7 Pulau Terlarang di Dunia, Berbahaya!


Jehan  December 28, 2022  0 Comment

Pulau Terlarang di Dunia – Apa kamu terbayang dengan pulau yang mengerikan? Berikut ulasan tempat yang tidak boleh dikunjungi atau pulau terlarang di dunia. Ada Pulau Sentinel yang pernah menghilangkan nyawa manusia juga loh. Penasaran mana saja yang menjadi pulau terlarang dan berbahaya untuk dikunjungi manusia? Yuk, simak dibawah ini!

Pulau terlarang di dunia:

1. Pulau Sentinel, India

pulau sentinel india
forbes.com

Di tahun 2018 Pulau Sentinel yang ada di India ini sempat menarik perhatian Internasional. Saat itu, seorang misionaris Kristen bernama John Allen Chau datang ke pulau tersebut untuk menjalankan sebuah misi mengkristenkan penduduk di pulau tersebut. Namun sangat disayangkan usahanya berujung maut. Chau dikabarkan kehilangan nyawanya karena dipanah oleh penduduk setempat.

Sentinel merupakan salah satu pulau yang tidak boleh dikunjungi. Pulau kecil yang terpencil ini dikelilingi oleh karang dangkal. Mereka yang tinggal di sana adalah kelompok manusia yang tidak terkontak dan telah lama terisolasi dari dunia luar.

Data yang didapatkan mengenai orang-orang Sentinel sempat diupayakan pada sensus tahun 2011. Data tersebut dibuat dari sebuah perkiraan antropolog yang mengatakan bahwa kemungkinan pulau tersebut diisi oleh 80 hingga 150 orang.

Kunjungan ke Pulau Sentinel pernah ada pada tahun 1967, saat itu diketahui bahwa penduduk di sana tinggal di sebuah gubuk dengan atap miring. Mereka juga dikatakan sebagai kelompok yang mengandalkan alam untuk bertahan hidup.

Namun karena kejadian yang menimpa John Allen Chau yang datang secara ilegal ke Pulau Sentinel tersebut, banyak orang mempercayai bahwa penduduk setempat memang kejam. Bahkan ada kabar burung yang mengatakan bahwa jasad Chau tersebut dimakan oleh mereka.

Baca juga :  10 Festival Musim Panas di Hongaria Paling Seru dan Menarik

2. Pulau Ular, Brasil

pulau ular
flickr.com

Pulau Ular atau dikenal dengan Ilha da Queimada Grande merupakan pulau yang berbahaya untuk dikunjungi. Pulau ini berlokasi di lepas pantai Brasil, Samudra Atlantik. Sesuai dengan namanya, pulau tersebut menjadi rumah bagi populasi ular yang berbahaya.

Sebanyak 2.000 hingga 4.000 ular memenuhi pulau seluas 43 hektar tersebut. Bahkan diperkirakan setiap satu meter melangkah, kamu akan bertemu dengan satu hingga lima ekor ular. Ular-ular yang  ada di Ilha da Queimada merupakan jenis ular berbisa yang mematikan di dunia.

Sehingga oleh pemerintah Brasil pulau ini tidak boleh dikunjungi. Tempat ini menjadi salah satu pulau terlarang di dunia untuk diakses manusia. Selain itu, pulau tersebut juga menjadi rumah bagi ular-ular yang terancam punah. Beberapa ilmuwan menjadikan pulau Ilha da Queimada menjadi lokasi observasi mengenai spesies ular. Tentu saja mereka yang datang ke sana harus memiliki persiapan yang matang serta mendapat pendampingan dari tenaga kesehatan untuk mengantisipasi kejadian buruk.

3. Pulau Surtsey, Islandia

pulau surtsey islandia
icelandmag.is

Pulau Surtsey merupakan kepulauan yang terbentuk karena adanya letusan gunung berapi yang berlangsung selama empat tahun. Lokasi Pulau Surtsey berjarak sekitar 32 kilometer dari pantai selatan Islandia. Letusan gunung berapi tersebut terjadi dari tahun 1963 hingga 1967.

Sejak awal terbentuknya Pulau Surtsey ini telah dijadikan sebagai laboratorium untuk mengamati sebuah kehidupan yang terjadi di sana. Para ilmuwan menjadikan pula Surtsey sebagai tempat untuk meneliti jenis tanaman hingga segala jenis satwa yang ada di sana.

Oleh karena itu lokasi Surtsey menjadi pulau terlarang di dunia. Sejak tahun 2008, Pulau Surtsey telah masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Surtsey hanya boleh dikunjungi oleh para ilmuwan untuk melakukan sebuah penelitian.

4. Pulau Niihau, Amerika Serikat

pulau niihau amerika serikat
tripsavvy.com

Pulau terlarang di dunia selanjutnya adalah Pulau Niihau. Niihau terletak sekitar 18 mil dari barat laut pulau Kauai ini merupakan pulau terbesar ketujuh yang ada di Hawaii. Pulau dengan bentuk unik ini dikenal sebagai “Forbidden Island” atau pulau terlarang. Alasan dibalik terlarangnya adalah pulau ini adalah milik pribadi yang bernama Keith dan Bruce Robinson.

Baca juga :  Makanan Khas Internasional, Kenali Cita Rasa Mendunia!

Keluarga pemilik Pulau Niihau telah memiliki sebuah komitmen untuk menjaga pulau tersebut pada mantan raja Hawaii. Di pulau Niihau yang memiliki luas 69 mil ini tidak ada jalan beraspal dan segala bentuk fasilitas kehidupan seperti sebuah toko. Rumah sakit atau bahkan sebuah pipa untuk mengalirkan air pun tidak ada.

Ekosistem di pulau Niihau masih dijaga dengan baik dan mempertahankan sifat alami yang dimiliki pulau Niihau. Oleh karena itu, Pulau Niihau menjadi rumah bagi flora dan fauna Hawaii yang terancam punah. Sebenarnya ada sisi dari Pulau Niihau yang telah dibuka pemilik untuk tujuan wisata dan dapat dikunjungi, namun itu tidak bisa ditebus dengan harga terjangkau atau murah.

5. Pulau North Brother, New York

pulau north brother newyork
nytimes.com

Pulau North Brother adalah salah satu pulau kecil yang tidak boleh dikunjungi. Pulau North Brother terletak di Sungai Timur, New York. Dulunya pulau north Brother merupakan lokasi rumah sakit Riverside beroperasi.

Rumah sakit tersebut menjadi tempat karantina untuk orang-orang yang memiliki penyakit menular seperti cacar, tuberkolosis. Selain itu Riverside juga menjadi pusat rehabilitasi bagi para pecandu heroin. Namun saat ini Pulau North Brother hanya menjadi tempat terbengkalai yang diisi dengan kerangka bangunan yang tak dirawat, hanya ada tanaman rambat yang hidup di sana.

Sisa bangunan yang masih ada di sana terlihat seperti bangunan yang siap runtuh setiap saat, oleh karena itu pemerintah melarang siapa saja berkunjung ke North Brother. Meksi  pulau tersebut menjadi tempat yang terbengkalai, saat ini pulau dijadikan sebagai tempat perlindungan untuk satwa burung air.

Baca Juga:

Wisata Anak di Singapura Super Seru!

Wisata El Savador untukmu!

Baca juga :  10 Budaya Makan Unik Di Indonesia, Orang Luar Pasti Heran

6. Pulau Poveglia, Italia

pulau poveglia
visitvenezia.eu

Pulau Poveglia yang berada di Italia merupakan sebuah pulau kecil yang oleh pemerintah setempat telah mebuat aturan dilarangnya Poveglia untuk dikunjungi. Pulau Poveglia ini menjadi lokasi yang menyimpan sejarah kelam. Dulunya, pulau ini adalah tempat karantina saat wabah besar Bubonic terjadi.

Saat itu dalam praktik sebagai lokasi karantina, justru dijadikan sebagai tempat akhir pembuangan orang-orang yang terjangkit penyakit. Di mana mereka yang terkena virus dikirim ke Pulau Poveglia untuk mati, mereka akan dibakar dan dikuburkan secara masal di pulau ini.

Setelah kejadian itu, Pulau Poveglia juga menjadi tempat dibangunnya rumah sakit jiwa. Saat rumah sakit tersebut beroperasi, eksperimen yang kejam dan keji menimpa para pasien. Dua kejadian yang terjadi di Pulau Poveglia menjadi latar belakang Poveglia dikenal sebagai tempat yang menyeramkan. Saat ini pulau Poveglia telah menjadi lokasi yang dilarang dan menjadi salah satu pulau yang diyakini berhantu di dunia.

7. Pulau Heard, Australia

pulau heard australia
antarctica.gov.au

Pulau Heard yang berada di sisi barat daya Fremantle, Australia Barat ini merupakan rumah bagi beberapa satwa Australia, seperti penguin, anjing laut, dan burung laut. Heard menjadi pulau yang tidak boleh dikunjungi manusia karena alasan keamanan.

Heard merupakan tempat dari gunung api aktif, oleh karena itu pulau ini bukanlah menjadi tempat yang cocok dikunjungi untuk tinggal. Potensi bahaya yang ditimbulkan dari aktifnya gunung berapi di Pulau Heard sangat tinggi. Pulau yang masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO ini juga menjadi tempat yang dilindungi, sehingga pemerintah Australia melarang siapa saja untuk masuk ke Pulau Heard.

Ternyata cukup banyak ya, pulau terlarang di dunia yang tidak boleh dikunjungi oleh manusia. Namun tidak semua tempat menyeramkan tidak boleh dikunjungi loh. Misalnya saja gua menyeramkan di dunia, kamu bisa tetap berkunjung ke sana jika punya nyali.



Leave a Reply