Jalan jalan Ke Belanda? Nih 10 Wisata di Amsterdam


prita  February 25, 2021  0 Comment

Amsterdam merupakan salah satu kota di Eropa yang menjadi tujuan wisata paling populer, terutama di kalangan wisatawan Indonesia. Ibukota Belanda ini memang terkenal sangat cantik dan memiiki magnet yang mampu menarik jutaan wisatawan untuk datang setiap tahunnya. Dijuluki sebagai Venice of the North, Amsterdam memiliki lebih dari 100 kanal yang indah. Kota ini menawarkan petualangan untuk bersepeda, bejalan kaki hingga menaiki perahu untuk berwisata. Berikut ini adalah tempat wisata di Amsterdam yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung kesana

1. The Royal Palace

The Royal Palace
tripsavvy.com

Tempat wisata di Amsterdam yang pertama adalah The Royal Palace. Wisata yang satu ini dulunya merupakan Istana Kerajaan yang berfungsi sebagai tempat tinggal Raja dan keluarganya saat berada di kota.

Istana ini memiliki bangunan bergaya Romawi kuno dengan eksterior istana yang klasik dan berbagai perabotan indah. Ruangan-ruangan dari istana ini pun dihiasi dengan berbagai ornament, relief dan patung marmer. Tak hanya itu, istana ini jga dihiasi dengan lukisan langit-langit karya Ferdinand Bol dan Govert Flinck yang merupkan murid dan Rembrandt.

Review wisata

Cobain Pentol Gilaaa: Jajanan Pentol Yang Naik Kelas

Tangkahan : The Hidden Paradise

2. Dam Square

Dam Square
iamexpat.nl

Tempat wisata di Amsterdam selanjutnya adalah Dam Square. Dam Square merupakan sebuah kawasan yang paling sering dikunjungi wisatawan dan berada diantara Jalan Damrak dan Rokin.

Alun-alun ini berada di sebelah timur The Royal Palace dan menjadi tempat berkumpulnya spot-spot menarik lainnya di Amsterdam, seperti Museum Madam Tussauds, Monumen Nasional dan Nieuwe Kerk. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai toko dan café yang menjual berbaga macam kuliner dan souvenir yang khas. Kamu juga bisa menemukan Ferris Wheel atau Bianglala di kawasan ini, jika kamu ingin menikmati kota Amsterdam dari ketinggian, kamu bisa mencoba menaikinya.

Baca juga :  Berlibur Sama Pasangan? Nih 10 Tempat Wisata Romantis di Belanda

3. Bloemenmarkt

Bloemenmarkt
flickr.com

Tempat wisata di Amsterdam yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Bloemenmarkt. Bloemenmarkt merupakan pasar bunga terapung satu-satunya di dunia yang sudah ada sejak tahun 1862. Tak heran jika pasar bunga ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Bloemenmarkt ini menempati kios-kios transparan yang mengapung di sepanjang tepi Kanal Singel. Nah, karena lokasinya yang berada di tepi Kanal Singel, pasar ini juga di kenal sebagai Bloemensingel.

Disini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis bunga, termasuk bunga Tulip yang merupakan khas Belanda dengan berbagai macam pilihan warna. Tak hanya itu, disini juga kamu bisa menemukan buket bunga dan benih bunga yang siap diekspor. Kamu yang tidak ingin kerepotan membawa pulang bunga, bisa membeli benihnya untuk kemudian ditanam di rumah.

4. Anne Frank House

Anne Frank House
rides.nl

Pernahkah kamu mendengar soal Anne Frank? Anne Frank merupakan seorang remaja yang lahir di tahun 1929 dan berdarah Jerman-Yahudi. Ia dan keluarganya terpaksa bersembunyi dari kekejaman Adolf Hitler yang saat itu berusaha menyingkirkan Yahudi dari Bumi saat Perang Dunia II. Anne dan keluarganya terpaksa bersembunyi selama bertahun-tahun di sebuah rumah yang merupakan bagian kantor tempat ayahnya bekerja.

Selama bersembunyi, Anne menulis buku harian yang kemudian buku tersebut laku terjual beberapa saat setelah kematiannya di usia 15 tahun. Sekarang, rumah Anne Frank tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Amsterdam yang menarik banyak wisatawan. Sebagian rumah ini tetap dibiarkan seperti saat Anne masih hidup dan dijadikan monument pengingat yang menyedihkan akan sejarah yang tragis.

5. Rijksmuseum

Rijksmuseum
liawisata.com

Jika kamu gemar berwisata sejarah, Rijksmuseum menjadi salah satu tempat wisata di Amsterdam yang akan memanjakanmu. Museum ini menyimpan lebih dari satu juta astefak yang berasal dari abad ke-13 dan seterusnya.

