Menyusuri Indahnya 7 Tempat Wisata di Banjarbaru


Fida  December 17, 2022  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Banjarbaru merupakan sebutan bagi salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang menyuguhkan banyaknya destinasi wisata. Wisata yang ditawarkan juga cukup beragam mulai dari wisata alam hingga wisata religi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi wisata di Banjarbaru yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Tempat Wisata di Banjarbaru :

1. Danau Seran

danau seran
celebes.co

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Banjarbaru, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Danau Seran. Danau Seran yang dulunya merupakan galian tambang intan kini populer sebagai tempat wisata yang menyuguhkan indahnya danau. Dengan luas mencapai 10 hektar, pengunjung akan dibuat takjub akan keindahan danau ini. 

Tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, Danau Seran juga banyak didatangi wisatawan dari luar daerah. Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp 5.000,- per orang. Selain hamparan perairan yang luas dan memanjakan mata, pemandangan penghijauan di sekeliling danau juga tidak kalah indah dan menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. 

Kamu dapat memilih untuk bersantai maupun berfoto dengan banyaknya spot menarik yang ditawarkan. Selain sebagai tujuan wisata, Danau Seran juga sangat cocok dipilih sebagai lokasi untuk menenangkan diri. Mengunjungi danau ini bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Baca juga :  10 Wisata di Bantaeng, Pantai Berpasir Putih Hingga Air Terjun Keren

Bubur Pedas Pa’ Ngah: Rasanya Ngga Sepedas Namanya

2. Hutan Pinus Mentaos

hutan pinus mentaos
banjarmasin.tribunnews.com

Selain danau, kamu juga dapat mengunjungi wisata di Banjarbaru berupa hutan pinus. Hutan Pinus Mentaos menjadi salah satu wisata hutan pinus yang paling populer dan dapat dikunjungi di Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru. Sesuai dengan sebutannya, destinasi wisata yang satu ini menawarkan banyaknya pohon pinus yang berjejer rapi sehingga menghasilkan pemandangan indah. 

Destinasi wisata yang satu ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat. Bagaimana tidak, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan segar selama berada di Hutan Pinus Mentaos. 

Bagi pecinta foto, Hutan Pinus Mentaos juga sangat cocok untuk kamu datangi karena tersedia banyak spot menarik dan instagramable. Tempat yang satu ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti adanya tempat beristirahat, tempat makan, pusat oleh oleh, panggung kesenian, toilet, spot foto, hingga musholla. Pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orang untuk menyusuri kawasan wisata sekaligus menikmati berbagai fasilitasnya. 

3. Meek Farm – Agrowisata Kebun Durian

meek farm
celebes.co

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa dicoba. Meek Farm menjadi salah satu destinasi wisata di Banjarbaru yang merupakan agrowisata kebun durian. Jika datang bersama keluarga dan anak anak, Meek Farm tidak hanya dapat menjadi sarana rekreasi, tetapi juga menjadi sarana edukasi. Untuk mengunjunginya, kamu hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orang. 

Pengunjung dapat mencoba berbagai aktivitas menarik selama berada di Meek Farm. Beberapa aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah menikmati durian khas Kota Banjarbaru, panen durian, hingga membeli bibit unggul pohon durian untuk dibawa pulang. Asik sekali bukan? 

Baca juga :  Tak Hanya Team Sepak Bola 10 Wisata NewCastle Inggris Juga Keren

Tidak hanya itu, Meek Farm juga menawarkan adanya restoran atau tempat makan yang menyuguhkan menu bertema durian. Menikmati olahan durian di kebun durian dengan suasana sejuk dan segar tentu menjadi hal seru yang sayang untuk kamu lewatkan. 

4. Kebun Raya Banua

kebun raya banua
kanalkalimantan.com

Kebun Raya Banua menjadi destinasi wisata di Banjarbaru berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Wisata yang satu ini menyuguhkan luasnya hamparan penghijauan yang didesain menarik dan instagramable. Kebun Raya Banua juga merupakan pusat penyelamatan dan wilayah konservasi terbesar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 

Pengunjung yang datang ke Kebun Raya Banua tentu dapat melihat langsung banyaknya tanaman langka yang tertata rapi. Pemandangan indah dan udara sejuk yang ditawarkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Tidak hanya itu, wisata yang satu ini juga sudah memiliki fasilitas lengkap yang dapat memanjakan pengunjung. 

Harga tiket masuk menuju ke Kebun Raya Banua terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp 20.000,- per orang. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Kebun Raya Banua yang beralamat di Jalan Aneka Tambang, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. 

5. Danau Galuh Cempaka

danau galuh cempaka
celebes.co

Sama halnya dengan Danau Seran yang dulunya merupakan kawasan bekas pertambangan intan, Danau Galuh Cempaka juga menjadi salah satu rekomendasi wisata di Banjarbaru yang menarik untuk kamu datangi. Pemandangannya yang eksotik dan memukau mampu menarik perhatian wisatawan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di danau ini. 

Danau Galuh Cempaka berlokasi di kawasan Purnawirawan, Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Akses jalan menuju ke danau ini terbilang cukup mudah dilalui sehingga pengunjung dapat bebas berkunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena keindahannya, tidak jarang Danau Galuh Cempaka didatangi oleh rombongan yang datang dengan menggunakan kendaraan bus. 

Baca juga :  10 Wisata Alam di Solo, Air terjun Hingga Hutan Instagenic

Untuk menyusuri kawasan wisata Danau Galuh Cempaka, pengunjung tidak perlu menyiapkan biaya mahal. Datang dan menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di danau ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

6. Masjid Agung Al-Munawwarah

masjid agung al munawwarah
banjarbaruklik.com

Selain tempat wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata religi saat berada di Banjarbaru. Masjid Agung Al-Munawwarah banyak dikunjungi wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Banjarbaru bertema religi yang menyuguhkan megahnya bagunan masjid. Arsitekturnya yang indah tidak hanya berhasil membuat kagum masyarakat Banjarbaru, tetapi juga menjadikan masjid ini banyak didatangi pengunjung dari berbagai daerah.  

Masjid Agung Al-Munawwarah berlokasi di Jalan Trikora No. 9, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Adanya kubah besar berwarna hijau dan juga gerbang megah bertuliskan Kota Banjarbaru menjadi ciri khas dan keunikan dari Masjid Agung Al-Munawwarah ini. 

7. Amanah Borneo Park

amanah borneo park
celebes.co

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Banjarbaru yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Amanah Borneo Park. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini merupakan taman dengan berbagai fasilitas menarik yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung akan disuguhkan dengan beberapa pilihan area seperti Rabbit Park, Wisata Petik Buah, Wisata Air Flying Fox, dan masih banyak lagi. 

Jika ingin mengunjungi indahnya Amanah Borneo Park, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Taruna Bhakti, Palam, Cempaka, Kota Banjarbaru. 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Banjarbaru yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Dari rekomendasi di atas, tempat manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply