Percaya atau Tidak, Berikut 8 Negara Bersalju di Timur Tengah


Reni  August 2, 2022  0 Comment

Panas, tandus, kering krontang, padang pasir menjadi gambaran tentang negara negara di Timur tengah. Tapi tak banyak khalayak ketahui bahwa negara di Timur tengah juga turun salju, lho. Tak hanya satu negara saja, di beberapa negara di Timur tengah salju turun setiap tahun. Bahkan di beberapa tempat, salju turun begitu banyak hingga dijadikan resort ski atau destinasi wisata salju di Timur Tengah. Dikutip dari Wikipedia, pusat wilayah Timur tengah antara laut mediterania dan teluk Persia, serta wilayah yang memanjang dari Anatolia, Jazirab Arab hingga Semenanjung Sinai. Beberapa negara di wilayah ini memiliki Iklim Subtropis yang juga memiliki musim dingin. Selama musim dingin beberapa tempat di selimuti salju. Nah, berikut segara negara bersalju di Timur Tengah

Negara Bersalju di Timur Tengah

1. Arab Saudi

arab saudi bersalju
hot.liputan6.com

Negara di Timur Tengah dengan minyak melimpah dan terkenal dengan cuacanya yang panas ini ternyata memiliki daerah bersalju. Tepatnya di Propinsi Tabuk. Propinsi di bagian utara Arab Saudi ini dilewati pegunungan Hijaz yang membentang dari Utara ke Selatan

Seperti diketahui negara Arab memiliki iklim subtropis, dimana pada saat musim dingin, cuaca akan terada sangat dingin, terutama di daerah pegunungan Hijaz dimana salju turun dengan lebatnya. Fenomena ini sering viral di media sebagai “fenomena tanda kiamat”. Padahal, pegunungan ini memang tempat turunnya salju di musim dingin.

Jika Kamu jalan jalan ke Arab Saudi atau kamu sedang menjalankan Ibadah Umroh, coba buka informasi wisata negara Arab Saudi. Di sana ditawarkan berbagai paket wisata musim dingin menuju tempat bersalju. Ragam paket yang ditawarkan pun bervariasi, disesuaikan dengan dengan itineary perjalananmu.

Baca juga :  7 Wisata Dekat Stasiun Cicalengka dengan Pemandangan Indah

Waktu yang tepat untuk melihat Salju di Arab Saudi adalah bulan November hingga Bulan Februari.

Gotravelly

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya


2. Oman Dan UAE (United Arab Emirate)

oman dan uni arab emirate
dunia.rmol.id

Membentang dari Timur laut Oman ke Timur United Arab Emirates, pegunungan Hajar menunjukkan pesonanya sepanjang ratusan Kilometer. Di saat musim panas, pegunungan ini menjadi tempat pelarian karena menawarkan hawa yang sejuk dengan lereng pegunungan menghijau. Sedangkan di musim dingin, mendakilah di ke Jebel Akhdar dan Jebel Sam di Oman, di sana ditemukan salju tebal yang menyelimut puncak pegunungan.

Di tempat lain juga turun salju, tapi tidak pasti. Tepatnya di jebel Jais di Emirates pernah diselimuti salju juga.

Waktu yang tepat untuk melihat salju di negara Timur Tengah ini adalah pada bulan Januari dan Februari saja.

3. Lebanon

lebanon
liputan6.com

Negara bersalju di Timur Tengah selanjutnya adalah negara lebanon. Negara yang diapit oleh Israel dan Suriah ini sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan.

Wilayah pegunungan di Lebanon diselimuti salju saat musim dingin tiba. Bahkan saking banyaknya salju, pegunungan ini memiliki resort ski. Bukan hanya satu, tapi lima resort ski. Salah satu dari resort ski bahkan sudah ada sejak tahun 1920, yakni Cedars resort ski. Sedangkan Faraza Mzaar resort ski yang dibangun sejak tahun 1950 menjadi resort ski terbesar di Timur tengah. Keren, kan?

Untuk menuju resort ski tersebut tak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar satu jam perjalanan saja dari ibukota Lebanon, Beirut.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi salju di negara Lebanon yakni pada bulan Desember hingga bulan Maret.

4. Iran

iran
liputan6.com

Negara para Mullah, Iran menjadi salah negara bersalju di Timur Tengah. Tepatnya di pegunungan Alborz. Disini terdapat Dizin resort ski yang sudah ada sejak tahun 1960. Letaknya sekitar 70 KM dari ibukota Iran, Teheran. Dengan mengendarai mobil sekitar 2,5 jam saja.