Baca juga :  10 Wisata Sejarah Semarang yang Harus Dikunjungi

Museum yang didirikan pada tahun 1809 ini menampung sejumlah koleksi benda seni langka dan barang antik. Koleksi museum ini mencakup tujuh juta karya seni, diantaranya lebih dari 5.000 lukisan penting tersebar dalam 250 kamar gedung yang luas. Bahkan disini kamu bisa menemukan koleksi yang berasal dari Indonesia, seperti keris pemberian Sultan Madura Cakra Adiningrat VII kepada Raja William I pada tahun 1835.

6. Vondelpark

Vondelpark
asthebirdfliesblog.com

Bila London memiliki Hyde Park dan New York memiliki Central Park, maka Amsterdam memiliki Vondelpark sebagai taman kota andalannya. Vondelpark ini merupakan sebuah kawasan hutan kota terluas yang berada di Amsterdam dan luasnya mencapai 47 hektar.

Taman ini pertama kali dibangun pada tahun 1865 di pusat kota Amsterdam dan menjadi salah satu tempat wisaya di Amsterdam yang menarik untuk dikunjungi. Vondelpark ini menjadi tempat wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat dan banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan disini. Pengunjung yang datang ke Vondelpark ini biasanya menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan, bersepeda, besantai, berjemur hingga piknik.

7. Hortus Botanicus

 Hortus Botanicus
sandraherrero.com

Tempat wisata di Amsterdam yang menarik selanjutnya adalah Hortus Botanicus. Hortus Botanicus merupakan sebuah kebun raya tertua di dunia yang telah ada sejak tahun 1638.

Awalnya, tempat ini merupakan kebun herbal dengan berbagai tanaman medis untuk dokter dan apoteker di Amsterdam, namun pada sekitar abad ke-17 tanaman ini bertambah. Bahkan beberapa diantaranya merupakan tanaman yang sangat asing di Eropa.

Hortus Botanicus sekarang memiliki lebih dari 6.000 tanaman yang berbeda. Beberapa diantaranya sangat unik, seperti Kaktus Agave yang berusia 200 tahun dan Cycad Raksasa Kape Timur yang telah berusia 300 tahun. Disini juga ada sebuah rumah kaca baru yang cukup besar dan berguna untuk menciptakan kondisi untuk tiga iklim tropis yang berbeda.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Belanda Paling Rekomended Buat Liburan

8. Kanal Amsterdam

Kanal Amsterdam
hk.asiatatler.com

Amsterdam memang terkenal dengan kanal-kanalnya yang cantik dan membuatmu seolah berada di Venice. Kanal-kanal di kota Amsterdam ini dibangun selama abad ke-17 guna mengontrol aliran Sungai Amstel sehingga bisa mengaliri lahan kering ke kota.

Untuk menikmati kanal-kanal ini kamu bisa bisa mengendarai perahu sambilmelihat pemandangan sekitar yang berupa rumah-rumah cantik berarsitektur Belanda yang berjejer dengan pohon-pohon juga dilintasi oleh banyak jembatan. Kamu tentu bisa menemukan banyak sekali houseboat yang beberapa diantaranya disewakan untuk hotel.

9. Van Gogh Museum

Van Gogh Museum
archdaily.com

Van Gogh Museum juga menjadi salah satu tempat wisata di Amsterdam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Museum ini menyimpan berbagai koleksi seniman dunia yang sangat terkenal.

Museum ini menempati sebuah bangunan lanatai empat yang dirancang oleh Gerrit Rietveld di tahun 1970an. Disini kamu bisa menemukan ratusan lukisan dari Post-Impressionist Belanda yang ditampilkan secara kronologis.

10. De Gooyer Windmill

De Gooyer Windmill
memorabletraveltours.wordpress.com

Tempat wisata di Amsterdam yang terakhir adalah De Gooyer Windmill. Belanda memang terkenal sebagai Negara Kincir Angin, maka rasanya belum afdol jika belum berkunjung untuk melihat kincir angin tersebut secara langsung.

Diantara banyak kincir angin di Belanda, De Gooyer Windmill yang paling terkenal karena lokasinya yang cukup dekat dengan kawasan bersejarah kota Amsterdam. De Gooyer Windmill ini juga menjadi kincir angin kayu paling tinggi di Belanda. Meskipun saat ini kincir angin tersebut sudah tidak difungsikan lagi, namun kamu masih bisa menikmati keindahannya dari luar sambil berfoto di bawahnya.



Leave a Reply