Cantiknya 10 Kastil Indah di Perancis Bak Negeri Dongeng


prita  November 19, 2020  0 Comment

Dikenal sebagai salah satu negara favorit di Eropa, Perancis memang sangat memikat dengan adanya banyak tempat wisata indah, apalagi yang berhubungan dengan bangunan-bangunan kuno yang klasik. Perancis tidak hanya soal Menara Eiffel atau Museum Louvre, jika berlibur ke negara ini kamu wajib menjelajah kastil-kastil disana yang keindahannya bagaikan di negeri dongeng.

Kastil atau dalam Bahasa Perancis disebut Chateau adalah bangunan megah yang dulunya ditempati bangsawan atau anggota kerajaan. Di Perancis, terdapat puluhan kastil yang tersebar dan berikut ini adalah

10 Kastil indah di Perancis yang tak boleh kamu lewatkan

1. Chateau de Chambord

chateau de chambord
ft.com

Kastil indah di Perancis yang pertama adalah Chateau de Chambord. Chateau de Chambord ini berada di Loire Valley atau Lembah Valley, yaitu sebuah kawasan dimana banyak kastil berada.

Chateau de Chambord dibangun pada masa pemerintahan Raja Francois I dan dijadikan sebagai tempat peristirahatan saat pergi berburu, karena lokasinya yang dulunya dikelilingi oleh hutan dan rawa. Kastil megah ini didesain oleh seniman ternama Leonardo Da Vinci bersama seorang arsitek Domenico da Cortona yang berasal dari Italia. Konon kastil ini menjadi inspirasi bagi kastil pada dongeng ‘Beauty and the Beast’.

Gotravelly

Ternyata Makan Bekicot Prancis (Escargots) Di Union, Lebih Enak Dari Daging Sapi Loh

Cokelat Klasik Cafe Dan Garden : Tempat Asyik Menikmati Minuman Cokelat

2. Chateau de Cheverny

chateau de cheverny
my-loire-valley.com

Chateau de Cheverny juga masuk dalam daftar kastil indah di Perancis yang tak boleh dilewatkan. Kastil ini berada sekitar 18 kilometer dari Chateau de Chambord yang cukup terkenal.

Jika kalian adalah penggemar komik Tintin, tentunya kalian akan sangat familiar dengan nama Cheverny ini. Dalam komik Tintin, kastil ini merupakan kediaman Kapten Haddock yang namanya diubah menjadi Marlinspike Hall. Pada area kastil ini pun kamu juga bisa melihat tempat pameran yang disediakan khusus untuk komik Tintin.

3. Chateau de Chenonceau

chateau de chenonceau
travelguide.michelin.com

Masih berada di lokasi yang sama dengan Chateau de Chambord, kastil indah di Perancis yang satu ini tergolong cukup unik karena dibangun diatas Sungai Cher dan berada di sebuah desa kecil bernama Chenonceau.

Kastil ini juga mendapat julukan sebagai ‘The Ladies Chateau’ atau Kastil Para Wanita karena yang pernah menempati dan memimpin seluruh hal di kastil ini adalah berganti dari satu wanita ke wanita lainnya selama beberapa abad. Di dalam Chateau de Chenonceau ini kamu akan melihat berbagai benda peninggalan sejarah, kamar tidur yang mewah hingga perapian khas zaman Renaissance.

4. Mont Saint-Michel

mont saint-michel
timetravelturtle.com

Kastil indah di Perancis yang satu ini berada dalam sebuah pulau kecil bernama Mont Saint-Michel yang memiliki keunikan karena hanya berjarak sekitar 600 meter dari daratan. Pulau ini hanya bisa diakses dengan bejalan kaki melewati daratan yang sekilas seperti laut terbelah karena saat airnya pasang, jalanan tersebut akan tertutup oleh air.

Pulau ini dulunya digunakan sebagai banteng pertahanan Perancis karena lokasinya yang berada di Selat Channel, di perbatasan wilayah Perancis dan Inggris. Tak hanya pulau, Mont Saint-Michel juga merupakan sebuah kota sangat kecil yang memiliki kastil kuno diatasnya. Kastil tersebut merupakan sebuah gereja besar dan sampai saat ini masih sering dikunjungi wisatawan untuk berwisata religi atau hanya ingin menikmati indahnya kastil tersebut.