Baca juga :  5 Lokasi Shooting Film KKN di Desa Penari, Seseram Itu?

Di Dizin resort ski terdapat list ski yang akan membawamu di ketinggian 3600 meter di atas pegunungan, merupakan salah satu tertinggi di dunia. Dari sini akan nampak hamparan putih salju yang cerah.

Dizin ski resort dibuka sepanjang tahun. Awarkan keelokan tersendiri di musim panas dan juga di musim dngin. Tapi Jika kamu tertarik untuk menikmati salju, waktu yang tepat untuk berkunjung kesini adalah pada bulan Desember hingga bulan Mei.

5. Maroko

maroko
kompasiana.com

Tahukah kamu bahwa negara Maroko merupakan salah satu negara yang dilintasi oleh pegunungan Atlas. Ialah baris pegunungan di Afrika Barat laut yang membentang 2400 Kilometer mulai dari Maroko, Aljazair hingga Tunisia.

Puncak tertinggi bari pegunungan Altaz ialah Jbel Toubkal yang berada di Maroko dengan ketinggian 4.167 mdpl.  Disini terdapat dua resort ski yakni Oukaimeden ski resort  dan Michilifen  ski Resort

6. Aljazair

aljazair
law-justice.co

Negara yang berbatasan dengan Maroko ini juga dilintasi pegunungan Altaz. Lereng lereng pegunungan di AlJazair di saat musim dingin akan turun salju. Ada dua ski resort di Aljazair yang menjadi destinasi musim dingin. Yakni Tijkda ski resort di pegunungan Djunjura di Algeria Utara dan Chrea ski resort yang berada di propinsi Blida.

7. Mesir

mesir
intisari.grid.id

Lupakan Piramida Giza di padang kering, sejenak kita menuju kota Saint Catherian yang berada di kaki gunung Catherina. Menjadi salah satu gunung tertinggi di Mesir. Saat musim dingin kota ini akan diselimuti salju.

Lembah di kaki gunung Catherina saat berselimut salju menjadi pemadangan yang tak biasa. Melihat dari fotonya siapa saja pasti menyangkan pemandangan indah musim dingin ini berada di Eropa. Tak ada yang mengiran bahwa lembah yang indah justru berada di Mesir.

Baca juga :  Deretan 7 Wisata Religi di Jombang Sering Dikunjungi Peziarah

Tak hanya Pesona alam saja, di kota ini terdapat biara Saint Catherina yang merupakan salah satu biara Kristen tertua di dunia. Hingga saat ini biara ini masih berfungsi. Area biara masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Datang kemarin kamu tak hanya berwisata salju tapi juga wisata sejarah.

8. Yordania

yordania
liputan6.com

Apa yang kamu pikirkan tentang wisata di Yordania? Tentunya bayangan tentang Wadi Rum, wisata alam dengan pasir merah melintasi  lembah bebatuan yang keren abis. Tapi tahukan kamu ketika musim dingin tiba beberapa tempat wadi rum menawarkan pemandangan tak biasa. Salju turun menyelimuti beberapa area.

Di puncak musin dingin hamparan gurun wadi rum nampak seperti gurun yang ditaburi “garam” salju. Untuk melihat fenomena ini datanglah di pagi hari pada bulan Desember hingga bulan Februari.

Itulah tadi 8 negara bersalju di Timur Tengah, apakah itu saja? Tidak guys, masih banyak negara di Timur tengah yang bersalju seperti negara Irak, Turki, Lybia, Suriah dan masih banyak yang lainnya.

Keberadaan salju di Timur tengah bukanlah Fenomena baru yang menggemparkan, tapi memang anugerah alam. Destinasi wisata salju di wilayah Timur tengah ini memang jarang di ketahui oleh khalayah umum, karena kebanyakan wisata alju identik dengan negara negara di Eropa.

Untuk menuju beberapa negara salju di Timur tengah, ada beberapa yang memberikan bebas visa dan ada juga yang menyediakan VOA atau Visa on Arrival. Jarak Timur tengah yang lebih dekat dengan negara kita membuat harga tiket pesawat lebih murah dibandingkan tiket ke Eropa. Jadi tunggu apalagi, yuk jadikan negara Timur Tengah menjadi destinasi musim dingin kamu selanjutnya.



Leave a Reply