10 Tempat Wisata di Bursa Turki Pesonanya Mendebarkan Hati


prita  June 5, 2021  0 Comment

Tempat wisata di Bursa merupakan salah satu kota terbesar di Turki yang cukup banyak menyedot perhatian wisatawan. Kota ini cukup terkenal dan cukup sering dikunjungi oleh wisatawan setelah Istanbul, Izmir dan Ankara. Salah satu kota terpadat di Turki ini memang memiliki kawasan yang cukup luas dan dianugerahi dengan sederet wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam hingga wisatawa sejarah. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Bursa, Berikut ini adalah Tempat wisata di Bursa

1. Yeşil Camii

Yeşil Camii
kulturportali.gov.tr

Tempat wisata di Bursa pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Yeşil Camii. Yeşil Camii merupakan sebuah masjid yang sampai saat ini masih digunakan sebagai rumah ibadah oleh umat Muslim setempat.

Meskipun hanya sebuah tempat ibadah tanpa adanya fasilitas wisata, namun masjid ini memiliki daya Tarik tersendiri. Yeşil Camii dikenal menjadi salah satu masjid bersejarah di Turki karena baru selesai dibangun pada tahun 1422 Masehi. Masjid ini juga memiliki arsitektur bergaya Ottoman yang sangat kental dengan interior yang sangat indah. Disini kamu bisa melihat keligrafi yang terdapat pada pintu utama masjid serta terdapat ruangan dengan mihrab setinggi 15 meter.

Paket wisata murah

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

Kemeriahan Festival Cahaya Terbesar Di Dunia

2. Ulu Camii

Ulu Camii
kulturportali.gov.tr

Selain Yeşil Camii, tempat wisata di Bursa selanjutnya juga masih berupa masjid. Masjid ini dikenal dengan nama Ulu Camii dan menjadi salah satu masjid dengan bangunan paling indah di Bursa.

Masjid yang berada di tengah kota Bursa ini mengusung gaya bangunan yang unik karena berbentuk persegi. Ulu Camii memiliki 20 buah kubah yang membuatnya terlihat semakin indah dan megah. Ditambah dengan interiornya yang menawan membuat masjid ini semakin terlihat luar biasa, tak heran jika masjid ini menjadi tempat favorit wisatawan lokal atau mancanegara. Kamu juga bisa merasakan pengalaman beribadah di masjid indah ini saat berkunjung kesana.

3. Emir Sultan Mosque

Emir Sultan Mosque
islami.co

Emir Sultan Mosque juga masuk dalam daftar tempat wisata di Bursa yang wajib untuk dikunjungi. Bursa memang menjadi salah satu kota di Turki yang memiliki banyak deretan masjid indah dan salah satunya adalah Emir Sultan Mosque.

Emir Sultan Mosque ini merupakan sebuah masjid sederhana yang memiliki pekarangan berhiaskan marmer dan air mancur yang indah. Meskipun masjid ini terlihat sederhana, namun kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat berada di masjid ini, pasalnya Emir Sultan Mosque ini dikelilingi oleh tanaman Cypress yang memberikan kesegaran di area masjid ini.

4. Kapalı Çarşı

Kapalı Çarşı
kulturportali.gov.tr

Tempat wisata di Bursa yang satu ini juga wajib kamu kunjungi, khususnya bagi kamu yang gemar berbelanja. Kapalı Çarşı merupakan sebuah pusat perbelanjaan yang cukup terkenal karena keunikan dan sejarahnya yang membuat tempat ini sekaligus menjadi tempat wisata.

Kapalı Çarşı memang tidak seluas Istanbul’s 4000 Shop Labirinth, namun tempat ini menjadi kawasan bazar terbaik di kota Bursa. Disini kamu bisa menemukan produk kain sutera yang banyak dijajakan di berbagai kios. Kain Sutera memang menjadi komoditi utama di Bursa sejak berabad-abad lalu. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk berbelanja sutera untuk oleh-oleh atau untuk digunakan sendiri, tak ada salahnya untuk mampir ke Kapalı Çarşı.