5. Chateau d’Usse

Kastil Indah di Perancis
notesfromcamelidcountry.net

Kastil indah di Perancis yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Chateau d’Usse. Awalnya kastil ini adalah sebuah banteng yang dibangun dari batu dan kayu oleh seorang prajurit Viking, namun semakin lama kastil ini semakin berkembang menjadi megah seperti saat ini.

Chateau d’Usse pernah dikunjungi oleh Charles Perrault yang merupakan penulis dongeng dan fairy tale sepanjang masa. Ia pun dibuat kagum oleh kemegahan dan keindahan kastil ini sehingga menjadikannya sebagai latar belakang tempat tinggal Sleeping Beauty dalam cerita dongengnya.

6. Chateau de Villandry

chateau de villandry
touraineloirevalley.co.uk

Chateau de Villandry juga menjadi salah satu kastil indah di Perancis yang wajib kamu kunjungi saat berlibur kesana. Kastil ini terkenal karena keindahan tamannya yang bagaikan sebuah labirin raksasa.

Kastil yang telah berdiri sejak tahun 1536 ini dulunya adalah tempat tinggal seorang menteri. Meskipun tidak semegah kastil lainnya di Perancis, namun Chateau de Villandry ini sangat terkenal karena keindahan kebunnya yang dirancang ulang oleh Joachim Carvallo di tahun 1906. Tak heran jika kastil ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berlibur ke Perancis.

7. Chateau de Pierrefonds

chateau de pierrefonds
flickr.com

Kastil indah di Perancis yang patut kamu kunjungi juga adalah Chateau de Pierrefonds. Kastil ini memang agak terpencil tapi lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Paris.

Kastil megah ini sempat hancur akibat peperangan, namun saat ini telah direnovasi dan terlihat sangat menakjubkan. Chateau de Pierrefonds mendapat julukan sebagai Kastil Ksatria karena memiliki arsitektur kastil gaya militer abad pertengahan. Saat datang kesana, kamu bisa merasakan nuansa ksatria karena banyak patung-patung ksatria yang dipajang di sekeliling kastil dan di dalamnya juga terdapat patung-patung ksatria serta prajurit yang unik.

8. Chateau de Vitre

Kastil Indah di Perancis
thinglink.com

Kastil indah di Perancis yang satu ini berada di kota Vitre, Britanny. Chateau de Vitre ini dibangun pada akhir abad ke-11 setelah sebuah banteng dari kayu di lokasi tersebut mengalami serangkaian kebakaran.

Pada abad ke-15 kastil ini diperluas dengan diberi tambahan gerbang, jembatan gantung dan Menara yang megah. Kastil ini dibeli oleh pemerintah kota pada tahun 1820 dan saat ini terdapat museum kecil serta balai kota di dalamnya.

9. Chateau de Fougeres

Kastil Indah di Perancis
flickr.com

Masih di kawasan Brittany, tepatnya di kita Rennes, terdapat salah satu kastil indah di Perancis yang tak boleh kamu lewatkan. Chateau de Fougeres ini merupakan kastil yang dibangun pada abad ke-11 di sebuah batu yang dikelilingi oleh Sungai Nancon.

Struktus kayu dari kastil ini hancur saat diambil oleh Henry II dari Inggris dan dibangun sebuah banteng kedua oleh Henry II dari batu dimana diberi Menara besar pada abad ke-13. Chateau de Fougeres dikenal sebagai salah satu banteng terbesar di Eropa yang kini dioperasikan sebagai objek wisata.

10. Palais des Papes

Kastil Indah di Perancis
horizon-provence.com

Kastil indah di Perancis yang terakhir adalah Palais des Papes yang berlokasi di Avignon, Perancis Selatan. Kastil ini dianggap sebagai salah satu bangunan abad pertengahan yang paling penting di Eropa.

Awalnya, kastil ini adalah sebuah bangunan biara pada tahun 1252, kemudian pada tahun 1309 tempat ini menjadi kepausan ketika Roma memberontak untuk menolak pemilihan Paus Clement V. Hingga abad ke-14 Palais des Papes ini masih menjadi pusat ajaran agama Kristen.

Palais des Papes ini mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya dan menjadi bangunan Gothic terbesar di Eropa. Salah satu yang menjadi daya tarik di kastil ini adalah adanya lukisan abad ke-14 yang dilukis oleh Matteo Giovannetti dan sebuah ruang rahasia yang tersembunyi.



Leave a Reply