleh makanan khas Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Ukel dan Banjar. Ukel merupakan jajanan khas Kotagede yang dibuat menggunakan beberapa bahan seperti tepung ketan, telur, gula, dan juga garam. Jajanan yang satu ini diolah dan disajikan dengan bentuk khas yakni menyerupai angka 8.

Sebelum disajikan, ukel terlebih dahulu dilapisi dengan gula dingin yang menjadikannya semakin menggugah selera. Banjar merupakan jajanan ukel yang belum ditambahkan dengan lapisan gula dingin.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, ukel dan banjar juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jogja karena mampu bertahan lama. Kamu dapat menjumpai jajanan ini di toko oleh-oleh, toko kue, maupun pasar tradisional di Jogja. Meskipun menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera, makanan ini dapat dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, itulah daftar 14 rekomendasi oleh oleh makanan khas Jogja yang menarik untuk kamu bawa pulang. Saat datang dan berlibur ke Yogyakarta, oleh oleh manakah yang paling menarik dan ingin kamu bawa pulang?



Leave a Reply