5. Bursa Turkish & Islamic Art Museum

Bursa Turkish & Islamic Art Museum
europeanmuseumacademy.eu

Jika kamu adalah pecinta wisata sejarah dan budaya, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Bursa Turkish & Islamic Art Museum. Museum ini cukup terkenal di Bursa dan menjadi salah satu tempat wisata di Bursa yang paling sering dikunjungi.

Bursa Turkish & Islamic Art Museum merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah yang berhubungan dengan perkembangan Turki. Selain itu, kamu juga bisa melihat benda-benda seni antic dan masih dijaga keasliannya sampai saat ini. Museum ini menjadi tempat sempurna untuk kamu yang ingin mengetahui seputar sejarah Bursa dan Turki.

6. Green Tomb

Green Tomb
tourketurki.com

Tempat wisata di Bursa yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Green Tomb. Green Tomb ini merupakan sebuah pemakaman yang cukup bersejarah sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Green Tomb adalah bangunan yang berisikan makam Sultan Mehmet I dan Sultan ke-5 Dinasti Ustmaniyah. Kedua sosok tersebut dikenal sangat penting bagi sejarah perkembangan Turki. Makam ini bisa dibilang cukup menarik karena mengusung gaya arsitektur yang unik khas Turki dengan adanya beberapa ornament antic. Tak heran jika Green Tomb ini menjadi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, Green Tomb juga menjadi landmark kota Bursa yang cukup terkenal, sehingga belum afdol rasanya jika ke Bursa tidak berkunjung kesana.

7. Muradiye Complex

Muradiye Complex
dogadatatil.com

Tempat wisata di Bursa berikutnya adalah Muradiye Complex. Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata berupa bangunan bersejarah Turki yang merupakan klinik Tuberculosis.

Sampai saat ini, bangunan yang sudah ada sejak abad ke-15 ini masih menjadi pusat medis. Komplek Muradiye ini juga memiliki sederet bangunan lain, seperti kompleks masjid agung hingga kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Ottoman. Disini wisatawan biasanya mengunjungi situs bersejarah sambil berziarah dan mengirimkan doa pada anggota Kerajaan Ottoman.

8. Uludag Ski Center

Uludag Ski Center
booking.com

Liburan ke Bursa, jangan lupa untuk berkunjung ke gunung saljunya ya guys. Salah satu tempat wisata di Bursa yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Uludag Ski Center.

Uludag Ski Center merupakan sebuah ski resort yang berada di Gunung Uludag, Bursa. Disini kamu bisa mencoba bermain ski diantara pegunungan salju yang mengelilinginya. Untuk mencapai lokasi tersebut kamu harus menaiki kereta gantung terlebih dahulu.

Pemandangan di area ski resort ini pun cukup cantik, pasalnya kamu akan disuguhi oleh pemandangan hamparan pohon pius yang tertutup salju dan hamparan pegunungan indah.

9. Bursa Culture Park

 Bursa Culture Park
nomadicniko.com

Jika kamu menyukai liburan dengan menikmati pemandangan taman kota yang indah, maka kamu wajib berkunjung ke Bursa Culture Park. Bursa Culture Park ini merupakan sebuah taman yang berlokasi tak jauh dari pusat kota dimana kamu akan disuguhi dengan pemandangan rumput yang asri.

Saat menginjakkan kaki di taman ini, kamu langsung akan merasakan suasananya yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota. Selain bisa menikmati keindahan taman, disini kamu juga bisa berkunjung ke beberapa restoran dan café yang berada di taman ini. Jangan lupa untuk sempatkan juga berfoto-foto di sekitar taman kota yang indah ini. Karena keindahannya, Bursa Culture Park ini menjadi salah satu tempat wisata di Bursa yang layak untuk dikunjungi.

10. Traditional Cumalikizik Village

tempat Wisata di Bursa Turky
dreamstime.com

Tempat wisata di Bursa yang terakhir adalah Traditional Cumalikizik Village. Desa tradisional ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik dan telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia Oleh UNESCO.

Desa ini terdiri dari 270 rumah tua Ottoman yang terbuat dari kayu dan batu. Desa ini masih terjaga kelestariannya ditengah berkembangnya jaman modern. Selain bisa berjalan-jalan dan berfoto diantara rumah-rumah tua, kamu juga bisa lho mencicipi menu sarapan khas desa tradisional Turki yang sangat lezat.



Leave a Reply